Menjadi Pebisnis Online

Semangat Wirausaha

Bayangkan kamu bekerja untuk diri sendiri, tanpa ada yang memerintah kamu dan memberitahu apa yang harus dikerjakan. Kamu mengerjakan proyek yang memang benar-benar kamu sukai, dan kamu merasa bangga karena bisa menyaksikan bisnis kamu bertumbuh dan sangat disukai oleh pasar.

Jika impian seperti ini terdengar lebih menarik bagimu daripada bekerja jadi pegawai dan bekerja untuk majikan, maka kamu mungkin memiliki jiwa wirausaha.

Mungkin kamu selalu ingin menjadi bos sendiri, tetapi ngak pernah bisa memulai bisnis kamu sendiri karena kurangnya waktu, uang, atau bahkan ide.

Mungkin kamu tertahan oleh rasa takut membuat dirimu sendiri-atau keluargamu dalam  resiko jika nanti kamu ternyata gagal.

Mau Dapat Tips dari Mbah WP ?
Gabung Di Sini
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan panduan marketing, wordpress, blogging atau SEO terbaru, langsung ke alamat email Anda.
Daftar
Bergabunglah dengan 1.500 orang yang sudah mendaftarkan email mereka

Memang, ngak mudah untuk menjadi seorang pengusaha apalagi seperti saat ini. Namun,  Internet telah meruntuhkan sebagian besar hambatan untuk menjadi seorang wiarausaha.

Kamu dapat mulai membangun bisnismu sambil tetap bekerja di pekerjaan tetapmu sekarang dan hanya perlu meluangkan satu jam dari waktumu per hari.

Internet juga telah memberi peluang lain, dengan internet kamu memiliki akses ke ribuan tambang emas informasi untuk membantu kamu sukses: podcast, buku, blog, dll kamu dapat memanfaatkan, mendengarkan pengalaman orang lain, dan menggunakan pengetahuan ini untuk membangun proyek bisnis kamu lebih cepat dan lebih aman.

Satu-satunya yang kamu butuhkan adalah komitmen dan tekat yang kuat untuk belajar dan kesediaan untuk melakukan beberapa usaha dalam mencapai tujuanmu.

Peluang Digital

Apa yang begitu istimewa dengan bisnis online? Biaya memulai dan menjalankan bisnis online sangat minim dibandingkan jika kamu membangun bisnis offline, begitu juga tentang keuangan dan faktor risiko.

Kamu hanya perlu membeli layanan hosting (sekitar Rp. 65 ribu / bulan) dan domain (sekitar Rp. 140ribu / tahun). Sisanya, itu semua tergantung pada jenis pasar atau layanan yang kamu butuhkan untuk menjalankan webmu, tapi mungkin untuk memulai kamu hanya butuh dana sekita Rp. 1 juta saja. Cukup luar biasa, kan?

Dengan bisnis online, kamu juga memiliki kemampuan untuk bekerja dari mana pun kamu inginkan, apakah itu dari rumah, sebuah kafe atau ruang kerja.

Kamu dapat memilih tempat untuk hidup di kota atau di tempat lain. Kamu memiliki kebebasan untuk mengatur jadwal kerjamu  seperti yang kamu inginkan.

Ada lagi yang enaknya, kamu ngak perlu terjebak dalam ruangan sepanjang hari, makan siang di kantin kantor, menghabiskan berjam-jam terjebak di jalan karena lalu lintas pada jam sibuk, mungkin yang paling penting adalah gajimu ngak akan terbatas pada apa yang pimpinan atau bos kamu berikan.

