Setelah menginstal WordPress di hosting, hal pertama yang perlu dipelajari oleh para pemula adalah bagaimana untuk menginstal plugin WordPress. Plugin memungkinkan kamu untuk menambahkan fitur baru pada WordPress seperti menambahkan galeri, slideshow, dll

Ada ribuan plugin gratis dan berbayar yang tersedia untuk WordPress. Dalam panduan ini, mbah akan menunjukkan cara untuk menginstal plugin WordPress.

Cara Menginstal Plugin di WordPress

Sebelum kamu memulai

Jika kamu membuat blog dengan menggunakan WordPress.com, maka kamu ngak bisa  menginstal plugin di blogmu.

Mbah sering membaca keluhan dari pengguna wordpress yang mengatakan bahwa mereka ngak melihat menu plugin di dashboard WordPress mereka. Tentu saja, ini karena kamu menggunakan WordPress.com, yang memang membatasi penggunaan plugin.

Untuk menggunakan plugin, kamu harus menggunakan self-hosted WordPress.org (Lihat perbedaan antara self hosted WordPress.org vs WordPress.com).

Kita akan membahas tiga metode dalam menginstal plugin : menginstal plugin menggunakan pencarian di dashboard, meng-upload plugin WordPress, dan secara manual menginstal plugin menggunakan aplikasi FTP.

Menginstal Plugin menggunakan Pencarian Plugin WordPress

Cara termudah untuk menginstal plugin WordPress adalah dengan menggunakan pencarian Plugin. Satu-satunya kekurangan dari pilihan ini adalah bahwa plugin yang kamu cari harus terdaftar di direktori Plugin WordPress yang hanya terbatas untuk plugin gratis saja.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke halaman admin WordPressmu dan klik Plugins » Tambah Baru.

Cari plugin yang kamu inginkan untuk diinstal melalui halaman admin WordPress

Kamu akan melihat layar seperti gambar di atas. Cari plugin dengan mengetikkan nama plugin atau fungsi plugin yang kamu cari, seperti yang kita lakukan. Setelah itu, kamu akan melihat sekelompok daftar seperti contoh di bawah:

Pilihlah plugin yang terbaik menurut kamu. Pada artikel ini mbah sedang mencari plugin woocommerce ang terkanal itu, ketikkan kata kuncinya “woocommerce” pada kotak pencarian, kemudian klik tombol “Install Sekarang”.

WordPress sekarang akan men-download dan menginstal plugin untuk kamu. Setelah ini, kamu akan melihat pesan “Aktifkan” pada tombol, klik tombol tersebut.

Nah, kamu telah berhasil menginstal plugin WordPress pertamamu.

Langkah selanjutnya kamu tinggal mengatur atau setting konfigurasi dari plugin yang sudah kamu install itu. Pengaturan untuk tiap plugin berbeda-beda, jadi ngak mungkin mbah bahas di sini.

Menginstal Plugin menggunakan WordPress Admin Plugin Upload

Metode ini khusu buat plugin WordPress premium atau berbayar, karena ngak terdaftar di  Plugin WordPress. Plugin ini ngak bisa diinstal dengan menggunakan metode pertama.

Itu sebabnya WordPress memiliki metode Upload untuk menginstal plugin tersebut. Mbah akan menunjukkan cara untuk menginstal plugin WordPress menggunakan pilihan unggah di admin area.

Pertama, kamu harus men-download plugin dari sumbernya (biasanya filenya berformat zip). Selanjutnya, kamu masuk ke halaman Admin WordPress dan pilih menu Plugin »Tambah baru.

Setelah itu, klik tombol Unggah Plugin di atas halaman.

Kamu akan masuk ke halaman unggah plugin. Selanjutnya klik tombol pilih file dan pilih file plugin yang tadi sudah kamu download ke komputermu.

Setelah memilih file, klik pada tombol install sekarang.

WordPress akan meng-upload file plugin dari komputermu dan menginstalnya untukmu. Kamu akan melihat pesan sukses seperti ini setelah instalasi selesai.

Setelah terinstal, kamu harus klik pada link Aktifkan Plugin untuk mulai menggunakan plugin.

Langkah selanjutnya sama, kam,u harus mengatur setting konfigurasi pengaturan sesuai dengan kebutuhanmu.

Menginstal plugin WordPress secara manual menggunakan FTP

Dalam beberapa kasus, penyedia hosting untuk WordPress memiliki kebijakan untuk membatasi kamu menginstal plugin dari admin area.

Dalam kondisi seperti ini, jalan terbaik adalah dengan menginstal plugin secara manual menggunakan FTP.

Metode FTP adalah cara yang paling gampang bagi pemula, tekniknya sama seperti copy-paste antar folder.

Dalam panduan ini, mbah pakai aplikasi WinSCP yang bisa kamu download gratis.

Pertama kamu harus men-download file sumber plugin (biasanya file berformat zip). Selanjutnya,  kamu harus mengekstrak file zip tersebut di komputermu.

Ekstrak plugin file zip akan membuat folder baru dengan nama yang sama. Folder inilah yang kamu butuhkan dan akan kamu unggah secara manual ke webmu menggunakan aplikasi FTP.

Nah, selanjutnya buka aplikasi FTP mu, agar aplikasi FTP mu bisa terhubung dengan hosting websitemu, maka kamu membutuhkan username dan password, biasanya sih username dan password dari cpanel websitemu.

Setelah terhubung, Buka folder / wp-content / plugins /

Berikutnya, upload folder yang sudah kamu ekstrak dari file zip tadi ke folder / wp-content / plugins / di server webmu, klik pada folder tersebut, tahan kemudian seret ke folder web hosting kamu.

Setelah mengupload file, masuklah ke halaman admin WordPress dan klik menu Plugins di menu admin. Kamu akan melihat plugin yang kamu upload dari FTP sudah ada di halaman plugin, langkah selanjutnya adalah klik link “Aktifkan”.

Seperti biasa, kalau sudah diaktifkan, silahkan diatur konfigurasinya sesuai dengan kebutuhan.

Mbah harap artikel ini membantu kamu belajar cara menginstal plugin WordPress.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here