Zaman sekarang banyak sekali anak-anak muda yang terinpirasi dari kisah-kisah sukses para internet marketing dan start up dengan “cerita sukses” mereka.

Menjadi Bos bagi bisnis Anda sendiri kedengarannya memang mengasikkan, atau mungkin Anda hanya sekedar ingin menambah penghasilan disamping pekerjaan utama Anda, ada banyak cara untuk mengubah keterampilan dan minat Anda menjadi penghasilan.

Menjalankan bisnis online yang sukses memiliki daya tarik sendiri, namun perlu Anda ingat, pastinya memiliki tantangannya sendiri juga.

Memulai bisnis apa pun perlu kerja keras, memang benar, tak terhitung jumlah orang yang telah membuat lompatan besar untuk berwirausaha — dengan ide-ide yang tepat dan banyak modal keringat, mereka berhasil, Anda juga bisa.

Pahami juga, bahwa bisnis online bukanlah sebuah trik sederhana yang akan mengubah hidup Anda dalam sekejap mata.

Memulai bisnis bukan seperti itu. Ada baiknya Anda memikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk keluar dari pekerjaan Anda (resign) karena semangat yang menggebu-gebu ingin “sukses” berbisnis onine.

Sebaliknya, mbah wp mencoba untuk mengumpulkan berbagai cara sederhana untuk memulai bisnis online, tanpa harus berhenti dari pekerjaan sehari-hari Anda, mbah wp berusaha membantu menemukan ide produk atau model bisnis yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

7 ide bisnis online

  1. Memulai usaha desain pakaian sendiri
  2. Luncurkan toko dropshipping
  3. Jual karya seni online
  4. Menjadi penulis, desainer atau developer website
  5. Mengajar kursus online
  6. Membuat toko yang menjual barang bekas
  7. Menerbitkan buku sendiri

1. Memulai usaha desain pakaian sendiri

Anda jago mendesain pakaian ? di zaman now ini, Anda bisa menjalankan usaha desain pakaian sendiri.

Buat web Anda dan jual desain Anda sendiri, atau Anda bisa bekerjasama dengan percetakan khusus pakaian/produsen pakaian untuk mencetak baju sesuai dengan pilihan desain dari pembeli Anda.

Mengapa membuat usaha desain pakaian ?

  • Tidak ada yang lebih memuaskan daripada membuat produk yang akan digunakan orang setiap hari.
  • Ubah kreativitas Anda menjadi sesuatu yang nyata dan menguntungkan. Anda akan bangga melihat desain Anda dipakai orang.

2. Luncurkan toko dropshipping

Dengan dropshipping, Anda tidak perlu pusing memikirkan gudang tempat stok barang unutk menjalankan bisnis online Anda.

Dropshipping adalah cara yang bagus untuk memulai bisnis online jika modal Anda terbatas. Anda hanya perlu mempromosikan sebuah produk dan biarkan produsen yang mengurus pengemasan sampai pengiriman barang.

Dengan menjadi dropshipping Anda juga tidak perlu takut rugi karena barang yang Anda jual ternyata tidak ada peminatnya (sepi pembeli).

Anda dapat mulai menjadi dropshipping di market place seperti buka lapak, shoope dll. Atau bisa juga buat toko online Anda sendiri, kemudian tampilkan produk dropship yang Anda jual di toko online Anda.

Mengapa memilih menjadi dropshipping?

  • Anda tidak perlu stok produk fisik, yang berarti bahwa arus kas Anda tidak akan terikat dalam inventaris. Resiko pengeluaran untuk stok barang lebih sedikit.
  • Setiap kali pembelian dilakukan, Anda tinggal teruskan ke pihak produsen dan mereka yang akan mengurus pengemasan dan pengiriman.
  • Tidak perlu gudang untuk stok barang, artinya Anda dapat menjalankan bisnis dari mana saja. Baik itu ruang tamu Anda atau kafe, Anda yang memutuskan di mana ingin bekerja.

3. Jual karya seni Anda secara online

Anda seorang yang memiliki jiwa seni yang tinggi ? Jago melukis, fotografer atau musisi ? Ubah keahlian Anda menjadi sumber pendapatan.

Anda dapat menjual karya dalam bentuk cetakan, kanvas, dan poster berbingkai. Bagaimana dengan musik ? Anda dapat menjual jingle, lagu dan suara audio lainnya dalam bentuk  unduhan digital.

Contohnya The Drum Broker, komunitas online terbesar yang menjual audio sample drum ke seluruh dunia.

Ada juga, audiojungle.net yang menjual berbagai jenis audio dengan harga $ tentunya. Enak kan, hasil karya musik Anda dihargai dengan mata uang Dollar.

Mengapa menjual karya seni ?

