Mbah WP langsung tertarik dengan internet ketika memasuki masa kuliah, kenapa ketika baru kuliah ? karena waktu di kampung Internet belum masuk.

Jadi setelah di kotalah baru mbah WP berkenalan dengan Internet, itu tahun 2002, masa-masa di mana warnet (warung internet) masih bertebaran di sekitaran kampus, dan wartel (warung telepon) masih laku.

Di tahun itu, Mbah WP langsung tertarik dengan yang namanya “make money online”, ya…sama seperti kamu, buka google dan ketik “cara menghasilkan uang melalui internet”….

Hasilnya….muncullah web legendaris fo*mul#*is@is.com (kalau yang seumuran dengan saya dan pernah menjalani bisnis online pasti tau nih…web legendaris ini), waktu itu jadi member bayarnya cuma Rp. 50ribu.

Meskipun murah (untuk sekarang), tapi butuh 1 bulan lebih buat mbah WP bisa mendapatkan uang segitu (maklum anak kost) dan baru 1 tahun lebih kemudian ngumpulin uang buat beli script SM*O nya yang juga legend itu….wkwkwkwk

Jadi, kalau dihitung-hitung…dari 2005 sampai 2017 artinya sudah 12 tahun mbah WP menggeluti dunia bisnis online…

Mulai dari jualan ebook kayak model FB si Joko S, sampai merasakan nikmatnya FJB Kaskus yang sedang jaya-jayanya waktu itu…sampai punya web sendiri dan jual produk sendiri sekarang.

Ada masa-masa gagal, ada juga masa berjaya, naik turun, untung rugi….begitulah bisnis online…penuh perjuangan dan sebenarnya ngak jauh beda dengan bisnis offline (berdagang, buka toko atau mengecer barang di pasar).

Jadi, kalau ada yang bilang bisnis online penghasilan Rp. 1 Milyar dalam 1 bulan bahkan untuk pemula, ngak usah percaya deh…

Bukan mbah bilang ngak mungkin, memang ada sih…tapi bukan buat pemula…kalau mau hasil segitu ya kamu memang harus benar-benar expert (ahli dan jago).

Nah…dari perjalanan 12 tahun itu, mbah WP mau membagikan beberapa pelajaran yang mungkin bisa membantu kamu yang sedang menjalankan bisnis onlinemu.

