Setiap dari kita pernah membaca konten berupa artikel, iklan, brosur atau mungkin email.

Ada konten yang kata-katanya jelek, tidak menarik untuk dibaca dan sangat membosankan. Sebaliknya, ada juga konten yang membuat kita ngak bisa berhenti untuk membacanya, terasa menarik bahkan kita merasa rugi jika ngak menghabiskan membaca konten tersebut.

Konten ini penuh dengan kata-kata yang menarik, entah bagaimana caranya si penulis seperti dapat memilih kata-kata yang tepat untuk membuat pembaca tetap terbuai.

Kedengarannya keren, bukan?

Sayangnya, menulis tidak semudah kita membaca sebuah tulisan.

Jadi, pada artikel kali ini, mbah WP akan berbagi bagaimana memilih kata-kata yang dapat meningkatkan kekuatan persuasif kita.

Bila Kamu menggunakan kata-kata ini dalam setiap konten bisnismu, Kamu akan menarik perhatian lebih banyak orang, konten Kamu menjadi lebih berpengaruh, dan orang-orang bertindak sesuai saran Kamu.

Dan ada lagi … pemilihan kata-kata yang memiliki kekuatan, akan membantu membentuk keunikan konten yang kamu tulis.

Apa Itu Kata-kata Kuat ?

Kata-kata lemah memiliki makna yang dangkal – kata-kata ini tidak membuat pembaca merasakan sesuatu dan pembaca tidak memvisualisasikan kata-katamu.

Sebaliknya, kata-kata kuat cenderung memiliki makna yang kuat. Kata-kata ini mendorong orang untuk mengambil tindakan-untuk mendownload penawaranmu, untuk menghubungi Kamu, atau untuk menerapkan nasehatmu.

Ada tiga jenis kata-kata kuat :

  1. 6 kata-kata super seductive (menggoda), kata-kata ini mendorong orang untuk mengambil tindakan – kekuatan membujuknya tampak tidak masuk akal, namun telah terbukti secara ilmu pengetahuan.
  2. Kata-kata emosional menarik perhatian karena terhubung dengan perasaan kita.
  3. Kata-kata sensoris sangat kuat dan mudah diingat karena membuat pembaca mengalami kata-katamu, seolah-olah mereka dapat melihat gambar yang sedang Kamu lukis dengan kata-kata.

Ingin tahu cara menggunakan ke-3 jenis kata-kata ini untuk menambahkan kekuatan dan kebaikan dalam konten bisnismu ? Baca terus panduan ini….

6 Kata Super Seductive Untuk Meningkatkan Konversi dan Share ke Media Sosial

Kekuatan kata  # 1. Baru

Kata “Baru” membawa kita pada sebuah petualangan, sebuah perjalanan untuk sebuah penemuan.

Daya tarik kita terhadap hal “baru” membantu kita berinovasi dan mencari peluang baru. Jika kata atau hal “baru” tidak begitu menarik bagi manusia, maka kita tidak akan berkembang….

Kita selalu menginginkan sesuatu yang “baru”, sehingga kita bisa lebih baik dari hari kemarin.

Kamu ngak akan pernah bertemu dengan mbah di blog ini, jika kamu tidak terdorong untuk mencari ilmu “baru” tentang dunia marketing.

Apple sudah lama mengerti kekuatan kata “baru” ini.

Mereka mengulang kata “baru” dengan berbagai cara untuk merayu pembaca agar mengupgrade iPhone atau iPad mereka, meskipun   masih berfungsi normal :

Kami mendesain semuanya baru

Didesain kembali dari bawah ke atas

Diperbaharui kembali dari dalam ke luar

Kami harus benar-benar memikirkan kembali bagaimana keyboard yang terbaik

Kami merancang ulang setiap tombol dan mekanisme dasarnya

Bagaimana cara menggunakan kekuatan kata “baru” dalam tulisan :

  • Dalam email, ketika mengumumkan produk baru, gunakan kata “baru”, “mengumumkan,” atau “memperkenalkan” pada awal baris subjek produkmu
  • Pada halaman penjualan untuk produk baru, gunakan fitur berkedip yang menyoroti kata “baru”
  • Saat mengupgrade produk yang sudah ada, jelaskan apa yang baru tentang produk tersebut
  • Saat ngetweet posting blog baru untuk pertama kalinya, gunakan “postingan blog terbaru” di awal tweet Kamu:
Kekuatan kata # 2. Gratis

Kalau kata yang satu ini ngak usah diragukan lagi kekuatannya, apalagi di negara kita tercinta ini….hampir tiap hari kata “gratis” ini kita dengarkan…

Kalau buka TV pasti sering dengar kalimat ongkir gratis, gratis ayam 2 potong, gratis kaset CD….gratiss bla…bla…blaa…

Daya tarik kita untuk barang gratis memang mengalahkan akal sehat.

