Untuk solusi masalah ini, kita akan menggunakan software EaseUs Data Recovery Wizard, software ini digunakan sebagai cara mengembalikan file yang terhapus dari komputermu.

Sebenarnya di dunia maya ini (Internet) banyak sekali software yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang mungkintidak sengaja terhapus, atau tiba-tiba saja file yang sudah kamu hapus itu menjadi penting.

Software ini sangat berguna untuk mengembalikan file data yang terhapus karena partisi, system operasi yang rusak.

Beruntungnya, software EaseUS Data Recovery Wizard versi gratis ini akan membantu kamu memulihkan banyak jenis file yang terhapus dari computer kamu.

Software ini memiliki vesi yang lengkap, ada yang untuk Windows ada juga yang buat para pengguna Mac.

Mengapa mbah membahas EaseUs Data Recovery Wizard ?

  1. Cara Installnya gampang
  2. Tampilannya sederhana dan mudah untuk digunakan.
  3. Banyak jenis file yang bisa dikembalikan.

EaseUs Data Recovery Wizard biasanya dapat mengembalikan file yang terhapus akibat :

  • Partisi yang masih ada
  • Data file yang terhapus dari dari partisi hard disk yang sudah dihapus
  • Data file yang terhapus dari partisi hard disk yang rusak
  • Data file yang sudah terhapus dari partisi hard disk yang telah dihapus, lalu ditimpa dengan partisi yang lain.

Nah, untuk dua kasus terakhir, kamu harus memilih Complete Recovery yang melakukan pemindaian sektor.

Oke..lanjut…berikut ini cara-cara menggunakan EaseUs Data Recovery Wizard untuk mengembalikan data file, mulai dari menginstal sampai cara penggunaannya :

1. Pertama tentu saja kamu harus mendownload softwarenya dulu, untuk link download silahkan lihat di bawah, jangan salah pilih, karena ada yang buat pengguna Windows, ada juga yang buat Mac.

2. Setelah terdownload, kamu akan mendapatkan file dengan nama “drw_free”, silahkan double klik pada file, akan muncul kotak konfirmasi, klik saja “Run”.

3. Selanjutnya aka nada pilihan bahasa, kalau mau gampang pilih yang bahasa Indonesia, kalau mau pinter, pilih yang bahasa Inggris…..hahahaha….

4. Langkah selanjutnya hanya tinggal klik tombol “Next” saja untuk melanjutkan. Sampai muncul jendela kalau pemasangan dah sukses.

5. Oke, instalasi selesai, tampilan EaseUs Data Recovery Wizard sangat sederhana sekali, kamu tinggal pilih drive asal file yang terhapus dan ingin dikembalikan. Kemudian klik “Pindai”.

6. Tunggu beberapa saat, software sedang melakukan pemindaian.

7. Setelah selesai kamu akan melihat file-file yang telah berhasil di pindai dan siap untuk di kembalikan. Kamu bisa memilih jenis file yang ingin kamu kembalikan. EaseUs Data Recovery Wizard membagi file dalam 6 kategori :

  • Grafik
  • Audio
  • Dokumen
  • Video
  • E-mail
  • File Lain

8. Pilih kategori yang kamu inginkan, pilih file yang ingin kamu kembalikan dan klik tombol “Kembalikan” yang ada pada bagian bawah.

 

Jika kamu tidak menemukan file yang kamu cari maka, dianjurkan untuk menjalankan “Pemindaian Mendalam” dalam 2 situasi berikut:

  1. Kamu tidak dapat menemukan file yang Kamu cari dari pemindaian pertama.
  2. File yang dipulihkan tidak dapat dibuka dengan benar.

Namun jika kamu membuat pilihan ini, waktu yang dibutuhkan untuk memindai file akan sangat lama.

Harap bersabar. Jangan hentikan pemindaian di tengah proses jika tidak perlu.

Perlu diketahui, tiap aplikasi menggunakan algoritma yang berbeda-beda, sehingga hasilnya pun akan berbeda-beda. Ada aplikasi yang mampu mengembalikan hingga lebih dari 90 %, ada pula yang hanya di kisaran 20 hingga 50 %.

EaseUs Data Recovery Wizard adalah software yang berguna untuk memulihkan data dari partisi hard disk yang hilang atau terhapus atau mengembalikan.

Versi gratis hanya dapat mengembalikan data sebanyak 500 mb dan bekerja dengan baik dengan sistem file FAT12, FAT16, FAT32, NTFS / NTFS5 dan EXT2 / EXT3.

Oke, untuk softwarenya kamu bisa download dengan klik tombol di bawah ini.

EaseUs Data Recovery Untuk Windows

EaseUs Data Recovery Untuk Mac

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here