Sepanjang sejarah pemasaran di media sosial, Instagram telah menjadi pemain utama untuk saat ini.

Jika Anda bergerak dalam bidang bisnis yang memanfaatkan visual (penglihatan) seperti pariwisata, kerajinan, makanan, pakaian dll, maka Instagram menjadi aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan untuk digunakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram telah tumbuh dan berkembang hampir sejajar dengan dengan Facebook, mengadopsi fitur-fitur baru dengan sangat cepat dan penting bagi pebisnis dan pengguna.

Plugin & Themes Premium Mbah WP
2019 (C) Mbah WP.
Perkuat blog/toko online Anda dengan plugin premium Wordpress dari Mbah WP.
Beli 1 plugin, gratis 1 plugin premium lainnya.
Mau belajar VPS di sini juga ada

Dalam panduan pemula ini, saya akan menguraikan dasar-dasar untuk melakukan pemasaran di Instagram, termasuk cara mengoptimalkan profil, cara membuat posting yang menarik, cara mendapatkan lebih banyak pengikut dengan konten dan story, dan bagaimana mengevaluasi kemajuan akun Anda di Instagram.

Mengapa Menggunakan Instagram Untuk Mempromosikan Bisnis Anda ?

Instagram banyak digunakan oleh bisnis online sebagai sarana promosi bisnis mereka.

Alasan utamanya adalah pengguna Instagram yang besar (sudah 1 Milyar pengguna). Selain besar dan beragam, komunitas di Instagram ini adalah orang yang senang terlibat dengan merek, dan memiliki keterlibatan tinggi.

Anda dapat mempertimbangkan hasil penelitian berikut:

  • 80% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu merek produk di Instagram, dengan 60% dari pengguna ini mengatakan bahwa mereka menemukan sebuah produk atau layanan melalui aplikasi Instagram.
  • Setidaknya 30% pengguna Instagram telah membeli produk yang mereka temukan di Instagram.
  • 65% dari postingan Instagram bekerja sangat baik dalam memberikan dan menampilkan keterangan sebuah produk dengan sangat jelas.

Orang senang mengikuti merek di Instagram, dan mereka secara aktif menemukan dan membeli produk di Instagram.

Ini merupakan peluang besar.

Optimalkan Profil Instagram Anda

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah mengetahui dasar-dasar tentang pengaturan profil; Anda perlu mengisi informasi kontak, menulis deskripsi yang dioptimalkan dengan kata kunci, dan memilih gambar profil yang mudah diingat, seperti logo.

Ini adalah awal yang baik.

Namun ada beberapa perubahan yang dilakukan Instagram yang memengaruhi profil bisnis. Untuk memaksimalkan ruang profil Instagram Anda yang terbatas, Anda harus memasukkan hal berikut:

  • Hastag yang dapat diklik. Tambahkan hastag ke deskripsi profil Anda, dengan memasukkan # dan kemudian kata yang diinginkan, sama seperti yang Anda lakukan pada setiap posting. Fokus pada hastag berisi merek/produk bisnis Anda adalah pilihan yang baik.
  • Link profil yang dapat diklik. Sekarang Anda juga dapat menambahkan link yang dapat diklik ke profil pengguna lain di bio Anda sendiri. Jika Anda memiliki dua profil berbeda untuk 2 buah bisnis, Anda dapat menggunakan link ini untuk mengarahkan pengunjung ke sana. Jika Anda mengadakan kontes dengan pedagang lain, tautkan ke mereka saat mendiskusikan kontes di bio Anda.
  • Story Highlight. Fitur ini memungkinkan Anda menambahkan story yang akan tercantum di atas postingan pada profil Anda.

Berikut adalah contoh dari Fashion Nova yang menggabungkan ketiga fitur ini menjadi profil yang dioptimalkan dengan baik.

Gambar dan Video Apa yang Paling Berhasil di Instagram?

Ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dari Instagram ?

Anda perlu tahu jenis postingan apa yang disukai oleh pengunjung. Meskipun setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda, namun ada banyak penelitian yang menyimpulkan postingan/video seperti apa yang disukai oleh mayoritas pengunjung Instagram.

Pengunjung senang melihat posting promosi, kutipan motivasi, gambar produk, konten edukasi atau tutorial, dan gambar yang dibagikan dari pengguna lain (mis. Konten yang dibuat pengguna).

Pengunjung ingin melihat variasi; mereka akan bosan atau kesal jika Anda hanya menggunakan satu jenis postingan saja terlalu lama.

Video dapat memberikan lebih banyak informasi bagi pengunjung, tetapi foto biasanya mendapatkan rata-rata 36% lebih banyak keterlibatan.

