Apakah kamu kehabisan ide untuk membuat postingan di blog? Trus, ngak yakin dengan jenis postingan blog yang harus kamu tulis? Jangan khawatir. Pada artikel ini, kita akan membahas 32 jenis posting blog yang terbukti sukses, sehingga kamu ngak akan pernah kehabisan ide ketika posting blog lagi.

  1. Tutorial dan Panduan “Bagaimana cara….”

Tutorial dan Panduan :”Bagaimana cara….” Adalah jenis postingan blog yang paling sederhana yang bisa kamu buat. Membuat postingan seperti ini menjadi mudah karena melibatkan hal-hal yang akrab dengan layanan dan produk yang kamu tawarkan.

Hal yang paling penting ketika membuat postingan “Bagaimana cara….” adalah dengan memecah panduan kamu ke dalam langkah-langkah kecil dan menjadi istilah sederhana.

Jangan menganggap pembaca kamu sudah paham dengan apa yang mereka lakukan – ini panduan, ingat?

Pikirkan tentang layanan terbaru kamu, dan kamu mungkin dapat menemukan beberapa ide-ide hebat untuk menulis panduan.

  1. Berita Industri Terbaru

Kamu juga pasti memiliki rutinitas di pagi hari, sama seperti yang mbah lakukan. Kamu membaca berita online dan menemukan tren terbaru dalam industri yang sesuai dengan blogmu. Mengapa ngak membuat postingan blog sesuai dengan rutinitas pagi kamu?

Cari beberapa peristiwa terbaru dalam industri yang kamu bahas dalam blog dan buat lah ulasan tentang tren ini. Kamu bahkan boleh membuat link ke artikel berita tersebut jika kamu merasa itu adalah tepat.

Yang penting adalah bahwa kamu bisa menambahkan “bumbu” untuk ulasan itu (pendapat, kritik, dll).

Kamu akan memiliki postingan blog baru hanya dalam beberapa menit!

  1. Peristiwa

Serupa dengan jenis posting di atas, namun yang satu ini lebih asli. Bacaan apa yang kamu nikmati ? Apa yang menarik penglihatanmu ? Apa yang kamu bicarakan dengan teman-temanmu ? Tuliskanlah tentang hal itu !

Berita selalu terjadi, mulai dari film Marvel terbaru sampai dengan teroris yang membajak pesawat Rusia. Orang-orang biasanya mencari informasi yang lebih dalam lagi terhadap peristiwa besar yang sedang terjadi.

Dengan memposting pendapatmu tentang peristiwa yang saat ini terjadi bisa saja menjadi viral dan sensasi di dunia maya !

Akan lebih baik jika kamu dapat mengaitkan peristiwa yang terjadi saat ini dengan produk atau layanan kamu.

  1. Subyek Kontroversial

Jenis postingan blog ini sangat menyenagkan untuk ditulis, tapi ingat untuk menjadi bijaksana. Kontroversi selalu menjadi berita – lihatlah berita lokal, mereka selalu melaporkan kontroversi yang berbeda!

Kamu hanya perlu mencari tahu berita kontroversi yang sesuai dengan minat kamu, dan bagaimana kamu dapat menambah percakapan, ide atau pendapat di dalamnya. Pastikan untuk menggunakan kata kunci pada sekitar bahasan kontroversi.

Mac vs PC, MailChimp vs aweber,  dll adalah beberapa ide dasar.

Jika kamu membahas kontroversi yang sangat emosional, kamu harus berhati-hati dan memilih kata-kata dengan bijaksana, supaya nanti kamu ngak jadi seperti Buni Yani.

  1. Daftar Checklist Kebutuhan : Apakah Kamu memiliki semua yang kamu butuhkan untuk ____?

Checklist sangat sederhana untuk dibuat. Kamu mungkin bisa membuat daftar seperti daftar belanjaan, daftar persediaan, daftar apa yang harus dikerjakan, dll

Yang harus kamu lakukan adalah mengambil konsep yang sama dan menerapkannya ke industri atau blog yang kamu jalankan.

Jika blog kamu membahas tentang real estate, buatlah daftar kebutuhan untuk membangun rumah.

Jika blog kamu membahas fotografi, tuliskan daftar kebutuhan untuk menjalankan sebuah sesi pemotretan pra-wedding.

Agar daftar kamu lebih sempurna, buatlah beberapa tugas umum dan pecah menjadi beberapa daftar pendek , dan item untuk ditindaklanjuti.

Selanjutnya kamu dapat berbagi daftar itu untuk membantu orang lain memulai sebuah pekerjaan.

