Pada kesempatan kali ini, mbah mau berbagi 10 cara menulis konten yang bisa membuat penjualan produk kamu meningkat bahkan lebih dari 600%.

Gak muluk-muluk, nih langsung ¬†mbah jabarin ya…. ūüôā

1.Konten yang ngak berlebihan adalah konten yang bagus

Memang akan sangat menggoda untuk mengisi situs kamu dengan banyak informasi, tetapi kamu ngak boleh lupa bahwa pengunjungmu akan menekan tombol ‘back’ jika mereka ngak ngerti apa informasi yang kamu sampaikan.

Jadi, buatlah semua konten kamu menjadi sederhana dan singkat saja. Jika kamu menyertakan form isian, minimalkan jumlah formulir yang harus diisi. Hilangkan permintaan data yang ngak perlu.

Kurangi juga menampilkan data yang ngak perlu seperti iklan, kotak opt-in, sidebars, dll.

Namun, yang perlu kamu lakukan adalah, web kamu haru menceritakan detail produk kamu secara rinci, sertakan juga FAQ (Frekwensi Answer & Question), testimonial dan informasi  tentang kamu dan perusahaan kamu.

Fokuslah pada apa yang pengunjungmu ingin lihat, bukan apa yang kamu ingin tunjukkan  kepada mereka.

Yang perlu kamu buat adalah, topik yang beragam dalam konten yang singkat.¬†Orang cenderung menganggap bahwa ‘makin banyak akan makin baik ‘, tetapi kenyataannya adalah, daftar produk yang panjang akan membuat orang bingung dan membunuh keinginan calon pembeli.

Jika kamu bertujuan meningkatkan konversi pengunjung menjadi pembeli sampai 600%, maka kamu harus merampingkan semua penawaran dalam konten kamu.

Membeli produk atau jasa adalah pekerjaan yang berat. Kamu perlu memahami informasi yang diberikan, membandingkannya dengan produk pesaing, menilai jika produk tersebut cocok dengan kebutuhan kamu dan akhirnya membuat keputusan untuk membeli atau ngak.

Jadi, jika daftar penjelasan produk kamu sangat panjang dan rumit, maka prospek kamu akan semakin sulit untuk mencerna dan berpikir dan proses pengambilan keputusan untuk membeli akan semakin panjang, dan ini adalah pekerjaan yang melelahkan.

Mbah ngak menyarankan bahwa kamu harus membatasi penjelasan tentang produk kamu; Mbah hanya menyatakan bahwa buatlah penawaran seramping mungkin, maka konten kamu akan mampu meningkatkan jumlah pembaca menjadi pembeli.

Mari mbah jelaskan ini lebih lanjut dengan contoh:

Mari kita mengambil dua contoh. Dalam kedua contoh ini, jumlah kata yang digunakan tetap sama, namun dalam bentuk yang berbeda.

Mbah rencananya akan membahas  10 Topik dalam artikel ini, pada artikel ini, mbah membahas setiap topik secara pendek dan tepat.

Pada contoh kedua, mbah memilih untuk menulis hanya 2 topik dan tiap topik mbah bahas dengan panjang halaman 10-15 halaman.

Kira-kira, mana yang akan kamu suka?

Pesan mbah: Hemat Waktumu

2. Tunjukkan manfaat yang kamu berikan

Pengunjung selalu sangat bersemangat untuk mencari tahu apa keuntungan yang akan mereka dapatkan dari situs kamu.

Oleh karena itu, isi situs kamu dengan informasi yang memberikan manfaat yang menarik dan meyakinkan.

Buatlah konten yang tepat dan mendalam sambil menunjukkan semua manfaat yang kamu tawarkan. Memanfaatkan bahasa persuasive saat melakukannya.

mailchip

Web Mailchimp.com melakukannya dengan cukup baik dengan Slider mereka.

Manfaat dapat meliputi banyak hal. Jelaskan bagaimana produk kamu dapat mengubah kehidupan seseorang.¬†Kamu juga dapat mengambil catatan dari testimonial atau ulasan dan tempatkan pada bagian bawah web anda ‘bagaimana produk ini telah membantu banyak pelanggan secara nyata’.

Orang biasanya cenderung mengikuti. Jika kamu menunjukkan (dengan bukti yang cukup) bahwa produkmu memiliki manfaat bagi pelanggan lain, pengunjung seperti ini yang paling mungkin untuk membeli produk kamu.

Yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika mengunjungi situs kamu adalah produk dan layanan kamu. Jelas, jika mereka ngak menghargai apa yang mereka baca atau lihat, mereka akan pergi ke tempat lain.

