Beberapa orang membuat blog untuk menuangkan apa yang mereka pikirkan, sementara yang lain membuat blog untuk menghasikan pendapatan secara online. Tanpa peduli pada alasan mengapa kamu memilih untuk membuat blog, sangat penting untuk membuat strategi sebelum kamu mulai membuat blog, salah satunya adalah mencari ide blog yang menguntungkan.

Faktanya adalah, blog kamu ngak akan bisa sukses jika kamu hanya menulis tentang apa pun yang kamu sukai tanpa membuat strategi.

Bisnis Online sama saja dengan bisnis Offline dan bisnis apapun, kamu perlu membuat rencana strategi bagaimana caranya kamu akan menghasilkan uang. 

Plugin & Themes Premium Mbah WP
2019 (C) Mbah WP.
Perkuat blog/toko online Anda dengan plugin premium Wordpress dari Mbah WP.
Beli 1 plugin, gratis 1 plugin premium lainnya.
Mau belajar VPS di sini juga ada

Langkah pertama adalah memilih niche blog.

Secara sederhana, sebuah niche adalah topik website kamu. Daripada menulis tentang banyak topik, akan lebih bagus jika kamu fokus pada satu subjek atau topik saja dan menciptakan konten yang lengkap dan mendalam yang disukai oleh pembaca.

Dengan cara ini kamu dapat menghasilkan pengunjung untuk jangka waktu yang panjang.

Memang, ngak mudah untuk menemukan niche blog yang tepat. Kamu perlu mencari dan menemukan market yang menyukai topik tersebut, tetapi kamu juga harus memastikan bahwa topik itu akan menguntungkan.

Panduan dalam artikel ini akan menunjukkan cara untuk melakukan keduanya.

Berikut ini gambaran singkat dari apa yang akan kita bahas:

Kamu akan belajar banyak tentang bagaimana menemukan sebuah niche blog yang hebat.

Ayo kita lanjutkan….

Bagaimana Menjadi Ahli (Walaupun Kamu Bukan Ahli)

Menunjukkan keahlian adalah unsur penting untuk menjalankan sebuah blog yang sukses. Orang-orang hanya akan mengunjungi websitemu jika informasi yang kamu tuliskan mendalam, berguna, memberikan bantuan bagi mereka.

Itulah mengapa penting untuk menjadi ahli pada topik kamu. Keahlian adalah konsep yang menakutkan bagi setiap blogger potensial. Hal ini jadi menakutkan ketika kamu ngak memiliki banyak pengetahuan tentang topik tertentu.

Tapi keahlian bisa ditampilkan dan didapatkan dengan berbagai cara. Bahkan, kamu dapat melakukannya dengan menunjukkan salah satu dari teknik berikut ini.

# 1: Jadilah Ahli:

Kamu memiliki pemahaman yang rinci dan lengkap dari sebuah niche yang kamu dapatkan dari pengalaman pribadi selama bertahun-tahun. Jadi, kamu ngak cuma ngomong doang tentang niche ini, tapi kamu juga menjalaninya sendiri setiap hari.

 CONTOH :

Salah satu web luar favorit saya tentang “cara membuat uang secara online” blognya “Smart Passive Income” yang dibuat oleh Pat Flynn. Pat adalah salah satu contoh orang yang memang ahli.

Dia memiliki pengalaman bertahun-tahun membangun website yang menguntungkan dengan berbagai niche yang berbeda dan diluar niche “cara membuat uang secara online”.

Pat adalah ahli karena konten nya berasal dari strategi khusus yang dia terapkan sendiri untuk bisnisnya.

# 2: Pinjam Keahlian:

Kamu ngak benar-benar ahli pada sebuah topik, tapi kamu tahu bagaimana menemukan orang lain yang memang ahli dalam topik tersebut.

Kamu bisa menunjukkan keahlian dengan mewawancarai para ahli dan membuat mereka mengungkapkan rahasia mereka.

 CONTOH:

Jaime Tardy membangun blog dengan nama Eventual Millionare.

Dia telah membangun sebuah blog yang menakjubkan yang berisi wawancara mendalam dengan lebih dari 80 jutawan.

Dari sana, Jaime telah menyaring berbagai pengetahuan dan menjadikannya serangkaian pelajaran yang dapat segera diterapkan oleh para pengunjung blog bagi bisnis mereka.

Jamie adalah ahli karena dia telah meminjam keahlian orang lain untuk membangun blog  pribadinya.

# 3: Membangun Keahlian :

Pada awalnya, kamu mungkin ngak memiliki banyak keahlian. Tapi, kamu memiliki semangat  untuk membahas sebuah topik dan berkeinginan untuk belajar dan menguji hal yang berbeda.

Kamu telah membangun keahlian dengan membuat laporan terhadap apa yang telah kamu uji dan pelajari dan menjelaskan tentang terobosan yang telah dicapai.

 CONTOH:

Tom Ewer memiliki blog dengan nama Leaving Work Behind.

Tom memulai blog ini dengan keinginan untuk meninggalkan pekerjaannya dan ingin membangun bisnis di Internet. Dalam setengah tahun terakhir, ia telah mencatat perjalanan yang di laluinya ketika memulai bisnis internet-termasuk hal-hal baik dan buruk yang terjadi di sepanjang perjalanan.

Tom adalah ahli karena ia telah menunjukkan apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis dari awal sampai selanjutnya.

 Jenis Blog Apa yang Kamu Mau ?

Ketiga blogger ini berbicara tentang membangun bisnis dan menghasilkan uang. Namun mereka masing-masing melakukannya dengan cara yang unik.

Mbah sengaja memasukkan ketiga contoh ini untuk menunjukkan bahwa, satu topik blog bisa dibahas dengan cara yang berbeda-beda.

Maksud mbah adalah sederhana: Jangan khawatir jika kamu ngak ahli pada topik tertentu.

Kamu bisa meminjam keahlian dari orang lain atau membangun keahlian di sepanjang perjalanan yang kamu lalui.

Yang penting adalah kamu memiliki semangat dan keinginan untuk membuat konten yang bermutu dan berkualitas.

[Kembali ke atas ↑]

Apakah Kamu Perlu Minat atau Passion Untuk Menjalankan Blog?