  1. Listicles

Siapa yang ngak suka daftar ? Daftar artikel adalah yang paling umum di bagikan di internet. Kamu dapat membuat daftar apa saja.

Mungkin daftar tempat-tempat nongkrong favorit kamu untuk makan atau daftar buku bacaan yang kamu sukai, atau aplikasi web favorit kamu. Kemungkinannya tak terbatas.

Artikel ini adalah contoh dari sebuah listicle.

  1. Infografis

Daftar yang kamu buat, bisa dijadikan infografik, segala sesuatu yang bisa kamu pikirkan dapat dibuat menjadi sebuah infografis. Orang-orang sangat suka dengan infografis.

Semakin profesional grafis yang kamu buat, semakin baik, kamu masih dapat membuat infografis yang luar biasa dengan PowerPoint. Kuncinya beri penjelasan kepada pembaca melalui infografis yang kamu sajikan.

Jika kamu ngak paham memakai Photoshop atau coreldraw, peralatan online seperti Canva, Piktochart, dan Visage juga sangat bermanfaat untuk membuat infografis yang indah.

  1. Studi Kasus

Orang-orang biasanya suka mendengar kisah sukses dan belajar tentang apa yang terjadi di balik layar. Studi kasus adalah salah satu postingan yang cukup mudah untuk ditulis dan sangat bagus untuk menjadi bukti sosial.

Lihatlah daftar pelangganmu dan tentukan mana yang telah berhasil menggunakan produkmu.

Email pelanggan terbaik kamu, berbicaralah dengan mereka bagiaman mereka telah menggunakan produk atau layanan kamu untuk meningkatkan bisnis mereka, dan kemudian bagikan studi kasus ini di blogmu.

Kamu akan kagum bagaimana satu postingan studi kasus dapat menginspirasi dan menarik ribuan pelanggan baru.

  1. Profil

Seperti studi kasus, kamu dapat menulis postingan profil tentang siapa pun. Kamu dapat menulis postingan profil tentang pemimpin sebuah industri, pelanggan kamu, atau seseorang yang terkenal dalam industri yang sedang kamu bahas.

Pasca Profil harus memberikan beberapa informasi biografis tentang orang tersebut dan link di mana pembaca dapat menemukan lebih banyak tentang profil yang anda bahas.

Kamu juga bisa menjelaskan mengapa kamu memilih untuk menulis sebuah artikel tentang orang ini, kamu juga harus menambahkan beberapa fakta yang ngak diketahui oleh orang banyak sehingga postingan  kamu menjadi berbeda dari sumber lainnya.

  1. Wawancara

Kamu dapat melakukan wawancara dalam hitungan menit. Siapa orang penting di bidang yang kamu minati yang kamu yakini dapat memicu minat pembacamu ?

Diskusikan dengan orang ini peristiwa atau trend yang ada saat ini atau korek informasi tentang ide-ide mereka yang akan mereka terapkan dalam industry yang kamu bahas. Tujuannya di sini bukan hanya sekedar sebuah wawancara, tetapi untuk membicarakan hal-hal yang ingin diketahui dan bisa menambah ilmu dari pembacamu.

Wawancara ini bisa berupa ilmu bisnis, pelajaran yang telah mereka pelajari, berbagi keahlian mereka, dll

  1. Saran dari Ahli

Yang satu ini mirip dengan wawancara, tapi itu jauh lebih mudah untuk dikompilasi dan dan berpeluang besar untuk menjadi viral. Mengapa?

Karena jenis ini adalah kombinasi dari Listicles dan Wawancara. Kamu bisa mengirimkan beberapa pesan kepada beberapa ahli dengan pertanyaan (melalui email, twitter, atau media sosial lain).

Ajukan satu buah pertanyaan saja, itu jauh lebih mudah untuk dijawab, terutama bagi orang-orang sibuk.

Kemudian kamu dapat mengumpulkan semua saran yang kamu dapatkan dari beberapa ahli menjadi satu postingan.

  1. Ulasan

Semua orang pasti mencari ulasan sebelum membeli sebuah barang. PAda masa ini, semua orang melakukannya. Jadi mengapa ngak menulis review untuk gadget atau sebuah product yang baru kamu beli ?

Luangkan beberapa menit, tuliskan pro dan kontra dari produk yang kamu beli, dan memberikan rekomendasimu. Meskipun kelihatnnya bukan pekerjaan susah, tapi dampaknya sangat luar biasa, jenis postingan ini bisa mendatangkan banyak traffic ke blog kamu.

