Jika Anda menjalankan sebuah blog atau toko online menggunakan wordpress, maka wajib hukumnya untuk menambahkan Google Analytics ke WordPress agar Anda tahu bagaimana kinerja dari website tersebut.

Peralatan ini dapat memberi Anda informasi berharga tentang apa yang sedang dan tidak berfungsi di website Anda sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang tepat untuk memperbaiki/meningkatkan kinerja website Anda ke depannya.

Dalam tutorial ini, saya  akan menjawab beberapa pertanyan tentang Google Analytics, berikut:

Plugin & Themes Premium Mbah WP
2019 (C) Mbah WP.
Perkuat blog/toko online Anda dengan plugin premium Wordpress dari Mbah WP.
Beli 1 plugin, gratis 1 plugin premium lainnya.
Mau belajar VPS di sini juga ada
  • Apa itu Google Analytics dan Mengapa Anda Membutuhkannya?
  • Bagaimana cara mendaftar ke Google Analytics?
  • Bagaimana cara menambahkan Google Analytics ke WordPress?
  • Bagaimana cara Menginstal Google Analytics dengan Plugin WordPress?

Mari kita mulai.

Apa itu Google Analytics dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

Sebelum membahas hal-hal teknis, mari kita bicara lebih dulu tentang pokok masalah dari artikel ini – Google Analytics.

Jika Anda seorang pemula, Anda mungkin tidak tahu apa itu Google Analytics, mengapa sangat penting untuk memasangv peralatan ini di website Anda.

Mari kita bahas  dulu.

  1. Google Analytics Membantu Anda Mengenal Audiens Anda

Google Analytics adalah rangkaian analisis web yang membantu Anda memahami dan menganalisis lalu lintas web Anda.

Google Analytics di gunakan lebih dari 50 juta website web di seluruh dunia.

Cara kerjanya adalah Anda menambahkan kode JavaScript ke halaman website Anda (akan dijelaskan lebih lengkap di bagian bawah) yang memungkinkan Google untuk melacak aktivitas pengunjung yang datang ke website Anda.

Kemudian akan mengumpulkan kegiatan-kegiatan ini dan menyajikannya dalam bentuk statistik di akun Google Analytics Anda.

Inilah yang dapat Anda pelajari dari data statistic yang disajikan :

  • Siapa yang mengunjungi website Anda? – Informasi geografis dan teknis tentang dari mana pengunjung Anda berasal dan perangkat apa yang mereka gunakan untuk mengakses website Anda.
  • Apa yang pengunjung Anda lakukan? – Cari tahu halaman mana yang mereka lihat, rasio pentalan Anda (artinya bagian dari pengunjung yang pergi setelah hanya membaca satu halaman), berapa lama mereka tinggal di website Anda dan banyak lagi.
  • Kapan mereka datang? – Google Analytics juga menunjukkan kapan tepatnya orang datang ke website Anda berdasarkan jam, hari, minggu atau bulan.
  • Bagaimana mereka menemukan website Anda? – Anda juga mendapatkan informasi tentang apakah audiens Anda menemukan website Anda dari mesin pencari, media sosial, tautan di website lain atau jika mereka memasukkan alamat website Anda secara langsung (referral).
  • Bagaimana mereka berinteraksi dengan konten Anda? – Dari Google Analytics Anda juga dapat memahami bagaimana orang berinteraksi dengan website WordPress Anda, misalnya, tautan yang mereka klik. Jika Anda menetapkan tujuan tertentu (seperti mengonversi pengunjung ke pelanggan email) Anda juga dapat melacaknya.
  1. Gunakan Informasi Tersebut Untuk Mengoptimalkan Website Web Anda

Apa yang dapat Anda lakukan dengan informasi ini? Bagaimana itu bermanfaat bagi Anda? Mengetahui hal di atas memungkinkan Anda melakukan banyak hal.

  • Sesuaikan website Anda untuk melayani pengunjung dengan lebih baik. Misalnya dengan meningkatkan aspek teknis atau menambahkan bahasa.
  • Optimalkan sumber lalu lintas – lakukan pekerjaan lebih banyak pada bagian yang bekerja dengan baik atau tingkatkan upaya Anda pada yang masih tidak memuaskan.
  • Tingkatkan konten Anda dan strategi konten untuk memberi pengunjung lebih banyak dari apa yang mereka inginkan.
  • Lacak kampanye pemasaran dan lihat apakah mereka berfungsi.
  • Temukan halaman berkinerja terburuk dan ambil langkah-langkah untuk menjadikannya lebih baik.