Ada banyak perdebatan mengenai passion ketika membahas sebuah niche blog. Apakah kamu perlu menyukai market tersebut untuk menjadi sukses? Atau bisa bisakah sukses meskipun ngak sesuai dengan minat kamu ?

Kalau kamu nanyanya ke mbah, maka jawaban mbah adalah “Perlu !!”, kamu perlu menyukai niche blog kamu untuk menjadi sukses.

Mbah ngak asal-asalan mengatakan ini. Mbah sudah menjalankan berbagai bisnis internet dalam 10 tahun terakhir, dan satu hal yang mbah pelajari adalah bahwa minat/passion adalah kunci jangka panjang untuk mencapai keberhasilan.

Kamu mungkin bisa berpura-pura focus untuk membuat uang dalam jangka pendek – tapi kamu akhirnya akan menjadi bosan dengan topik yang kamu bahas dan pendapatan ngak akan menjadi penting lagi bagi kamu.

Ini akan membuat kehidupan blogging kamu menjadi melelahkan dan membosankan setiap hari.

Tapi bagaimana jika kamu mengalami kesulitan menemukan minatmu ?

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

Pada bagian ini, mbah akan menjelaskan secara detail empat langkah proses untuk menemukan topik yang kamu sukai.

Langkah # 1: Brainstorm Ide

Belilah sebuah catatan kecil (notes) bawa setiap saat dan kemana saja. Kamu dapat  menggunakan ini untuk menuliskan ide-ide begitu ide tersebut muncul di kepalamu.

Jangan sepele atau mengabaikan sebuah ide yang muncul. Tuliskan saja semuanya-bahkan jika kamu ngak yakin bahwa itu sesuatu yang kamu sukai. Langkah ini penting karena pikiran acak bisa sering memicu alam bawah sadar kita dan menghasilkan ide yang bagus.

Misalnya, ada banyak topik tentang pengembangan kepribadian yang sebenarnya mbah ngak suka. Tapi ketika mbah membrainstorming ide-ide di topik ini, mbah menyadari bahwa bagaimana cara membentuk kebiasaan baik adalah topik yang mbah sukai. Mbah ngak akan memikirkan ide ini jika mbah langsung mengabaikan ide tentang pengembangan kepribadian.

Luangkan waktumu untuk latihan brainstorm ide-ide dari pikiranmu. Mbah sarankan melakukannya untuk setidaknya beberapa jam dalam sehari. Ini akan membantu kamu mendapatkan koleksi ide-ide yang luar biasa yang memiliki beberapa potensi keuntungan.

Langkah # 2: Periksa Identitas Pribadi Kamu

Apa yang kamu sukai secara pribadi? Bagaimana kamu merasa berbeda dengan miliaran orang yang ada di planet ini? Apa yang membuat kamu unik?

Kegiatan lainnya yang berguna adalah dengan melakukan survey identitas pribadimu. Tuliskanlah jawaban yang rinci dalam catatan kecilmu untuk 20 pertanyaan-pertanyaan ini:

1. Berapa umurmu ?

2. Apa jenis kelaminmu ?

3. Di mana kamu tinggal di dunia ini ?

4. Kamu berasal dari ras atau suku apa ?

5. Apa status hubunganmu ?

6. Bagaimana kamu berhubungan dengan orang lain ?

7. Apakah kamu memiliki anak ?

8. Bagaimana cara kamu menghabiskan waktu mu ?

9. Apa yang kamu lakukan untuk bersenang-senang ?

10. Apa hobimu saat ini ?

11. Apa karirmu saat ini ?

12. Apakah ada karir lain yang selalu ingin kamu coba ?

13. Keterampilan apa yang kamu miliki ?

14. Keterampilan apa yang ingin kamu pelajari ?

15. Apa hal yang ingin kamu capai?

16. Apa yang kamu takutkan ?

17. Tantangan apa yang kamu alami setiap hari ?

18. Apa kendala yang harus kamu atasi dalam hidupmu ?

19. Apa buku, film, lagu yang menjadi favoritmu ?

20. Kebaikan atau keahlian apa yang orang katakan tentang kamu ?

Selama ini, biasanya kita diajarkan untuk melihat persamaan dengan orang lain. Padahal, terkadang justru perbedaan kitalah yang membantu kita menjadi menonjol.

Carilah hal yang unik dalam dirimu dan kamu akan menemukan sebuah topik yang dapat menghasilkan ide blog yang bagus.

CONTOH:

Kencan adalah topik yang sangat luas dan terdapat ribuan website yang bersaing membahasa tentang topik ini. Sangat sulit untuk bertahan di market ini jika kamu hanya menulis konten yang umum dan biasa saja.

Tetapi jika kamu melihat dengan teliti, kamu akan melihat bahwa ada banyak cara untuk membahas tema kencan dengan cara yang unik.

Sebagai contoh, mbah pernah melihat blog dengan niche seperti:

  • Tips kencan Janda atau Duda
  • Cara “Memulai kencan romantis” untuk yang sudah berusia 50 +
  • Tips kencan Asia-Amerika
  • Kencan Spiritual dan bagaimana cara untuk menemukan pasangan seiman
  • Bagaimana cara untuk sukses melalui website kencan online

Perhatikan bagaimana setiap topik sangat-spesifik? Lebih penting lagi, topik ini muncul dari satu perspektif seseorang dan tantangan unik mereka dalam berkencan.

Begitu kira-kira cara kamu dapat mengubah ide umum menjadi topik blog yang menarik.

Luangkan waktu untuk menjawab 20 pertanyaan ini. Sekali lagi, mbah sarankan luangkan beberapa jam untuk melatih cara ini.

Cara ini akan memberikan kamu cukup waktu untuk menghasilkan catatan beberapa halaman keunikan yang cocok dengan latar belakang mu.

Langkah # 3: Identifikasi Minat Atau Passions Kamu

Kita sudah bicara tentang pentingnya minat. Mbah ngak melebih-lebihkan tentang pentingnya menulis topik yang sesuai dan menarik bagi kamu. Ini adalah satu-satunya cara agar kamu dapat mencapai sukses jangka panjang!

Berikut adalah beberapa alasan mengapa minta sangat penting:

1. Pada awal membuat blog, kamu ngak akan langsung menghasilkan uang, namun itu ngak akan menjadi masalah jika kamu mendirikan sebuah blog yang sesuai dengan minatmu. Minat atau passion ini akan tetap membuat kamu bersemangat untuk melaju.

