Cara Membuat Chat Rahasia di Telegram

0
266

Chat Telegram bukanlah end-to-end encrypted. Anda hanya mendapatkan enkripsi sisi server secara default.

Tetapi jika Anda ingin enkripsi penuh, Anda harus masuk ke mode Chat Rahasia yang terpisah. Berikut cara memulai Chat Rahasia terenkripsi di Telegram.

Apa itu Chat Rahasia di Telegram ?

Dalam hal keamanan dan privasi, Telegram jauh lebih baik daripada aplikasi chat populer seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Telegram bersifat open source, dan semua kodenya tersedia online untuk diverifikasi oleh pakar keamanan.

Tetapi secara default, Telegram hanya menawarkan enkripsi sisi server. Telegram menyinkronkan data Anda (pesan, media, dan grup) di antara semua perangkat Anda dan mengunggahnya ke servernya secara default.

Semua data di server Telegram dienkripsi. Ini berarti Anda aman dari penyedia layanan internet Anda, intersepsi router Wi-Fi, dan pihak ketiga lainnya.

Tetapi Telegram sendiri mungkin masih dapat mengakses data Anda (jika mereka benar-benar menginginkannya).

Menurut Telegram, metode enkripsinya adalah cara terbaik untuk fitur dan keamanan. Grup besar, saluran, dan media Anda semuanya dicadangkan dan langsung tersedia di semua perangkat Anda, dan semuanya dienkripsi di cloud.

Jika Anda mempercayai Telegram untuk melindungi data Anda, maka Anda tidak perlu khawatir.

Di sisi lain, jika Anda ingin enkripsi end-to-end di mana tidak ada seorang pun (termasuk Telegram) yang dapat mengakses data Anda, Anda harus memasuki mode terpisah yang disebut chat Rahasia.

Mode Chat Rahasia hanya berfungsi untuk percakapan satu lawan satu dan bukan untuk grup. Setelah Anda memasuki mode Chat Rahasia, Telegram mengaktifkan enkripsi end-to-end.

Ini berarti bahwa hanya Anda dan penerima yang dapat membaca pesan, karena hanya disimpan di perangkat Anda dan bukan di server Telegram. Tidak ada orang lain yang dapat mengakses atau menguraikan pesan, termasuk Telegram.

Pesan dalam Chat Rahasia tidak dapat diteruskan, dan jika Anda mengambil tangkapan layar (screen shoot), penerima akan diberi tahu tentang hal itu. Saat Anda menghapus pesan, maka  pesan akan dihapus untuk kedua pengguna.

Karena pesan Chat Rahasia bersifat khusus perangkat, pesan tersebut hanya tersedia di perangkat yang Anda gunakan untuk memulai obrolan.

Jika Anda keluar dari perangkat saat ini, Anda juga akan kehilangan Chat Rahasia. Dan setelah Anda menghapus percakapan, semua pesan dari percakapan tersebut juga akan hilang.

Setelah Chat Rahasia dimulai, Anda dapat mengobrol seperti biasanya. Anda juga dapat mengaktifkan penghitung waktu penghancuran pesan (seperti Instagram atau WhatsApp), di mana semua pesan akan hilang pada waktu yang ditentukan setelah pesan ditampilkan di layar penerima.

Cara Memulai Chat Rahasia di Telegram

Anda telah memahami cara kerja fitur Chat Rahasia, mari kita lihat praktiknya. Langkah-langkah untuk iPhone dan Android sama, tetapi tampilannya berbeda.

Jika Anda menggunakan ponsel Android, mulailah dengan mengetuk nama kontak Anda pada bagian atas percakapan.

Selanjutnya, ketuk tombol menu 3 titik dari sudut kanan atas layar.

Sekarang, pilih menu “Mulai Secret Chat “.

Dari pop-up, konfirmasikan dengan mengetuk tombol “Mulai”.

Anda sekarang telah memasuki mode Chat Rahasia. Percakapan Chat Rahasia muncul secara terpisah di daftar obrolan Telegram, dan Anda dapat mengidentifikasi Chat Rahasia menggunakan ikon kunci di sebelah nama pengguna.

Anda sekarang dapat mengirim pesan dalam obrolan sesuai keinginan.

Cara Mengaktifkan Mode Penghancuran Pesan dalam Chat Rahasia di Telegram

Untuk membuat komunikasi Anda lebih aman, Anda dapat mengaktifkan fitur penghancuran pesan. Setelah diaktifkan, semua pesan secara otomatis akan menghilang setelah waktu yang ditentukan (setelah ditampilkan di layar penerima).

Di ponsel Android Anda, ketuk ikon stopwatch dari bilah alat atas pada ikon kontak Anda.

Kemudian, pilih timer penghancur otomatis dan ketuk tombol “Selesai” untuk mengaturnya.

Untuk menonaktifkan penghitung waktu, ketuk ikon stopwatch lagi, pilih tombol “Mati”, dan ketuk tombol “Selesai”.

Cara Keluar dari Mode Chat Rahasia di Telegram

Seperti yang sudah kita bahas di atas, Anda dapat melakukan dua percakapan berbeda dengan orang yang sama di Telegram.

Satu dalam mode default dan satu lagi dalam mode Chat Rahasia.

Setelah Anda selesai melakukan chat rahasia dan ingin menghapus semua data dan menutup Chat Rahasia, cara untuk keluar dari Chat Rahasia adalah dengan benar-benar menghapus percakapan.

Jika Anda menggunakan ponsel Android, buka Chat Rahasia dan ketuk ikon menu 3 titik dari bilah alat atas.

Di sini, pilih tombol “Hapus Obrolan”.

Percakapan Chat Rahasia sekarang akan dihapus dari perangkat Anda. Jika Anda ingin mengirim pesan terenkripsi end-to-end lagi, Anda harus memulai Chat Rahasia lagi.

Jika Anda menginginkan enkripsi end-to-end untuk semua obrolan dan grup, Signal mungkin merupakan pilihan yang baik untuk Anda.

Itu dia cara membuat chat rahasia di telegram untuk membuat percakapan Anda terlindungi dari akses pihak lain. Baca juga, Cara Menemukan dan Bergabung dengan Channel Telegram.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.