Singkatnya, data analisis web yang disajikan Google Analytics memungkinkan Anda untuk  membuat keputusan tentang website berdasarkan fakta dan data yang tepat, bukan berdasarkan perasaan atau dugaan saja.

Satu lagi, Google Analytics gratis untuk digunakan, sehingga Anda tidak perlu panik/pusing harus mengeluarkan biaya extra.

Langkah 1. Mendaftar di Google Analytics

Langkah pertama tentu saja Anda harus mendaftar dulu.

Jika Anda sudah memiliki akun email di Google, silahkan login saja. Jika belum memiliki akun email di google (gmail) silahkan klik tombol untuk mendaftar dan membuat akun baru.

Setelah selesai, Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

Klik “Buat Akun” untuk memulai. Kemudian isi data-data yang diperlukan. Perhatikan bahwa 1 akun dapat berisi lebih dari 1 website yang ingin Anda lacak.

Setiap website baru akan dibuat dalam 1 “Properti”.

Pilih apa yang hendak Anda ukur, pilihannya ada 3 :

  1. Website
  2. Aplikasi
  3. Aplikasi & Web

Langkah selanjutnya, Anda membuat “Properti” dari akun Google Analytic Anda. Isi dengan data website yang ingin di analisis.

Anda bisa membuat lebih dari 1 properti untuk 1 akun yang sudah dibuat.

Isi dengan nama website web, alamat, kategori industri, negara dan zona waktu harus jelas. Kemudian setujui, syarat & ketentuan.

Setelah selesai, klik Dapatkan ID Pelacakan untuk melanjutkan.

Oke, selesai untuk mendapatkan kode pelacak dari Google Analytic. Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu mengcopy dan pastekan kode pelacak tersebut ke website Anda.

Biarkan browser Google Analytic Anda tetap terbuka, karena kita masih membutuhkan bebrapa informasi di dalamnya seperti ID Google Analytic dan kode pelacak.

Langkah 2. Pelajari Dasar-Dasar Google Analytics

Sebelum kita membahas cara menambahkan kode ke website, mari kita bahas sedikit apa saja data yang disajikan Google Analytic dari website kita.

Dengan begitu, Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang jenis informasi yang dapat Anda temukan di sana.

Silahkan klik menu Beranda yang berada pada posisi sebelah kiri atas menu.

Di sebelah kanan, Anda akan selalu melihat statistik untuk website web Anda, sementara di sebelah kiri Anda dapat memilih data mana yang akan dilihat.

Menu yang sangat penting dan harus paling sering Anda periksa adalah menu “Laporan”.

Anda akan menemukan data yang penting seperti berikut ini di dalamnya :

  • Real-time – Menunjukkan kepada Anda apa yang terjadi di website Anda pada saat itu juga (live). Berapa banyak pengunjung saat ini di website Anda, dari mana mereka berasal, apa yang mereka lihat dan banyak lagi.
  • Audiens – Berisi informasi yang membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang pengguna Anda, mis. Jumlah pengunjung dalam periode waktu tertentu, rata-rata berapa lama mereka bertahan dan demografis serta informasi teknis tentang mereka.
  • Akuisisi – Menunjukkan kepada Anda sumber mana yang mengirim pengguna ke website Anda dan informasi tentang saluran pemasaran Anda.
  • Perilaku – Segala sesuatu tentang apa yang dilakukan pengguna Anda setelah mereka datang ke website Anda, konten yang mereka lihat dan banyak lagi.
  • Konversi – Jika Anda telah menetapkan sasaran di dalam Google Analytics, di sinilah Anda memahami seberapa baik Anda dalam mencapainya.

Baik, sudah paham kan fungsi menu-menu pada Google Analytic ? mari kita lanjutkan untuk cara menyisipkan kode pelacak ke website WordPress Anda sekarang.

Langkah 3. Tambahkan Google Analytics ke WordPress

Agar Google Analytics dapat mulai melacak pengunjung website, kode pelacak harus di tempelkan ke bagian head dari website Anda.

Berikut cara untuk melakukannya.

Silahkan login ke website wordpress anda. Kemudian masuk ke menu “Plugin >> tambah Baru”, masukkan kata kunci plugin “Insert Headers & Footers”, pasang sekarang >> aktifkan.

Selanjutnya, masuk ke menu “Pengaturan >> Insert Headers & Footers”, lalu “paste”kan kode pelacak ke kolom “Header” lalu “Save”.