2. Kamu akan bersemangat dan senang ketika membuat sebuah konten.

3. Antusiasme kamu akan terlihat oleh pengunjung blogmu.

4. Kamu akan termotivasi untuk mengatasi hambatan yang kamu temui.

5. Kamu akan memiliki motivasi untuk terus berkembang dan melaju setelah beberapa tahun.

Mbah menyarankan sebuah langkah sederhana – buka kembali catatan kecilmu dan lihat kembali setiap ide yang sudah kamu tuliskan.

Tanyakan pada dirimu jika ide ini menarik perhatianmu dalam tiga tahun dari sekarang.

Coba pertimbangkan, apakah kamu tertarik untuk membuat konten yang cukup menarik mengenai ide tersebut setiap minggu ? Jika kamu ragu-ragu, kamu bisa mencoret topik ini dari daftar catatan kamu.

Langkah # 4: Pilih Lima Gagasan Besar

Terakhir, kamu harus menyaring daftar ini sampai mendapatkan lima ide blog. Masing-masing harus berhubungan dengan minat pribadi yang kamu sukai dan mampu dibahas untuk beberapa tahun ke depan. Tetap mempertimbangkan beberapa ide sampai kamu menemukan yang terbaik dalam daftar idemu.

[Kembali ke atas ↑]

Bagaimana Cara Mencari  “Hook” untuk Blog Kamu

Coba ingat kembali mengenai topi kencan pada pembahasan sebelumnya. Setiap topik blog yang mbah sebutkan masing-masing ditargetkan bagi pengunjung yang sangat-spesifik.

Pemilik blog ngak sedang berusaha mencoba untuk menjadi segalanya bagi semua orang. Sebaliknya, mereka menciptakan konten khusus yang “berbicara” untuk jenis orang tertentu.

Apa yang blogger harus lakukan adalah menemukan kait yang unik untuk website mereka.

Sebuah hook seperti pukulan telak. Ini adalah kalimat singkat yang menggambarkan konten yang terdapat dalam blog.

Sebuah hook adalah apa yang membuat kamu berbeda dari ribuan website yang bersaing di market kamu. Hook memberitahu pengunjung yang tepat bahwa mereka telah menemukan blog yang tepat.

Sebagai contoh, berikut adalah beberapa Hook yang telah digunakan dari dulu dampai saat ini :

  • Panduan Bisnis untuk calon penulis freelance
  • Panduan strategi untuk permainan game online xxx
  • Panduan kencan untuk pria lajang dan wanita pada usia 50 tahunan
  • Panduan gizi untuk diabetes (atau penyakit xxxx)
  • Panduan karir bagi lulusan perguruan tinggi untuk memasuki dunia kerja

Setiap ide-ide ini adalah topik khusus yang merupakan bagian dari market yang lebih besar. Itu lah keuntungan dari menemukan hook yang baik.

Kamu masih dapat berbicara tentang topik lain di luar market ini, tetapi kamu dapat menunjukkan bagaimana informasi ini langsung berhubungan dengan kebutuhan pengunjungmu.

Jadi bagaimana kamu menemukan hook yang baik?

Mulailah dengan melihat apa yang saat ini sedang populer di pasar. Tujuanmu adalah untuk mengambil masing-masing lima ide blog dan mencocokkannya dengan konten yang sudah pernah diterbitkan.

Berikut adalah alat yang dapat membantu kamu melakukan hal ini:

Alat # 1: Forum Niche -Terkait

Forum telah ada sejak awal internet. Pengguna internet menyukai web dengan model forum  karena mereka dapat bertemu orang lain dan berbagi ide tentang topik tertentu.

Forum juga dapat membantu untuk menemukan hook blog. Kebanyakan daftar forum berbentuk tampilan halaman dan balasan untuk setiap thread. Biasanya, pengunjung akan mengunjungi forum untuk menemukan pembahasan yang mereka sukai dan orang yang sehobby dengan mereka. Di forum banyak terdapat hook yang luar biasa dan bisa kamu manfaatkan.

Sangat mudah untuk menemukan forum yang berhubungan dengan niche.

Silahkan buka goggle dan : “topik niche” + forum.

Jadi jika mbah ingin mencari tentang topik bisnis online di forum, maka mbah akan ketik bisnis online forum di Google.

Menemukan sebuah forum terkait adalah tempat yang sangat baik untuk menemukan hook yang baik. Lakukan latihan ini untuk masing-masing dari lima topik dan kamu akan menemukan sejumlah ide yang bagus.

Alat # 2: Blog Saingan

Sebagai seorang blogger, sangat penting untuk mempelajari pesaing kamu. Secara khusus, kamu harus memperhatikan website yang memiliki banyak konten dan lalu lintas pengunjung.

Ini adalah cara terbaik untuk menemukan apa yang benar-benar bekerja di market kamu.

Kamu juga dapat menggunakan Google untuk menemukan blog yang terkait niche kamu. Namun, kali ini, kamu akan memasukkan kata blog bukan forum. Jadi jika kamu ingin melihat blog tentang menurunkan berat badan, maka kamu masukkan kata kunci : menurunkan  berat badan blog.

Lihatlah artikel yang populer di blog itu. Tujuannya di sini adalah untuk melihat apa  topik beresonansi terbaik dengan pengunjung. Kamu dapat melakukan tiga cara yang berbeda ini :

# 1. Lihatlah posting blog dengan komentar terbanyak.

# 2. Lihatlah posting blog yang paling banyak dilihat.

# 3. Lihatlah posting blog yang direkomendasikan pemilik website.

Jawablah pertanyaan ini ketika melihat artikel tersebut : Apakah topik ini sesuai dengan market dan sesuai dengan minatmu ? Dapatkah kamu menulis topik tersebut dengan lebih cerdas ? Apakah ada dari topik tersebut yang tidak dibahas atau diabaikan oleh sang penulis ? Apakah kamu memiliki keahlian di market ini ?

Gabungkan Semua Bersama-sama

Menemukan hook blog bukan sebuah ilmu pasti. Sebaliknya, kamu harus melihat website yang berbeda dan menggunakannya untuk memicu pikiran bawah sadar mu.

