Meskipun tujuan utama Softaculous adalah menginstal aplikasi baru dengan satu klik, namun, fasilitas ini juga dapat digunakan untuk membuat backup penuh dari situs WordPress Kamu.

cpanel

Untuk langkah pertama, kamu perlu masuk melalui menu cpanel kamu. Sekarang, kamu akan melihat daftar blog WordPress yang terpasang di akun hosting kamu menggunakan Softaculous. Jika kamu tidak melihat situs pada daftar ini, kemungkinan situs kamu itu tidak diinstal melalui Softaculous.

backup

Pada halaman ini, kamu dapat memilih apakah akan membackup hanya file WordPress saja atau hanya databasenya saja atau kedua-duanya. Selain itu, kamu akan mendapatkan beberapa info berguna tentang folder dan database yang akan dibackup. Jika kamu mau, kamu juga dapat menambahkan catatan untuk backup  ini. Kemudian, cukup klik pada tombol “Backup Instalation” di bagian bawah halaman.

backup2

Tunggu beberapa saat, backup blog kamu segera siap (lamanya waktu dapat bervariasi tergantung pada besarnya ukuran situs kamu) dan kamu akan menerima pesan konfirmasi bahwa proses backup telah sukses dilaksanakan. Ikuti link ke halaman Backup untuk melanjutkan.

backup-sukses

Di sini kamu akan melihat semua backup yang telah kamu buat. Jika kamu ingin menyimpan backup kamu di komputer, cukup klik ikon panah biru untuk men-download ke komputermu.

download-backup

Itu saja, kamu sekarang telah memiliki backup lengkap dari situs WordPressmu, jika kamu ingin merestore, kamu bisa pilih logo panah melingkas (refress) pada menu disamping tanda panah biru !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here