Sekarang orang lagi ramai-ramainya ngeblog, vlog dan banyak model lainnya.Tujuannya kebanyakan untuk mendapatkan banyak uang.

Yup, benar sekali, seorang blogger yang sukses (yang sukses ya…karena ada juga blogger yang gagal) bisa menghasilkan ratusan juta bahkan milayaran per bulan hanya dari ngeblog.

Dalam panduan ini, Mbah WP akan memberitahukan kepada kamu bagaimana membangun sebuah blog yang menghasilkan keuntungan dan menjadikan blogmu sebagai bisnis yang menghasilkan uang untuk kamu.

Pada dasarnya sebuah blog adalah sebuah web, namun kebanyakana orang memiliki pendapat sendiri mengenai perbedaan blog dan website.

Di sini mbah mau menjelaskan sekedar saja, berdasarkan perbedaan megenai apa itu blog dan apa itu web.

Apa Itu Blog ?

Blog adalah sebuah web dengan beberapa perbedaan yang sangat penting, yaitu:

  1. Pada blog, artikel tercantum secara kronologis (berdasarkan tanggal terbit), dengan urutan artikel terbaru di bagian atas

Setiap blog pastilah memiliki struktur seperti ini. Artikel yang sudah kamu posting akan diurutkan berdasarkan tanggal penerbitannya, dimulai dari article yang paling awal sampai artikel terbaru dibagian atas.

Istilah blog sendiri berasal dari “weblog” yang intinya berarti buku harian online atau jurnal.  Buku harian(diary) dibuat berdasarkan urutan tanggal dan blog juga begitu .

Namun seiring dengan perjalanan waktu, blog bukan lagi sekedar catatan pribadi penulis, yang menuliskan pengalamannya sehari-hari ke dalam blog, meskipun beberapa blog masih ada yang menulis hal-hal yang proibadi saja.

Subject yang dibahas dalam sebuah blog semakin berkembang, pembahsana blog semakin beragam dan semakin kompleks. Ada yang menulis tentang otomotif, dunia kerja, kesehatan, hubungan social, dll.

Contohnya mbah memilih untuk menulis tentang internet marketing, dan orang-orang yang tertarik dengan dunia marketing boleh dating ke blog mbah untuk membaca-baca.

  1. Sangat Mudah Untuk Menambahkan Konten Baru

Website biasanya bersifat statis (tetap), dan terlalu teknis. Kamu harus memahami beberapa bahasa pemprograman jika ingin mengubah beberapa konten dalam sebuah website.

Sebagian website tidak memiliki fasilitas content manajemen, sehingga jika ingin merubah isinya, maka kamu harus merubah kodenya juga.

Blog Mengubah Ini. Blog memiliki menu editor bisa digunakan dengan mudah untuk menerbitkan koten baru. Kamu tinggal masuk ke ruang admin, buka menu editor, dan bisa mengetik konten baru dengan mudah.

Tidak perlu code bahasa pemprograman.

  1. Konten Bisa Diupdate Sesering Mungkin

Seperti yang mbah katakana sebelumnya, rata-rata website bersifat statis, artinya kamu ngak bisa meng-udate konten yang sudah kamu buat sesuka hatimu.

Untuk website-website besar, memang mereka sering update konten. Tapi itu dilakukan oleh tim ahli yang memang memiliki pengetahuan programming.

  1. Blog Memungkinkan Pengunjung Untuk Meninggalkan Komentar 

Ini yang membuat blog menjadi lebih popular, adanya fasilitas komentar yang membuat terjadinya komuikasi 2 arah antara pemilik blog dengan pembaca.

Jika kamu merasa ada sesuatu yang perlu ditanyakan atau dikomentari, kamu tinggal isi kolom komentar dan pemilik blog akan mengetahuinya.

Komunikasi terjalin dengan mudah. Berbeda dengan website, yang biasanya komunikasi hanya melalui email.

  1. Orang-orang Lebih Percaya Kepada Blog Daripada Website, Karena Dalam Blog Pengunjung Bisa Berkomunikasi. 

Sampai saat ini, jika orang-orang ingin mencari informasi mengenai sesuatu, maka blog adalah tempat yang paling sering dikunjungi.

Kenapa ? Karena informasi di blog biasanya update. Ada komunikasi terjadi di blog melalui kolom komentar.

Orang-orang ingin membaca jawaban dari komentar mereka, orang-orang ingin melihat apakah ada update dari konten yang mereka baca. Atau melihat apakah ada konten baru yang lebih fress untuk menambah pengetahuan mereka.

Blog, jika dituliskan dengan cara yang benar akan dianggap sebagai sumber informasi yang terpercaya, dan penulis dianggap sebagai pakar yang bisa dipercaya.

Semua blog yang sukses adalah blog yang ditulis oleh orang-orang yang ahli dibidangnya dan memberikan informasi yang benar-benar bermutu dan membantu pembaca.

Ketika orang-orang percaya kepadamu, mereka akan membeli darimu.

Nah..itu dia beberapa perbedaan antara blog dengan website, meskipun sebenarnya blog itu sebenarnya adalah sebuah website juga.