Ini mungkin ngak bisa terjadi dengan segera. Tetalah melakukan latihan sampai kamu membuat daftar ide untuk masing-masing lima topik.

[Kembali ke atas ↑]

Cara Menentukan Apakah Niche Blog Menguntungkan

Pada titik ini, kamu telah memiliki daftar lima ide blog dan Hook. Mudah-mudahan kamu  menemukan yang sesuai dengan minatmu.

Sekarang, sangat penting untuk mempertimbangkan ide-ide tersebut dan membuang ide yang  ngak menguntungkan.

Ingat, blogging adalah bisnis. Seperti halnya bisnis apapun, tujuan kamu adalah untuk membuat uang.

Hal terburuk yang bisa saja terjadi adalah ketika kamu sudah bekerja selama berbulan-bulan membuat konten dan kemudian tiba-tiba menyadari bahwa ngak ada orang yang tertarik pada apa yang telah kamu kerjakan.

Solusi sederhananya adalah dengan melakukan penelitian sebelumnya dan mencari tahu apakah ide blog tersebut dapat menguntungkan.

Hal ini dapat dilakukan dalam tujuh langkah mudah. 

Langkah # 1: Lakukan Riset Kata Kunci

Riset kata kunci membantu kamu untuk menemukan permintaan dasar untuk ide topik blog. Taktik ini membantu kamu untuk menentukan berapa banyak orang mencari informasi tentang ide tertentu.

Alat yang mbah gunakan adalah Google Keyword Planner yang merupakan bagian dari program gratis untuk Adwords.

Cukup masukkan beberapa kalimat yang berhubungan dengan niche kamu dan Google akan menghasilkan daftar kata kunci dengan jumlah volume pencariannya.

Ulangi proses ini beberapa kali, gunakan kata kunci yang berbeda. Kadang-kadang kamu harus melakukan sedikit usaha untuk menggali lebih dalam sebelum kamu menemukan kata kunci yang sesuai dengan permintaan market yang sebenarnya.

Jika satu kalimat ngak mendapatkan banyak pencarian, cobalah dengan kalimat terkait lainnya.

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan Google Sugestion Tools. Alat ini akan menghasilkan daftar kalimat terkait yang berhubungan dengan marketmu, lakukan terus sampai kamu telah kehabisan setiap kombinasi dari kata kunci untuk ide blog tertentu.

Singkirkan ide yang ngak mendapatkan setidaknya beberapa ribu pencarian yang tepat  per bulan.

Ini sangat berpengaruh cukup besar untuk mendukung sebuah blog yang sukses.

Langkah # 2: Carilah Kompetitor

Kompetisi adalah hal yang baik. Jika ada beberapa website dan produk di market itu berarti bahwa seseorang sedang berusaha membuat uang.

Jangan takut untuk memasuki market yang ramai. Ada banyak cara untuk bertahan, jadi jangan biarkan kehadiran pesaing mencegah kamu untuk membangun blog dengan ide yang hebat.

Jika digunakan dengan benar, pesaing kamu malah bisa menjadi mengikut fanatik dan sekutu bagimu.

Bagaimana kamu tahu apakah sebuah topik memiliki kompetisi?

Mudah.

Cari hal-hal ini:

  • Apakah ada blog lain yang membahas tentang topik ini?
  • Apakah ada video tentang topik tersebut di YouTube?
  • Dapatkah kamu menemukan forum yang berhubungan dengan niche tersebut?
  • Apakah ada yang sudah membuat halaman Facebook tentang topik tersebut pada market ini?
  • Apakah ada website yang membahas topik ini secara dalam ?
  • Apakah ada iklan pop up tentang topik tersebut ketika kamu melakukan pencarian di Google?

Semua hal ini menunjukkan tingkat signifikan kompetisi. Jika kamu ngak dapat menemukan apa-apa, maka itu berarti topik tersebut mungkin memiliki market yang lemah yang ngak memiliki pengunjung atau peminat yang besar

Langkah # 3: Cari Produk Afiliasi Terkait Niche mu

Salah satu cara terbaik untuk memonetize blog adalah melalui pemasaran afiliasi. Ini adalah sebuah strategi di mana kamu merekomendasikan produk dan mendapatkan komisi penjualan jika seseorang membeli produk tersebut melalui link afiliasi mu.

Sebuah langkah penting sebagai blogger adalah untuk mencari produk afiliasi yang dapat kamu rekomendasikan kepada pengunjungmu.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan memeriksa website yang menawarkan jaringan afiliasi dan melihat apakah ada produk yang berhubungan dengan niche blog kamu:

Untuk website dalam negeri :

Untuk website luar negeri :

Sekali lagi, luangkan waktu untuk mempraktekkan langkah ini. Ada ratusan website jaringan afiliasi, sehingga kamu memerlukan sedikit usaha untuk menemukan penawaran yang berkualitas.

Langkah # 4: Carilah Para “Pembeli Informasi”

Menjual informasi adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan sebagai seorang blogger. Pada akhirnya, sangat penting untuk mengetahui apakah pengunjung dari  niche blog tersebut adalah jenis pengunjung produk informasi “bagaimana cara” .

Kamu dapat menemukan berbagai produk informasi di website-website seperti ratakan.com, Clickbank, E-Junkie dan Udemy.

Namun, website  favorit mbah adalah Amazon.com

Cukup masuk ke website Amazon dan masukkan kata kunci yang sudah kamu tentukan pada langkah # 1.

Periksalah masing-masing buku-buku top seller yang muncul.  Lihatlah detail dari produk tersebut, kamu akan menemukan informasi tentang Ranking Amazon Best Seller dari penjualan buku tersebut.

Nah, saran mbah adalah, pilihlah topik atau target marketmu berdasarkan topik dari tiga atau lebih buku yang memiliki peringkat di bawah 20.000.

Langkah # 5: Cari Software Pemberi Solusi (Opsional)

Menawarkan software yang dapat memberikan solusi adalah cara lain untuk membuat blog yang menghasilkan uang. Dari pada membujuk orang untuk membeli produk informasi,  kamu dapat mempromosikan software yang membantu mereka mengatasi suatu masalah.

Ada dua jenis software yang dapat ditawarkan kepada pengunjung. Mbah merekomendasikan kamu mencari perbandingan pada dua jenis platform system operasi.