Bisnis yang Sempurna

Pada awal 1970-an, penulis keuangan Richard Russell menulis sebuah artikel berjudul The Perfect Bisnis . Menurut Russell, sebuah bisnis yang ideal adalah:

  • Membutuhkan tenaga kerja yang sedikit
  • Menjual ke seluruh dunia daripada lingkungan tunggal
  • Memiliki biaya produksi dan investasi modal yang rendah
  • Menghasilkan pendapatan yang ngak terbatas pada pengeluaran pribadi kamu (pasif)
  • Memungkinkan kamu memliki lebih banyak waktu luang atau mudah dipindah-pindahkan (lokasi bebas)
  • Memenuhi kebutuhan intelektual dan emosionalmu (memberikan pemenuhan)

Kedengarannya seperti angin surga bukan ? Mungkin untuk tahun 1970-an mnodel bisnis seperti ini akan sulit untuk diwujudkan, tapi hari ini, dengan internet, itu mudah dicapai !

Ada banyak cara untuk membuat sumber kehidupan secara online: mendapatkan penghasilan dari blog, menawarkan konsultasi atau panduan melalui Skype atau Google Hangouts, menciptakan dan menjual kursus online, menerbitkan eBook sendiri, bergabung dengan program afiliasi atau menjual produk fisik melalui toko e-commerce.

Ada kemungkinan yang tak terbatas, dan kita akan menjelajahi yang paling populer dan bermanfaat dalam panduan mbah ini.

Cetak Biru Bisnis Online

Dalam panduan ini, mbah telah mengumpulkan semua informasi tentang memulai bisnis online yang sukses yang mbah kumpulkan dari waktu ke waktu sehingga dapat memberikan informasi yang bagus untuk kamu.

Panduan ini akan membawa kamu langkah-demi-langkah melalui berbagai aspek yang harus kamu pertimbangkan ketika membangun bisnis online untuk meningkatkan peluang keberhasilanmu.

Informasi dalam panduan ini akan disajikan dalam urutan yang logis, dengan masing-masing panduan akan mengarah ke panduan yang berikutnya.

Konsep-konsep yang ngak bisa dianggap enteng; Mbah sarankan kamu untuk benar-benar  mempertimbangkan seluruh panduan yang mbah bagikan buat kamu di blog ini jika kamu berniat membangun bisnis onlinemu karena akan menghemat waktumu dalam jangka panjang.

Dulu sekali, belum ada panduan seperti ini, dan dulu mbah sangat berharap untuk membaca panduan seperti ini. Mbah juga sekarang menggunakan langkah-langkah dalam panduan ini untuk semua proyek online mbah.

Tentu saja, setiap bisnis berbeda, dan ngak semua pertanyaan bisa dijawab dalam satu panduan, tapi panduan ini akan memerikan dasar untuk kamu berpijak untuk membantu kamu merencanakan proyekmu.

Satu hal: Dalam banyak contoh yang akan diberikan dalam panduan-panduan berikutnya, pertimbangkan bagaimana menggunakan panduan tersebut sesuai dengan bidang yang sedang kamu kembangkan.

Andrew Lock, seorang pemasaran online, menyebutkan dalam bukunya Big Lessons From Big Brands : “Keajaiban terjadi ketika kamu berpikir, ‘Bagaimana saya bisa menerapkan konsep dari sebuah bisnis besar untuk bisnis saya sendiri ?’ ”

Itu adalah bagian penting dari kreativitas: menggunakan apa yang sudah ada untuk membangun sesuatu yang baru, kamu bisa mencuri ide dari bisnis online yang sudah terlebih dahulu sukses dan menyesuaikannya untuk bisnis kamu sendiri.

Sambil etap membangun bisnismu, matamu tetap terbuka dan tetap ingin tahu tentang apa yang orang lain katakan atau lakukan.

Memperhatikan dunia yang dinamis di sekitarmu akan membantu untuk mengembangkan ide-ide baru.

Sekedar untuk mengklarifikasi

Beberapa orang ingin memulai bisnis internet dengan tujuan utama membuat banyak uang.  Orang lain melakukannya untuk gaya hidup dan kebebasan yang disediakan oleh bisnis online.

Nah, sebelum kamu memulai usahamu, sangat penting untuk bertanya pada diri sendiri.

Pertanyaannya : Apa tujuan utama saya untuk menjadi pengusaha online?