Perbedaanya lebih menuju sifatnya yang dinamis dan kemampuan menulis konten secara kronologis.

Beberapa dari pembaca mbah wp mungkin sudah tau perbedaan diatas, tapi gpp…sekedar mengingatkan saja, tertutama bagi pemula mungkin penjelasan diatas bisa sedikit membantu.

Nah…kemampuan blog diatas tersebutlah yang membuat orang-orang menjadi semangat ngeblog terutama blogger profesional.

Mereka menyalurkan bakat dan hobi atau keahlian mereka dalam sebuah blog, membangun pengikut dan pembaca yang setia, membuat orang-orang tetap kembali dan membaca blog mereka.

Akhirnya memonetisasi lalulintas pengunjung tersebut untuk memberikan penghasilan bagi mereka.

Sekarang kita tahu apa yang membuat blog berbeda, langkah berikutnya adalah untuk memahami bagaimana kita dapat menghasilkan uang dari blog.

Bagaimana Blog Menghasilkan Uang

Ini dia 3 alur bagaimana caranya blog bisa menghasilkan uang :

  1. Seseorang (blogger) membuat sebuah website (blog) yang berisi konten yang bisa membantu atau menghibur pengunjung.
  2. Pengunjung menemukan blog tersebut melalui, link dari blog lain, saran dari teman, dari email atau hasil pencarian di google atau dari media social.
  3. Pengunjung blog di arahkan untuk menghasilkan pendapatan, bisa melalui menawarkan produk melalui email, mengarahkan mereka untuk klik iklan, atau klik link affiliasi atau dengan cara menawarkan produk atau jasa kamu sendiri
Kesimpulannya : Blogger bekerja untuk mencuri perhatian pengunjung, kemudian mengarahkan perhatian tersebut kepada iklan untuk mendapatkan komisi, atau menggunakan perhatian tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari produk atau layanan jasa mereka sendiri.

Para pemilik majalah atau Koran menghasilkan uang dengan menjual iklan. Semakin besar sirkulasi majalah mereka, semakin banyak pengaruh yang mereka berikan terhadap pembaca maka semakin banyak uang yang mereka hasilkan dari iklan.

Blog juga seperti itu, semakin bagus kualitas blogmu, semakin banyak pengunjungnya dan semakin besar pengaruh yang bisa kamu berikan kepada pembaca.

Maka kemampuan monetisasi blogmu akan semakin besar untuk menghasilkan keuntungan. Inilah alasan mengapa banyak blogger yang bersemangat mendatangkan banyak pengunjung ke blog mereka.

Jika kamu memiliki banyak pengunjung dan dapat mempengaruhi pembaca, maka kamu bisa membujuk mereka untuk membeli sebuah produk atau jasa yang kamu sarankan.

Kamu bisa membujuk mereka untuk klik sebuah link affiliasi yang kamu promosikan. Atau jika kamu pakai Adsense, pengunjung akan meng klik iklan adsense di blogmu.

Trafik memang hal yang utama, tanpa trafik maka ngak ada blog ang menghasilkan uang.

Tapi ingat, Kualitas dari trafik juga berperan penting. Ada blog yang ramai tapi ngak menghasilkan uang, ada juga blog yang tidak terlalu ramai tapi menghasilkan uang.

Kok bisa ? Itu dia trafik berkualitas, ada blog yang ramai tapi pengunjungnya Cuma melihat-lihat saja, sementara ada blog yang pengunjngnya sedikit tapi semuanya adalah pengunjung yang potensial.

Itu sebabnya, blogmu harus mampu memberikan pengaruh kepada pengunjungmu.

Sebagai Blogger, kamu harus bekerja untuk menarik perhatian dan kemudian menjual perhatian tersebut kepada pengiklan, affiliasi, penyedia jasa atau produk atau mungkin produk dan layanan kamu sendiri.

Kata kuncinya adalah “perhatian”.

Perhatian adalah yang menghasilkan lalu lintas, pengaruh dan berpotensi menghasilkan uang dari blogging.

Jadi bagaimana cara seorang blogger menarik perhatian?

Ada 2 cara blogger untuk menarik perhatian dan menciptakan traffic ke blog, ini adalah cara yang sudah kuno dan yang akan Kamu lakukan berulang-ulang jika Kamu ingin menjadi seorang blogger yang sukses :

“Menulis Konten yang Bagus”

Benar sekali…., dasar dari sebuah blog yang hebat adalah konten yang bagus. Jika kamu ingin memiliki blog yang menarik perhatian, buatlah konten yang bagus. Namun ingat, konten yang kamu tulis juga harus sesuai dengan tujuan blogmu juga strategi yang kamu terapkan.

Konten bagus tapi ngak sesuai dengan tujuan  dan trategi blog ya sama saja bohong.

“Marketing/pemasaran”

Semua blogger professional harus memiliki keterampilan bisnis.  Kunci utama dari sebuah bisnis yang sukses adalah marketing.

Jika kamu memiliki kemampuan pemasaran yang bagus, maka blogmu akan cepat melejit. Karena pemasaran adalah cara kamu menyebarkan konten yang kamu tulis dan cara orang menemuka konten tersebut.