Jika Anda ingin menggunakan video, usahakan singkat saja; Pengguna Instagram sebagian besar adalah pengguna ponsel, dan mereka tidak akan bertahan selama lebih dari 10 s/d 15 detik untuk melihat video.

Anda juga perlu mengganti-ganti efek kamera yang berbeda, agar penonton tidak bosan melihat video yang Anda posting.

Berikut jenis konten yang memiliki kinerja terbaik di Instagram, sebagian besar adalah penelitian dari Curalate:

  • Gambar yang lebih terang memiliki kinerja yang lebih baik daripada yang lebih gelap
  • Gambar dengan banyak latar belakang atau ruang putih lebih disukai
  • Gambar dengan warna dominan biru lebih baik daripada warna dominan merah, dan gambar dengan warna dominan tunggal lebih baik daripada gambar dengan warna dominan ganda
  • Gambar yang menampilkan tekstur kontras cenderung menghasilkan lebih banyak like

Cara Mendapatkan Hasil Maksimal dari Hastag Instagram

Hashtags dimulai di Twitter, kemudian digunakan di Facebook, hastag adalah inti promosi di Instagram.

Hanya dengan menambahkan teks setelah simbol #, Anda dapat mengubah kata apapun menjadi topik yang dapat diklik.

Ketika pengguna mengklik hastag, mereka akan dibawa ke semua pos publik yang ditandai dengan hastag itu.

Bahkan yang lebih menarik, pengguna dapat mengikuti hastag yang menarik bagi mereka. Ini adalah cara yang bagus bagi pengguna untuk menemukan konten yang mereka minati, dan — bagi pebisnis untuk memperluas jangkauan konten mereka.

Berbagai Jenis Hastag yang Harus Anda Gunakan

Untuk memperluas jangkauan dan mendapatkan hasil maksimal dari promosi Anda di Instagram, Anda harus menggunakan jenis hastag yang tepat.

Ada enam jenis hastag yang penting bagi bisnis online yang perlu Anda masukkan dalam strategi pemasaran Anda.

  • Hastag Merek/Produk: Sebagian besar produk akan (dan harus) memiliki hastag merek yang unik. Biasanya dilampirkan pada setiap postingan, juga di profil. Anda dapat menyertakan nama merek, tetapi tidak wajib. Contohnya hastag #NovaBabe dari Nova Fashion.
  • Hastag Kontes: Hastag ini adalah jenis hastag merek/produk yang khusus dibuat untuk kontes tertentu. Ini sering digunakan untuk menandai foto yang dikirimkan untuk kontes contohnya #spriteinstakontes dan #bolugulunggiveaway.
  • Hastag Umum: Ada hastag tertentu yang populer di kalangan masyarakat. Hastag ini membantu mendapatkan jangkauan yang signifikan pada posting Anda, karena hastag ini lebih cenderung dicari. Contohnya #nofilter, #antik, #sayacintasenin, dan #puppylove.
  • Hashtag Topik-Khusus: Setiap bisnis akan memiliki kata dan kata kunci yang hanya cocok untuk audiens target mereka. Hastag ini tidak akan memberi Anda jangkauan yang sama dengan hastag umum, tetapi hastag tersebut akan memberi Anda lebih banyak pengunjung yang tertarget, seperti #harrypotter (jika Anda menjual merchindise Harry Potter).
  • Hashtag Sesuai Dengan Waktu: Momen-momen penting dan liburan musiman dapat menjadi hastag yang hebat, seperti Hari Valentine atau Natal. Orang-orang cenderung mencari konten yang cocok, jadi manfaatkan beberapa hastag #myvalentin dan #ramadhanday.
  • Hastag Menghibur: Hastag jenis ini memang tidak membantu mendapatkan jangkauan, tetapi hastag seperti ini berfungsi untuk menghibur audiens dan membantu Anda membangun pencitraan terhadap merek Anda. Contohnya termasuk #sayabenciharisenin.

Untuk hasil terbaik, lakukan penelitian pada masing-masing hastag, dan gunakan kombinasi hastag berbeda di setiap kategori untuk posting Anda.

Ini akan memperkuat pencitraan merek Anda sambil membantu Anda menjangkau pemirsa yang besar dan paling relevan.

Cara Terbaik Menggunakan Hastag

Penggunaan Hashtag adalah salah satu faktor paling penting yang akan menentukan kesuksesan Anda di Instagram.