Dalam bukunya “Predictably Irrational,” Dan Ariely menjelaskan bagaimana Amazon.com mulai menawarkan pengiriman gratis untuk pesanan dengan harga tertentu.

Tawaran itu sukses besar, tapi tidak di Prancis. Ariely menjelaskan:

Divisi penjualan Amazon di Prancis pernah mengeluarkan penawaran biaya pengiriman untuk pesanan dengan harga tertentu HANYA sebesar 1 franc – sekitar 20 sen dollar – kalau di rupiahin sekitar Rp. 2.990 (untuk kurs $ 1 = Rp. 14.950).

Bayangkan…hanya Rp. 2.990, ini sebenarnya hampir sama saja dengan GRATIS.

Tapi masyarakat Prancis ngak merepon tawaran ini, sampai kemudian pihak Amazon mengubah promosi di prancis menjadi pengiriman GRATIS ! dan penjualanpun melonjak tajam.

“GRATIS” tidak hanya kuat saat tigunakan sebagai bonus ke produk atau layananmu; Kamu juga bisa menggunakan kata “GRATIS” untuk menarik perhatian dalam tulisan blogmu.

Ini beberap contoh judul yang memasukkan kata “gratis” untuk menarik perhatian dan meningkatkan sharing ke media sosial:

  • 13 Teknik Untuk Membantu Membangun Konten Yang Berkualitas [Gratis Spreadsheet]
  • Panduan Strategi Pemasaran Email Langkah Demi Langkah [Daftar Gratis]

Bagaimana memanfaatkan kekuatan kata “gratis” dalam tulisanmu:

  • Pertimbangkan untuk memberikan “bonus gratis” pada sebuah produk
  • Berikan kursus e-course gratis, laporan atau unduhan gratis, untuk orang-orang yang ikut serta dalam daftar email Kamu
  • Gunakan ungkapan seperti “daftar panduan gratis” di judul utama blogmu (dan saat mempromosikan postingan di media sosial)
Kekuatan kata # 3. Bayangkan

Mengapa kata “membayangkan” dapat menghipnotis ?

Ketika seseorang dapat memegang produkmu di tangan mereka, keinginan mereka untuk memiliki produk Kamu akan meningkat.

Itulah sebabnya mengapa salesman mobil menawarkan Kamu untuk mencoba mengendarai mobil yang mereka tawarkan. Dan mengapa penjual perhiasan menyarankan agar Kamu mencoba memakai kalung yang mereka tawarkan untuk melihat tampilannya.

Untuk produk online, ini nampaknya rumit. Tapi kita bisa mendorong orang untuk membayangkan bagaimana perasaan mereka jika Kamu membantu mereka.

Seberapa jauh bisnis mereka akan berjalan. Seberapa banyak rileks yang akan mereka rasakan. Betapa senangnya mereka melihat bisnis mereka, karir mereka, kehidupan mereka.

Beginilah cara para penjual di Internet menggunakan kekuatan kata “bayangkan” untuk membantu orang memvisualisasikan produk yang mereka tawarkan.

Bayangkan, panduan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan ide yang menguntungkan, ide ini akan menjadi produk yang menguntungkan juga…Pembeli akan dengan senang hati membayar untuk produk yang Anda buat.

Anda tidak perlu bersusah payah lagi untuk mencari ide yang menguntungkan, bagaimana membuat produk yang menguntungkan dan yang paling utama, sekarang anda punya uang dan sumber penghasilan yang melimpah.

Tidak perlu lagi bersusah payah mencari uang, anda bebas menikmati waktu anda. Mau di rumah bersama anak-anak ? mau liburan ? atau mau berbelanja ke mall…terserah anda.

Gimana ? Kuat sekali bukan ?

Kekuatan kata # 4. Karena

Kata ini memberikan alasan mengapa orang harus melakukan sesuatu, sehingga bisa memicu respons otomatis. Sekalipun alasannya adalah palsu.