Mengapa Kamu ngeBlog?

Jika kamu membaca panduan ini, tebakan mbah adalah bahwa kamu ingin mendapatkan penghasilan dari ngeblog dan memperbaiki nasib :).

Baca ini baik-baik !

Setiap blog yang sukses dan menghasilkan uang memiliki satu kesamaan. Mereka meningkatkan kualitas hidup orang yang membaca blog mereka.

Jika blogmu ingin sukses, maka kamu harus memikirkan apa yang bisa kamu tawarkan buat pembaca diluar sana, yang bisa menguntungkan mereka, yang bisa membantu mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Ngak ada orang yang mau membaca blog yang isinya sudah basi, kontennya dangkal, tidak berbobot dan isinya hanya iklan, penawaran produk atau link affiliasi.

Mereka ingin membaca blog yang bisa meningkatkan pengetahuan mereka, blog yang memberi keuntungan bagi mereka.

Jadi, motivasi utama kamu ketika membuat sebuah koten adalah focus pada keuntungan yang didapakan pembaca dari koten yang kamu tulis.

Mereka harus merasa lebih baik setelah membaca konten yang kamu tulis.

Fokus pada membantu, mendidik dan menghibur melalui kata-katamu, ini akan menjadi sebuah dasar/pilar blog yang bagus untuk kamu.

Model Blog

Ada 2 jenis model blog yang menghasilkan uang, ini dia :

  1. Blog dengan model keahlian (blog Authority)
  2. Blog dengan model majalah

Dulu sekali, orang membuat blog dengan model majalah untuk menghasilkan uang, contohnya, blog yang berisi berita, ulasan produk.

Namun, yang paling banyak menghasilkan uang adalah blog dengan model keahlian. Karena menghasilkan pendapatan dengan menjual produk atau layanan sendiri, sementara model majalah biasanya megandalkan penghasilan dari iklan.

Kebanyakan blogger di Indonesia mengandalkan iklan sebagai sumber penghasilan blog mereka, dan google Adsense adalah primadonanya.

Tapi…tapi…tapi…penghasilan dari iklan itu sangat-sangat kecil sekali…

Penghasilan per klik untuk Indonesia di AdSense rata-rata hanya $0,04 dengan rasio klik (RTK atau CTR) rata-rata di bawah 3%.

Artinya kalau kita punya 20.000 pengunjung sehari, hanya 600 orang yang klik iklan. 600 orang dikali $0,04 berarti pendapatan kamu hanya $ 24 sehari.

Dari 20ribu hanya dapat $ 24!

Bayangkan:

Kalau kamu menjual produk atau jasa atau mempromosikan produk affiliate, misalkan keuntungan per penjualan $5 (ini sudah sangat rendah loh).

Dari 20ribu orang, yang beli 0.5% atau 100 orang. Berarti kita sudah dapat $500 per hari.

Lebih dari 20x lipat.

Lah, tapi mbah…di Internet banyak sekali yang mengatakan penghasilan dari google Ads mereka sampai ratusan juta per bulan…

Tinggal ongkang2 kaki, udah gajian tiap bulan…

Kalau blogmu berbahasa Inggris, cerita ini masih masuk akal, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa universal dan dipakai banyak Negara.

Artinya, pengunjung blogmu bisa dari berbagai Negara dan kemungkinan jumlah visitor bisa lebih banyak, sehingga ratio klik iklan kemungkinan lebih tinggi.

Kalau blogmu bahasa Indonesia, coba kamu hitung sendiri saja deh….hehehehe.

Yang Kamu Butuhkan Adalah Perhatian Dan Model Bisnis Yang Tepat

Mbah akan memperkenalkan sebuah konsep yang harus kamu pahami sebelum kamu membuat sebuah blog :

  1. Dasar sebuah blog bisa menghasilkan uang adalah perhatian. Kepercayaan dan pengaruh untuk meraih banyak pengunjung. Ini juga mempengaruhi seberapa lama blog kamu akan menghasilkan uang.
  2. Konten + marketing. Untuk menarik perhatian, gunakan konten yang berkualitas tinggi kemudian pasarkan konten tersebut agar orang-orang menemukan hasil pekerjaanmu.
  3. Jika kamu ingin mendapatkan banyak uang dari blogging, maka pilih model blog yang menawarkan keahlian. Kamu bisa menentukan hargamu sendiri.

Tujuanmu adalah focus pada sebuah topik., buat blog dengan kualitas yang tinggi, dengan pengunjung yang tidak terlalu banyak tapi merupakan pengunjung yang royal,pengunjung yang bisa anda tawari dan jual produk atau jasamu sendiri.

Woww…kelihatannya kok berat ya…kamu mungkin berpikir..”Wah…saya bukan seorang ahli mbah”

“Saya juga ngak punya produk atau jasa yang bisa saya tawarkan…..”

Ngak usah khawatir, nanti itu akan kita bahas di bab berikutnya.

Bagaimana Menentukan Topik Blog ?