 Panduan  ini adalah tentang membangun sesuatu yang berharga untuk diri sendiri dan orang lain. Meskipun uang adalah hasil yang datang bersama-sama dengan bisnis yang sukses panduan ini ditulis bagi mereka yang memiliki keinginan untuk bekerja keras.

Jika kamu menginginkan cara cepat kaya dan menghasilkan uang puluhan juta hanya dalam 1 minggu, maka panduan ini bukan untuk kamu.

Ngak ada cara menghasilkan uang cepat di sini.

Pertama dan terpenting, seorang pengusaha adalah orang yang menciptakan nilai atau manfaat.

Sebagaimana  Jim Rohn mengatakan:

“Kamu dibayar untuk nilai dan manfaat yang kamu bawa ke pasar.”

CARA MEMILIH MODEL BISNIS ONLINE

Model bisnis apa yang harus kamu pilih?

Sebelum kita mulai, ada satu hal penting untuk diperjelas: Ada perbedaan antara bekerja untuk sebuah proyek pribadi dan membangun bisnis.

Ketika kamu bekerja untuk sebuah proyek pribadi, kamu melakukan sesuatu yang kamu nikmati untuk diri sendiri, kamu ngak perlu meminta pendapat orang lain apa yang mereka pikirkan. Intinya ya suka-suka kamu.

Tapi, ketika kamu sedang membangun sebuah bisnis, maka semua jadi berbeda, ini bukan hanya kamu lagi; ini tentang mereka (pelanggan). Ini tentang bagaimana cara melayani pengunjung, pasar, dan menanggapi kebutuhan yang mereka telah nyatakan.

Tentu saja, kamu juga harus menikmati apa yang kamu lakukan! Namun, dalam kasus bisnis, menikmati pekerjaan untuk diri sendiri ngak cukup. Tanggung jawab utama dari bisnis adalah untuk melayani pasar.

Sama ketika, kamu membuat sebuah blog dengan tema traveling, apakah blog kamu sebuah  bisnis ? Jawabannya ngak sesederhana “Ya” atau “Tidak.”

Sebuah blog sendiri adalah sebuah proyek pribadi, tetapi sekali kamu memonetisasi blog dengan menambahkan iklan, atau dengan menjual produk sendiri atau produk afiliasi, maka kamu telah memulai sebuah bisnis.

Model Bisnis Online dan Monetisasi Situs Web

Ada empat pendekatan utama ketika membahas model bisnis online.

  1. Menjual produk kamu sendiri melalui websitemu
  2. Menjual produk orang lain memalui websitemu dan mendapatkan komisi
  3. Mengajak orang lain menjual produkmu-dan kamu memberi mereka komisi
  4. Menjual produk orang lain melalui website-pihak ketiga, contohnya menjual kembali produk yang bukan produk kamu di Amazon atau eBay, tokopedia, lazada -dan mendapatkan keuntungan.

Pendekatan yang paling layak dan aman, dalam jangka panjang, adalah membuat website sendiri dan membangun pengunjung kamu sendiri.

Model yang paling menguntungkan – dan salah satu yang akan memberikan kamu kontrol penuh – adalah dengan menjual produk atau jasa kamu sendiri.

Model yang hanya memberikan kamu sedikit kontrol atas penghasilanmu adalah yang keempat, menjual produk orang lain melalui website pihak ketiga.

Akan tetapi, model ini ngak kaku dan kamu hanya bisa pakai satu model saja. Kamu boleh  menggunakan lebih dari salah satu metode untuk menghasilkan pendapatan.

Ramit Sethi, penulis buku keuangan pribadi I Will Teach You To Be Rich, mengelompokkan  model bisnis utama secara online sesuai dengan biaya investasi dan keuntungan yang didapatkan.

Biaya rendah dan keuntungan rendah:

Pengiklanan

Afiliasi

Biaya tinggi dan keuntungan yang tinggi:

Perangkat lunak

Produk fisik

Biaya rendah dan keuntungan yang tinggi:

Konsultasi

Kursus online

Kamu mungkin sudah menduga bahwa ia pasti merekomendasikan memilih model bisnis dengan “biaya rendah dan keuntungan yang tinggi “.