Orang membeli produk karena membutuhkan solusi untuk masalah mereka. Lebih bijaksana jika kamu dapat menggabungkan manfaat- jual dengan solusi-jual; dengan cara itu, prospek kamu akan mengerti bagaimana produkmu lebih baik dari produk lawanmu.

Beritahukan semua alasan mengapa pelanggan kamu pantas membeli dari kamu, dan sebutkan semua alasan tersebut dalam paragraf pertama.

Cobalah untuk fokus terhadap penjelasan keuntungan apa yang akan mereka dapatkan. Gunakan manfaat dan keuntungan yang didapatkan sebagai berita utama akan mendorong perasaan positif terhadap produk kamu.

Beberapa hari lalu, seorang pria datang kepada mbah dan bertanya mengapa pengunjung nya ngak berubah menjadi pembeli. Kebanyakan orang yang mengunjungi situs nya hanya mampir selama 2-3 detik.

Mbah memeriksa website-nya, dan inilah yang mbah temukan:

Alih-alih menunjukkan bagaimana produk itu dapat menguntungkan pelanggan, ia lebih tertarik untuk langsung menjual, membuat penawaran harga dan menempatkan tombol ‘beli sekarang’.

Mbah coba scroll ke bagian bawah situs dan menemukan bahwa ia juga memiliki produk gratis. Seharusnya dia menempatkan produk gratis di bagian atas situs agar langsung dapat menarik perhatian pengunjung.

Pengunjung akan secara otomatis berubah menjadi pembeli jika ia memberikan nilai tambah. Pengunjung perlu memahami bagaimana produk atau layanan kamu dapat menguntungkan mereka. Itu saja !

Orang-orang akan membayar kamu jika kamu bisa menyelesaikan masalah mereka. Tunjukkan manfaat dari jasa dan produk kamu; beritahu mereka CARA produk kamu bisa memecahkan masalah mereka.

Pesan mbah:¬†Fokus pada ‘Bagaimana cara‚Ķ‚Ķ’

3. Memilih kata yang tepat

Memilih kata yang tepat akan membuat perbedaan besar dalam konten anda. Jangan gunakan kata yang rumit dan kata yang tidak biasa. Gunakan kata yang halus dan kata-kata membujuk.

Sampaikan pesan kepada pengunjung secara langsung, dan jangan menggunakan bahasa kiasan atau puitis kayak lagunya Ariel wkwkwkwk. Buatlah konten yang interaktif, menarik dan yang dinamis.

Mungkin adalah ide yang baik untuk bereksperimen sedikit di awal dan melihat mana artikel yang mendapat lebih banyak sosial share dan komentar.

Kamu dapat mencoba menggunakan bahasa resmi maupun santai. Kamu bisa menulis artikel lucu atau serius, artikel penelitian. Setelah kamu menemukan dan tahu apa yang pengunjungmu cari, kamu dapat terus menulis dengan tema tersebut.

Ada empat kata ajaib yang dapat meningkatkan konversi pengunjung menjadi pembeli di web kamu. Kata ini telah didefinisikan dalam psikologi, neuro-ekonomi dan ekonomi perilaku untuk menarik naluri primal pelanggan. Ini dia kata-katanya :

 Kamu:¬† Ini adalah kata yang paling memerintah dalam bahasa Indonesia.¬†Untuk orang marketing, kata ini jauh lebih berpengaruh daripada kata-kata seperti ‘penjualan’ atau ‘uang’.

Kita mungkin ngak menngakuinya, tapi kita semua sedikit bersifat egosentris. Ketika sebuah produk dijelaskan langsung pada diri kita sendiri,  maka koneksi yang sangat kuat akan terjadi secara sadar sekana-akan produk tersebut dijelaskan hanya kepada kita sendiri.

 Baru:¬† Ketika orang melihat kata ‘baru’, mereka secara sadar langsung mengaitkannya dengan sebuah inovasi yang berbeda, peningkatan, menarik dan penuh tantangan.

Menurut banyak penelitian, produk atau jasa baru akan menarik lebih banyak pelanggan jika ada label kata ‘baru’.¬†Sebagai contoh, Apple menggambarkan desain iPhone 5 sebagai desain ‚Äôbaru‚Äô, dengan teknologi¬† ‚Äėbaru‚Äô untuk iPhone ‚Äėbaru‚Äô mereka.

 Gratis:¬† Kata ‘gratis’ ngak hanya memiliki konotasi harga;¬†kata ini juga sangat dominan memicu sifat emosional dan menghasilkan kegembiraan yang ngak masuk akal.

Kata ‘gratis’ adalah kata yang menghasilkan konversi yang sangat kuat.¬†Amazon.com telah menggunakan potensi dari kata ‘gratis’ secara maksimal.¬†Mereka terus menyempurnakan strategi pemasaran mereka dengan mengambil keuntungan dari rasa haus kita akan produk ‚Äúgratis‚ÄĚ.