  • Hasil karya Anda akan didengarkan dan dilihat oleh banyak orang.
  • Buat platform seperti toko online untuk memamerkan karya Anda.
  • Sebagai seorang seniman, menciptakan seni bukan hanya sekadar hobi – ini adalah cara hidup. Yang paling enak adalah ketika kita mengerjakan hobi kita sendiri dan dibayar.

4. Menjadi penulis, desainer atau developer lepas (freelance)

Penulis, developer dan desainer grafis dapat memulai bisnis berdasarkan bakat mereka. Sebagai pekerja lepas, Anda akan dapat memanfaatkan keterampilan Anda untuk  membantu orang di seluruh dunia dengan proyek mereka (dan tentu saja akan menghasilkan uang).

Menjadi seorng freelancing tidak berarti mengerjakan proyek selama sebulan penuh yang menggerogoti waktu luang Anda.

Anda dapat memilih proyek yang sesuai dengan jadwal Anda.

Jika berminat menjadi freelance, anda bisa mencoba.

Untuk lokal :

Untuk luar negeri :

Mengapa menjadi freelance?

  • Anda dapat memilih proyek mana yang ingin Anda kerjakan, dan mengatur jadwal dan tempat kerja Anda sendiri.
  • Dibayar untuk melakukan sesuatu yang Anda kuasai akan memberikan kepuasan dan perasaan yang berharga, bandingkan jika Anda dibayar untuk melakukan pekerjaan yang “terpaksa” Anda kerjakan (untuk memenuhi kebutuhan hidup tentunya).
  • Jika Anda baru dalam dunia menulis, desain grafis, atau developer, cara terbaik untuk membangun portofolio adalah dengan mendapatkan pengalaman nyata dalam berbagai proyek.

5. Ajarkan kursus online

Mengajar kursus online adalah cara yang pasti untuk menghasilkan pendapatan pasif. Yang perlu Anda lakukan adalah menyusun video panduan untuk menjelaskan materi yang Anda kuasai, kemudian menghostingnya di situs web pribadi Anda.

Atau bisa juga bergabung dengan website khusus kursus online seperti :

Untuk lokal :

Untuk luar negeri :

Keuntungan membuat kursus online adalah, Anda hanya perlu membuat materi video 1 kali, kemudian uang akan datang secara rutin dari para siswa yang berlangganan kursus Anda.

Materi untuk kursus online bisa bermacam-macam, mulai dari pembuatan musik, teknik pemasaran media sosial, cara membangun website, cara membuat aplikasi android, cara membuat aplikasi iOS – dll.

Mengapa mengajar kursus online?

  • Dengan kursus online, Anda hanya perlu membuat tutorial 1 kali saja di awal, Anda tidak perlu menbuat tutorial berulang-ulang.
  • Kerjakan video tutorial Anda selama 1 minggu s/d 1 bulan (tergantung tingkat kesulitan materi yang Anda ingin sampaikan), kemudian Anda bisa beristirahat dan memetik manfaatnya selama materi yang Anda ajarkan masih relevan.
  • Jika Anda orang yang memiliki banyak pengetahuan (ahli dalam melakukan sesuatu hal), Anda hanya perlu membagikannya. Mengajarkan keterampilan baru kepada seseorang akan mendapatkan imbalan tersendiri. Selain uang, membantu orang lain selalu menjadi pengalaman yang memuaskan.

6. Membuat toko yang menjual barang bekas

Jika Anda suka berburu barang bekas, maka hoby ini dapat Anda jual juga secara online.

Banyak orang ingin membeli barang-barang keren, dengan harga murah, namun merasa gengsi untuk membeli ke tukang loak.

Anda dapat memanfaatkan kondisi ini dengan memposisikan diri Anda sebagai agen yang dapat dipercaya untuk mendapatkan barang yang diinginkan orang lain.

Mengapa menjual temuan toko barang bekas Anda?

  • Jika Anda hoby berbelanja barang bekas, Anda dapat menyalurkan hoby sambil menghasilkan uang.
  • Keuntungannya sangat besar. Barang bekas tidak memiliki standar harga yang pasti, Anda bisa membeli barang dengan harga murah kemudian menjualnya kembali dengan harga lebih mahal karena bisa jadi barang tersebut unik bagi orang lain.

7. Menerbitkan buku Anda sendiri

Dulu menjadi penulis dan bisa menerbitkan buku di penerbit seperti gramedia itu merupakan hal yang sulit. Banyak tahapan yang harus dilalui.

Sekarang, banyak orang yang sudah menjual bahkan memproduksi buku mereka sendiri secara online, tanpa bantuan penerbit.

Anda dapat menerbitkan buku dalam bentuk ebook, setelah dibeli, ebook akan dikirimkan melalui email atau bisa juga lewat whatsapp atau layanan pencetakan on-demand (cetak sesuai jumlah pemesanan).

