Cara Mengelola Password dengan Mudah dan Aman

0
602

Pusing mengelola banyak username & password ? Tenang, ada cara mudah untuk mengelola password dengan mudah dan aman.

Pada artikel ini, kita akan melihat cara mengelola password dengan mudah dan aman menggunakan tools manajemen password terbaik.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Pengelola Password ?

Supaya aman, password haruslah susunan huruf & symbol yang sulit untuk diingat. Kebanyakan orang menggunakan beberapa password yang sangat mudah diingat selama bertahun-tahun tanpa masalah. Ini TIDAK aman.

Banyak kerusakan website yang dilakukan oleh hacker karena kelalaian pemlik website dengan membuat password yang mudah untuk ditebak.

Ini bukan untuk menakut-nakuti.

Itu sebabnya setiap mendaftarkan password, browser akan menyarankan pengguna untuk menggunakan password yang KUAT dan UNIK.

Masalah dengan password yang kuat & unik adalah, sulit untuk diingat. Bagaimana Anda mengingat semuanya password yang berbeda seperti akun email bisnis, hosting web, pendaftar domain, akun sosial media, area admin WordPress, dll.

Di sinilah aplikasi pengelola password digunakan.

  • Aplikasi pengelola password menyimpan semua password Anda dan memungkinkan Anda untuk mengelolanya menggunakan satu password utama.
  • Aplikasi ini juga membantu Anda menghasilkan password yang kuat saat Anda membuat akun baru dan kemudian menyimpannya di cloud.
  • Aplikasi pengelola password memiliki fungsi pengisian otomatis. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengingat atau memasukkan apa pun untuk websit yang sudah Anda miliki akunnya.
  • Anda dapat menggunakan aplikasi pengelola password di semua perangkat, dan dapat dengan mudah mengimpor password yang disimpan di browser Anda.

Berikut adalah daftar 3 Aplikasi Manajemen Password terbaik di dunia maya.

1. LastPass

LastPass adalah aplikasi manajemen password paling populer. Versi gratis sudah memiliki semua fitur yang Anda perlukan sebagai pemula. Anda dapat perbaharui ke versi premium hanya dengan $3 per bulan untuk mengakses opsi multi-faktor lanjutan dan fitur berbagi.

LastPass tersedia untuk perangkat Windows, Mac, Linux, iPad, iPhone, Android, Windows Phone, dan Blackberry.

Artinya, perangkat apa pun yang Anda gunakan, LastPass akan ada di sana, dan Anda dapat dengan mudah menyinkronkan semua password Anda.

LastPass menggunakan password utama untuk mengelola brankas password Anda yang menjadikan password utama ini sebagai kunci untuk semua akun online Anda.

LastPass memungkinkan Anda untuk menggunakan otentikasi multi-faktor dengan aplikasi autentikator LastPass mereka serta layanan lain seperti Yubikey dan pesan SMS di mana Anda dapat menerima kode verifikasi keamanan ke telepon Anda.

Artinya seseorang harus mengetahui password dan memiliki akses ke kode keamanan yang dibuat secara acak untuk memasuki brankas password Anda.

Jika karena alasan tertentu Anda perlu membagikan password dengan seseorang seperti rekan kerja atau keluarga, LastPass memungkinkan Anda melakukannya dengan aman.

Pihak lain perlu menginstal ekstensi LastPass di browser mereka untuk menggunakan password bersama.

Fungsi berbagi password sangat bagus karena rekan Anda tidak pernah melihat password, sehingga mereka tidak dapat mengubah password.

Mereka cukup masuk dan melakukan tugas yang perlu untuk dilakukan.

2. 1Password

1Password adalah pengelola password populer lainnya. Aplikasi ini juga tersedia untuk perangkat seluler. Aplikasi ini tidak memiliki versi gratis, namun tersedia untuk uji coba gratis 14 hari.

Meskipun 1Password berfungsi di Mac, iOS, Windows, Android, Linux, dan Chrome OS, aplikasi ini sangat popular bagi pengguna Apple karena antarmuka pengguna sangat intuitif jika Anda terbiasa dengan UI Apple.

Aplikasi ini menawarkan fitur berbagi password dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Anda bahkan dapat mengundang tamu untuk berbagi secara terbatas.

Mereka menawarkan otentikasi dua faktor pada paket keluarga, dan otentikasi multi-faktor lanjutan pada paket bisnis yang dimulai dari $3,99 per bulan per pengguna.

3. Dashlane

Dashlane adalah pesaing ketiga dalam daftar aplikasi manajemen password terbaik. Sama seperti aplikasi lain, Dashlane tersedia untuk semua platform, desktop, dan seluler.

Dashlae memiliki paket gratis, dengan beberapa fitur hanya tersedia untuk pengguna premium.

Paket premium tersedia dengan harga $59,99 per tahun dengan layanan cadangan tak terbatas dan perangkat tak terbatas.

Dashlane memungkinkan Anda membuat password yang kuat saat Anda mengisi formulir online.

Aplikasi ini mengenkripsi dan menyimpan password dan mengisi otomatis password untuk Anda.

Dashlane juga memungkinkan untuk berbagi password dengan teman dan rekan kerja.

Versi gratis Dashlane tidak memungkinkan Anda untuk menyinkronkan password di semua perangkat, mengakses password di web, atau menyimpan cadangan.

Manakah aplikasi Manajemen Password Terbaik ?

LastPass adalah aplikasi manajemen password terbaik. Mudah, aman dan hemat biaya. Versi gratis mereka sangat bagus, dan versi berbayar sangat terjangkau.

Jika Anda adalah seorang yang serius di bisnis online, maka aplikasi LastPass ini akan sangat membantu Anda.

Semoga artikel ini membantu Anda mempelajari cara mengelola password dengan lebih efisien dan aman.

Karena password adalah pertahanan keamanan terpenting yang pasti diincar oleh hacker, jadi tidak boleh ada kompromi dalam menggunakan password yang unik dan kuat untuk setiap akun.

Jika Anda menjalankan website WordPress multi-user, maka Anda dapat menerapkan password yang kuat di website dan bahkan mengatur ulang password untuk semua pengguna Anda.

Anda juga dapat membatasi jumlah upaya login yang dapat dilakukan pengguna.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.