  1. Buat semuanya menjadi sederhana. Bila kamu merasa apa yang sedang kamu kerjakan menjadi semakin rumit, berhentilah dan cari tahu apa yang salah. Orang lebih memahami hal-hal yang sederhana, terlalu rumit adalah tanda dari kegagalan.
  2. Jika kamu membuat sebuah website, jangan lupa membangun daftar email pengunjung. Daftar email adalah sumber kunjungan visitor yang sangat besar, jangan sepelekan hal ini.
  3. Ngak usah berpikiran kamu harus “sempurna”. Buat saja apa yang kamu kerjakan dalam level “cukup baik”. Kesempurnaan seringkali ngak bisa didefenisikan. Kalau kamu menunggu supaya pekerjaanmu “sempurna”, kamu ngak bakalan bergerak kemana-mana, jika kamu lihat sudah “cukup baik”….udah deh…lanjut aja ke pekerjaan selanjutnya…Yang lain-lain bisa menyusul deh…..
  4. Binis yang kamu jalankan melibatkan manusia. Manusia adalah mahluk hidup, bukan benda mati. Manusia bukanlah data-data di layar komputermu, jadi ngak usah terlalu kaku berpatokan pada data…Perlakukanlah manusia sebagai manusia…
  5. Jangan pernah membuang waktu untuk membuat semua orang bahagia. Ketika berbisnis online, ada-ada saja orang yang bakalan ngak suka, protes dengan produk atau layanan yang kamu berikan. Santai saja…dengarkan mereka, evaluasi lalu pertimbangkan apakah kritik atau protes mereka beralasan ? Jika ngak beralasan, abaikan saja…Jangan pernah membuang waktu untuk membuat semua orang bahagia. Click To Tweet
  6. Ini adalah blog dan bisnismu sendiri. Yang punya blog ini kamu, kamu yang melakukan semua pekerjaan, kamu yang bayar hosting, domain, beli plugin, tema dll….Ingatlah perkataan mbah ini jika kamu bertemu dengan orang yang protes dan mengeluh bahwa produk atau jasa kamu kemahalan, atau orang yang bilang “….hahhh…yang beginian bayar !!!! bisa gratis aja ngak ???!!!”
  7. Ngak usah panik dengan jumlah pengunjung websitemu, adalah lebih penting memiliki pengunjung situs yang memang membutuhkan informasi dari situs kamu dibandingkan memiliki banyak pengunjung tapi cuma lewat doang. Jumlah statistik pengunjung, jumlah komentar, atau bahkan ukuran traffik tidaklah terlalu penting. Pengunjung yang membeli produk atau jasamu lebih penting daripada pengunjung yang cuma lewat doang di situsmu.
  8. Hal yang paling penting dari sebuah ide produk atau jasa adalah, apakah ide tersebut bisa menghasilkan penjualan ? Jangan terbuai dengan perkataan orang atau pujian orang terhadap ide produk atau jasa kamu, jika ide tersebut ngak bisa menghasilkan uang…tinggalkan saja.
  9. Jangan pernah menganggap kamu mengerti apa yang pengunjung mu inginkan. Tanya mereka langsung.
  10. Ngak ada yang perduli dengan jumlah komentar yang kamu dapatkan ! Komentar ngak menghasilkan uang. Menghabiskan waktu berpikir karena bingung, kenapa postinganmu ngak ada yang ngomentari adalah langkah yang salah. Santai aja…di beberapa blog mbah malah menutup layanan komentar.Ngak ada yang perduli dengan jumlah komentar yang kamu dapatkan ! Komentar ngak menghasilkan uang. Click To Tweet
  11. Jangan berhutang untuk mendanai bisnis onlinemu. Ini ngak perlu dan malah menambah beban stres. Jangan juga beli tools (peralatan) untuk bisnis onlinemu dengan cara berhutang atau mencicil….ngak perlu… Mulai saja dulu dari hal sederhana atau terkecil. Ini adalah internet … Yang perlu kamu lakukan hanya membuat penawaran terhadap produk atau jasamu pada target pasar yang tepat.
  12. Mau tau cara sebuah bisnis menghasilkan uang ? Caranya sederhana, buatlah sebuah produk atau jasa yang memang berguna dan berharga untuk menyelesaikan suatu masalah. Mendapatkan penghasilan melalui iklan bukanlah sebuah bisnis yangs sesungguhnya, itu Cuma pendapatan sampingan saja. Kamu baru benar-benar mempunyai sebuah bisnis jika punya produk atau jasa sendiri yang bisa kamu tawarkan untuk dibeli.
  13. Jadilah orang sungguhan. Jangan pernah mengatakan “kita” jika ternyata yang menjalankan bisnis adalah “saya”. Orang-orang juga memperhatikan hal sepele seperti ini.
  14. Daftar email atau Daftar Media Sosial. Kalau menurut mbah, daftar email lebih penting daripada daftar pengikut di media sosial. Pengguna media sosial kebanyakan alay soalnya (hehehehe…maaf), sementara pengguna email biasanya sudah melek teknologi dan lebih paham menggukan blog/situs.
  15. Sebuah blog bukanlah bisnis. Blog adalah platform (alat/media) pemasaran yang hebat. Tapi, bukan bisnis. Sampai kapanpun blog hanyalah sebuah media.Sebuah blog bukanlah bisnis. Click To Tweet
  16. Mulailah atau bergabunglah dengan kelompok orang-orang pintar. Akan sangat sulit untuk membangun sebuah bisnis jika kamu hanya berjalan sendirian. Dengan bergabung dengan komunitas orang-orang pintar, kamu bisa berdiskusi dan membangun bisnis lebih cepat.
  17. Mudah dipahami lebih penting daripada terdengar cerdas. Kamu bisa menulis sales letter atau artikel dengan bahasa yang super smart, tapi jika yang baca ngak ngerti, sama saja dengan omong kosong. Komunikasi hanya efektif jika sudah jelas dan dipahami oleh orang-orang yang mendengarkannya (membaca).