Pada masa-masa awal blog popular, orang-orang bisa ngeblog sesuai dengan apa yang menjadi minat mereka, dan secara alami orang-orang juga akan menemukan blog tersebut karena persaingan masih sedikit.

Sekarang ngak bisa lagi……

Internet sudah sangat ramai sekali, sudah terlalu banyak orang ngeblog…kamu ngak bisa Cuma sekedar ngeblog, menulis dan berharap orang akan menemukan blogmu.

Ada 2 pertanyaan penting yang harus dijawab jika ingin menentukan apakah topik sebuah blog bagus atau tidak.

  1. Apakah sudah ada orang-orang yang terlebih dahulu mendapatkan uang dari topik tersebut ? (uang)
  2. Apakah kamu merasa bisa bertahan untuk membahas topik tersebut untuk bertahun-tahun ke depan ? (minat)

Bukankah Persaingan Adalah Sesuatu Yang Buruk ?

Banyak orang yang memilih topik yang tidak memiliki competitor dengan harapan bisa cepat masuk halaman satu mesin pencari, dan berangan-angan bisa memonopoli pasar pada topik tersebut.

Salah besar….

Jika kamu melihat bahwa tidak ada saingan di topik tersebut, pasti ada alasan mengapa bisa begitu, alasannya adalah bahwa topik tersebut tidak ada yang mencarinya….

Kalau tidak ada yang mencari topik tersebut, lalu bagaimana caranya kamu akan menghasilkan uang dari sana ?

Persaingan adalah sebuah  tanda bahwa itu adalah topik yang potensial. Ketika orang-orang membahas sebuah topik dan topik tersebut menghasilkan banyak uang bagi mereka, itu artinya bahwa kamu juga punya peluang yang sama jika melakukan hal yang sama.

Yang perlu kamu lakukan adalah, temukan topik yang popular, yang terbukti bisa menghasilkan uang, kemudian jadilah yang terdepan dengan metode dan ide yang unik terkait topik tersebut.

Temukan celah, bagian dari pasar yang bisa kamu masuki. Temukan pasar yang kelaparan dengan solusi unik yang bisa kamu sajikan.

Solusi yang kamu tawarkan ngak harus benar-benar original (ide yang original sangat jarang sekali), tapi kamu harus bisa membuatnya menjadi unik, membuatnya berbeda dengan orang lain pada pasar yang sama.

Kamu memiliki konten yang unik, gaya mu unik, suaramu unik dan ini menjadi keunikan dari solusi yang kamu tawarkan.

Menjadi Ahli Adalah Proses Yang Terjadi Dalam Jangka Panjang

Malcolm Gladwell’s  dalam bukunya dengan judul Outliers menyatakan sebuah konsep praktek semalam 10.000 jam akan membuat seseorang menjadi ahli pada suatu topik.

Perjalanan panjang ini akan membuat kamu menjadi seorang ahli, keahlian itu akan menempel di dalam dirimu.

Kamu ngak harus menjadi seorang ahli untuk saat ini, tapi kamu harus punya minat terhadap topik tersebut agar dapat malekat di dalam dirimu.

Orang-orang yang membangun sebuah blog yang sukses menyukai apa yang mereka tulis. Motivasi utama mereka bukanlah uang, mereka hanya ingin berbagi ide dan berinteraksi dengan orang-orang mengenai topik yang sangat mereka sukai.

Intinya, semakin ahli kamu dalam sebuah topik, semakin banyak uang yang kamu hasilkan.

Pengunjung membayar lebih mahal untuk ide yang hebat.

Psikologi Pengunjung Blog

Lupakan sejenak mengenai topik, coba perhatikan orangnya saja dulu…

Lihat apa motivasi seseorang untuk melakukan sebuah tindakan…..

Kebanyakan, hal yang mendorong orang untuk melakukan sebuah tindakan adalah masalah. Yup…..masalah akan mendorong orang-orang untuk bertindak, bertindak untuk menemukan solusi dan melenyapkan masalah tersebut.

Tugasmu adalah, tingkatkan pengetahuanmu secara mendalam terhadap kondisi dan masalah ini. Contohnya, kamu pernah sembuh dari penyakit, jago dalam sebuah cabang olah raga, jago memasak makanan tertentu atau mampu menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat.

Pengalaman dan ilmumu adalah sesuatu yang diinginkan oleh orang-orang.

Semakin kamu mengetahui apa isi kepala pengunjung blogmu, semakin baik kamu dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Mari Kita Temukan Topik Untuk Blog Kita

Ada 2 tipe pemikiran ketika akan mencari topik untuk sebuah blog :

  1. Kamu sudah tahu mau focus ke topik apa, tapi kamu ngak yakin jika topik itu mampu menghasilkan uang. Bagaimana cara memastikannya ?
  2. Kamu benar-benar ngak tau topik apapun yang ingin dibahas.

Jika kamu adalah orang seperti di nomor 1, maka temukan jika ada orang atau bisnis yang sudah ada dan menghasilkan uang dari topik yang ingin kamu targetkan.