Yang pertama adalah software yang banyak di download oleh orang ke PC dengan OS Windows atau komputer Apple Mac. Kamu bisa menemukan informasi mengenai hal ini di website Download.

Cukup masukkan kata kunci utama di kotak pencarian dan urutkan hasilnya berdasarkan relevansi.

Kemungkinan besar kamu akan menemukan banyak program di sebagian besar niche market kamu. Tapi jangan khawatir jika kamu ngak menemukan software apapun yang sesuai dengan niche blog kamu.

Pada beberapa niche market, memang ngak membutuhkan software untu memberikan solusi terhadap masalah mereka.

Namun, jika kamu ingin membuat sebuah software, maka mbah menyarakan untuk membuat jenis software yang memiliki market 10.000 download atau lebih dalam daftar di Download.com.

Kedua (yang jadi favorit mbah) tempat untuk mencari software adalah aplikasi market seperti  toko iTunes  dan play store.

Memanfaatkan aplikasi mobile adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang dari  blog. Model bisnis ini sukses pada sebagian besar market – caranya adalah ciptakan sebuah aplikasi yang dapat memecahkan masalah yang biasa dialami oleh para pengunjung.

Kamu mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk melakukan beberapa pencarian, tapi akhirnya kamu akan menemukan berbagai aplikasi yang secara langsung berhubungan ide blog mu.

Biasanya, mbah mencari aplikasi yang memiliki setidaknya 50 review. Jika kamu melihat satu review untuk setiap 500 s/d 5.000 download. Itu berarti aplikasi dengan 50 review memiliki minimal 25.000 kali download.

Ini adalah pasar yang sangat menguntungkan untuk sebuah aplikasi sederhana yang harganya di bawah seribu dolar untuk membuat.

Langkah # 6: Identifikasi Beberapa Masalah

Keuntungan jangka panjang dari sebuah topik sangat ditentukan oleh berapa banyak masalah yang dialami oleh pengunjung. Sederhananya, kamu ngak bisa membangun sebuah blog dengan hanya menyediakan satu solusi saja.

Hanya mempromosikan satu solusi memberi pembaca sangat sedikit pilihan untuk melihat apa lagi yang kamu tawarkan.

Solusi yang lebih baik adalah dengan memperhatikan market yang memiliki beragam masalah dan rintangan.

Misalnya, salah satu minat kamu adalah adalah perjalanan dengan model backpapper . Ini adalah model perjalanan atau liburan namun dengan menghemat uang sebisa mungkin dengan cara menemukan program promo perjalanan wisata, diskon penawaran khusus pada kamar hotel.

Nah, jika kamu memulai blog dengan market ini, kamu bisa dengan mudah mempromosikan berbagai penawaran yang memecahkan masalah ini:

  • Bagaimana cara menemukan kartu kredit yang menawarkan fasilitas liburan dengan cicilan rendah dan banyak diskon .
  • Bagaimana memanfaatkan penawaran bonus liburan akhir tahun.
  • Cara mendapatkan diskon besar penawaran maskapai penerbangan – pada menit terakhir.
  • Cara mencari kamar hotel murah, sewa mobil dan transportasi.
  • Cara mencari makanan lokal yang enak tanpa menghabiskan banyak uang.
  • Bagaimana cara menjadi jago berbahasa asing dalam beberapa bulan.

Kamu bisa membuat blog yang hebat dari hanya enam ide-ide ini. Mbah tahu itu karena mbah sudah melihat tiga blogger yang berbeda berhasil menawarkan solusi untuk masalah ini.

Langkah # 7: Carilah Orang-orang yang Seminat

Terakhir, namun juga penting, kamu harus masuk ke market yang memiliki pengunjung yang seminat.

Carilah topik di mana orang secara teratur bertemu dan berbagi informasi tentang hal ini.

Ngak sulit untuk mendari pengunjung yang memiiki minat yang sama.

Carilah orang-orang yang:

  • Bicara tentang topik ini di Facebook dan Twitter.
  • Bergabung dengan grup lokal yang dapat ditemukan di forum seperti kaskus.com.
  • Buatlah thread di forum dan berinteraksi satu sama lain.
  • Baca dan beri komentar pada blog yang membahas tentang market ini.
  • Beli majalah yang membahas tentang market ini.

Terakhir Tentang Menemukan Niches yang Menguntungkan

Langkah-langkah diatas akan membantu kamu menemukan potensi keuntungan dari sebuah niche-tetapi kamu ngak perlu harus melakukan ketujuh cara tersebut untuk menjalankan sebuah blog yang sukses.

Kadang-kadang kamu akan menemukan ide yang ngak memiliki banyak penawaran afiliasi atau aplikasi. Itu ngak berarti bahwa niche tersebut ngak menguntungkan.

Lebih baik untuk melihat potensi keuntungan secara menyeluruh dari sebuah market.

CONTOH: Sekarang kamu sedang membangun sebuah website mengenai kepribadian dengan topik mengembangkan kebiasaan baik, kamu sudah menjalankan proses tujuh langkah diatas untuk melihat potensi keuntungan dari niche ini.

Untuk lima langkah dari ketujuh langkah diatas, kamu dapat menemukan bahwa niche tersebut memiliki market yang sangat luas.

Dua langkah yang ngak bisa kamu temukan hanyalah penawaran affiliasi dan produk software.

Kamu ngak perlu menghilangkan topik ini hanya karena hal tersebut, karena masih ada cara lain untuk membuat uang di luar market afiliasi dan software.

Maksud mbah sederhana saja : Ngak apa-apa memilih niche yang ngak sempurna – bahkan jika kamu ngak bisa menghasilkan uang dengan metode yang sudah umum dari topik tersebut.

Yang penting adalah untuk menemukan market yang penuh dengan orang-orang yang berminat tentang topik itu.

[Kembali ke atas ↑]

Memilih Ide Blog dengan Lima Pertanyaan Sederhana

Jika kamu sebelumnya sudah mengikuti tujuh langkah diatas, maka kamu akan memiliki data lengkap pada beberapa topik yang berbeda.

Tapi itu ngak berarti kamu harus memilih topik tersebut hanya karena itu menguntungkan. Pada akhirnya, tingkat minat akan menentukan dalam jangka panjang apakah kamu akan menjadi seorang blogger yang sukses.

