Cara Menghubungkan Jaringan Wi-Fi di Windows 10

0
86

Pada artikel ini kita akan belajar bagaimana cara menghubungkan jaringan Wi-Fi di Windows 10. Mungkin Anda baru saja mereset seluruh jaringan atau berpindah dari koneksi kabel ke koneksi Wi-Fi. Berikut cara melakukannya di Windows 10.

Menghubungkan ke Jaringan Wi-Fi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan Wi-Fi diaktifkan di Windows sehingga komputer Anda dapat “melihat” jaringan yang tersedia di wilayah Anda.

Klik ikon Wi-Fi di bilah tugas, lalu klik tombol “Wi-Fi“.

Saat diaktifkan, tombol Wi-Fi berubah menjadi biru, bukan abu-abu.

Setelah Anda mengaktifkan Wi-Fi (atau sudah diaktifkan), Anda akan melihat daftar jaringan yang dapat Anda ikuti. Cukup klik jaringan yang Anda inginkan.

Jadi, bagaimana jika Anda berada di area dengan banyak koneksi Wi-Fi yang tersedia, dan Anda tidak yakin harus bergabung dengan yang mana?

Jika Anda berada di rumah, periksa bagian bawah adaptor Wi-Fi Anda. Service Set Identifier (SSID) default—nama jaringan rumah Anda—biasanya ada di bagian bawah atau belakang perangkat.

Biasanya ada password default yang dicetak di sana juga. Catat passwordnya, karena Anda akan membutuhkannya untuk terhubung dengan jaringan.

Jika Anda mengubah nama jaringan default, dan tidak mengingatnya, Anda harus masuk ke halaman admin modem atau router dan mengubahnya, atau mereset perangkat jika Anda tidak dapat mengingat password untuk masuk.

Jika Anda sudah tahu nama jaringan dan password, yang harus Anda lakukan pada PC Windows 10 Anda adalah mengklik nama jaringan yang ingin Anda ikuti, lalu tekan tombol “Connect“.

Jika ingin terhubung secara otomatis, silahkan centang kotak “Connect Automatically” sehingga Anda tidak perlu membuka pengaturan jaringan di masa mendatang.

Selanjutnya, Windows meminta Anda untuk kunci keamanan, atau password, ke modem/router Anda. Silakan ketikkan, lalu tekan tombol “Next“.

Itu dia. Sekarang Anda online dan dapat menggunakan internet di laptop Anda!

Bagaimana Jika Anda Tidak Dapat Terhubung ?

Jika Anda tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, lakukan sedikit pemecahan masalah. Kita tidak dapat membahas secara spesifik setiap jenis masalah koneksi di sini, tetapi berikut beberapa cara untuk mendekati masalah tersebut:

  • Mulailah dengan yang sudah pasti. Pastikan Anda memiliki nama dan password yang benar untuk jaringan yang Anda coba hubungkan.
  • Coba restart PC dan reboot router Anda. Kemungkinan masalah dapat diperbaiki.
  • Jika perangkat lain terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda baik-baik saja, Anda harus fokus pada mengapa PC Windows 10 Anda tidak bisa. Jika Anda tidak dapat mengaktifkan Wi-Fi sama sekali, tekan Windows Device Manager dan pastikan driver Wi-Fi Anda benar-benar berfungsi.
  • Anda juga dapat mencoba mereset pengaturan jaringan Windows 10, dan mulai dari awal.

Itu dia cara menghubungan jaringan Wi-Fi di Windows 10, semoga artikel ini bisa membantu Anda. Baca juga, Cara Mengakses Router Jika Lupa Password.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.