Jika kamu menemukan  bisnis yang menjual barang atau layanan terkait topik tersebut, maka bisa dipastikan bahwa mereka menghasilkan uang. Jika bisnis tersebut merugi, maka bisnis tersebut ngak akan bertahan lama.

Kamu juga bisa melihat dari blog yang sudah sukses duluan, buku yang dijual dan membahas tentang topik tersebut, majalah yang selalu membahas topik tersebut, program acara TV atau iklan. Setiap aktivitas komersil terkait topik tersebut adalah tanda yang bagus.

Jika kamu masuk golongan orang nomor 2, cobalah untuk melihat ke dalam dirimu sendiri. Lihat hobimu, bakat, apa saja kegiatanmu dari minggu ke minggu, apa saja yang kamu baca, dengar atau tonton.

  • Apakah kamu pernah jalan jalan keluar negeri ?
  • Apakah kamu suka mengoleksi sesuatu ?
  • Apakah kamu bergabung dalam sebuah klub tertentu ?
  • Pernahkah kamu bekerja di suatu tempat tertentu dan sangat menguasai pekerjaan itu ?
  • Kamu sangat berminat belajar sesuatu, dan itu bisa dijadikan topik blogmu.

Kamu bisa membuat daftar dari minatmu. Jika ternyata bakatmu tidak cocok untuk dijadikan sebuah topik blog, kamu bisa mencari di Internet.

Coba jalan-jalan ke :

Web ini akan menunjukkan banyak topik yang sangat dicari oleh orang orang.

Atau untuk local kamu bisa jalan jalan ke

Masih bingung, coba jalan-jalan ke gramedia, atau toko buku yang ada di daerahmu. Lihat buku-buku yang dipajang di rak atau majalah, baca topik apa yang dibahas di majalah tersebut.

Coba jalan-jalan ke blog yang sudah sukses dan mulailah buat blog yang membahas sub-topik dari blog tersebut.

Contoh, topik “makanan” dapat dipecah menjadi lebih spesifik seperti makanan berdasarkan “Negara” atau jenis makanan tradisional atau modern, atau target peminat seperti, makanan kaki lima, makanan keluarga atau makanan mewah.

Semua pasar bisa dipecah ke dalam sub-topik yang lebih spesifik jika memang memiliki peminat yang cukup. Jadi, ngak ada alas an kamu ngak bisa ngeblog karena ngak ada topik.

  • Topik “Motor” dapat dipecah menjadi “motor gede” atau “motor antic”
  • Topik “Kencan” dapat dipecah menjadi “kencan untuk usia +50”

Kebanyakan topik bisa dipecah menjadi topik yang lebih kecil lagi.

Tiga Topik Raksasa

Faktanya, semua topik yang dibahas di seluruh dunia ini pasti masuk ke dalam 3 topik raksasa ini.

Ini dia 3 topik raksasa :

  1. Kencan dan hubungan
  2. Kesehatan
  3. Uang dan ekonomi

Di 3 area inilah manusia sering menghasbiskan uangnya dan memang 3 hal inilah yang paling dibutuhkan manusia.

Dalam Maslow’s Hierarchy of Needs,ini sudah dijabarkan. Kebutuhan utama kita untuk kesehatan, makanan, tempat tinggal, cinta dan pengakuan semua bertemu di dalam ketiga topik raksasa ini.

Itu sebabnya, di ketiga topik inilah kita dapat menghasilkkan uang, jika kamu bisa memulihkan orang dari sakit kronis mereka, membuat lawan jenis tertarik maka kamu bisa menghasilkan uang secara online.

Topik Raksasa Yang Keempat

Ada satu lagi topik yang bisa menghasilkan uang secara online. Topik ini disebut dengan “irrational passion”.

Pada zaman sekarang, orang-orang menghasbikan uang mereka untuk sesuatu yang tidak mereka butuhkan.

Contoh, orang menghabiskan uang mereka untuk olah raga, gaya, mobil, jalan-jalan, peralatan elektronik dan hiburan. Semua ini adalah kebutuhan manusia yang didasari oleh nafsu dan keinginan.

Semua hal yang termasuk irrational passion seperti sepatu baru, tim sepakbola idola, games, film, adalah topik blog yang potensial.

Banyak orang yang menghabiskan uangnya untuk hal-hal seperti itu.

Oke…segera temukan topik untuk blogmu.

Setelah kamu menemukan topik blogmu, langkah selanjutnya adalah mengerjakan dasar dari blog yang sukses yaitu :

  1. Konten
  2. Marketing

Nah, sekarang mari kita belajar prinsip utama untuk membangun blog yang sukses yaitu, pilar konten dan canel komunikasi.

Pilar Konten

Pilar konten atau biasa disebut pilar artikel, adalah dasar dari blog yang bagus. Konten inilah alas an mengapa orang mebaca blogmu. Konten adalah nilai tambah yang kamu tawarkan kepada pengunjung.

Topik adalah hal yang menarik perhatian danmenggerakkan pengunjung.

Chanel Komunikasi adalah jalan masuk orang-orang ke konten kamu. Pemasaran yang bagus sama pentingnya dengan komunikasi yang bagus

Lihat pemasaran sebagai membangun jalan komunikasi, jalus atau umpan untuk membawa orang menuju blogmu.