  18. Kehidupan dunia “nyata” mu haruslah seimbang dengan kehidupan dunia “maya”mu. Jangan kelamaan di depan komputer, bergaullah dengan tetanggamu, jalan-jalan menikmati alam. Sangat penting untuk menyeimbangkan pekerjaan onlinemu dengan aktivitas di alam nyata dan fisik.
  19. Waktu adalah aset yang lebih berharga daripada uang. Jangan pernah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencoba menghemat beberapa rupiah. Pada akhirnya, kamu kehilangan uang dalam jangka panjang.
  20. Teknologi berubah. Platform berubah, dulu orang heboh dengan blogspot, sekarang heboh dengan wordpress, dulu friendster sekarang facebook, tapi manusia tidak. Fokus pada manusia dan sisanya hanya sarana untuk mencapai tujuan.
  21. Ubah lingkungan kerjamu sesering mungkin. Jika kamu berbisnis online, maka kebanyakan pekerjaan utamamu akan berada di depan komputer. Kamu bisa berpindah-pindah tempat kerja supaya ngak bosan dan mendapatkan inspirasi.
  22. Jangan terlalu berhemat untuk membeli fasilitas penunjang kerjamu. Jika kamu memang berencana untuk mendapatkan sumber penghidupan dari “bisnis”mu itu, jangan terlalu pelit. Ada harga, ada rupa.
  23. Jangan takut untuk menunjukkan kepribadianmu. Orang menyukai seseorang yang memiliki kepribadian dan menunjukkan siapa dirinya.
  24. Jangan mudah terpengaruh para pebisnis yang sudah terlebih dahulu sukses dalam bisnismu. Memang, gampang sekali ketika kita melihat orang lain berhasil, trus…kita pikir, kita juga bakalan bisa berhasil kalau buat yang seperti itu. Belum tentu….Bahkan para pakar internet marketingpun sering juga melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan bisnis mereka.
  25. Fakta sebenarnya dalam dunia bisnis online….Mereka yang selalu memamerkan kesuksesan atau pamer uang di media sosial atau dimanapun itu, pada kenyataannya hanya biasa-biasa saja (mungkin uangnya cuma pinjaman saja biar kelihatan keren saat di foto)….Jika kamu melihat orang pamer uang atau bilang “100 juta dalam seminggu dari bisnis online” anggap saja itu sebagai hiburan. Ngak usah terlalu serius menghadapi orang-orang seperti ini.
  26. Jangan buang-buang waktu membandingkan dirimu dengan orang lain. Bandingkanlah dirimu dengan seseorang yang sebanding. Jika mau membuat perbandingan, coba lihat hasil kerjamu, apakah ada peningkatan dibandingkan tahun yang lalu ? Begitu cara membuat perbandingan yang benar. Jika kamu membandingkan dirimu dengan seseorang yang kamu lihat di media online, kamu Cuma melihat hasil pencitraan publiknya saja, kamu kan ngak tau gimana kondisi realita sebenarnya di balik layar. Sama seperti film, pernah nonton film spiderman ? di film kamu bisa lihat si Peter Parker berayun dari satu gedung ke gedung lain….Hebat…Keren….Jagoan habis dah… Faktanya…? Ya…itu semua Cuma hasil tipuan kamera dengan teknologi komputer canggih.
  27. Jangan membeli produk internet marketing karena berharap cepat kaya. Beli, karena kamu sadar bahwa produk tersebut akan bermanfaat bagi kamu dan berguna untuk bisnis kamu.Jangan membeli produk internet marketing karena berharap cepat kaya. Click To Tweet
  28. Jangan merasa berkewajiban untuk mengikuti berita dan tren terkini. Sebagian besar isi dari berita dan trend terkini hanyalah sampah. Prinsip kebutuhan manusia dan dasar-dasar bisnis tetap sama dari waktu ke waktu, kamu hanya perlu menguasai produk dan dasar-dasar bisnismu, setelah kamu mahir….bisnismu ngak perlu ngikutin tren yang berubah-ubah setiap saat.
  29. Jangan pernah membuat janji yang tidak bisa kamu tepati.
  30. Jangan pernah takut menolak pelanggan atau klien. Ngak semua pelanggan itu raja, terkadang ada juga pelanggan yang ngak layak dilayani. Jika ada pelanggan yang merugikan kamu, lebih baik kamu menolak tawaran/permintaan mereka.
  31. Ngak usah takut bersaing dengan harga. Tetapkan saja hargamu dan pikirkan untuk bersaing dalam pelayanan dan mengapa produk atau jasamu memang layak untuk dihargai sesuai dengan ketentuanmu.
  32. Jangan biarkan bisnismu membuat kamu bangkrut. Dulu saya pernah seperti ini, buat bisnis online, uang habis untuk beli plugin, themes, dan berbagai tools yang akhirnya malah ngak kepake…yang sialnya bisnis online ngak jalan-jalan..padahal uang sudah habis. Bisnis onlinemu seharusnya mendukungmu, bukan sebaliknya.
  33. Langkah pertama untuk menghasilkan uang secara online adalah berhenti mencari di internet : ”cara menghasilkan uang secara online”. Ungkapan “cara menghasilkan uang secara online” adalah jebakan, uang adalah hasil dari produk atau layanan yang bermanfaat bagi yang membeli, sementara “online” itu hanya medianya saja. Jangan terjebak dengan kata-kata, “cara menghasilkan uang online”, banyak para “pakar internet marketing dengan berbagai macam omong kosong dan janji palsu yang memanfaatkan para pemula internet yang lugu.Langkah pertama untuk menghasilkan uang secara online adalah berhenti mencari di internet : ”cara menghasilkan uang secara online”. Click To Tweet