Dalam bukunya yang berjudul “Influence”, Cialdini menjelaskan percobaan pada mesin fotokopi: Jika Kamu tidak memberi alasan mengapa orang membiarkan memotong antrean, hanya 60% yang akan membiarkan kamu melanjutkan. Tapi jika Kamu memberi alasan, menggunakan kata “karena,” 93% orang memungkinkan Kamu untuk memotong antrean:

Copywriter Apple junga mempergunakan kata “karena” dalam iklan mereka :

Aksesori kami sangat cocok dan pas untuk iPhone karena memang dirancang bersama.
Jika iPhone 6 sepertinya dibuat khusus untuk iOS, itu karena memang begitu.
Aksesori dan iPhone, bersama-sama memberikan pengalaman yang hebat dan menyenangkan karena memang dirancang seperti itu – bersama-sama.
Kekuatan kata # 5. Instan/Otomatis/Langsung

Siapa yang ngak suka dengan yang instan, di jaman serba canggih sekarang, semuanya ingin serba cepat…serba instan, bahkan orang rela menyogok biar bisa dapat hasil yang instan.

Kata instan membuat orang menyikai produk produk seperti makanan siap saji seperti mie instan, ayam goreng K&*, juga ijazah palsu yang instan J (Sarjana tanpa kuliah).

Untuk memanfaatkan manfaat dari kekuatan kata “instan”, gunakan kata ini dalam judul penjualan atau judul blog :

  • Akses instan
  • Download Sekarang
  • Ikuti, kursus bisnis online gratis saya, sekarang
  • Plugin ini akan menambahkan portingan sebanyak 300 artikel sekali klik, langsung jadi, hanya 5 menit.

Agar orang-orang merasa senang dan segera melakukan, kamu juga bisa menawarkan garansi untuk menunjukkan bahwa tidak ada risiko:

  • Jaminan uang kembali 30 hari
  • Tidak perlu menggunakan kartu kredit (untuk paket trial)
  • Bebas risiko / tidak beresiko
  • Tanpa lock-in periode / Batalkan kapan saja

Psikologi manusia itu rumit. Kamu sudah tahu itu. Jadi, “hadiah instan” tidak selalu menjadi jawaban untuk meningkatkan penjualan.

Ketika kamu menggunakan kata “instan” ini dan tidak mendapatkan respon pembaca, di sini kamu bisa menunjukkan eksklusifitas dari produkmu.

  • Download Sekarang Juga, hanya untuk di bulan Ramadhan
  • Ikuti, kursus bisnis online gratis saya, sekarang. Hanya untuk 500 pendaftar pertama.
Kekuatan kata # 6. Bagaimana caranya

Sebagian besar orang di zaman sekarang mencari solusi melalui internet.

Bahkan sewaktu anaknya sakitpun yang pertama kali ditanya itu Internet, bukan dokter 🙂

Itulah sebabnya ungkapan “Bagaimana cara” sangat ;laris dan kuat sekali, jadi ngak usah heran juga kalau banyak blog yang judul artikelnya menggunakan ungkapan “Bagaimana cara…”.

  • Bagaimana Cara Menulis Lagu Romantis Seperti Ariel Noah
  • Bagaimana Membuat Blog Masuk Halaman Satu Google
  • Bagaimana Cara Menghasilkan 1 Milayar Dari Internet Hanya dalam Waktu 1 Bulan

Ungkapan “Bagaimana cara” akan sangat ampuh bila berisi panduan yang memang sangat bermanfaat bagi pembacanya.

Bonus kata yang memiliki kekuatan : angka/nomor

Angka seperti 10 atau 7 atau 93 bukanlah kata-kata, tapi bisa langsung meningkatkan daya bujuk Kamu.

Mengapa?

Angka menarik perhatian karena terlihat berbeda daripada huruf. Angka mewakili fakta.

Cara memanfaatkan kekuatan angka:

  • Tuliskan angka sebagai digit (mis, 7) daripada kata-kata (tujuh) karena digit lebih menonjol
  • Jika judul postingan di blogmu berisi sejumlah tip, pertimbangkan untuk menggunakan digit dalam judul – Artikel dengan judul yang menggunakan angka akan jauh lebih populer.
  • Saat menulis sales letter, pertimbangkan fakta mana yang dapat Kamu bagikan tentang produk, layanan, atau pengalamanmu

Kumpulan Kata-kata Yang Paling kuat

Ingin membuat tulisan yang lebih persuasif ?

  • Tambahkan lebih banyak fakta untuk meningkatkan kredibilitas Kamu: apa yang sangat istimewa dari produk Kamu?
  • Dukung penawaran atau produk kamu dengan testimonial atau bukti ilmiah.

Kamu ngak bisa mengandalkan kata-kata yang memiliki “kekuatan” membujuk saja untuk menjual produkmu.

Kekuatan Kata Emosi

Anda membeli karena emosi, tapi Anda memmbenarkan keputusan anda untuk membeli dengan logika.

~ Copywriter legendaris Joseph Sugarman

Manusia selalu bangga disebut sebagai mahluk yang rasional.

