4 Penyebab Mengapa Baterai Ponsel Cepat Habis

0
260

Ada banyak sekali informasi tentang cara merawat baterai ponsel smartphone. Banyak trik yang diperdebatkan tentang praktik terbaik menjaga baterai ponsel tetap oke, tetapi ada beberapa hal buruk yang dapat merusak baterai dengan cepat.

Pastikan Anda menghindarinya.

Kualitas baterai ponsel semakin menurun dari waktu ke waktu, itu tidak bisa dihindari. Ada beberapa cara untuk memperlambatnya sebanyak mungkin, tetapi beberapa hal mempercepat proses penurunan kualitas itu.

Berikut 4 hal yang membuat baterai ponsel cepat rusak :

Menggunakan Charger Murah atau Rusak

Salah satu hal terburuk dan paling berbahaya yang mungkin Anda lakukan adalah menggunakan kabel murah atau tidak kompatibel dengan ponsel Anda.

Jika Anda pernah mendengar cerita tentang ponsel yang terbakar atau meledak tiba-tiba, biasanya itu karena kesalahan kabel atau menggunakan charger murahan.

Jalan terbaik adalah tetap menggunakan aksesori pengisian daya dari produsen ponsel atau merek tepercaya.

Hindari menggunakan aksesori ponsel super murah.

Memakai Ponsel Sampai Mati Total ( 0% )

Siklus pengisian daya adalah yang paling memengaruhi masa pakai baterai. Siklus pengisian dan pengosongan yang konstan secara perlahan menurunkan kesehatan baterai.

Yang membuat lebih buruk adalah ketika ponsel Anda sering memulai siklus pengisian dari 0%.

Sebaiknya sisakan daya ponsel Anda antara 20-80% sebanyak mungkin ketika hendak mengisi daya. Siklus pengisian daya yang lebih pendek lebih baik untuk baterai, jadi cobalah untuk tidak membiarkannya di bawah 20%.

Membiarkan Charger Tetap Terpasang Ketika Daya Baterai Sudah 100 %

Membiarkan ponsel tetap tercharger di posisi daya 100% adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak baterai ponsel.

Jadi, usahakanlah untuk tidak mengisi baterai ponsel sewaktu Anda pergi ditur malam hari. Beberapa ponsel saat ini memiliki fitur smart charger yang akan berhenti mengisi daya secara ototmatis ketika baterai mencapi 100 %.

Hanya saja, segera setelah turun ke 99%, baterai secara otomatis akan diisi Kembali hingga 100%. Jika ponsel masih terhubung dengan charger, maka siklus kecil ini berulang dan tidak baik untuk baterai.

Kabar baiknya adalah iPhone dan beberapa ponsel Android sekarang memiliki fitur pengisian daya “Adaptif” untuk mengurangi siklus pengisian daya ini dalam semalam. Mereka menjaga baterai di sekitar 80% sebagian besar malam dan kemudian menyelesaikan 20% terakhir di sekitar waktu bangun tidur Anda.

Meletakkan Ponsel di Tempat Dengan Panas Ekstrim

Kebanyakan perangkat elektronik tidak suka panas. Ini juga berlaku untuk baterai, termasuk yang ada di ponsel Anda.

Panas yang berlebihan dapat memperpendek umur baterai. Itulah alasan lain mengapa tidak baik membiarkan ponsel Anda tetap tercharger sepanjang malam.

Panas juga bisa berasal dari sumber lain.

Bermain game yang membutuhkan banyak sumber daya, meninggalkan ponsel Anda di dalam mobil yang panas, atau membiarkannya terjemur di bawah sinar matahari.

Semua hal ini dapat membuat ponsel Anda terlalu panas dan merusak baterai dalam prosesnya.

Itulah kira-kira 4 hal penyebab mengapa baterai ponsel cepat habis dan rusak. Baca juga, Cara Memantau Kesehatan Baterai Ponsel Android.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.