  34. Jaga kesehatanmu. Bisnis onlinemu yang hebat akan menjadi omong kosong jika kamu jatuh sakit.
  35. Buatlah sebuah bisnis yang menghasilkan pendapatan yang akan selalu berkelanjutan (bukan tren sesaat seperti batu akik). Pendapatan yang berulang adalah dasar dari bisnis online yang stabil. Contoh bisnis seperti ini yang bagus adalah bisnis makanan (karena semua orang akan selalu makan sampai mereka tua), boleh juga bisnis di luar makanan, tapi pastikan bahwa akan selalu ada yang membutuhkan produk atau jasa tersebut dari waktu-ke waktu.
  36. Jika kamu mempekerjakan orang untuk proyek bisnis onlinemu, pastikan untuk membaca biodata atau riwayat hidupnya. Jangan asal ambil orang, yang ada pekerjaan ngak selesai…uangmu juga habis buat bayar mereka.
  37. Marketing (pemasaran) bukanlah sesuatu yang jelek/buruk). Kalau bisnismu mau hidup ya pemasaran harus jalan, gagal memasarkan, bisnismu mati. Jika kamu beranggapan ngak etis jika menawarkan suatu produk kepada orang lain…maka nasibmu akan begitu-begitu saja.
  38. Kelola bisnismu dengan perhitungan. Bisnismu harus memiliki indikator berupa perhitungan angka yang bisa dihitung. Kamu bisa mengambil keputusan berdasarkan angka tersebut. Ini jauh lebih mudah daripada menebak-nebak apa yang harus dilakukan.
  39. Bila kamu melakukan suatu “cara” dan “cara” itu berhasil, maka tingkatkanlah lebih dari “cara” itu. Teknik bisnis itu ngak selalu harus “baru”, bisa juga teknik lama, kalau memang berhasil lakukan saja.
  40. Bersedia untuk meredam ego. Jika kamu melakukan sesuatu dan selalu ngak berhasil, berhentilah melakukannya.
  41. Jangan membuat produk yang “besar” untuk mendapatkan hasil yang besar. Fokus saja pada apa yang dibutuhkan oleh pasar. Pelanggan menginginkan hasil/manfaat, bukan produk omong kosong. Produk yang “besar” ngak selalu berarti harganya mahal. Yang menentukan harga adalah manfaat sebuah produk.
  42. Jangan membuat terlalu banyak produk dalam satu layanan. Pengunjung malah jadi bingung, terlalu sulit dipasarkan. Tentu kan produks spesialisasi kamu.
  43. Jangan menyimpan informasi berharga di kepalamu. Kenapa ? Karena kamu bisa lupa. Setiap mendapatkan ide bagus catatlah, gunakan alat seperti Evernote.
  44. Belajarlah untuk mengatakan “tidak” dan jangan merasa bersalah karena hal itu.
  45. Lakukan pembukuan dan patuhi. Bisnis yang sejati selalu melakukan pencatatan akuntansi, penganggaran, dan pelacakan pendapatan. Contoh kecilnya, kamu bisa membuat catatan berapa pengeluaran dan pemasukan dari bisnis onlinemu.
  46. Lebih baik melakukan sedikit hal tapi bermanfaat, daripada melakukan banyak hal tapi tidak bermanfaat atau biasa-biasa saja.
  47. Tidur yang nyenyak. Ngak usah begadang kalau memang ngak penting. Begadang malah membuat tubuh kamu jadi ngak fit, dan kamu jadi ngak produktif keesokan harinya.
  48. Menulis artikel setiap hari sama saja dengan membuang waktu. Ngak usah nulis setiap hari, bagi waktumu…kapan harus promosi, kapan harus istirahat, kapan membuat konten.
  49. Semakin sedikit waktu yang kamu habiskan di media sosial, kemungkinan kamu akan semakin cepat kaya.
  50. Jaga kebersihan ruang kerjamu. Ruang kerja yang kotor membuat pikiran menjadi kacau, jika tempat kerjamu berantakan, berhentilah sebentar..bereskan dulu, baru kembali bekerja.
  51. Bisnis online ngak jauh berbeda dengan bisnis offline.
  52. Sebuah produk ngak berarti apa-apa jika ngak bisa digunakan.
  53. Bekerja cerdas lebih penting daripada bekerja keras.
  54. Jika kamu ngak punya sesuatu yang baru untuk di posting di blog, ngak usah stres. Jangan posting apa-apa. Blog kamu bukanlah bisnis.
  55. Beberapa orang ditakdirkan untuk menjadi karyawan dan bukan pengusaha. Dan ngak ada yang salah dengan hal itu.
  56. Satu-satunya cara untuk benar-benar bertahan adalah melakukan perbaikan terus-menerus. Saat kamu sudah nyaman dengan situasi saat ini, itu tandanya kamu sudah mulai layu. Kamu harus terus menciptakan sesuatu agar bisnismu bisa tumbuh.
  57. Informasi yang berlebihan mudah untuk diatasi. Caranya ? Berhenti untuk memperhatikan/menanggapi informasi tersebut. Jangan buang waktu untuk informasi yang ngak penting.
  58. Jangan jual murah. Jika kamu merasa kehabisan ide cara unutk menjual produkmu, tinjau ulang kembali produkmu, perbaiki mana yang kurang sehingga produkmu menjadi bernilai dan penting bagi prospekmu sehingga mereka akan rugi jika ngak membelinya.
  59. Pisahkan perencanaan dengan pengerjaan. Sangat tidak efisien sambil membuat rencana sekaligus mengerjakannya. Rencanakanlah dahulu sampai matang, kemudian kerjakan.
  60. Bersedia untuk menerima kritik, kritik di sini tidak sama dengan menyalahkan. Tapi kritik yang membangun.