 Dijamin (garansi) :¬† Kata¬†‘jaminan/garansi’¬†adalah komponen kunci utama yang menghasilkan penjualan yang berlipat-lipat.¬†Kata ini menghasilkan perasaan aman dan kepercayaan pelanggan.

Ini juga merupakan jaring pengaman yang menjamin pelanggan bahwa mereka akan sangat puas dengan produk yang mereka beli. Orang-orang secara naluriah takut mengalami kerugian.

Dengan memberikan jaminan kepada pelanggan, maka akan mengurangi rasa khawatir mereka akan kemungkinan mengalami kerugian.

Pesan mbah: Kata-kata yang berbeda akan membuat makna yang berbeda juga.

4. Gunakan desain yang modern

theme

Gunakanlah desain yang modern. Jangan membuat situs kamu terlihat seperti berasal dari tahun 80-an. Desain modern akan menarik dan mendatangkan pengunjung. Modernisasi situs memiliki banyak keuntungan; meningkatkan kredibilitas, menarik bagi pengguna baru, mempesona pengunjung dan member kesan positif dalam pikiran mereka.

Desain modern meningkatkan rasio konversi situs web tertentu. Desain ngak hanya tentang membuat situs yang spektakuler; namun juga tentang membuat sebuah situs bermanfaat dan menguntungkan.

Sebuah situs ngak boleh dibangun hanya dari perspektif estetika dan keindahan saja; kamu juga harus mulai mempertimbangkan berapa jumlah pengunjung yang datang, keuntungan dan rasio konversi pengunjung yang jadi pembeli.

Fokus utamanya dari semua situs web tetaplah konversi pengunjung menjadi pembeli; jika sebuah situs ngak menghasilkan konversi dari pengunjung menjadi pembeli, lebih bagus webnya ditutup saja.

Memang, sulit untuk merancang situs yang mencapai tingkat konversi yang tinggi dengan mudah, tetapi membuat strategi desain menjadi relatif lebih mudah jika meningkatkan konversi adalah fokus penting.

Buatlah desain untuk para pengunjung atau pengguna. Cobalah untuk membuat desain kamu secara naluriah, sehingga pengunjung kamu ngak perlu berpikir lama untuk berpindah ke halaman berikutnya.

Pengguna situs kamu dapat mengalir dengan mudah. Buatlah situs kamu menjadi sangat mudah untuk digunakan, untuk berpindah dari titik A ke titik B.

Pengunjung harus mampu menavigasi dengan mudah. Dengan meningkatkan kegunaan dari situs kamu, kamu dapat mempercepat proses pengambilan keputusan, yang akhirnya mengarah ke konversi yang lebih baik.

Pengunjung kamu itu semuanya ngak sabaran dan memiliki rentang perhatian yang sangat pendek, sehingga situs kamu harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menawarkan jumlah maksimum informasi peting dalam waktu yang sangat singkat.

Buatlah pengunjung anda untuk pertama kali langsung mendapatkan informasi yang tepat, dan ngak memaksa mereka untuk mengisi formulir yang terlalu banyak dan terlalu lama.

Desainlah website yang bisa dipercaya dengan menampilkan review, peringkat dan testimonial, desain seperti ini akan membuat mereka percaya kepada situs.

Kamu dapat dengan mudah menggunakan desain situs kamu untuk mempromosikan atau memproyeksikan kredibilitasmu. Kamu bisa mencapai hal ini dengan berfokus pada desain yang bersih dan tepat yang ngak membingungkan dan langsung  to the point.

Jika kamu mencoba  untuk meningkatkan konversi penjuaan, maka desain kamu juga merupakan penentu utama. Dalam kasus tertentu, beberapa pengunjung kamu mungkin sulit untuk mempercayai situs kamu.

Jadi, tetaplah membuat desain yang sederhana, gak ada yang bekerja lebih baik untuk meningkatkan konversi penjualan dibandingkan kesederhanaan.

Faktor apa saja sih yang kamu cari dalam sebuah website?

  • Sebuah situs harus responsif (ponsel / tablet-friendly).
  • Memanfaatkan layar penuh.
  • Membangun kepercayaan dan mencoba untuk mendapatkan itu pada halaman pertama.
  • Punya ‘Tombol Action (Action Button)’ di bagian atas web.

Beilah desain yang baik jika kamu gak bisa buat sendiri, karena akan menunjukkan hasil dalam waktu yang sangat singkat.

Pesan mbah: Gunakan desain yang sedang trend.