Alasan mengapa kebanyak blogger ngak bisa mendatangkan trafik ke blog mereka dan menghasilkan keuntungan yang besar adalah karena kebanyakan blogger memilikikemampuan marketing yang rendah.

Menulis konten yag bagus tidaklah cukup, kamu juga harus belajar bagaimana memasarkan kontenmu.

Oke…sekarang kita membahas kedua konsep ini lebih mendalam.

Apa Itu Pilar ?

Sebuah pilar adalah konten blog, biasanya artikel yang melakukan beberapa hal penting seperti :

  • Konten ini akanmembawa banyak pengunjung dan backlink (blog lain yang memberikan link ke blogmu)
  • Konten ini akan selalu membawa pengunjung sepanjang waktu karena orang-orang menyarankan atau membagikan konten ini.
  • Konten ini juga akan menghasilkan trafik dari mesin pencari.
  • Kamu biasanya akan membuat daftar konten ini pada satu halaman terpisah, agar orang-orang dapat mengaksesnya dengan mudah.
  • Konten ini sangat mudah di tautkan dengan konten lainnya seperti link affiliasi, download ebook, optin email atau produk yang ingin kamu jual.
  • Ngak terbatas waktu, atau biasa disebut evergreen (ngak basi), selalu relevant dari waktu ke waktu.
Bagaimana Cara Membuat Konten Pilar ?

Ngak ada rumus yang pasti untuk membuat sebuah konten pilar, terkadang kita membuat sebuah konten yang menjadi pilar padahal kita ngak pernah merencakan itu.

Tapi ada beberapa bentuk konten pilar yang bisa kamu terapkan dalam blogmu :

  1. Artikel “Bagaimana cara”

Pikirkan tentang topik yang kamu bahas, dan tuliskan artikel yang mengajarkan sesuatu mengenai topik tersebut.

Tulislah artikel “bagaimana cara…” yang memang benar-benar kamu kuasai, kamu pahami atau kamu memang berpengalaman melakukan hal tersebut.

Contoh :

  • Jika topikmu adalah mengenai jenis makanan anjing, maka tulislah mengenai bagaimana memilih makanan anjing yang benar.
  • Jika topikmu membahas tentang bagaimana cara menulis dan menerbitkan buku, tulislah cara bagaimana mencari dan memilih penerbit.
  1. Artikel berisi daftar

Jika kamu perhatikan, artikel yang sering viral adalah artikel yang berbentuk daftar. Seperti :

  1. “10 Cara Membuat……”
  2. ”20 Rahasia Tentang…..”
  3. ” 5 Tanda Bahwa…….”
  4. dll

Artikel berbentuk daftar sangat gampang dimenegerti pembaca.

  1. Panduan Teknis

Panduan teknik ini istilahnya kerennya blue print, mirip dengan artikel “bagaimana cara……”, tapi lebih focus membahas sebuah masalah secara teknis pelaksanaan.

Blog yang memiliki topik terkait teknologi sangat bagus jika menggunakan teknik ini, karena akan sangat menarik jika menggunakan grafik, excel dan gambar untuk menunjukkan bagaimana melakukan sesuatu.

Panduan teknis berisi panduan langkah demi langkah, menggambarkan bagaimana menyelesaikan suatu pekerjaan.

Adanya gambar juga akan lebih banyak membantu member penjelasan, dibandingkan tulisan. Jika kamu ingin membuat artikel yang agak rumit, gunakan teknik ini agar mempermudah pembaca mengerti.

  1. Buat teori atau perdebatan dengan pendapat yang kuat dan masuk akal.

Jika blogmu terkiat topik politik, kejadian umum, ekonomi, filsafat atau topik apa saja yang merangsang terjadinya perdebatan (tentu saja perdebatan yang sehat).

Gunakan blogmu sebagai media untuk menyampaikan teorimu.

Pendapat/teori yang kuat dan masuk akal adalah inti dari sebuah blog yang bagus. Jangan Cuma diam dan duduk mengamati orang-orang berdebat, kamu juga harus bisa menyampaikan apa isi dari pikiranmu.

Sebarkan konflik, ngak usah takut jadi controversial selama kamu memang bisa mempertahankan pendapatmu.

Yang penting di sini adalah, kamu bisa menyumbangkan sebuah idea tau pemikiran yang unik. Berikan pendapatmu pada beberapa masalah besar yang sering terjadi pada topik yang kamu bahas, atau topik umum yang disukai oleh pembacamu.

Ngak usah takut untuk membahas beberapa topik yang memang sedang popular. Jika ada artis yang melakukan hal yang kontoversial, itu merupakan topik yang HOT…kamu bisa membahasnya di blogmu.

Buatkan artikel untuk membahas hal tersebut.

  1. Buat artikel berseri

Jika kamu baru memulai membuat artikel, jenis ini sangat cocok untuk dilakukan di awal ngeblog.

Buatlah artikel berseri, bisa berupa artikel tulisan, rekaman audio, video, sesuai dengan kebutuhanmu.

