Jika kamu baru memulai sebuah bisnis online, baru membuat toko online atau mungkin ingin membuat sebuah blog yang sukses, kamu pasti sering mendengar nasehat-nasehat berbahasa alien berikut ini supaya olshop atau blog kamu cepat sukses.

  • Kamu harus lakukan riset kata kunci
  • Harus punya backlink yang berkualitas
  • Buat konten yang keren di blog mu…
  • dll

Susah ya…..?

Iya memang susah, dan memang benar, kalau kamu mau berhasil ya…semua itu harus dijalani..

Tapi ngak usah khawatir dan bingung, sama seperti di sekolah…ada 2 cara untuk meraih juara kelas, yang pertama BELAJAR KERAS dan yang kedua MENCONTEK.

Nah, jika kamu ingin berhasil dalam bisnis online, kamu harus mengalahkan saingan bisnis onlinemu (soalnya yang berbinis online itu bukan cuma kamu loh…)

Caranya gimana mbah ?

Bisa dengan bekerja keras, lakukan riset keyword, meriset konten yang viral, mencari web yang memberi backlink yang berkualitas dll….kamu bisa melakukannya secara manual tapi tentu saja harus menyiapkan tenaga extra.

Tapi kalau mau gampang, kamu bisa memata-matai teknik SEO yang dilakukan oleh sainganmu dan mencontek cara kerja mereka.

Ngapain mbah ? Apa sih untungnya memata-matai dan mencontek teknik SEO dari saingan :

  1. Mendapatkan inspirasi cara baru untuk terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan retensi pelanggan (membuat pelanggan menjadi loyal)
  2. Mencari tahu, apakah saingan bisnis onlinemu sedang mebuat strategi baru yang lebih baik dari yang kamu lakukan, dan mencari cara bagaimana mengatasinya.
  3. Melihat hasil analisis market mereka, melihat strategi marketing mereka dan melihat mana kira-kira yang bisa kamu contek.
  4. Meningkatkan rencana marketingmu sendiri untuk bersaing dengan mengandalkan data yang jelas, bukan mengira-ngira.

Yup dengan mencontek, kamu bisa mendapatkan data lebih lengkap dan lebih cepat.

Apa yang berhasil membantu peningkatan bisnis mereka, pasti dapat juga membantu meningkatkan bisnis kamu.

Ada banyak alat SEO yang memantau tidak hanya kinerja situs kamu, tetapi juga sainganmu.

Berikut alat yang bisa kamu gunakan untuk menganalisis teknik SEO dari saingan bisnis onlinemu :

  1. Alexa – Monitor Traffic

Alexa dapat memonitor traffic dari website secara global, situsmu juga saingan bisnismu. Kamu dapat memanfaatkan data-data dari Alexa untuk memata-matai backlink, traffik, kata kunci, dll dari sainganmu.

Cara terbaik menggunakan alat ini : Bandingkan situsmu dengan situs yang memiliki niche (topik) yang sama, dapatkan data-data dan ranking yang  bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

  1. SE Ranking – track rangking

SE Ranking membantu kamu memantau peringkat pencarian saingan pada mesin pencari dan berdasarkan target wilayah.

Kamu bisa mendapatkan laporan terperinci mengenai sainganmu, termasuk data mengenai posisi rata-rata, perkiraan traffik, dan visibilitas situs.

Cara terbaik menggunakan SE Ranking: Alat ini memberikan informasi singkat untuk 5 website dan 50 kata kunci untuk setiap query yang kamu masukkan (versi gratis).

Jika kamu ingin melacak sesuatu secara lebih rinci, tambahkan ke tab ‘Main Competitors’ dan lacak untuk mendapatkan rincian lebih lanjut.

  1. InfiniGraph – melacak tren di media sosial

InfiniGraph melacak tren di media sosial. Alat ini menggabungkan interaksi konsumen terhadap merk secara real time dan menggunakan penargetan untuk mengetahui merk dan konten apa yang sedang populer sekarang.

Dengan bantuan Social Intelligence, kamu dapat dengan mudah memperhatikan influencer dan konten yang paling trend untuk membuat sebuah kampanye produk yang sukses.

Cara terbaik menggunakan alat ini: InfiniGraph dapat melacak apa yang menjadi tren di media sosial terkait saingan atau niche kamu.

  1. Monitor Backlinks – melihat profil backlink

Monitor Backlinks masih pemain baru di dunia internet, tapi reputasinya sangat bagus.

Dengan alat ini, kamu bisa melacak berbagai backlink dari saingan kamu, melihat mana backlink yang berdampak negatif bagi situs kamu, dan menemukan backlink yang berkualitas.

Alat ini bisa membantu kamu untuk menganalisa backlink blogger dan webmaster yang merupakan saingan kamu, dan datanya bisa kamu gunakan untuk membangun backlink kamu  sendiri, membangun link yang berkualitas dibanding saingan kamu.

Kamu juga bisa memperkirakan kenaikan traffik berdasarkan posisi kata kunci dan berupaya untuk meningkatkan backlink yang berkualitas ke situs tertentu.

Cara terbaik menggunakan Backlink Monitor: Kamu dapat dengan mudah melihat jika ada link baru dari sainganmu, menganalisis link yang berkualitas baik dan buruk, mendapatkan gambaran SEO dari sainganmu, membandingkan hasilnya dan merancang strategi pemasaran baru.

  1. SpyFu – menampilkan kata kunci dari saingan

SpyFu adalah alat yang hebat yang memungkinkan kamu melihat semua data tentang kata kunci yang digunakan oleh sainganmu pada penelusuran organik dan AdWords – dan mendapatkan kata kata kunci yang lebih terkait lagi.

