WooCommerce dilengkapi dengan berbagai bahasa dari banyak negara. Untuk cara merubah bahasa woocommerce yang kamu butuhkan adalah file terjemahan untuk bahasa yang kamu inginkan.

Perubahan bahasa ini tentu perlu, karena ngak semua pengunjung toko online kamu paham dengan istilah-istilah dalam bahasa Inggris. Jadi, supaya pengunjung toko onlinemu ngak kelabakan, ada baiknya kamu ubah bahasa toko onlinemu ke dalam bahasa Indonesia jika target pasarmu adalah orang Indonesia.

Berikut langkah-langkah merubah bahasa woocommerce ke dalam bahasa Indonesia :

Mengatur  WordPress Kedalam Bahasa Kamu

Langkah pertama kamu ubah dulu WordPress mu ke dalam bahasa yang kamu inginkan, dalam kasus ini adalah Bahasa Indonesia. Masuk ke menu : Dashboard >> Pengaturan >> Umum >> Ubah bahasa situs. Jika kamu sudah memasukkan file bahasa woocommerce ke dalam hosting, maka toko kamu akan segera berubah ke bahasa Indonesia. Jika tidak, maka kamu perlu memasukkann file bahasa (proses dijelaskan di bawah).

Menerjemahkan WooCommerce ke Dalam Bahasa Indonesia Melalui File *.mo

Langkah pertama masuk ke ke https://translate.wordpress.org/projects/wp-plugins/woocommerce dan mencari bahasa yang kamu inginkan dalam daftar. Klik pada judul bahasa untuk membawa ke halaman bahasa tersebut. Kamu akan melihat daftar sub-proyek yang dapat juga kamu terjemahkan. Dalam kondisi ini, silahkan pilih saja versi stabil, klik pada judul. Akan muncul tampilan dari file proyek yang kamu pilih, gulir ke bawah untuk pilihan ekspor. Kemudian klik ekspor untuk file berektensi *.mo untuk digunakan di website kamu. Setelah klik “Export” file *.mo akan terdownloadn ke kompjuter kamu. File yang terdownload biasanya akan memiliki nama “wp-plugins-woocommerce-stable-id.mo”. Sebelum Upload ke hosting, silahkan ubah nama file menjadi woocommerce-BAHASAMU.mo (misalnya, Indonesia menjadi id_ID), jadi nanti nama filenya berubah menjadi “woocommerce-id_ID.mo” dan upload ke folder wp-content / language / woocommerce /.

Upload file *.mo ke Hosting Website

Langkah panduan ini digunakan pada hosting yang memakai cpanel. Untuk langkah awal, silahkan masuk ke akun cpanel hosting kamu melalui link http://namadomainkamu.com/cpanel Kamu akan memasuki halaman depan yang penuh dengan icon-icon menu, cukup pilih icon menu “File Manager”. Kamu akan memasuki halaman “File Manager” yang mirip seperti halaman “Windows Explorer” di komputermu jika kamu memakai sistem operasi Windows. Pada bagian ini silahkan klik folder “Public html >> wp-content >> languages”. Di dalam folder “languages” hanya ada 2 folder yaitu folder “plugins” dan “themes”, buatlah sebuah folder baru dengan nama “woocommerce”. Pilih menu “New Folder” untuk membuat folder baru di dalam folder “languages” ketik nama folder “woocommerce” Jika folder “woocommerce” sudah dibuat, klik pada folder “woocommerce” untuk membuka folder dan pilih menu “Upload” untuk meng-upload file *.mo yang tadi sudah kita download ke dalam hosting website kamu. File “wp-plugins-woocommerce-stable-id.mo” sudah berada dalam folder “woocommerce” kamu. Jika tadi kamu belum sempat mengganti nama file tersebut, silahkan ganti nama filenya menjadi “woocommerce-id_ID.mo” Selesai, toko online kamu sekarang sudah memakai bahasa Indonesia. Silahkan masuk ke dashboard website kamu untuk mencek perubahan bahasanya.

