Baru-baru ini mbah mendapat pertanyaan dari salah seorang  teman mbah, begini kira-kira pertanyaannya : “Mbah, apa itu WordPress sitemap ? Apakah saya harus memiliki sitemap di website saya? Bagaimana cara membuat sitemap di WordPress?” Jika kamu masih baru dalam dunia WordPress dan memiliki pertanyaan yang sama, maka kamu berada di tempat yang benar.

Pada artikel ini mbah akan menjelaskan apa itu sitemap, mengapa kamu perlu memiliki sitemap, cara membuat sitemap di WordPress, dan bagaimana untuk memberitahu mesin pencari tentang sitemap kamu  itu.

xmlmbah

Apa itu WordPress XML Sitemap ?

Sitemap adalah daftar halaman di website yang dapat diakses oleh semua pengguna. Sitemap XML adalah cara bagi pemilik website untuk memberitahu mesin pencari tentang semua halaman yang ada di website mereka.

WordPress XML sitemap juga memberitahu mesin pencari link mana yang lebih penting dalam website kamu daripada link yang lain dan seberapa sering kamu memperbarui website webmu.

Sebenarnya, sitemap tidak bertujuan untuk meningkatkan peringkat websitemu pada pencarian oleh mesin pencari, namu, sitemap ini memungkinkan mesin pencari untuk lebih mudah menjelajahi websitemu.

Mengapa Kamu Butuh Sitemap XML

Dari sudut pandang Search Engine Optimization (SEO) sitemap website sangat penting.

Namun sekali lagi, mbah ingin menyatakan dengan jelas bahwa menambahkan sitemap tidak mempengaruhi peringkat pencarian websitemu.

Namun, jika ada beberapa halaman di website kamu yang tidak diindeks, maka sitemap membantu mesin pencari mengetahui tentang halaman itu, sehingga dapat diindeks dengan benar.

Sitemap sangat berguna untuk website-website baru dan blog. Biasanya kebanyakan blog baru tidak mendapatkan banyak backlink pada tiap postingan mereka, sehingga menjadi sulit untuk mesin pencari menemukan semua postingan dan halaman mereka.

Sitemap  akan mengizinkan website ini untuk membantu mesin pencari menjelajah website mereka secara lebih efisien.

Untuk website yang sudah populer, sitemap  memungkinkan website kamu untuk berinteraksi dengan mesin pencari lebih efektif. Mesin pencari bisa menebak seberapa sering website kamu diperbarui, bagian mana dari websitemu lebih sering diperbarui daripada yang lain, mengatur tingkat perayapan untuk websitemu, dll

Hal ini meningkatkan visibilitas keseluruhan website kamu ke mesin pencari.

Cara membuat Sitemap di WordPress?

yoastxmlAda beberapa cara untuk membuat sitemap XML di WordPress. Pada mnbahwp, mbah menggunakan plugin Yoast WordPress SEO untuk membuat sitemap mbah.

Mbah menggunakan plugin ini karena selain membantu untuk mengoptimalkan posting blog plugin ini juga menawarkan fitur lain seperti sitemap, integrasi social media, dan banyak lagi.

Mbah juga melihat bahwa plugin ini bekerja lebih effisien dari plugin pembuat sitemap lainnya  WordPress.

Terakhir, Yoast juga menawarkan sitemap website khusus seperti sitemap untuk Video.

Untuk menambahkan sitemap ke website WordPressmu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan Plugin Yoast WordPress SEO.

Secara default, WordPress SEO tidak mengaktifkan fungsi XML sitemap, sehingga kamu harus meakukannya secara manual. Untuk melakukan ini, masuklah ke menu SEO »Peta situs XML dan pilih Enabled untuk mengaktifkan fungsi XML sitemap.
sitemapok

Ketika kamu memilih Enabled untuk mengaktifkan fungsi XML sitemap, WordPress SEO akan menampilkan sejumlah pilihan yang dapat kamu konfigurasi untuk sitemap Websitemu. Jika Kamu tidak yakin dengan apa yang harus kamu dilakukan, abaikan saja dan klik Save setting.