Untungnya, praktik terbaik berikut ini akan membantu Anda memaksimalkan jangkauan dan hasil Anda:

  • Tuliskan daftar hastag merek Anda di profil.
  • Tampilkan hastag yang menghibur di awal daftar hastag, hastag ini kemungkinan besar akan dibaca oleh pengunjung.
  • Gunakan banyak hastag. Batasnya adalah 30 hastag per posting. Namun, banyak studi kasus telah menemukan bahwa antara 8 hingga 11 hastag untuk setiap posting lebih baik, terutama jika Anda membuat beragam jenis hastag.
  • Variasikan hastag Anda. Jangan gunakan hastag yang sama di setiap pos. Buat grup hastag yang dapat Anda daur ulang untuk posting yang berbeda. Ini tidak hanya akan meningkatkan visibilitas Anda ke audiens yang berbeda, tapi juga dapat menjaga akun Anda ditandai sebagai spam oleh Instagram.
  • Luangkan waktu untuk menjelajahi setiap hastag. Ini dapat membantu Anda menemukan hastag baru untuk ditargetkan, dan memastikan bahwa Anda tidak sengaja menggunakan hastag yang dilarang atau masuk ke suatu topik tanpa mengetahui apa artinya.

Instagram Story: Apa yang perlu Anda ketahui

Instagram Stories dimulai sebagai fitur tambahan yang dipinjam dari Snapchat: cara untuk berbagi foto dan video berumur pendek yang hilang dalam 24 jam.

Namun, saat ini Insta story berkembang menjadi bagian penting dari Instagram. Story  mengarah ke iklan berbentuk cerita.

Mari kita lihat bagaimana menggunakannya.

4 Cara Menggunakan Instagram Story Untuk Bisnis Anda

Ada berbagai strategi yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan hasil dari Instagram Story, yang masing-masing akan menguntungkan bisnis Anda dengan cara yang berbeda.

  1. Bagikan konten yang dibuat oleh pengikut Anda

Anda dapat menggunakan Stories untuk menampilkan konten yang dibuat pengikut. Pengikut Anda akan senang melihat bahwa Anda peduli dengan mereka. Ini juga menyelamatkan Anda dari keharusan membuat konten sendiri, dan cara bertindak sebagai bukti sosial yang kuat.

  1. Bagikan momen dari sebuah acara

Story yang Anda buat dapat menjadi liputan dan promosi sebuah acara. Gunakan Instagram Story untuk menunjukkan kepada semua orang apa yang mereka lewatkan, yang dapat membangun pencitraan merek dan meningkatkan keterlibatan.

Acara yang Anda liput bisa saja acara yang sudah lewat, yang sedang berlangsung saat ini bahkan acara yang akan datang.

  1. Jadilah Otentik (Asli)

Instagram Story lebih unik daripada postingan biasa, jadi fasilitas ini merupakan alat yang pas untuk menunjukkan sisi menyenangkan dari Anda.

Gunakan gambar dan video untuk menceritakan kisah dari merek/produk Anda, tambahkan konten tentang tradisi keseharian dari bisnis yang Anda jalankan, jika memungkinkan.

  1. Lakukan Tayangan Live

Instagram Stories memungkinkan Anda untuk melakukan siaran langsung dari ponsel Anda, dan pengikut Anda dapat terlibat secara langsung.

Anda dapat mengadakan sesi tanya jawab, berbicara tentang topik tertentu, atau mewawancarai tamu atau influencer terkenal.

Setelah sesi live selesai, Anda dapat mengatur agar dapat dimainkan dengan sisa Story dari Anda.

Memperpanjang Usia Story Menggunakan Highlights

Aslinya, Story akan hilang setelah 24 jam seperti fitur Snapchat yang ditiru Instagram. Instagram menyadari bahwa ini mengakibatkan pengaruh promosi akan segera hilang pada konten itu.

Jadi, Instagram mengizinkan untuk memberikan highlight di halaman profil Anda, dan Anda dapat menambahkan Stories setelah 24 jam berlalu.

Anda dapat membuat beberapa highlight untuk story terbaik, gunakan satu untuk konten yang dibuat pengguna, satu untuk penceritaan merek (“Tentang Anda”), dan satu untuk acara/even.

Ini memudahkan pengikut untuk menemukan konten yang mereka cari ketika mereka pertama kali datang ke profil Anda, yang dapat membantu mereka untuk mengenal Anda dan mempercayai Anda sedikit lebih cepat.

Untuk menambahkan highlight ke profil Anda, klik ikon dengan tanda + hitam di atas galeri Anda.

Anda harus memberi nama highlight dan memilih story yang ingin Anda tambahkan. Anda dapat mengeditnya kapan saja.

