WooCommerce dilengkapi dengan berbagai bahasa dari banyak negara. Untuk cara merubah bahasa woocommerce yang kamu butuhkan adalah file terjemahan untuk bahasa yang kamu inginkan.

Perubahan bahasa ini tentu perlu, karena ngak semua pengunjung toko online kamu paham dengan istilah-istilah dalam bahasa Inggris. Jadi, supaya pengunjung toko onlinemu ngak kelabakan, ada baiknya kamu ubah bahasa toko onlinemu ke dalam bahasa Indonesia jika target pasarmu adalah orang Indonesia.

Berikut langkah-langkah merubah bahasa woocommerce ke dalam bahasa Indonesia :

Mengatur  WordPress Kedalam Bahasa Kamu

Langkah pertama kamu ubah dulu WordPress mu ke dalam bahasa yang kamu inginkan, dalam kasus ini adalah Bahasa Indonesia. Masuk ke menu : Dashboard >> Pengaturan >> Umum >> Ubah bahasa situs. Jika kamu sudah memasukkan file bahasa woocommerce ke dalam hosting, maka toko kamu akan segera berubah ke bahasa Indonesia. Jika tidak, maka kamu perlu memasukkann file bahasa (proses dijelaskan di bawah).

Menerjemahkan WooCommerce ke Dalam Bahasa Indonesia Melalui File *.mo

Langkah pertama masuk ke ke https://translate.wordpress.org/projects/wp-plugins/woocommerce dan mencari bahasa yang kamu inginkan dalam daftar. Klik pada judul bahasa untuk membawa ke halaman bahasa tersebut. Kamu akan melihat daftar sub-proyek yang dapat juga kamu terjemahkan. Dalam kondisi ini, silahkan pilih saja versi stabil, klik pada judul. Akan muncul tampilan dari file proyek yang kamu pilih, gulir ke bawah untuk pilihan ekspor. Kemudian klik ekspor untuk file berektensi *.mo untuk digunakan di website kamu. Setelah klik “Export” file *.mo akan terdownloadn ke kompjuter kamu. File yang terdownload biasanya akan memiliki nama “wp-plugins-woocommerce-stable-id.mo”. Sebelum Upload ke hosting, silahkan ubah nama file menjadi woocommerce-BAHASAMU.mo (misalnya, Indonesia menjadi id_ID), jadi nanti nama filenya berubah menjadi “woocommerce-id_ID.mo” dan upload ke folder wp-content / language / woocommerce /.

Upload file *.mo ke Hosting Website

Langkah panduan ini digunakan pada hosting yang memakai cpanel. Untuk langkah awal, silahkan masuk ke akun cpanel hosting kamu melalui link http://namadomainkamu.com/cpanel Kamu akan memasuki halaman depan yang penuh dengan icon-icon menu, cukup pilih icon menu “File Manager”. Kamu akan memasuki halaman “File Manager” yang mirip seperti halaman “Windows Explorer” di komputermu jika kamu memakai sistem operasi Windows. Pada bagian ini silahkan klik folder “Public html >> wp-content >> languages”. Di dalam folder “languages” hanya ada 2 folder yaitu folder “plugins” dan “themes”, buatlah sebuah folder baru dengan nama “woocommerce”. Pilih menu “New Folder” untuk membuat folder baru di dalam folder “languages” ketik nama folder “woocommerce” Jika folder “woocommerce” sudah dibuat, klik pada folder “woocommerce” untuk membuka folder dan pilih menu “Upload” untuk meng-upload file *.mo yang tadi sudah kita download ke dalam hosting website kamu. File “wp-plugins-woocommerce-stable-id.mo” sudah berada dalam folder “woocommerce” kamu. Jika tadi kamu belum sempat mengganti nama file tersebut, silahkan ganti nama filenya menjadi “woocommerce-id_ID.mo” Selesai, toko online kamu sekarang sudah memakai bahasa Indonesia. Silahkan masuk ke dashboard website kamu untuk mencek perubahan bahasanya.

Agar toko onlinemu bisa menghasilkan banyak penjualan, jangan lupa untuk membaca panduan berikut ini :

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan bantu share ya.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here