Sekarang sitemamp websitemu sudah berhasil dibuat dan dapat diakses oleh publik. WordPress SEO akan menampilkan tombol XML Sitemap yang bisa kamu klik untuk melihat sitemap sitemap_index.xml mu.

Bagaimana Cara Memberitahu Mesin Pencari Tentang Sitemap Website Kamu ?

Mesin pencari cukup pintar dalam mencari sitemap. Setiap kali kamu mempublikasikan konten baru ping akan dikirim ke Google dan Bing untuk menginformasikan mereka tentang perubahan sitemapmu.

Namun, mbah tetap menyarankan supaya kamu tetap mengirimkan sitemap websitemu ke Google dengan menggunakan alat Google Webmaster.

Keuntungan dari alat ini adalah Google akan menunjukkan kesalahan, halaman yang diindeks, dan statistik terkait lainnya yang akan membantu kamu sebagai seorang webmaster.

Bukalah Google Webmaster Tools. Untuk awal kamu harus masuk dulu ke akun googlemu. Setelah masuk, kamu bisa memilih menu webmaster tools.

Di sana kamu akan melihat tombol “Add Property”, klik dan kemudian tambahkan URL websitemu.

tambahsitus

tambahsitusmu

Pada tampilan berikutnya, kamu akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan websitemu ketika mencoba untuk menambahkan websitemu.

download-verifikasi

Silahkan klik “this HTML verification file” untuk mendownload file, kemudian periksa file  tersebut di folder download kamu.

downloadfilegoogle

Langkah selanjutnya upload file tersebut ke hosting kamu, tentu kamu harus masuk dulu ke akun CPanel websitemu. Pilih menu “File Manager” di CPanel kamu.

cpanelfilemanager

Selanjutnya, pilih menu “Upload”, dan pilih file HTML dari  google yang tadi kamu download untuk di upload.

uploadcpanel

pilihfilecpanel

Nah….coba perhatikan, apakah file tersebut sudah ada di hosting kamu ? kalau sudah berarti kamu sudah berhasil menguploadnya di hosting kamu.

uploadberhasil

Selanjutnya, balik lagi ke Google Webmaster Tools dan klik Confirm untuk mengkonfirmasi ke googe bahwa  kamu sudah berhasil mengupoad file HTML dari mereka di hosting kamu.

verifikasi

Untuk langkah selanjutnya, kamu akan melihat kolom sitemap. Klik pilihan tersebut dan kamu akan dibawa ke halaman sitemap dimana kamu dapat menambahkan sitemap websitemu.

sitemap

Klik pada tombol merah berlabel “Add / Test Sitemap” dan masukkan URL sitemapmu.

sitemap3

Plugin Yoasts WordPress SEO menerbitkan beberapa sitemap untuk website WordPressmu. Sitemap utama adalah sitemap_index.xml yang berisi link ke sitemapmu.

Setelah kamu berhasil menambahkan sitemapmu, maka status yang akan muncul adalah  tertunda. Google membuthkan waktu untuk menjelajahi website kamu dulu. Setelah beberapa saat kamu akan dapat melihat beberapa statistik tentang sitemapmu.

Ini akan menunjukkan jumlah link yang ditemukan dalam sitemapmu, berapa banyak dari link ini  dapat diindeks, rasio gambar dan halaman web, dll

Kunjungi Google Webmaster tools sering mungkin, setidaknya sebulan sekali. Semakin lama websitemu, kamu akan mulai melihat banyak data yang berguna bagi perkembangan websitemu dan bagiaman mesin pencari memaparkan informasi tersebut.

Informasi ini dapat membantu kamu mempelajari seberapa baik websitemu dan hal-hal apa saja yang  dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kinerjanya dalam mesin pencari.

Mbah berharap penjelasan mbah ini menjawab semua pertanyaan kamu terkait sitemap XML, , apa manfaat dari sitemap, cara membuat sitemap di WordPress, dan banyak lagi.

Jika kamu memiliki pertanyaan, atau melihat bahwa kita melewatkan sesuatu, maka silakan memberikan komentar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here