Cara Memformat Drive USB di Windows

0
26

Pada satu kondisi, kita merasa perlu untuk memformat Drive USB. Bisa saja karena USB tersebut terkena virus, tiba-tiba hang, atau sekedar ingin merestart Kembali drive USB milik kita.

Anda tidak perlu menggunakan alat atau cara yang rumit untuk memformat USB flash drive. Memformat USB dapat dilakukan langsung di File Explorer.

Cara Memformat Drive USB

Ada beberapa tempat di mana Anda dapat memformat drive USB di Windows.

Cara yang paling mudah adalah dengan membuka icon “This PC”. Icon ini adalah pengganti dari icon “My Computer” pada Windows lama, berfungsi untuk menampilkan semua hard drive dan perangkat penyimpanan eksternal yang terpasang pada komputer Anda.

Jika Anda melihat ada icon “This PC” di desktop Anda, klik 2 kali ikon tersebut.

Jika tidak, cukup klik tombol Start, ketik “This PC” ke dalam kolom pencarian, lalu tekan Enter atau klik “Open.”

Anda juga bisa membuka File Explorer dan mengklik “This PC” di panel kiri.

Selanjutnya, silahkan lihat daftar drive yang terhubung di bawah “Devices and drives” ketika terbuka.

Jika Anda tidak yakin drive mana yang merupakan drive USB, cabut drive USB Anda, lalu sambungkan kembali.

Jendela “This PC” akan diperbarui setiap kali ada perubahan perangkat keras yang terhubung ke computer Anda, sehingga Anda dapat menemukannya saat Windows mengenali perangkat tersebut.

Klik kanan drive USB dan klik “Format.”

Sekarang muncul beberapa pilihan yang tersedia. Layar Format memiliki beberapa pilihan.

Untuk sebagian besar pilihan, Anda boleh mengabaikannya, berikut adalah rincian arti setiap pilihan jika Anda ingin mengubah sesuatu:

  • Capacity – Ini memberitahu Anda ukuran drive yang Anda pilih.
  • File System  – Ini memungkinkan Anda memilih di antara beberapa sistem file. Masing-masing memiliki properti berbeda yang menentukan ukuran file maksimum, volume penyimpanan maksimum, dan kompatibilitas sistem operasi. Sistem file yang Anda gunakan penting.
  • Allocation Unit Size – Ukuran unit alokasi pada dasarnya adalah bagaimana ruang pada drive USB dibagi. Unit yang lebih kecil menghasilkan lebih sedikit ruang yang terbuang, namun dengan kinerja yang lebih ringan. Biarkan saja kecuali Anda memiliki kebutuhan khusus.
  • Volume Label – Ini adalah nama drive. Atur dengan nama yang Anda inginkan.
  • Format Options – Anda dapat memilih antara format cepat dan format penuh. Format cepat tidak akan benar-benar menghapus data apa pun, hanya membiarkannya ditimpa. Format penuh akan menimpa seluruh drive USB. Karena memori flash memiliki jumlah penulisan yang terbatas, Anda sebaiknya menghindari format penuh kecuali benar-benar diperlukan. (Misalnya, Anda harus menjalankan format lengkap untuk menghapus data sensitif apa pun dengan aman sebelum membuang atau memberikan drive USB.)

Sistem File Apa yang Harus Anda Pilih ?

Anda bisa memilih format exFAT Jika Anda tidak tahu format file mana yang Anda perlukan, atau Anda tidak memerlukan kegunaan khusus apa pun.

Format ExFAT didukung oleh Linux, macOS, Chrome OS, dan Windows, yang berarti ExFAT dapat bekerja dengan sebagian besar komputer yang akan Anda gunakan.

Sistem file exFat juga mendukung drive USB dan file yang lebih besar dari 100 petabyte.

Tentu saja, Anda tidak perlu khawatir tentang batasan tersebut pada flash drive Anda paling cepat sebelum tahun 2040.

Satu-satunya kelemahannya adalah menyimpan banyak file kecil dapat mengakibatkan terbuangnya ruang karena ukuran bloknya.

Jika Anda tidak butuh untuk memindahkan file berukuran besar, Anda bisa mempertimbangkan format FAT32.

Format FAT32 memang sudah sudah kuno menurut standar komputer — sudah ada sejak pertengahan tahun 90an.

Format ini memiliki 1 keuntungan besar dan 1 kelemahan utama: Format ini pada dasarnya didukung secara universal oleh semua komputer dan konsol game, namun tidak dapat menangani file yang lebih besar dari 4 gigabyte.

Format lain, seperti NTFS, akan berfungsi dengan baik jika Anda hanya menggunakan Windows.

Ada juga format khusus untuk macOS, seperti APFS. Anda dapat mencoba satu persatu untuk melihat apakah Anda punya preferensi.

Mengubah sistem file itu mudah, yang perlu Anda lakukan hanyalah memformat ulang drive USB.

Ingatlah bahwa memformat ulang drive akan “menghapus” semua data yang Anda simpan di drive.

Apa pun sistem file yang Anda pilih, ingatlah: USB flash drive bukanlah perangkat penyimpanan jangka panjang yang bagus.

Bentuknya kecil, mudah hilang atau rusak, dan cenderung mudah rusak. Jika Anda memiliki data penting, Anda harus mencadangkannya ke cloud dan di beberapa tempat lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.