Catatan : Translate Bahasa Indonesia saat ini masih 66 %, jadi di toko online anda masih tercampur-campur dengan Bahasa Inggris.

Terutama jika anda menggunakan themes wordpress khusus untuk woocommerce (themes premium) maka toko online anda masih terdapat banyak istilah bahasa inggris.

Anda bisa mendapatkan file translate 100 % Bahasa Indonesia yang dimiliki oleh Mbah WP, silahkan baca caranya di bagian akhir artikel ini.

Agar toko onlinemu bisa menghasilkan banyak penjualan, jangan lupa untuk membaca panduan berikut ini :

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan bantu share ya.

WooCommerce 100% Bahasa Indonesia

File : *.mo dan *.po 

Bahasa Indonesia 100 % translate untuk plugin WooCommerce (Bahasa Indonesia EYD Versi. MbahWP)

Upgrade : Seumur hidup

Hai, seperti kita ketahui bersama versi translate Bahasa Indonesia dari WooCommerce masih 66%, itu sebabnya jika anda membuka dashboard woocommerce, masih terdapat bahasa Inggris yang tercampur dengan Bahasa Indonesia.

Di sini Mbah WP menawarkan file *.mo dan *.po yang sudah saya translate 100% ke Bahasa Indonesia agar toko online anda semakin mudah dipahamai oleh pengunjung.

File *.mo dan *.po dari saya juga akan selalu update seumur hidup, jika ada release file translate versi terbaru dan untuk upgrade file juga gratis.

Saya juga akan memandu anda (gratis) langsung proses mengubah bahasa woocommerce dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia jika anda masih kesulitan dalam menjalankan panduan ini.

Untuk file translate WooCommerce 100 % Bahasa Indonesia, Anda hanya perlu mengganti uang kopi saya sebesar Rp. 100.000 saja (sudah termasuk konsul pemanduan sampai toko online anda berhasil berubah menjadi bahasa Indonesia).

Atau, anda juga ingin mengganti bahasa sesuai dengan selera anda sendiri ? Boleh langsung hubungi saya saja.

Jangan takut, garansi 100 % uang kembali jika tidak berhasil.

Baik, langsung aja klik tombol chat via whatsapp di bawah ini untuk memesan jasa saya :

Pemesanan via sms : 0899-2752-111

Pin BBM : D775FA13

Catatan :

  1. File download dilindungi oleh PASSWORD yang hanya bisa anda dapatkan dengan memesan jasa ini.
  2. Jika anda menggunakan themes premium khusus untuk woocommerce, maka kemungkinan toko anda akan ada bahasa tambahan dari themes ke toko online anda. Jadi, supaya toko online anda 100 % Bahasa Indonesia maka themes anda juga harus di translate, jika ada request translate themes woocommerce maka akan dikenakan biaya Rp. 50.000.

 

 

 

11 KOMENTAR

  1. Allhamdulillah… Bisa euy, dari tadi ga bisa-bisa ternyata salah yang di ekspor, bukan .mo tapi .po hehehehe…
    makasih banyak om

    • Selamat siang mas Rian, oh..ya ? saya test di 3 blog yang saya kelola menggunakan woocommerce yang di upload ke cpanel itu justru harus yang .mo, ketika saya upload hanya file .po dan hapus file .mo tokonya jadi error.

      Saya coba hapus file .po dan upload file .mo, toko kembali normal dan terjemahannya berhasil. Soalnya setahu saya juga file .mo adalah file .modifikasi (hasil terjemahan), sementara file .po adalah file project (untuk diterjemahkan).

      Setelah file .po nya di terjemahkan, maka akan muncul file .mo sebagai hasil terjemahan dan file inilah yang harus diupload ke cpanel.

      Tapi untuk amannya memang upload dua-duanya aja ya 🙂

      Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here