5. Beri informasi yang dalam tapi jelas gak samar-samar.

Gunakan informasi yang sederhana, jelas dan lugas serta dapat digunakan. Usahakan pengunjung kamu benar-benar dapat memahami informasi yang kamu sampaikan tanpa banyak kesulitan. Yakinkan bahwa konten kamu ngak membuat orang bingung, kacau atau gak terarah.

Hal ini kelihatannya gampang, tapi mungkin sangat sulit untuk diterapkan. Semakin sulit dan kacau informasi dalam situs kamu untuk dimengerti, semakin sedikit konversi penjualan yang akan kamu dapatkan. Jika kamu menyajikan konten yang sulit dimengerti maka ngak ada orang yang akan mau membeli produk kamu.

Selalu terbuka dan jujur; jika produk kamu sudah habis, berikan keterangan pada web kamu secara langsung.

Mengetahui bahwa ternyata produk yang kamu jual sudah habis setelah membaca semua informasi tentang produk kemudian melakukan pemesanan bisa sangat menjengkelkan.

Kamu juga harus jujur ketika mencantumkan harga produk pada web kamu; pembeli kemungkinan besar ngak akan lanjut membeli produk kamu, jika ternyata setelah setuju untuk membayar Rp. 1,5 Juta untuk produk kamu (harga ini 50% lebih murah dibanding harga di web manapun untuk barang yang sama), di bagian akhir mereka mengetahui bahwa ada biaya pengiriman tambahan sebesar Rp. 1 juta.

Jangan membuat harga konyol seperti itu, jujur saja berapa harga produk, berapa ongkos kirim.

Konten kamu harus langsung tepat sasaran dan harus membantu pelanggan kamu untuk ‘memecahkan masalah’.¬†Mari mbah jelaskan.¬†Orang-orang pada zaman sekarang sering browsing online untuk menemukan solusi masalah mereka.

Katakanlah, misalnya, seseorang mencari gejala luka/ulkus pada lambung atau obat untuk pilek. Orang ini pasti mencari akses langsung ke solusi untuk masalahnya; dia ngak bakalan pusing-pusing membaca paragraf demi paragraph dari materi yang ngak relevan untuk mendapatkan solusinya.

Oleh karena itu konten kamu harus langsung ke titik sasaran dan harus membantu pengunjung untuk memecahkan masalah mereka.

Pesan mbah: Pembaca harus berpikir kamu adalah seorang yang jenius ketika membaca tulisanmu.

6. Konten kamu harus beresonansi dengan baik dengan pembacamu

Kata-kata atau bahasa yang digunakan harus sesuai, cocok, atau mewakili kepentingan dan kebutuhan para pengunjung.

Jika konten kamu bergema dengan baik dalam hati pembacamu, maka kamu akan lebih efektif dalam mengkonversi mereka menjadi pembeli. Jelaskan secara rinci apa yang mereka cari. Fokuslah pada kebutuhan mereka untuk menarik perhatian mereka.

Membuat konten yang sesuai dengan semua pembacamu adalah tugas penting dan kompleks untuk dikuasai.

Konten yang menyerang pembaca dan membuat penasaran, yang memaksa orang untuk membaca sampai akhir dan membujuk pengunjung menjadi pembeli.

Kamu harus mengidentifikasi siapa saja yang bakalan jadi pengunjung situs kamu, agar kamu dapat membuat konten yang sesuai dengan mereka.

Ini penting dalam upaya untuk mengembangkan persona, yaitu buyer persona;¬†Namun, selain buyer persona, Kamu juga harus membuat ‘reader persona’.

Hal ini sangat penting karena ngak semua pembaca web kamu itu bakalan jadi pembeli produk kamu, ada juga kelompok pengunjung yang hanya membaca saja dan gak pernah beli produk kamu, tetapi mereka ini akan terus berkunjung untuk membaca konten kamu dan membagikan konten kamu.

Ketika kamu melakukan penelitian terhadap persona ini, akhirnya kamu akan menemukan elemen yang tepat yang perlu dimasukkan ke dalam konten kamu.

Selalu hadirkan konten dalam format yang tepat, putuskanlah dengan format apa konten jamu akan ditampilkan agar pengunjung dapat menangkap pesan dari kamu.

Kamu bisa memutuskan untuk memberikan video bukan tulisan artikel, boleh juga info-grafis.  Kamu harus menentukan apa format konten kamu agar pembaca tetap asyik. Konten dalam bentuk Info-grafis sangat kuat sekali pengaruhnya, karena mereka menggabungkan gambar, kata dan angka untuk menyampaikan pesan.

Cobalah untuk menggunakan data untuk mendukung konten kamu. Kadang-kadang kamu juga  perlu matematika untuk menyampaikan pentingnya suatu point; biarkan angka-angka tersebut berbicara sendiri.