Pada bagian ini, mbah akan menjabarkan tentang proses seleksi niche. Dimulai dengan melihat setiap gagasan dan mengajukan lima pertanyaan sederhana.

Jika kamu dapat menjawab “ya” untuk kelima pertanyaan tersbut , maka topik itu adalah yang paling tepat untuk kamu.

Pertanyaan # 1: Dapatkah Kamu Menghasilkan 50 Artikel Dari Ide Tersebut ?

Menjalankan sebuah blog bisa menjadi melelahkan – terutama jika kamu memang bukan seorang penulis.

Itu sebabnya mbah sarankan untuk terlebih dahulu memetakan rencana konten yang akan kamu kerjakan sebelum meaksanakan ide tersebut .

Ini dapat dilakukan dengan “tes 50-blog-post.”

Ambil kertas dan timer. Atur timer selama 10 menit dan kemudian tuliskan setiap topik potensial yang mungkin kamu inginkan untuk ditaruh dalam blog. Jika kamu dapat menuliskan  50 ide dalam beberapa menit, maka ini menunjukkan kamu memiliki tingkat yang layak daam minat tersebut.

Bagaimana jika kamu kesulitan untuk membuat artikel dengan ide tersebut ? Ini adalah indikator kuat bahwa kamu ngak memiliki banyak pengetahuan atau minat tentang topik ini.

Kemungkinan besarnya, kamu akan kesulitan di market ini. Hal terbaik untuk dilakukan adalah menghilangkan ide ini dan beralih ide yang lain.

Pertanyaan # 2: Dapatkah Kamu Menjadi Unik?

Kamu perlu sebuah hook untuk memisahkan kamu dari lawanmu. Dunia blogging adalah tempat yang ramai, penuh dengan website yang bersaing untuk menarik perhatian.

Satu-satunya cara untuk tetap bertahan adalah dengan menjadi unik yang berbeda dari kebanyakan.

Lihatlah apa yang blogger lain lakukan. Bagaimana KAMU bisa melakukannya menjadi lebih baik?  Apa membuat kamu unik? Apa masalah dan kendala yang diabaikan blogger lain ? Apakah ada informasi yang tidak disampaikan/dibahas ? Apakah ada beberapa sub-market di niche ini?

Tujuan kamu adalah untuk menemukan kepingan yang hilang di market kamu dan memenuhi kebutuhan akan kepingan itu! 

Pertanyaan # 3: Dapatkah Kamu Menjadi Ahli ?

Mbah sudah bicara tentang cara menjadi ahli. Kamu ngak harus mutlak menjadi ahli untuk memulai sebuah topik tertentu. Yang penting adalah kamu memiliki komitmen untuk berproses tumbuh menjadi seorang yang ahli.

Apa gunanya mbah?

Sukses ngeblog terjadi ketika kamu menunjukkan keahlian dalam sebuah subjek. Orang-orang mengikuti kamu karena mereka mencari pengetahuan darimu. Keahlian nyata berasal dari keterlibatan nyata dalam sebuah market.

Kamu harus menyelam dengan kedua kakimu  dan mempelajari segala sesuatu yang kamu dapat tentang topik ini.

Filosofi ini juga akan membantu kamu memaksimalkan pendapatan onlinemu. Sebagai ahli, kamu harus :

  • Pelajari bahasa dan kata-kata kampanye yang digunakan prospek
  • Cari tahu apa yang sebenarnya dipikirkan konsumen dalam benak mereka
  • Mengidentifikasi kesenjangan informasi di market
  • Memperbaharui dan mendaur ulang konten yang sudah pernah diterbitkan
  • Pelajari tren baru yang dapat menghasilkan pendapatan masa depan
  • Buatlah jaringan dengan pakar-pakar kunci di market untuk memperluas jaringanmu
  • Bangunlah sekelompok pengikut setia yang akan mendengarkan apa pun yang kamu katakan.

Semua ini penting ketika kamu ingin menjadi seorang yang ahli. Seperti mbah katakan, kamu ngak harus langsung menjadi seorang ahli. Yang penting adalah memiliki minat dan komitmen untuk tumbuh menjadi seorang blogger.

CONTOH: Mari kita kembali ke contoh mbah diatas, tentang membuat blog dengan topik membangun kebiasaan baik .

Mbah bukan ahli pada topik ini, mbah hanyalah orang baru yang berusaha membahas topik tentang pembangunan kebiasaan baik.

Tapi, mbah punya minat untuk membentuk kebiasaan baik. Mbah selalu berusaha untuk melakukan ini dan mbah suka membahas tentang topik ini.

Selain itu, mbah juga benar-benar berkomitmen untuk memajukan keahlian mbah tentang hal ini.

Itu sebabnya mbah melakukan hal-hal berikut:

1. Menguji atau membuat tantangan untuk membuat kebiasaan yang baik selam 30 hari dalam kehidupan pribadi mbah dan dalam dunia kerja.

2. Membaca puluhan buku tentang topik ini dan menerapkan strategi khusus yang mereka ajarkan.

3. Menghubungi dan mewawancarai para ahli terkemuka di bidang pengembangan kepribadian.

4. Membuat catatan pribadi seiring perjalanan untuk membangun kebiasaan yang baik  dan sukses.

5. Mengajarkan strategi penting di blog mbah untuk memantapkan pengetahuan ini dalam pikiran mbah.

Semoga contoh ini dapat menunjukkan bagaimana caranya berkomitmen untuk mebahas topik blog. Kamu harus fokus untuk dapat bertahan dari kompetisi yang terjadi.

Ketika mendapatkan ide, tanyakan pada dirimu, apakah kamu bersedia untuk melakukan apapun  yang diperlukan untuk menjadi ahli ?

Pertanyaan # 4: Dapatkah Kamu Mengidentifikasi Masalah Umum?

Pikirkan baik-baik tentang orang-orang yang akan mengikuti blog kamu. Mereka akan menjadi orang-orang yang akan membaca tulisanmu, melakukan tindakan berdasarkan kontenmu dan membeli penawaranmu. Itulah sebabnya penting untuk mengetahui isi kepala mereka dan mencari tahu apa yang mereka inginkan.

