Cara Reset Password User & Admin WordPress Dari phpMyAdmin

0
42

Anda lupa password login WordPress ? Tidak berhasil reset password secara manual ? ada cara lain reset password user & Admin langsung di database WordPress Anda menggunakan phpMyAdmin.

Pada artikel ini, kita akan belajar cara mereset password WordPress dengan mudah dari phpMyAdmin.

Mengapa Reset Password WordPress dari phpMyAdmin?

Sebenarnya, jika password hilang atau lupa, sangat mudah untuk memulihkan password yang hilang. Cukup membuka layar login website WordPress Anda dan klik tautan ‘Lupa sandi Anda?’.

Ketika mengklik tautan tersebut, Anda akan dibawa ke halaman pengaturan ulang kata sandi. Setelah memasukkan nama pengguna atau alamat email, WordPress akan mengirimkan tautan pengaturan ulang password ke alamat email terkait.

Baca juga, Cara Memperbaiki Masalah WordPress Tidak Dapat Mengirim Email.

Namun, jika Anda tidak memiliki akses ke alamat email itu, atau website WordPress Anda gagal mengirim email, maka Anda tidak akan dapat mengatur ulang password.

Dalam kondisi seperti itu, maka untuk mengatur ulang password WordPress Anda harus langsung ke database.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan phpMyAdmin.

Karena itu, mari kita lihat bagaimana cara reset password WordPress dari phpMyAdmin.

Cara Reset Password WordPress Dari PhpMyAdmin

Pertama, silahkan masuk ke dasbor cPanel dari akun hosting WordPress Anda. Selanjutnya, pilih menu Database di mana Anda dapat mengklik ikon phpMyAdmin.

Aplikasi phpMyAdmin akan muncul, selanjutnya pilih database dari website WordPress Anda.

Anda akan melihat daftar tabel di database WordPress Anda. Cari tabel dengan nama wp_users (sesuai dengan nama table prefix) dalam daftar ini dan klik tautan Browse di sebelahnya.

Catatan: Nama tabel di database WordPress Anda mungkin memiliki awalan yang berbeda dari yang tampil di layer ini. Nama awalan tabel akan berbeda sesuai dengan pengaturan table_prefix website Anda.

Anda sekarang akan melihat baris di tabel pengguna WordPress. Silakan dan klik tombol edit di sebelah nama pengguna yang passwordnya ingin Anda ubah.

PhpMyAdmin akan menampilkan formulir dengan kolom yang berisi informasi pengguna WordPress.

Silahkan hapus nilai di kolom user_pass dan menggantinya dengan password baru Anda. Di bawah kolom fungsi, pilih MD5 dari menu drop-down dan kemudian klik tombol Go di bagian bawah formulir.

Password Anda akan dienkripsi menggunakan hash MD5 dan kemudian akan disimpan dalam database.

Selamat! Anda telah berhasil mengubah password WordPress menggunakan phpMyAdmin.

Anda mungkin bertanya mengapa memilih hash MD5 untuk mengenkripsi kata sandi. WordPress sebelumnya menggunakan hash MD5 untuk mengenkripsi kata sandi, tetapi sejak WordPress 2.5 telah menggunakan teknologi enkripsi yang lebih kuat.

Namun, WordPress masih mengenali MD5 untuk menyediakan kompatibilitas terdahulu. Segera setelah Anda membuat password yang disimpan sebagai hash MD5, WordPress secara otomatis akan mengubahnya menggunakan algoritma enkripsi yang lebih baru.

Semoga tutorial ini membantu Anda mempelajari cara reset password WordPress dari phpMyAdmin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.