Ada perbedaan yang sangat tipis antara menulis untuk pengunjung yang ditargetkan dan untuk pengunjung yang tidak ditarget.

Mari mbah jelaskan ini lebih lanjut dengan bantuan contoh: Katakanlah, kamu memiliki blog tentang ‘Pelatihan Anjing’ dan kamu mencoba untuk menjual e-book tentang “Cara Melatih Anjing¬† Anda Dalam 4 Minggu ”¬†.

Ketika kamu menulis sales letter untuk blog kamu, jika kamu lebih fokus mengatakan kepada mereka mengapa mereka harus melatih anjing mereka daripada menjelaskan bagaimana caranya, ada kemungkinan mereka akan kurang menghargai konten kamu.

Identifikasi masalah pertama. Di sini, masalah utama tampaknya bahwa mereka ngak tahu bagaimana caranya untuk melatih anjing mereka. Pada saat yang sama, mereka ngak ingin membawa anjing mereka ke pelatih  professional. Mereka ingin melatih sendiri anjing mereka di rumah.

Maka ide yang terbaik adalah dengan menawarkan dua bab pertama dengan gratis dan kemudian akhirnya menunjukkan kepada mereka bagaimana seluruh buku panduan kamu dapat membantu mereka untuk memecahkan masalah mereka.

Pesan mbah: Katakan kepada mereka apa yang mereka ingin dengar, bukan apa yang ingin kamu katakan.

7. Buatlah Konten Yang Enak Dan Menarik Dilihat Mata

Untuk meningkatkan hubungan kamu atau resonansi dengan pelanggan kamu, buatlah konten yang enak dilihat mata. Tunjukkan dan gambarkan keinginan pengunjung melalui gambar, grafik, dan stimulant visual lainnya. Teknik ini sangat efektif dalam meningkatkan konversi, seperti memanggil respon psikologis pelanggan.

Situs kamu adalah rumah dimana semua informasi penting tentang produk dan layanan kamu berada, dan di situs kamu jugalah semua pengunjung akan memvalidasi kredibilitas produk kamu.

Kesan pertama yang mendalam akan menentukan apakah kamu akan mendapatkan atau kehilangan pembeli.

Tahukah kamu, jika kamu hanya memiliki waktu yang sangat terbatas untuk membuat kesan pertama yang hebat.

Umumnya, pengunjungmu hanya memberikan sekitar 8 detik untuk website kamu, dan dalam waktu itu, mereka memutuskan apakah akan melanjutkan membaca tentang produk atau layanan yang mereka cari atau mengklik tombol back‚ÄĚ dan mencari situs lain.

Jadi, situs kamu harus menarik secara visual dan informatif untuk membantu pengunjungmu menentukan selama 8 detik apakah situs kamu berguna atau ngak. Sebuah situs dengan visual yang menarik mungkin menjadi faktor penentu untuk meningkatkan konversi.

Untuk merancang sebuah situs yang menarik audiens target kamu, pertimbangkan hal-hal berikut:

 Jangan membuat animasi gambar yang berlebihan.¬† Gambar animasi dapat mengkonversi situs biasa menjadi sesuatu yang inovatif.

Namun, penggunaan yang berlebihan dapat membuat situs kamu menjadi sangat membingungkan, dan akhirnya malah menjadi berbahaya bagi kamu.

 Menemukan keseimbangan yang tepat antara teks dan grafis. Kamu harus menggunakan grafis untuk membuat situs kamu tampil visual, tapi pastikan kamu menyertakan jumlah tulisan yang di situs kamu untuk membantu pengunjung memahami tentang topik kamu.

Kuncinya adalah seimbangkan antara gambar dan tulisan.

 Tempatkan tombol CTA (Call To Action) Kamu di atas web. Setiap tombol CTA (Call to Action) ¬†harus sangat menonjol, dan lebih disukai, di atas lipatan web, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukannya.

cta

Jangan membuat pengunjung kamu mencari-cari tombol ini.

Coba bayangkan sebuah artikel tanpa gambar, tanpa video, tanpa sub-judul dan ngak ada poin-poin penjelasan! Pengunjung kamu ngak bakalan bisa bertahan lebih dari 30 detik sebelum mereka meninggalkan situs kamu.

Ini juga secara langsung akan mempengaruhi ‘tingkat bouncing’ di website kamu.¬†Google menganggap tingkat ‘bouncing‚Äô menjadi salah satu faktor peringkat utama dalam algoritma pencarian mereka.

Catatan: “Tingkat bounce” adalah istilah yang digunakan di Google Analytics yang menunjukkan jika seseorang berpindah dari sebuah halaman web tanpa membacanya.

Pelanggan potensial kamu pasti akan menilai buku dari sampulnya, dan kamu ngak bisa mencegah kehilangan pelanggan hanya karena situs kamu gagal untuk menarik mereka.