Cara Memasang Google Analytics dengan Plugin WordPress

Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan plugin bernama MonsterInsights.

Langsung saja kita kerjakan!

  1. Instal Plugin

Seperti biasa, langkah pertama untuk menggunakan plugin adalah dengan masuk ke menu “Plugin >> Tambah Baru” ketikan kata kunci pencarian “Google Analytics”, pasang plugin MonsterInsights.

  1. Hubungkan plugin ke Google Analytics

Ketika plugin sudah aktif, Anda akan dibawa untuk melengkapi data seperti pada tampilan berikut.

Pilih alamat email tempat kita sebelumnya membuat Akun Google Analytics.

Pilih Property Google Analytics yang sudah kita buat sebelumnya.

Selesai, sekarang kita sudah bisa membaca data-data analisis dari Google Analytics langsung dari Dasboard Website kita sendiri.

Perlu diketahui, bahwa Google memerlukan waktu untuk menampilkan data analisis dari website Anda.

Biasanya dibutuhkan 12-24 jam sebelum data mulai muncul di dasboard Anda, jadi jangan langsung panik kalau grafik masih menunjukkan angka 0.

Cukup tunggu saja 12-24 jam sebelum melihat hasil analisis website Anda.

Tambahan : Plugin Visitors Traffic Real Time Statistics Pro

Bagi Anda yang tidak mau repot buat akun di google analytic, tempel kode pelacak atau merasa privasi kalau mau pake layanan google.

Anda bisa menggunakan plugin Plugin Visitors Traffic Real Time Statistics Pro, memiliki kemampuan analisis data yang super lengkap juga.

Anda bisa download dan pasang plugin ini di website wordpress Anda, tanpa perlu buat akun, properti atau tempel kode pelacak.

  1. Download versi gratis klik di sini
  2. Download versi premium klik di sini

Plugin statistik pengunjung web/blog sangat keren, memiliki fasilitas :

  • Kompatibel dengan GDPR
  • Pengunjung yang sedang online, kunjungan ke halaman, pengunjung, dan statistik halaman (FAILITAS BARU)
  • Grafik pengunjung & kunjungan hari ini
  • Mesin pencari hari ini
  • Pengunjung Terbaru (lokasi GeoIP berdasarkan Negara, kota, dan wilayah) (FASILITAS BARU)
  • Halaman ikhtisar komprehensif (Dasbor), termasuk versi peramban, statistik negara, jumlah klik, pengecualian, perujuk, pencarian, kata-kata pencarian, dan pengunjung
  • Kunjungan, lihat berapa banyak klik yang didapat situs Anda setiap hari dan setiap minggu & bulan.
  • Grafik waktu kunjungan untuk melihat pengunjung harian per jam
  • Pengunjung, lihat siapa yang mengunjungi situs Anda
  • Pengunjung terbaru berdasarkan IP & wilayah
  • Pelacakan halaman, lihat halaman mana yang paling sering dilihat
  • Mesin Pencari, lihat permintaan pencarian dan pengalihan dari mesin pencari populer seperti Google, Bing, DuckDuckGo, Yahoo, Yandex dan Baidu
  • Lokasi geoIP berdasarkan Negara
  • Dukungan untuk tidak menyimpan alamat IP dalam database. (Kompatibel dengan GDPR)
  • Peta lokasi pengunjung interaktif
  • Widget untuk menampilkan statistik situs web (BARU)
  • Rekam statistik pada pengecualian
  • Pembaruan otomatis ke basis data GeoIP
  • Hapus database data lama secara otomatis
  • Halaman ikhtisar untuk semua jenis data, termasuk; versi browser, statistik negara, klik, pengecualian, perujuk, pencarian, kata pencarian, dan pengunjung
  • Mengirim laporan dalam bentuk PDF ke email Anda (segera hadir)

Kesimpulan Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Google Analytics adalah alat penting untuk analisis kinerja website WordPress Anda. Alat ini dapat memberi Anda informasi berharga tentang pengunjung Anda sehingga Anda dapat melayani mereka dengan lebih baik.

Intinya, cara memasang google analytics ini tidaklah sulit.

Tinggal daftar, buat Akun, tambahkan website dpatkan kode pelacak, kemudian tempelkan ke website Anda.

Selesai !

Dengan adanya data analisis kondisi website Anda, maka Anda bisa mengambil keputusan bagaimana membuat langkah untuk memajukan website Anda ke depannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.