Cara Membuat Kontes di Instagram

Kontes adalah strategi yang sangat populer di Instagram saat ini. Strategi ini sangat ampuh, karena semua orang suka untuk memenangkan sesuatu.

Aturan Kontes Instagram yang Harus Diingat

Berikut aturan singkat sebelum Anda menyelanggarakan sebuah kontes di Instagram :

  • Anda tidak boleh menyatakan bahwa kontes yang diselenggarakan memiliki hubungan/affiliasi dengan Instagram.
  • Anda tidak boleh meminta pengguna untuk menandai diri mereka sendiri (tag) atau orang lain dalam gambar yang mereka tidak ada di dalamnya (orangnya tidak ada dalam foto).
  • Anda mengikuti aturan hukum dan persyaratan setempat, termasuk batasan tentang usia, kelayakan, atau penawaran hadiah.
  • Anda harus dengan jelas menyatakan aturan untuk ikut dan berpartisipasi dalam kontes.

Jenis kontes yang Bisa Anda Jalankan

Ada banyak jenis kontes yang dapat Anda jalankan di Instagram. Masing-masing menawarkan manfaat uniknya sendiri.

Berikut Jenis Kontes yang Bisa Anda Jalankan :

  • Beri tag teman di komentar: Ini kontes yang paling gampang. Kontes ini dirancang agar pengikut Anda menarik teman-teman mereka sebanyak mungkin yang mungkin tertarik dengan bisnis Anda.
  • Ikuti kami: Ini merupakan bagian dari dari partisipasi kontes, di mana peserta yang ingin mengikuti kontes wajib untuk mengikuti dulu akun Anda. Inti kontesnya memang bukan di sini, tapi ini salah satu trik para pebisnis untuk menumbuhkan pengikut mereka.
  • Tinggalkan komentar: Kontes ini dapat berupa kontes caption, di mana pengguna hanya diminta untuk meninggalkan pendapat mereka atau berbagi pengalaman mereka.
  • Kontes foto: Mungkin yang paling menuntut banyak waktu pengguna, kontes ini juga memberikan hadiah tertinggi. Kontes ini mengharuskan pengguna untuk mengirimkan foto atau video asli terkait kontes yang Anda selenggarakan.

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Instagram Analitik

Instagram memiliki analitik sendiri yang dapat memberitahu banyak informasi tentang kinerja akun Instagram Anda. Perlu diketahui, bahwa fasilitas analitik hanya tersedia untuk akun bisnis.

Untuk mengakses fasilitas analitik, buka halaman profil Anda dan kemudian klik pada simbol grafik di sudut kanan atas.

Di bawah Instagram Analitik, Anda akan dapat melihat data kinerja penting seperti berikut:

  • Total jumlah kunjungan profil
  • Jumlah total klik situs web
  • Total jangkauan (jumlah akun unik yang melihat posting Anda)
  • Total tayangan (total berapa kali posting Anda dilihat)
  • Kinerja setiap pos, termasuk keterlibatan dan tayangan
  • Jumlah total penayangan pada Story Anda

Anda juga dapat melihat informasi utama tentang audiens Anda, termasuk:

  • Jumlah pengikut dan tren pertumbuhan terbaru
  • Jenis kelamin dan kriteria umur
  • Dimana mereka tinggal
  • Aktifitas pengikut, dibagi menjadi aktifitas beberapa hari dan waktu, yang dapat membantu Anda menentukan waktu posting terbaik

Meskipun analitik ini tidak secanggih Facebook Insights, analisis ini masih memberi kita banyak informasi tentang bagaimana kemajuan akun kita.

Kita dapat melihat bagaimana tayangan, jangkauan, dan keterlibatan meningkat atau menurun dari bulan ke bulan, dan bagaimana jumlah pengikut, apakah bertumbuh atau menyusut.

Dengan membandingkan informasi ini dengan postingan berkinerja terbaik dan menganalisis kinerjanya, Anda dapat mendeteksi tren dan pola yang akan membantu menjadikan pemasaran lebih efektif dalam jangka panjang.

Kesimpulan : Manfaat Instagram

Instagram adalah aplikasi wajib yang harus digunakan untuk promosi jika Anda seorang pebisnis online.

Gunakan secara efisien, selami dan pahami penggunaan setiap fitur yang berbeda, lakukan posting berbagai jenis konten secara teratur, dan terlibatlah dalam komunikasi dengan pengikut Anda.

Jika Anda menggunakan Instagram dengan baik dan tepat, Anda akan terkejut melihat  seberapa cepat hasilnya mengalir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.