Desain dan konten berjalan beriringan, sehingga diperlukan merubah desain kamu untuk memikat pengunjung untuk membaca konten Kamu.

Berikut adalah pedoman tertentu mbah pribadi ikuti saat menulis artikel mbah. Kamu bisa menjadikannya referensi bagi kamu.

  • Sub-judul (h2)
  • Sub-sub judul (h3)
  • Bullet dan numbering
  • Paragraf harus tepat (3-4 baris)
  • Kalimat harus singkat (10-20 kata)
  • Satu gambar di samping setiap titik, analisis atau interpretasi
  • Setidaknya 1 video per artikel
  • Setidaknya 3 gambar per artikel (400 px)
  • Kutipan dan catchphrases dimana saja yang bisa diletakkan, bersama dengan tombol¬†ClickToTweet
  • Nama-nama orang, kata-kata penting dan frase dalam huruf tebal

 Pesan mbah: Jangan membuat website yang  mengiritasi mata kamu.

8. Buang keraguan pembacamu

Umumnya, para pengunjung skeptis dan ngak yakin dengan apa yang kamu jeaskan, bagaimana produk kamu bekerja. Oleh karena itu, fokusah untuk membuang keraguan mereka.

Jangan mengabaikan keraguan mereka. Jelaskan apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mendaftar. Pengunjung yang puas dengan penjeasana anda kemungkinan besar akan membei produk anda.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa 26% dari orang yang disurvei memiliki masalah kepercayaan dan terus-menerus khawatir akan keamanan data mereka, jika mereka berbagi data pribadi mereka dan informasi kartu kredit.

Kamu ngak bisa sepenuhnya menghilangkan masalah kepercayaan dengan pelanggan online kamu, tetapi kamu pasti bisa mengurangi rasa khawatir ini dengan mengambi tindakan yang dibutuhkan, contohnya  dengan menambahkan sertifikat SSL (keamanan) pada web anda.

Memang bukan hal yang sederhana untuk membuat seseorang percaya sama kamu, apalagi mereka belum pernah meihat kamu atau bertemu dengan kamu, tentu sulit bagi mereka unuk  membagikan data kartu kredit mereka.

Namun, jika Kamu mengikuti tips tertentu dengan hati-hati, kamu dapat dengan mudah membuat lebih banyak orang mulai mengklik tombol ‚ÄúCall To Action‚ÄĚ untuk membeli.

 Membuat sebuah halaman yang tepat ‘Tentang Saya’ yang berisi informasi tentang kamu dan kredibilitas kamu. 

Buatlah pembaca merasa dekat dengan kamu dan merasa seperti mereka dapat terhubung dengan kamu; jika mereka ngak tahu dengan siapa mereka melakukan bisnis, mereka mungkin ngak akan pernah kembali  ke web kamu.

 Email pemasaran adalah pendekatan lain yang baik. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh “Sales Force” menunjukkan bahwa 44% dari penerima email membuat setidaknya satu pembelian.

Kamu juga dapat mengirim wawancara dengan para ahli di bidang yang kamu geluti. Jika kamu melakukan ini sesering mungkin, kamu pasti akan meningkatkan lalu lintas pengunjung dan tingkat konversi di situs kamu.

 Kumpulkan ulasan para pakar produk. 

Ini mirip dengan testimonial, tapi review produk ini akan lebih dalam karena merupaan pendapat dari para ahli yang telah mencoba produk kamu, contohnya pendapat para bloger terkenal atau publik figure.

 Selalulah memiliki ‘Kebijakan Privasi’ di situs kamu,  karena kebijakan privasi adalah sebuah dokumen hukum yang sah yang dapat meningkatkan konversi pembelian dari 3% menjadi 30%.¬†Tanpa kebijakan privasi, kamu akan kesuitan meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian.

Kebanyakan orang kehilangan pelanggan mereka di halaman ‘Check Out’ karena mereka ngak berhasil mengatasi keraguan mereka.¬†Jika kamu menjual sesuatu melalui websitemu,

 Kamu harus mencantumkan daftar nomor telepon pada setiap halaman situs Web kamu. ¬†Dengan cara itu, setiap kali calon pembeli yang memiliki keraguan, dia dapat dengan mudah menemukan nomor kamu dan menghubungi kamu sebelum melalui proses pembelian.

 Pastikan kamu juga¬† memiliki halaman FAQ (Frequently Asked Question) di situs kamu. ¬†Itu akan membantu kamu untuk mengatasi keraguan pembacamu dengan benar.

Cara terbaik untuk mempersiapkan FAQ adalah untuk menempatkan diri kamu pada posisi sebagai pembaca. Tuliskan setidaknya 20 poin yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembacamu.