Jadi, kamu tinggal mencontek saja kata kunci yang digunakan oleh sainganmu dan mendapatkan seluruh gambaran strategi marketing yang mereka lakukan.

Cara terbaik menggunakan SpyFu: Kamu dapat dengan mudah melihat daftar kata kunci yang ditargetkan oleh sainganmu, baik kata kunci organik atau yang berasal dari Adword.

Ini adalah alat yang bagus untuk meneliti niche, kata kunci baru dan menguji rencana marketingmu.

  1. OpenSite Explorer – monitor backlink

Open Site Explorer adalah alat yang terkenal dan mudah digunakan yang membantu memantau backlink.

Alat ini membantu kamu untuk melacak semua backlink dari sainganmu dan kamu bisa menggunakan data itu untuk memperbaiki strategi backlink kamu.

Alat ini memberikan informasi berupa – data onpage dan domain authority, anchor text, linking domain, dan perbandingan sampai lebih dari 5 website.

Cara terbaik menggunakan alat ini: Kamu dapat dengan mudah memeriksa backlin dari sainganmu, bandingkan dengan backlink milik kamu sendiri, kemudian buat strategi backlink yang lebih bagus.

  1. Moat – menemukan lokasi pemasangan iklan

Moat adalah alat multifungsi untuk industri periklanan. Dengan alat ini, kamu bisa mencari tahu iklan apa yang berjalan untuk berbagai situs dan merk produk terkernal.

Kamu bisa melihat tempat dan ukuran iklan yang baru ditampilkan dan Moat memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat iklanmu sendiri.

Cara terbaik menggunakan Moat: Masukkan nama produk merk saingan yang ingin dimata-matai dan dapatkan keseluruhan laporan iklan bergambar yang mereka jalankan.

  1. ISpionage – lacak kata kunci

ISpionage adalah salah satu alat mata-mata yang memudahkan pencarian kata kunci yang digunakan oleh sainganmu. Yang dikerjakan oleh alat ini adalah penelitian kompetitif SEO, pemantauan sosial, dan pelacakan kata kunci.

Cara terbaik menggunakan iSpionage: Kamu tinggal masukkan saja alamat website dari sainganmu, alat ini akan memunculkan kata kunci terbaik untuk organoik atau PPC dan berapa banyak budget yang dikeluarkan oleh sainganmu untuk kata kunci ini, kamu juga bisa melihat salinan iklan yang paling efektif. Semuanya d tampilkan dalam bentuk grafik.

  1. Followerwonk – menganalisis pengikut Twitter

Followerwonk menganalisis profil Twitter secara gratis untuk meningkatkan strategi pemasaran Twitter kamu.

Alat ini menyediakan berbagai rincian, seperti tweets, bios, lokasi, dan otoritas pengikut terbaru, untuk mendapatkan keseluruhan gambaran Twitter saingan kamu.

Cara terbaik menggunakan Followerwonk: Kamu dapat mengoptimalkan strategi pemasaran Twittermu melalui analisis pengikut, lokasi, tweet, dan konten saingan.

Fitur terbaik dari alat ini adalah menemukan pengguna berdasarkan kata kunci dan membandingkannya dalam bentuk metrik seperti usia, bahasa followers, dan seberapa aktif dan berpengaruh mereka.

  1. Simply Measured – mengukur data sosial

Simply Measured adalah salah satu alat terbaik yang menampilkan data mentah untuk metrik sosial.

Alat ini membantu kamu untuk mengetahui bagaimana saingan anda mejalankan tren, merk, traffik, konversi, dan banyak lagi.

Kamu bisa mengakses 35 laporan berbeda tentang sainganmu.

  1. Quantcast – melihat wawasan pengunjung

Quantcast membantu kamu untuk mengenali calon klien yang berkunjung ke websitemu secara lebih rinci dengan menganlisis : demografi, gaya hidup dan afinitas minat, situs web, wawasan pemirsa, dan tingkat konversi.

Laporan ini akan memberi kamu gambaran yang jelas tentang pengunjung webmu, membantu memperbaiki rencana pemasaranmu, dan membuat kampanye iklan menjadi lebih efektif.

  1. SpyOnWeb – melihat di balik layar

SpyOnWeb adalah alat yang terkenal yang mudah digunakan. Alat ini memungkinkan kamu  mengetahui situs mana yang dimiliki oleh pemilik situs yang sama.

Cara menggunakan SpyOnWeb dengan lebih baik: kamu dapat mengumpulkan semua informasi tentang alamat IP, ID Google AdSense, ID Google Analytics, dan ID Yahoo Publiher Network.

Cukup masukkan URL domain dan kamu akan mendapatkan hasil semua alamat IP dan daftar domain dengan alamat IP yang sama.

  1. Ontolo – untuk pemasaran konten

Ontolo adalah alat yang baik untuk pemantauan backlink dan pemasaran konten. Ini membantu menentukan topik konten yang baik, menemukan penulis yang tepat untuk konten kamu, dan memperbaiki strategi membangun tautan di situsmu.

Mulailah Dengan Menganalisis Teknik SEO Saingan Bisnis Onlinemu

Sebenarnya, masih banyak alat yang canggih dan bisa digunakan untuk menganalisis SEO.

Nah..ini nih yang paling penting, pastikan alat yang kamu gunakan memberikan trial (demo/percobaan gratis). Ini penting, untuk memastikannya bahwa alat tersebut memberikan informasi yang memang kamu butuhkan.

Nah, itu dia 13 alat yang bisa kamu gunakan untuk memata-matai teknik SEO dari saingan bisnis onlinemu.

Jika kamu pernah menggunakan alat yang lain, kamu boleh bagi ke mbah dong..alat apa yang pernah kamu gunakan pada kolom komentar di bawah ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here