Ini adalah versi SUPER dari artikel “Bagaimana cara…..”

Tujuanmu adalah membuat panduan A-Z gratis pada masalah utama yang ingin diselesaikan oleh pembacamu.  Kamu mungkin membutuhkan 5 sd 7 artikel, ngak masalah….jangan menyerah dulu.

  1. Gunakan multimedia untuk menarik minat pengunjung

Manusia memiliki cara untuk belajar dan merespon terhadap sesuatu. Ada 4 cara yaitu :

  1. Visual (Penglihatan)
  2. Audio (Pendengaran)
  3. Taktil (Meraba/menyentuh)
  4. Kinestetik (Berpartisipasi)

Nah, kalau berbicara blog, maka ada 4 cara yang disukai pengunjung untuk memahami isi blogmu, orang yang suka membaca tulisan, orang yang suka mendengar audio, orang yang suka menonton video dan orang yang suka berpartisipasi dalam sebuah presentasi online (webminar).

Jadi, caramu agar bisa menjading pengunjung adalah dengan membuat konten dalam format yang kamu bisa :

  1. Tulis artikel.
  2. Podcast audio
  3. Video presentasi
  4. Interaktif Webminar

Jika kamu menulis artikel,sertakan gambar, grafik, infografik, bagan, mindmaps akan memberikan hasil yang lebih bagus.

Oke..sampai di sini, tarik nafas dulu….

Coba perhatikan ke-6 pillar artikel di atas dan putuskan kamu akan memakai jenis yang mana.

Jika sudah, maka lanjut lagi ke tahap selanjutnya.

Bagaimana Cara Membesarkan Blog Yang Masih Baru (Dibuat)

Kamu mungkin masih bingung, bagaimana caranya membesarkan blog yang masih dimulai dari “nol” ?

Oke…dulu saya pakai cara ini, dan saat ini pun masih banyak blogger yang masih memakai cara ini :

  1. Berkomentar di banyak blog yang memiliki topik yang sama dengan blog saya (blog walking)
  2. Ikut aktif di 2 forum atau lebih yang memiliki topik yang sama dengan blog saya.
  3. Menjadi penulis artikel tamu (guest blog) untuk blog atau website lain.
  4. Dll

Banyak “pakar internet” yang menyarankan juga untuk menulis banyak artikel, paling tidak 1 artikel sehari.

Tapi itu dulu, sekarang semuanya sudah berubah (sejak negara api menyerang….) J.

Kamu ngak harus seperti itu.

Dulu ngak ada yang namanya social media, mau masuk page one google gampang banget. Jika kamu rajin nulis artikel, maka akan cepat masuk ke page one, kok bisa mbah ?

Ya..karena waktu itu yang ngeblog masih jarang…mungkin cuma kamu yang bahas topik itu, jadi ya mau ngak mau kamulah yang nongol di page one.

Ini yang perlu kamu lakukan di zaman now….

  1. Ngak usah nulis artikel setiap hari. Fokus kepada kualitas konten, bukan kuantitas. Satu buah artikel berkualitas yang disertai dengan gambar, video atau audio akan lebih bernilai dan mendatangkan pengunjung dibandingkan 5 artikel [pendek yang isinya biasa-biasa saja.
  2. Guest blogging (jadi penulis tamu), cara ini masih efektif sampai sekarang. Intinya kamu harus membuat sebuah konte yang luar biasa, agar pembaca tertarik untuk berkunjung ke blogmu.
  3. Tulislah sebuah panduan gratis. Panduan yang bermanfaat, kemudian bagikan secara gratis, bisa melalui social media atau melalui pop up email.
  4. Jalin kerjasama dengan blogger lainnya. Trafik pengunjung dari blog lain bisa jadi trafik pengunjung bagi blog kamu. Jadi, jalinlah kerjasama.
  5. Gunakan juga kekuatan social media, buat facebook page. Share konten kamu di social media, jika kamu memiliki dana, kamu bisa menggunakan jasa facebook ads atau google adwords.

Waktunya Mencetak Uang Melalui Blogmu

Kamu sudah membaca seluruh langkah diatas, kamu sudah tahu bagaimana memilih topik blog, membuat pilar konten, dan mendatangkan trafik ke blogmu.

Langkah terakhir adalah, bagaimana cara menghasilkan keuntungan dari seluruh kerja keras yang sudah kamu lakukan.

Bagaimana Cara Blog Menghasilkan Uang ?

Jawaban kebanyakan orang pasti “Adsense (iklan)”, dalam hal ini yang paling terkenal adalah “google adsense”.

Itu cuma satu dari beberapa cara menghasilkan uang dari ngeblog. Caranya bisa di bagi menjadi 3 bagian :

  1. Advertising (iklan)
  2. Komisi affiliasi
  3. Produk atau layanan

Berikut penjelasannya :

Iklan : Kamu bisa mengenakan biaya iklan dengan memasang banner iklan, link teks iklan, iklan video, review sponsor di blogmu. Kamu juga bisa bergabung dengan jaringan iklan seperti google adsense untuk memasang iklan di blogmu.