Ini bisa apa saja mulai dari segi pengiriman, biaya pengiriman, waktu pengiriman, syarat pengembalian dana, metode pembayaran, keamanan kartu kredit, jaminan produk atau kebijakan privasi.

 Teknik lain yang penting adalah dengan menggunakan fitur ‘Live Help’ di situs web kamu. ¬†Kamu bisa manfaatkan software chat gratis seperti disediakan oleh perusahaan seperti Zopim.com, jadi pembaca kamu dapat menghubungi kamu atau bagian costumer service secara langsung melalui Live Chat.¬†Kamu juga dapat mengintegrasikan situs kamu dengan messenger seperti Gtalk.

 Jika kamu menulis blog, cobalah untuk fokus pada pemecahan masalah pengunjung dengan menulis lebih banyak artikel “Cara”. ¬†¬†Kamu akan menerima respon yang lebih baik dengan menulis artikel seperti ini daripada artikel dengan topik yang terlalu luas dan umum.

Pesan mbah: Jangan biarkan pengunjung meninggalkan situs kamu dengan pertanyaan dalam pikiran mereka.

9. Gunakan gambar untuk meningkatkan kredibilitas

Gambar menumbuhkan kredibilitas, konversi, dan kepercayaan. Sebuah gambar mengandung seribu kata. Gunakan gambar yang unik dan relevan yang menarik target kamu.

Mereka ngak hanya akan meningkatkan kualitas dan mutu konten, tapi akan juga membuat konten yang menawan, karismatik dan mempesona. Gambar dapat membujuk pembeli.

Kebanyakan orang ngak pernah membeli sesuatu sebelum melihat barangnya. Selain itu, mereka biasanya ingin menyentuh atau hanya memegangnya.

Karena ngak mungkin untuk melakukan hal-hal seperti secara online, jadi kamu perlu untuk bekerja tiga kali lebih keras untuk membuat produk kamu meyakinkan dan menarik pengunjung.

Selalu menampilkan gambar produk dengan kualitas tinggi dan thumbnail yang dapat diklik; banyak situs web mencoba untuk menjual produk dengan gambar yang berkualitas sangat rendah.

Sertakan gambar dari produk kamu dari berbagai sudut yang berbeda; dengan cara itu, pelanggan potensial kamu dapat dengan mudah mendapatkan gambaran penuh dari produk kamu.

Jangan menampilkan foto produk kamu secara sederhana; contohnya gambar produk dalam bentuk animasi atau desain photoshop atau gambar yang dicomot dari google.

Hindari menampilkan produk menggunakan foto animasi atau asal comot dari google, karena ketika berhadapan dengan gambar, foto produk dengan orang-orang yang nyata atau foto nyata mendapatkan lebih banyak perhatian daripada foto animasi atau comot dari google.

Adalah bijaksana membuat foto produk dengan kondiri penampakan 360 derajat gambar berputar.

DueMaternity.com meningkatkan konversi penjualan mereka 27% dengan menggunakan gambar dua dimensi di situs mereka.

Menggunakan foto manusia bersama produk kamu juga dapat meningkatkan konversi secara signifikan.

Medalia Art, sebuah perusahaan yang menjual seni Brasil online, meningkatkan konversi mereka hingga 95% dengan menggunakan foto-foto artis mereka di situs mereka.

Selalu menggunakan foto dari manusia sungguhan, dan jangan pernah memilih foto animasi.

Menggunakan gambar berkualitas baik dalam postingan blog kamu dapat dengan mudah meningkatkan penjualan karena gambar meningkatkan keterbacaan dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Jelasnya, tulisan yang tanpa gambar cenderung membosankan dan menyebabkan pengunjung malas membaca.

Mbah akan memberikan contoh. Ada dua penawaran di bawah ini. Mana yang lebih meyakinkan?

Contoh 1:

E-book saya ini akan mengajarkan kamu untuk mengambil foto seperti seorang profesional. Bebas risiko 30 hari Garansi uang kembali. Beli sekarang hanya Rp. 140.000,-

Contoh 2:

photography

E-book saya ini akan mengajarkan kamu untuk mengambil foto seperti seorang profesional. Bebas risiko 30 hari Garansi uang kembali. Beli sekarang hanya Rp. 140.000,-

Jelas, contoh kedua yang lebih meyakinkan karena melampirkan gambar yang menambahkan kredibilitas.

Orang-orang cenderung percaya apa yang mereka daripada apa yang mereka baca atau dengar. Setiap kali kamu ingin membuat pernyataan, sisipkanlah gambar di samping teks kamu.

Ini akan mempengaruhi respon psikologis pembacamu.