Nah itu dia 60 pelajaran yang bisa mbah WP bagikan buat kamu selama 12 tahun berbisnis online.

Jika kamu punya nasehat lain, kamu bisa masukkan lewat kolom komentar, nanti mbah tambahkan ke dalam artikel lengkap dengan nama kamu. Terimakasih !

 

3 KOMENTAR

  1. NOMOR 61. JANGAN PERNAH MIMPI MENJADI KAYA DENGAN BISNIS ONLINE, SEBAB ORANG YANG KAYA DARI BISNIS ONLINE ADALAH ORANG YANG TIDAK MAU MIMPI JADI KAYA DARI BISNIS SEPERTI INI.(COBA TANYAKAN DENGAN MARK ZULKIFLI PENCIPTA FACEBOOK, PERNAH GAK DOI MIMPI JADI KAYA DARI BISNIS ONLINE…….DIA MALAH KETAWA DENGER PERTANYAAN LOE…….SILAHKAN MIKIR).

    NOMOR 62. JANGAN SOK PINTAR KARENA MENJALANKAN BISNIS ONLINE. PERCUMA PINTAR KALAU BOKE’ ALIAS TIDAK PUNYA DUIT.

    NOMOR 63.JUALAN OFF LINE LEBIH REAL,AMAN,TERPERCAYA. JADIKAN JUALAN ON LINE SEBAGAI KERJAAN ISENG AJA…..

    NOMOR 64. LEBIH BANYAK KORBAN PENIPUAN ON LINE DARI PADA KORBAN PENIPUAN OFF LINE.

  2. NOMOR 65. JANGAN PERCAYA KISAH SUKSES ORANG KAYA DARI BISNIS ONLINE. FOTO-FOTO RUMAH MEWAH,MOBIL MEWAH ITU ADALAH MILIK TETANGGA YANG BISNIS OFF LINE. FOTO TERSEBUT UNTUK MANCING AJA BIAR KITA BELI EBOOKNYA ATAU APALAH. INGAT SI PENCIPTA FACEBOOK MARK ZULFIKAR, TIDAK PERNAH MEMAMERKAN KEKAYAANNYA.

  3. NOMOR 66. SATU SATUNYA CARA MENJADI KAYA DARI BISNIS ONLINE ADALAH MENJADI PENIPU ONLINE YANG MENGATASNAMAKAN INSTANSI NEGERI MAUPUN SWASTA. CARANYA DENGAN MENYEBARKAN SMS, LIHAT WEBSITE, SELAMAT ANDA MEMPEROLEH MOBIL AVANZA, BIAYA PENGIRIMANNYA 2 JUTA RUPIAH. 1000 ORANG KETIPU KALIKAN DUA JUTA, BERAPA TUH ? JADI KAYA LOE…….(TAPI POLISI SIAP MEMBURU ANDA). BILA KETANGKEP ANDA AKAN MENDAPAT HADIAH KETUPAT BENGKULU, DAN MASUK HOTEL PRODEO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here