Tapi tanpa emosi, kita tidak bisa membuat keputusan, ini sudah dibuktikan oleh Antonio Damasio, profesor ilmu saraf.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Jonah Berger telah menunjukkan bahwa emosi yang kuat mendorong orang untuk berbagi konten. Dia menyoroti pentingnya emosi dan gairah yang tinggi:

Kemarahan dan kegelisahan menyebabkan orang berbagi, rasa kagum, emosi, gembira. Ini akan menyalakan semangat, mengaktifkan orang, dan mendorong mereka untuk bertindak.

Emosi terlibat dalam pembelian hampir semua produk.

Cara termudah untuk mulai menggunakan kata-kata emosional adalah dengan berempati dengan pembaca.

Masalah apa yang sedang dia perjuangkan ? Emosi apa yang dia rasakan saat memikirkan masalah ini ? Atau bagaimana konten atau layanan Kamu bisa membuatnya merasa lebih baik?

Contoh Kata Emosional yang Memiliki Kekuatan

Berikut ini 8 dasar emosi, gunakanan untuk menghubungkan emosi dengan orang-orang dalam tulisanmu:

  1. Kegembiraan
  2. Kepercayaan
  3. Takut
  4. Terkejut/heran/kagum
  5. Kesedihan
  6. Jijik
  7. Marah
  8. Antisipasi/waspada

Daftar di bawah ini bukanlah daftar lengkap. Gunakan kamus untuk menemukan lebih banyak kata dan pilih kata-kata yang sesuai dengan gaya penulisanmu.

Kekuatan kata emosional # 1: Gembira

Cinta, cinta kasih, cinta, jatuh cinta

Sukacita, menyenangkan, untuk dinikmati

Lembut, kelembutan

Pengabdian, dikhususkan, untuk mencurahkan

Memelihara, membina

Bahagia, penuh kebahagiaan

Menggoda, untuk merayu

Untuk menghargai

Beruntung, bernasib

Ekstensif

Kemenangan, menang

Mulia

Bergembira sekali

Kekuatan kata emosional # 2: Kepercayaan

Dapat dipercaya

Masuk akal, kehandalanb

Iman, setia

Kagum, heran

Terbukti

Terjamin

Ilmiah, sains

Didukung penelitian

Fakta, faktual

Benar

Berwibawa, berkharisma

Suci

Bukti sederhana, benar, pasti

Kekuatan kata emosional # 3: Takut

Dilarang

Penyalahgunaan, kasar

Mencuri, merampok, menjarah

Tidak berguna

Kecemasan, cemas

Putus asa

Panik

Kengerian

Sabotase

Gagal

Sedih

Terbakar

Ancaman

Kekuatan kata emosional # 4: Kejutan

Perasaan kagum

Membanggakan

Memukau

Spektakuler

Luar biasa

Pesona, mempesona, untuk mempesona

Mengherankan

Hebat

Menghela nafas

Memukau

Menyihir

Kekuatan kata emosional # 5: Kesedihan

Menangis

Patah hati

Duka

Sangat mengerikan

Mata berlinang air mata

Terisak

Bermasalah

Galau

Mabuk cinta

Penghematan

Bermusuhan

Marah

Iri

Malu

Kekuatan kata emosional # 6: Jijik

Omong kosong, jelek

Sialan, sial

Sampah, tidak berguna

Liar

Jelek

Memalukan

Vulgar

Menjijikkan

Cabul

Penolak, untuk mengusir

Konyol

Menjijikan

Kekuatan kata emosional # 7: Kemarahan

Kemarahan, mengamuk

Sangat marah

Kebencian, benci

Mengiritasi

Mengganggu

Pahit

Merajuk

Pemarah

Menyala

Histeris

Panik, gelisah

Kekuatan kata emosional # 8: Antisipasi

Sedikit diketahui

Belajar, merindukan

Nafsu

Gairah, penuh gairah

Keinginan, mendambakan

Kerinduan, merindukan

Inspirasi, menginspirasi untuk

Antusiasme, bergairah untuk

Menawan, pesona untuk

Merayu untuk

Terlupakan

Penemuan, menemukan untuk

Misteri, Misterius

Kekuatan Kata Sensorik

Kata-kata sensorik lebih kuat dan mudah diingat daripada kata-kata biasa karena membuat pembaca melihat, mendengar, mencium, merasakan, atau merasakan kata-katamu.

Saat membaca kata-kata non-sensorik, otak memproses teks. Tapi saat Kamu membaca kata-kata sensorik, area otak yang berbeda menyala.