Menurut derek Halpern , gambar dapat meyakinkan orang banyak lebih baik daripada teks sederhana.

Pesan mbah: Gunakan gambar. Gak ada yang lebih ringkas dari pada ini.

10. Beri pengunjung kamu “Pukulan telak”

Keinginan manusia yang terdalam adalah untuk dipahami.¬†Oleh karena itu, memanfaatkan itu.¬†‘Empati’ adalah alat penjualan yang sangat kuat.

Berempatilah dengan masalah dan penderitaan yang sedang dihadapi oeh pembacamu. Akui keprihatinan mereka dan basmi beban dan masalah mereka.

Manusia adalah mahluk emosional; kita takut kegelapan dan suka pelukan. Para pakar pemasaran menggunakan psikologi manusia untuk keuntungan mereka untuk membujuk konsumen untuk membeli produk atau jasa.

Semua manusia terdiri dari id, ego dan super-ego, dan logika kita menimbulkan banyak pertanyaan dan keraguan, tapi emosi kita meredakan itu semua.

Daya tarik emosional selalu melampaui daya tarik intelektual.¬†Sebuah studi baru-baru ini ¬†membuktikan bahwa ‘pengaruh non-rasional’ lebih kuat daripada ‘persuasi rasional’.

‘Empati’ dapat menjadi alat produktivitas yang paling kuat buat kamu.¬†Ini adalah mata uang tak ternilai yang memungkinkan situs kamu menciptakan kepercayaan dan kredibilitas.

Ada ribuan penelitian yang berhubungan ‘Empati’ untuk ‘meningkatkan konversi penjualan.¬†Ini telah menimbulkan istilah baru seperti ’empati penjualan‚Äô atau ’empati marketing’.

Cobalah untuk membuat peta empati, peta ini akan menggambarkan titik sasaran kebutuhan ‚Äėempati‚Äô dari pengunjung kamu.

Kamu perlu berempati dengan pelanggan potensial kamu. Empati adalah kemampuan untuk menggambarkan masalah apa yang sedang dihadapi oleh pelanggan potensial kamu.

Hal ini sangat penting untuk berbicara dengan bahasa pelanggan kamu, karena itu adalah strategi yang baik dalam kampanye pemasaran kamu.

Kamu harus memuaskan kebutuhan emosional peanggan kamu. Kamu harus cerdas menambahkan elemen emosional tertentu untuk strategi pemasaran kamu.

Strategi pemasaran empati harus menjadi bagian dari upaya pemasaran kamu. Kamu perlu untuk mengimplementasikan rasa empati dalam kata-katamu untuk menyampaikan mereka bahwa ‘Kamu memahami ‘masalah atau kekhawatiran mereka‚Äô.

Mari mbah beri contoh; bayangkan bahwa kamu menjual produk anti-penuaan. Penjualan yang akan memiliki dampak maksimum pada pembaca kamu?

Contoh 1:

Krim anti-penuaan kami akan menyembunyikan semua keriput anda hanya dalam 3 menit setelah dioleskan.

Telah bekerja kepada ratusan orang lain dan akan bekerja juga untuk anda. Ini adalah krim anti-penuaan yang terbaik yang tersedia di pasar saat ini.

Contoh 2:

Kami mengerti bahwa sulit untuk melangkah keluar di depan umum dengan kerutan di wajahmu. Kamu ingin terlihat muda dan segar. Kami telah merancang produk kami sambil tetap menjaga keinginan pelanggan seperti anda. Krim ini hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk mengencangkan dan menghapus semua keriput di wajah anda.

Terbukti, Contoh 2 adalah pemenang.¬†Ini menciptakan koneksi dengan pembaca dengan menunjukkan ’empati’ dan mengidentifikasi masalah mereka.

Kamu tau gak, kedua contoh itu sudah pernah dicoba dan Contoh 2 membuat 60% lebih banyak penjualan daripada Contoh 1 .

Pesan mbah: Menunjukkan empati akan membawa kamu lebih maju di depan.

Oke deh, itu dia 10 cara menulis konten yang meningkatkan penjulan kamu.

Supaya lebih maknyus, kamu juga bisa membaca artikel panduan ini untuk melengkapi pengetahuanmu terkait konten :

  1. Cara mencari ide blog yang menghasilkan uang

  2. 101+ ide topik blog yang terbukti sukses dan menghasilkan uang

Mbah mau istirahat dulu, nanti kalau udah segar mbah lanjut lagi dengan materi yang lain ya….semoga bermanfaat.

 

1 KOMENTAR

  1. saya sangat setuju dengan saran nomor 4 karna saya sudah mengalami fase itu,saya baca* artikel mbah wp iti selalu bagus” apakaj ini artikel dari tulisan sendiri atau beli artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here