Dalam model bisnis “biaya rendah dan keuntungan yang tinggi”, ada satu pemenang besar: yaitu kursus online.

Mengapa kursus online lebih baik dari konsultasi? Karena konsultasi atau pembinaan harus melakukan pekerjaan satu per satu, yang artinya, kamu harus meluangkan waktumu untuk memberikan bimbingan agar kamu dibayar, jadi kamu harus bekerja secara terus menerus.

Di sisi lain, kursus online dapat dibuat sekali, dijual ke banyak orang, dan mereka ngak memerlukan banyak kerja tambahan setelah mereka selesai memproduksi kursus online mereka. Mereka menghasilkan pendapatan pasif.

Oleh karena itu, menurut Ramit Sethi, menciptakan kursus online adalah model bisnis online yang paling menguntungkan yang dapat kamu pilih.

Tapi secara pribadi, mbah percaya akan lebih baik untuk membuat sumber pendapatan yang berbeda-beda dan memilih lebih dari satu cara untuk menghasilkan pendapatan.

Misalnya, kamu bisa menggunakan campuran antara menjual produkmu sendiri dan berafiliasi dengan orang lain, atau menawarkan kursus online selain menawarkan layanan pembinaan atau konsultasi.

Perhatikan bahwa ketika Ramit mengacu  pada kursus online, produk berupa eBook dan produk informasi lainnya juga termasuk.

Berikut ini gambaran dari model bisnis utama secara online:

  1. Freelancing

Jika Kamu memiliki keterampilan seperti, editing video, atau merancang web, kamu dapat menawarkan keahlianmu dan mendapatkan order melalui website seperti Upwork.com, Freelancer.com, Guru.com, atau bahkan melalui website pribadimu.

Kelemahan dari model freelancing adalah meskipun kamu bisa bekerja di mana saja (dapat bekerja dari rumah atau di mana saja), kamu masih harus meluangkan waktumu untuk bekerja supaya kamu dibayar.

Kecuali jika keahlian atau pekerjaan kamu itu dihargai dengan sangat tinggi atau perkerjaan kamu ngak butuh banyak waktu untuk dikerjakan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup.

Dengan model ini kamu masih belum bisa mencapai kebebasan hidup seperti yang kamu cita-citakan.

  1. Konsultasi online

Jika kamu seorang pelatih atau memiliki jenis keahlian tertentu, kamu dapat menjual layanan konsultasi online melalui telepon atau melalui aplikasi  seperti Skype.

Harap diingat, hal yang sama berlaku juga untuk konsultasi online, kamu perlu meluangkan waktu untuk membimbing klient mu supaya kamu dibayar.

Namun, karena konsultasi pribadi biasanya dibayar dengan mahal, kamu mungkin ngak perlu banyak klien untuk bisa mendapatkan penghasilan yang baik.

  1. Membuat dan Menjual Produk Digital Kamu Sendiri

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ini adalah model bisnis yang menghasilkan pendapatan tertinggi. Produk yang paling umum dijual secara online termasuk eBook, rekaman audio dan kursus online.

Kamu dapat menjualnya di websitemu sendiri, melalui website ecommerce lainnya, atau melalui website seperti ratakan.com

  1. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran dengan cara Afiliasi adalah kerjasama antara pebisnis yang memiliki produk dengan pebisnis lain yang setuju untuk mempromosikan produk tersebut dengan imbalan berupa komisi.