Kamu dapat melakukan ini dengan menjawab tiga pertanyaan sederhana:

1. Apa tujuan mereka?

Tentukan apa yang menjadi tujuan spesifik yang ingin dicapai pengunjungmu. Lebih penting lagi, cari tahu kapan mereka ingin melakukannya.

2. Apa hambatan mereka?

Tentukan faktor-faktor eksternal yang menghalangi mereka untuk mencapai hasil tersebut.

3. Apa ketakutan mereka?

Tentukan faktor internal yang menahan mereka untuk mencapai keberhasilan tersebut.

Kamu dapat mencari tahu apa yang orang inginkan, dengan melihat pertanyaan yang mereka tanyakan . Berikut adalah beberapa alat yang dapat membantu:

Cari topikmu dalam website ini kamu akan menemukan berbagai daftar masalah yang biasanya dialami oleh pengunjung. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu kamu menciptakan konten dan menemukan penawaran yang tepat.

Pertanyaan # 5: Siapakah Pengunjung Idealmu?

Siapa pengunjung idealmu adalah pertanyaan terakhir yang harus kamu tanya. Ini adalah sesuatu yang bisa dijawab dengan latihan contoh tipe pengunjung atau avatar.

Contoh pengunjung atau avatar adalah alat yang membantu kamu untuk mengidentifikasi motivasi inti dari pengunjung blogmu. Avatar ini akan membantu kamu menentukan siapa mereka , pikiran apa yang muncul di kepala mereka dan apa yang selalu mengganggu pikirean mereka .

Avatar adalah model fiksi dari pengunjung blog kamu.

Sebuah avatar pelanggan dapat dibuat dengan membuat penelitian dari 4 pertanyaan dan menggunakan informasi ini untuk menceritakan sebuah cerita.

Berikut adalah beberapa tips untuk menulis sebuah avatar:

1. Buatlah beberapa avatar untuk setiap jenis pengunjung blogmu.

2. Berikan nama untuk setiap avatar dan buatlah mereka memiliki kepribadian yang berbeda.

3. Gunakan gambar, demografi dan psikografi tertentu dalam mendeskripsian avatar.

4. Tulis latar belakang untuk setiap avatar.

5. Tentukan masalah dan hambatan utama mereka.

CONTOH:

Berikut adalah contoh avatar yang mbah buat untuk sebuah proyek blog tentang “bisnis internet marketing”.

Nama avatarnya adalah David.

David adalah seorang suami yang hebat dan ayah dari dua orang anak yang sangat penyayang. Dia seorang pekerja keras yang mencintai pekerjaaannya sebagai apoteker disebuah perusahaan farmasi di Jakarta. Sayangnya, David baru-baru ini kena PHK karena perusahaannya harus berhemat karena terkena resesi.

Saat ini, David membiayai keluarganya dari pesangon yang hanya cukup untuk bertahan selama enam bulan dari perusahaannya.

Pesangon ini hanya bisa memberikan sedikit waktu sebelum dia harus mencari perkerjaan lain untuk menghidupi keluarganya.

David memiliki ide untuk memulai sebuah bisnis keahlian dalam Internet Marketing. Dulu, dia pernah mencoba mencari sedikit uang lewat cara online untuk sebuah niche tertentu, tetapi ia kehilangan semua pendapatan ini ketika Google mengeluarkan algortima  google Penguin dalam pembaruan mesin pencari mereka.

David ngak takut untuk berusaha dan bekerja keras, tapi ia juga ngak ingin buang-buang waktu. Waktu terus berjalan dan dia harus berbuat sesuatu sebelum pesangonnya habis.

Sampai larut malam, David memiliki banyak pikiran yang masuk ke kepalanya:

  • “Apakah Topik Internet Marketing dapat menjadi topik menjual ?”
  • “Bagaimana saya akan membangun bisnis jangka panjang yang mendukung keluarga saya ?”
  • “Apa yang salah dengan website saya pada waktu pertama kali berbisnis online ?”
  • “Bagaimana saya membangun sesuatu yang ngak tergantung pada satu website seperti Google?”
  • “Haruskah saya mulai mencari pekerjaan di dunis nyata?”

David tahu, bahwa waktunya sekarang ia harus mulai membangun bisnis internet atau mulai mencari pekerjaan lain.

Perhatikan deskripsi realistis pada avatar David. Walaupun David hanyalah sebuah model atau contoh, tapi penggambarannya berasal dari hasil interaksi yang nyata antara mbah dengan pengunjung blog mbah.

Kamu harus seperti ini ketika menulis salah satu avatar dari pengunjung blogmu.

Cara Pilih IDE Blog Kamu

Jawablah kelima pertanyaan ini dan  kamu akan semakin dekat denga keputusan akhir.Pada titik ini, sisanya terserah pada kamu.

Sepanjang panduan ini, kamu telah belajar beberapa teknik dan latihan yang akan membantu kamu memilih topik blog. Sayangnya, mbah tetap ngak bisa memberitahu kamu topik apa yang tepat untuk kamu .

Pada akhir hari, kamu perlu menemukan market khusus dengan menggabungkan minat dengan keuntungan yang sesuai dengan kamu.

Ngak ada “cara ajaib” untuk membantu kamu membuat keputusan akhir ini. Sebaliknya, pilihan harus datang dari dalam hatimu sendiri.

[Kembali ke atas ↑]

CARA UNTUK MEMILIH TOPIK YANG MENGUNTUNGKAN WALAUPUN KAMU MELAKUKAN BEBERAPA KESALAHAN

Terus terang, biasanya kita malas dan takut untuk mencoba hal-hal baru. Ngak ada yang suka  gagal. Memulai sebuah blog bisa menjadi menakutkan karena kamu ngak yakin apa yang akan terjadi.

Ditambah lagi kenyataan, bahwa sembilan dari sepuluh bisnis ngak bertahan untuk beberapa pertama tahun. Selain itu, rata-rata “tingkat keberhasilan” dari sebuah blog adalah cukup rendah.

Ngak banyak orang yang mampu menghasilkan lebih dari beberapa juta rupiah walapun mereka sudah bekerja keras.

Semua fakta ini bisa sangat menakutkan untuk seorang pemula. Kamu tentu ingin berhasil dan menghindari membuat kesalahan di sepanjang perjalanan.