Otak Kamu akan memproses kata-kata sensoris seolah-olah Kamu mencicipi kue manis, seolah-olah Kamu melihat tampilan warna yang mempesona, seolah-olah Kamu merasakan tekstur kasar.

Kata-kata sensori bahkan bisa mendongkrak penjualan. Penelitian terhadap beberapa menu menunjukkan bahwa mendeskripsikan makanan dengan menggunakan kata-kata sensorik membuat lebih banyak orang membelinya.

Kata-kata sensorik dapat menambahkan kekuatan untuk menarik perhatian:

  • 4 Tips Editing Menyenangkan untuk Membuat Kata-kata Menari dan Berjoget
  • Cara Mengubah Tulisan Yang Hambar Menjadi Konten Yang Bersinar

Kata-kata sensoris juga bisa membantu membuat konten abstrak (tidak nyata) menjadi lebih konkret (nyata).

Orang jarang bertindak berdasarkan akal sehat. Anda harus bisa memanfaatkan keinginan dan keyakinan yang sangat dalam agar bisa membujuk mereka. Anda membutuhkan duri kecil yang lebih tajam daripada fakta untuk menusuk hati mereka. Duri itu adalah emosi.

Contoh kata-kata sensorik yang memiliki kekuatan

Kata-kata sensorik menggambarkan apa yang kita alami di dunia:

  1. Kata-kata yang berhubungan dengan penglihatan, warna, bentuk, atau penampilan
  2. Kata-kata yang berhubungan dengan sentuhan, menggambarkan tekstur; Kamu bisa menggunakannya untuk menggambarkan perasaan dan konsep abstrak
  3. Kata-kata yang berhubungan dengan pendengaran, menggambarkan suara
  4. Rasa dan bau saling terkait satu sama lain
  5. Gerakan juga bersifat sensoris. Dengan menggunakan kata-kata aktif atau menggambarkan gerakan, Kamu membantu pembaca mengalami kata-katamu

Kekuatan kata-kata sensorik # 1: Kata-kata visual

Berkilau, kilau

Raksasa

Bengkok

Tebal

Bercahaya, bersinar

Kabur

Bayangan

Suram

Menjemukan

Kekuatan kata-kata sensorik # 2: Kata-kata meraba

Mengembang

Kasar

Lembut halus

Berlendir

Menempel untuk, lengket

Menyeramkan

Garing

Berbulu

Dingin

Menahan untuk

Kekuatan kata-kata sensorik # 3: Kata-kata pendengaran

Berdengung

Keriuhan

Bersenandung

Lemah

Tuli

Nyaring

Tenang

Mendesis

Tajam

Ledakan!

Kekuatan kata-kata sensorik # 4: Kata-kata yang berhubungan dengan rasa dan bau

Hambar

Busuk

Harum

Basi

Berair

Bau

Lengket

Pahit

Lezat

Tajam

Kekuatan kata-kata sensorik # 5: Kata-kata gerak

Melonjak

Untuk beresonansi

Angin sepoi-sepoi

Mengejutkan

Terpesona

Lumpuh

Mengejutkan, mengejutkan

Meraihnya untuk

Bahaya dari Penggunaan Kata-kata Kuat Yang Berlebihan

Pernah membaca judul tulisan yang lebay ?

Ya…pengunaan kata-kata kuat yang berlebihan akan membuat kita merasa jduulnya terlalu dibuat-buat, hanya untuk memancing sensasi, kedengarannya terlalu memaksa dan menyeramkan.

Contohnya:

  • Rahasia Para Selebritis Yang Mengejutkan Diungkap Oleh Mantan Pengawal Pribadi Mereka
  • 9 Rahasia Penting Copywriter Terungkap

Kesimpulan : Seni Menulis Konten Yang Menggoda

Menulis konten persuasif dimulai dengan membayangkan bagaimana Kamu bisa membantu klienmu.

Bagaimana Kamu membuat hidup mereka lebih baik? Rasa sakit apa yang kamu sembuhkan ? Bagaimana layanan Kamu membuat mereka merasa nyaman ? Mengapa mereka senang bekerja sama dengan Kamu?

Konten akan menjadi persuasif saat Kamu berhenti menjual produkmu dan berhenti menjual idemu.

Sebagai gantinya, tunjukkan bahwa Kamu memahami masalah pembacamu dan menunjukkan bagaimana Kamu bisa mengubah hidup mereka-tidak peduli seberapa kecil perubahan itu.

Jadi, hubungkan dengan keinginan dan perasaan pembacamu terlebih dahulu.

Kemudian, tawarkan layanan yang mereka sukai.

Dan terakhir, percikkan sedikit kata-kata ajaib ke kontenmu untuk meningkatkan kekuatan persuasifnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here