Program afiliasi dapat digunakan dalam dua cara:

  1. Merekomendasikan produk orang lain untuk pengunjung websitemu dan menerima komisi untuk setiap penjualan yang kamu lakukan. Cara ini dapat bekerja dengan baik jika kamu sudah memiliki pengunjung yang mempercayai kamu dan kamu telah membangun sebuah daftar email (kita akan bicara tentang daftar email dalam panduan selanjutnya).
  1. Mengajak orang lain untuk menjual produk kamu sendiri, dan menawarkan mereka komisi untuk setiap penjualan yang mereka buat.  Jika kamu memiliki keahlian atau pengetahuan yang  dibutuhkan untuk membuat produk yang baik, maka kamu bisa menciptakan kerjasama yang merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualanmu, karena kamu akan menjangkau khalayak yang lebih besar. Ini juga merupakan metode yang baik untuk memperluas pengenalan akan merk produk kamu.

Umumnya, komisi afiliasi untuk produk digital bervariasi antara 40% dan 75%. Mengapa bisa tinggi sekali ? Karena setelah dibuat, produk digital ngak memerlukan biaya.

Artinya, jika produk kamu adalah produk digital, kamu dapat menghasilkan tambahan penjualan tanpa biaya produksi tambahan.

Metode Afiliasi dapat menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan yang signifikan.

  1. Donasi

Kamu bisa meminta pengunjung websitemu untuk memberikan sumbangan sukarela. Jika kamu memberikan manfaat yang luar biasa kepada pengunjung websitemu, mereka mungkin setuju untuk berkontribusi dengan memberikan sumbangan.

Kamu hanya perlu menambahkan tombol donasi ke halaman yang dapat diklik oleh pengunjung untuk memberikan donasi.

Biasanya website seperti ini membuat tombol Paypal sebagai media donasi.

  1. Artikel sponsor

Jika pebisnis online lain berbagi target pengunjung yang sama, tapi menawarkan produk atau layanan yang saling melengkapi dengan produk kamu (ngak bersaing secara langsung), dia bisa menulis artikel di blog kamu dan secara halus mempromosikan produk atau jasanya.

Pebisnis ini dapat membayar kamu untuk kesempatan telah mengekspos produknya kepada pengunjung websitemu.

  1. Website Keanggotaan (Membership)

Dalam metode ini, pembeli (anggota) membayar biaya secara berulang untuk mendapatkan hak akses ke informasi, produk atau layanan kamu.

Satu hal yang perlu dipertimbangkan untuk model bisnis seperti ini adalah  kamu harus menambahkan konten baru secara berkala agar member mau melanjutkan untuk membayar keanggotaan.

Kalau menurut mbah sendiri lebih mudah untuk memulai dengan menciptakan sebuah produk tunggal sebelum mempertimbangkan meluncurkan sebuah situs keanggotaan, yang lebih banyak membutuhkan pekerjaan.

  1. Forum

Kebanyakan forum bebas untuk diakses, namun ada juga forum yang bersifat pribadi dan memerlukan biaya untuk bergabung.

Model bisnis seperti ini biasanya dibagun untuk memenuhi kebutuhan komunitas tertentu. Untuk membuat forum dibutuhkan lebiah banyak waktu untuk membangun dan menarik anggota untuk menghasilkan penghasilan yang cukup.

  1. Seminar Online (Webinar)

Jenis bisnis online seperti ini juga sedang trend di Indonesia. Jenisnya banyak, ada webinar pendek, biasanya satu sampai tiga jam, atau ada juga yang berlangsung untuk beberapa hari.

Model seminar seperti ini jauh lebih murah daripada seminar manual karena tidak membuthkan tempat, peserta jga dapat mengikuti seminar darimana saja hanya dengan modal laptop, heatset dan koneksi internet.

Webinar yang gratis biasanya digunakan sebagai kesempatan untuk memperkenalkan produk premium (berbayar).

Mereka biasanya mengajarkan sesuatu yang berguna, tapi tidak secara lengkap, sehingga orang kemudian didorong untuk membeli layanan berbayar untuk hasil yang lebih baik  dan lengkap  untuk mendapatkan akses ke semua informasi yang relevan.

Namun, beberapa webinar memerlukan biaya untuk dapat ikut serta.