Komisi affiliasi : Kamu mendapatkan komisi ketika kamu mengarahkan seseorang kesebuah website lain menggunakan link affiliasi kemudian seseorang tersebut melakukan pembelian. Komisinya biasanya berkisar 10 % sd 50 % tergantung produknya.

Produk dan layanan : Kamu menciptakan sebuah produk atau layanan kemudian menjualnya melalui blogmu. Produk bisa berbentuk digital atau fisik. Kamu juga bisa menjual jasa layananmu sendiri.

Berikut ini beberapa contoh produk digital:

  • Ebook
  • Video tutorial
  • eCourse, kursus online
  • Webinar (Web seminar)
  • Membership (keanggotaan) berbayar
  • Foto dan audio
  • Aplikasi, template, plugin
  • SaaS (Software as a Service)
  • Website/blog (jual-beli website/blog)
  • dll

Dan berikut ini contoh produk fisik:

  • Buku
  • DVD
  • Kursus/kelas
  • Produk kreatif
  • Produk manufaktur
  • Merchandise
  • dll

Mengapa Banyak Blogger Yang Gagal ?

Mbah WP sudah menjabarkan kepada kamu langkah-langkah menjadi seorang profeisonal yang bisa menghasilkan banyak uang.

Namun, kamu tetap harus memperhatikan apa saja yang menyebabkan banyak blogger yang gagal.

Pelajarilah dan pahamilah, apa saja yang membuat mereka gagal sehingga kamu tidak perlu melakukan kesalahan yang sama dalam perjalananmu di dunia blogging.

  1. Jangan ngeblog karena termotivasi oleh uang saja.

Jika tujuanmu adalah uang, kamu bakalan cepat menyerah, karena rata-rata blog belum akan memberikan penghasilan yang stabil dalam 6 bulan, 1 tahun bahkan ada yang sampai 2 tahun.

Fokus saja dulu pada tujuanmu untuk ngeblog, yaitu untuk membantu orang lain yang memiliki minat yang sama dengan kamu.

  1. Ngak usah ikut-ikutan buat blog tentang “Cara menghasilkan uang dari……” kalau kamu memang ngak pernah menghasilkan uang dari topik tersebut.

Kamu membutuhkan pengalaman dan bukti nyata dari topik yang sedang kamu bahas. Kamu ngak bisa menjual obat pelangsing jika ternyata badanmu sendiri gendut.

Bukan berarti kamu harus ahli dibidang yang sedang kamu bahas, tapi kamu harus pernah terlibat dan memiliki pengalaman dengan topik yang sedang kamu bahas.

  1. Jangan salah memilih topik

Ini adalah alasan utama kenapa banyak blog yang gagal.

Ngak peduli sebagus apa hasil kerjamu, kontenmu, atau strategi pemasaran yang kamu lakukan, jika topik blog yang kamu pilih memang ngak menjanjikan, jangan harap kamu bakalan berhasil.

Agar kamu menghasilkan uang dan blogmu bertumbuh, kamu butuh pengunjung yang memang haus akan pembahasan topik tersebut.

  1. Jangan membuat banyak blog pada saat yang sama

Jangan mengerjakan banyak blog pada saat yang sama. Kuncinya adalah focus. Manusia bukanlah mahluk multitasking.

Ketika kamu mencoba untuk multitasking, hasilnya tidak akan bagus. Malah apa yang kamu kerjakan akan gagal semuanya.

Kerjakan dulu satu blog sampai sukses. Jika sudah sukses, baru kamu boleh memikirkan untuk mebuat satu blog dengan topik yang berbeda.

  1. Ngeblog bukan cara cepat kaya

Ini yang harus kamu pahami, ngeblog bukanlah cara cepat kaya. Kalau kamu berpikiran bisa kaya dalam semalam melalui blog, maka lebih baik kamu ngak usah ngeblog 🙂 cobalah mengadu nasib ke Las Vegas…..hehehehe.

Ngeblog butuh kerja keras dan dedikasi yang tinggi untuk menghasilkan konten-konten  yang berkualitas, apalagi ketika baru memulai sebuah blog.

Namun, jika kamu sabar…perlahan tapi pasti kamu akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan kerja kerasmu.

Langkah Selanjutnya

Jika kamu sudah membaca seluruh panduan diatas dan berkomitmen untuk bekerja keras untuk membangun blogmu maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah.

Action – segeralah bertindak !!!!

Semoga panduan ini bisa meberikan manfaat bagi kamu dan semoga beruntung di dunia blogging. 🙂

 

5 KOMENTAR

  1. saya udah lama ngeblognya gan, tapi ga kepikiran buat optimasi blog. blog saya kira-kira udah berumur 7 th lebih tapi 3 th teerakhir jarang update jdi saya bikin blog baru laagi. klo menurut agan apakah blog lama saya bisa di monetesasi?

    • Tergantung blognya mas Bee. Topiknya apa dlu, nanti berdasarkan topik baru bisa kita tentunkan apa jenis monetisasi yang cocok buat blognya. Tq.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here