Ketakutan-ketakuan ini menyebabkan banyak orang stres dan takut membuat “keputusan yang tepat.”

Pada akhirnya, banyak yang ngak membuat tindakan atas ide blog tertentu.

Saran mbah?

Jangan terlalu banyak khawatir tentang memilih niche yang tepat. Tentu, itu penting. Tapi keputusan yang salah ngak berarti kamu gagal. Ingatlah, keputusan yang salah adalah bagian normal dari sebuah proses perjalanan.

Namun, dengan membaca panduan ini, minimal kamu mungkin ngak akan membuat lebih banyak kesalahan daripada yang pernah mbah lakukan.

Untuk memberikan gambaran, ini adalah daftar singkat (sebenarnya ngak begitu singkat) dari kesalahan yang mbah pernah lakukan ketika mengembangkan sebuah blog :

Kesalahan # 1: Mbah ngak memilih niche yang fokus pada topik tertentu. Sebaliknya, mbah membeli sebuah domain tanpa memikirkan niche dan membangun sebuah blog tanpa memikirkan niche yang tepat.

Kesalahan # 2: Mbah ngak merencanakan strategi konten mbah. Sebaliknya, mbah menulis apa yang muncul kepala mbah pada saat itu.

Hasil akhirnya adalah bahwa mbah memiliki banyak  artikel gado-gado yang ngak fokus, ada tentang kesehatan, Internet Marketing, ekonomi, gossip dan politik.

Kesalahan # 3: Mbah menulis konten yang kabur dan ngak jelas selama lebih dari setahun yang ngak menargetkan jenis pengunjung tertentu.

Kebanyakan pengunjung ngak bertahan lama karena mereka ngak bisa menemukan tema yang seragam untuk konten mbah.

Kesalahan # 4: Tahun depan mbah membuat konten yang berbicara tentang cara membangun niche website pada saat yang sama Google mengubah algoritma mereka dan membunuh sumber pendapatan mbah yang berasal dari adsense.

Kesalahan # 5: Pada awal tahun berikutnya, mbah mengembangkan konten tentang ahli afiliasi marketer. Masalahnya ? Mbah bergerak terlalu jauh dari seorang pemasar afiliasi akhirnya menulis produk mbah sendiri.

Saat mbah menulis panduan ini, mbah sekarang sudah lebih fokus membangun blog untuk satu topik tertentu saja, dan sudah berhasil pendapatkan pendapatan dari produk yang mbah tulis sendiri.

Mbah berharap studi kasus ini dapat membantu kamu untuk sukses.

Kamu bisa melihat, tahapan-tahapan yang mbah lalui, mbah juga melakukan berbagai kesalahan sampai akhirnya mbah menemukan cara untuk fokus terhadap satu topik saja dan menemukan produk yang cocok dengan mbah sendiri.

Bahkan, mungkin juga di masa depan masih masih melakukan beberapa kesalahan. Selama itu  mbah telah belajar sebuah pelajaran penting:

Kesalahan membantu kita tumbuh sebagai manusia.

Jangan takut untuk melakukan kesalahan saat memilih topik blog.

Ambil tindakan dan buat strategi yang sudah mbah uraikan dalam panduan ini. Jika kamu memilih niche yang salah ? kamu hanya kehilangan sedikit uang dan waktumu. Itu adalah hal terburuk yang bisa saja terjadi.

Kamu sekarang sudah memahami cara untuk mencari ide blog yang menguntungkan. Keputusan terakhi ada ada di tanagnmu.

Pikirkan baik-baik tentang pertanyaan-pertanyaan ini :

  • Dapatkah kamu membahas tentang topik ini selama beberapa tahun ke depan?
  • Apakah kamu merasa bersemangat membantu orang di market ini?
  • Apakah kamu selalu memikirkan tentang topik ini?
  • Bisakah blog ini menjadi pekerjaan dalam hidup kamu?

Ini semua adalah pertanyaan penting yang harus dijawab. Pertanyaan ini secara langsung berhubungan dengan pola pikir keahlian yang akan membantu kamu mengatasi banyak hambatan yang akan kamu temukan sebagai seorang blogger.

Ketika kamu memfokuskan topikmu pada minatmu, maka akan sangat mudah untuk menemukan satu topik yang tepat untuk kamu.

[Kembali ke atas ↑]

Kesimpulan

Memilih topik blog dapat menjadi proses yang panjang. Mudah-mudahan pnduan ini akan membantu kamu mengatasi beberapa tantangan yang akan kamu hadapi.

Untuk memulai, mbah sarankan kamu melakukan hal-hal berikut:

1. Pilih salah satu dari tiga jenis keahlian yang ingin kamu tunjukkan.

2. Brainstorm ide yang secara langsung berhubungan dengan minat pribadimu.

3. Hilangkan ide jika kamu ngak dapat berkomitmen untuk membahasanya dalam blog selama tiga tahun atau lebih.

4. Identifikasi Hook untuk lima ide blogmu.

5. Tentukan profitabilitas/keuntungan topik dalam tujuh langkah sederhana.

6. Pilih topik kamu dengan mengajukan lima pertanyaan.

7. Ambil tindakan pada ide mu dan jangan biarkan rasa takut mengontrolmu.

Kamu sekarang memiliki blue print di tanganmu.

Sisanya terserah padamu.

Blogging adalah media yang dapat menimbulkan banyak hal-hal positif. Caranya adalah dengan menemukan topik yang cocok sesuai dengan latar belakang mu dan perspektif yang unik. Ditambah, ngak ada salahnya untuk memilih sesuatu yang akan menghasilkan sedikit uang. 🙂

Mbah mendorong kamu untuk memulai segera. Jangan hanya membaca panduan ini kemudian mencari-cari artikel lain.

Akan lebih bagus, jika kamu menerapkan panduan ini ke dalam tindakan nyata.

Ambilah secarik kertas dan kembali ke pendahuluan di atas. Dari sana, buatlah daftar strategi yang mbah sudah rinci dan kemudian lakukan semuanya dengan segera !

Jika kamu mengalami sedikit kesulitan, kamu bisa membaca artikel 101+ ide topik blog yang terbukti sukses dan menghasilkan uang yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Bertindaklah. Dapatkan Hasilnya.

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.