  1. Broker

Broker menghubungkan pembeli ke penjual dan memfasilitasi transaksi. Beberapa perusahaan seperti eBay, Priceline, Expedia, Amazon, PayPal, Craigslist, Airbnb, dan Fiverr.com.Untuk dalam negeri seperti bukalapak, tokopedia, kaskus.

Broker pada dasarnya adalah penghubung. Memilih model bisnis jenis ini berarti menciptakan website untuk melakukan transaksi penjualan dan menerima komisi untuk transaksi yang terjadi atau menjual jasa pengisian biaya untuk penjual dan / atau pembeli (voucher).

  1. Sponsorship

Sponsorship adalah jenis iklan yang memberikan uang atau bayaran dalam setiap tampilan bisa di video atau audio.

Sebagai contoh, website yang memiliki konten audio (podcasters) paling populer menghasilkan pendapatan melalui sponsor.

Dalam konten rekaman, mereka akan menyebutkan sponsor dan promo produk dari sponsor.

Model bisnis seperti ini sering digunakan dalam acara live, audio atau video di youtube.

  1. Iklan

Model bisnis ini adalah dengan menyewa ruang iklan di websitemu untuk tujuan bisnis yang memiliki pesan khusus untuk pengunjung websitemu.

Ketika kamu baru mulai membangun blog, cara paling sederhana untuk melakukan model bisnis ini adalah dengan menggunakan iklan dari pihak ketiga seperti google ads.

Dalam hal ini google Ads berfungsi sebagai perantara antara pengiklan dan pemilik website. Sebagai pemilik website, kamu membuat akun ke website google Ads, kemudian menempatkan iklan di situs kamu, dan mengumpulkan pendapatan berdasarkan tingkat keberhasilan atau klik pada iklan.

Kelemahan metode ini adalah bahwa kamu harus berbagi pendapatan dengan pihak ketiga penyedia layanan dan biasanya bayaran ntuk iklan sangatlah kecil.

Layanan iklan yang paling umum digunakan untuk metode ini adalah Google AdSense. Metode ini sangat mudah diikuti-cukup mendaftar dan membuat akun dan ikuti petunjuk.

Untuk memaksimalkan efektivitas model bisnis seperti ini, kamu harus memilih untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan topik situsmu.

Kamu dapat memilih opsi ini di akun AdSensemu.

Kamu juga bisa melakukan bisnis online dengan menjual ruang iklan langsung. Metode ini akan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi, karena kamu ngak perlu berbagi dengan perantara.

Namun, blog atau website kamu harus memiliki trafik pengunjung yang sangat tinggi agar pengiklan tertarik untuk memasang iklan di website kamu.

Iklan dapat menjadi model bisnis yang menarik jika situs kamu mendapatkan banyak lalu lintas. Namun, karena pendapatn dari ikaln sangat kecil, biasanya model bisnis ini digunakan hanya sebagai pelengkap model bisnis lain.

Apa yang harus kamu ingat dalam memilih model bisnis

  1. Ada perbedaan antara bekerja untuk sebuah proyek pribadi dan membangun sebuah bisnis, proyek pribadi adalah untuk kesenangan kamu sendiri sedangkan bisnis adalah untuk melayani pengunjung.
  2. Ada beberapa cara untuk mengahsilkan uang secara online:
  • Freelance
  • Menawarkan konsultasi online dan panduan
  • Membuat dan menjual produk kamu sendiri
  • Mendaftar dalam program afiliasi
  • Meminta donasi
  • Menerima artikel yang disponsori di blogmu
  • Membuat keanggotaan atau situs berbasis langganan (membership)
  • Membuat forum berbayar
  • Menawarkan webinar dan acara live lainnya
  • Mencari sponsor
  • Menggunakan iklan baik melalui Google AdSenseatau dengan penyewaan ruang iklan langsung ke sebuah perusahaan di websitemu

Instagram tools

Banjir follower dan efisiensi akun Instagram Anda dengan menggunakan Tools Instagram Mbah WP
KLIK DI SINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.