Anda juga bisa membuat blog online (toko online) sebagai media pemasaran buku Anda. Sekarng ini memuat too online itu sangat-sangat mudah.

Dengan cms seperti wordpress, Anda bisa membangun toko online hanya dalam hitungan menit. Jadi tidak usah pusing nanti jual bukunya di mana.

Mengapa menerbitkan buku sendiri ?

  • Jika Anda berbakat menulis, maka menerbitkan buku adalah hal penting, karena apa gunanya Anda menulis jika tidak ada yang baca ?
  • Menulis adalah hoby Anda, akan lebih bagus lagi jika Anda melakukan hoby Anda sambil mendapatkan uang.

Cara Memulai Bisnis Online Anda

Setelah memutuskan ide apa yang akan Anda jadikan bisnis online, Anda harus melakukan uji coba terlebih dahulu, kemudian jalankan ide tersebut.

Berikut cara memulai sebuah bisnis online, langkah demi langkah:

  1. Validasi ide Anda dengan melakukan riset pasar.
  2. Bangun produk atau layanan Anda.
  3. Atur metode keuangan bisnis Anda.
  4. Temukan vendor dan pemasok.
  5. Bangun situs web Anda.

1. Validasi ide Anda dengan melakukan riset pasar

Ingat ini, ide bisnis yang menurut Anda hebat belum tentu laku di pasar.

Sebelum menghabiskan waktu dan energi Anda untuk memulai sebuah bisnis, lebih baik cari tahu lebih dulu seberapa layak ide tersbut dan apakah ada minat calon pembeli untuk produk tersebut.

Bagaimana caranya ? Berikut cara ringkas untuk melihat selera pasar terhadap sebuah produk :

  • Gunakan google trend untuk melihat seberapa popular sebuah produk/ide bisnis
  • Gunakan google keyword planner tool untuk melihat seberapa banyak pencarian kata kunci terhadap produk/ide bisnis
  • Gunakan social media seperti facebook, lihat seberapa banyak grup atau topik yang membahas produk atau ide bisnis tersebut.

2. Kembangkan produk atau layanan Anda

Sudah selesai memvalidasi ide bisnis Anda ?, sekarang saatnya mengubahnya menjadi sebuah produk yang nyata.

Jika Anda menjual sebuah produk atau layanan, Anda perlu membuatnya. Temukan produsen untuk memproduksi produk Anda, buat paket penawaran layanan Anda, atau tulis buku Anda.

Jika Anda memilih dropship, maka produk tersebut sudah Ada, Anda tinggal promosikan dan pasarkan saja.

3. Atur keuangan bisnis Anda

Namanya berbisnis, maka Anda perlu memiliki aturan keuangan sendiri. Mulai dari pembuatan rekening Bank, pajak dan pembukuan.

Jangan mencampurkan antara keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Ketika bisnis Anda semakin besar, maka keuangan bisnis Anda akan menjadi lebih rumit, menyewa akuntan profesional atau profesional pajak bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Temukan vendor dan pemasok

Bisnis online dalam bentuk barang fisik kemungkinan memerlukan banyak hubungan bisnis, misalnya : produsen, dropshipper, gudang stok barang, bagian pengiriman dll.

Anda perlu untuk memastikan bahwa hubungan bisnis ini sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Bisnis online lainnya mungkin memerlukan hubungan atau kontraktor yang berbeda. Jika Anda sedang menulis buku, misalnya, Anda mungkin ingin menyewa seorang editor profesional dan perancang cover buku.

Jika Anda butuh data-data supplier barang untuk toko online, Anda bisa dapatkan di tools marketing ini.

5. Bangun situs web Anda

Jika Anda ingin memulai bisnis online, sangat disaranakan memiliki situs web sendiri. Dan untuk menghasilkan penjualan online, web Anda harus memiliki halaman pemesanan dan pembayaran.

Biaya untuk membuat sebuah web tidaklah begitu mahal, untuk sebuah domain (nama web Anda) hanya sekitar Rp. 100ribu s.d Rp. 150ribu/tahun, kalau lagi ada promo bisa hanya Rp. 80ribu/tahun. Sewa hosting pertahun hanya Rp. 700ribu s.d Rp. 1,5 juta.

Untuk membuat toko Online pakai WordPress, Anda bisa ikuti panduan Cara Membuat Toko Online Dengan WordPress berikut ini.

Saatnya Memulai Bisnis Anda

Baiklah, semua yang Anda baca di dalam artikel ini tidak akan ada gunanya jika Anda tidak melakukan tindakan apapun !

Saatnya membangun bisnis online Anda sendiri, fokuslah untuk memulai langkah pertama menuju kesuksesan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.