  1. Perbandingan

Setelah kamu membuat sebuah postingan berisi ulasan, kamu dapat melanjutkannyua dengan postingan perbandingan. Pikirkan beberapa alternatif yang bisa bekerja untuk tugas yang sama dan sampaikan pendapatmu mengenai perbandingan kedua produk tersebut.

Dengan gaya yang sama dengan ulasan. Kamu dapat memberikan perbandingan terhadap sekelompok produk, apa kekurangan dan kelebihan masing-masing produk.

Kamu juga dapat menggabungkan perbandingan dan Infografik agar lebih menarik.

  1. Video Blog

Video blog, atau “vlogging”, menjadi lebih populer hari ini. Video blog member kesan wah dalam membahas banyak konten dengan usaha yang relatif kecil.

Daripada menghabiskan waktu menulis sebuah posting blog, menggunakan format khusus, menambahkan gambar, dll, kamu dapat mengatur webcam dan merekam isi pikiranmu dengan berbicara di depan kamera.

  1. MP3

Jika kamu ingin memberi sesuatu yang lebih pada websitemu, tetapi ngak suka membuat video, maka kamu bisa mempertimbangkan podcasting. Kamu dapat memulai dengan merekam MP3 untuk membagi  tentang apa yang sedang kamu pikirkan.

  1. Sumber Daya

Semua orang suka untuk mencari tahu cara terbaik untuk melakukan sesuatu. Pembaca blog kamu juga ngak berbeda, jadi bantulah mereka untuk menyelesaikan masalah mereka.

Apakah itu berupa peralatan online, software, buku, website, apa pun itu yang bisa membantu memecahkan masalah pembaca blogmu, susunlah daftar sumber daya dan bagikan kepada pembacamu.

Tapi pastikan untuk memberi mereka lebih dari sekedar nama sumber daya. Sangat penting untuk menjelaskan mengapa kamu merekomendasikan peralatan atau sumber daya itu.

  1. Masalah dan Solusi

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa stasiun berita selalu berbicara tentang sesuatu yang salah ? Karena konflik dan masalah selalu menarik perhatian orang banyak.

Tapi dalam hal ini, kamu dapat menyoroti masalah di mana kamu memiliki solusinya.

Katakanlah kamu menjalankan sebuah blog besar dengan lebih dari 1.000 pengunjung. Pertimbangkan untuk menulis posting blog tentang bagaimana kamu meningkatkan SEO blogmu untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas pengunjung.

  1. Membagikan apa yang orang lain katakan

Sering kali orang terjebak mencoba untuk menulis konten baru padahal kamu bisa menulis postingan dengan cara mengumpulkan hasil diskusi tentang sebuah topic dalam sebuah forum.

Menjelajahi beberapa blog dan forum, dengarkan mendengarkan beberapa podcast atau video di youtube. Kemudian tuliskan semua kutipan favoritmu, ide-ide, dan topik yang kamu tangkap ke dalam sebuah postingan blog dan bagikan postingan yang kamu kutip untuk dinikmati oleh pembacamu.

  1. Sekilas “Di balik Layar”

Para pemula dalam dunia industri atau lapangan pekerjaan ingin menjadi seperti idola mereka. Jika kamu seorang penggemar bola kaki, kamu ingin menjadi seperti David Beckham. Jika kamu penggemar teknologi, kamu ingin menjadi seperti Steve Jobs. Kita semua ingin tahu bagaimana mereka mencapai hal-hal besar yang mereka lakukan.

Untuk postingan ini, bagikan rutinitas harian atau mingguanmu dengan orang-orang. Biarkan mereka melihat “di balik layar” ke dalam kehidupan nyata dari bisnismu. Kamu ngak harus berbagi “rahasia perusahaan” atau apa pun hal yang penting.

Idenya adalah untuk membiarkan orang melihat bayangan dari pekerjaanmu melalui postingan blog.

  1. Cerita Inspiratif

Jika kontroversi menjual, begitu juga inspirasi. Bagikan beberapa kabar baik yang menginspirasi. Bagikan tentang terobosan besar dari usaha yang sedang kamu jalankan. Bicarakan tentang bagaimana kakekmu menginspirasi kamu ketika memulai usahamu.

Kisah inspiratif dan penuh harapan bisa menjadi viral karena orang-orang ingin mengalaminya sendiri.

Jadi bagikan cerita yang berisi tentang harapan dan mengilhami orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Keberhasilan yang kamu raih adalah contoh cerita yang perlu diberitahu.

  1. Postingan Parodi

Postingan parodi mirip dengan postingan lucu tetapi lebih terfokus pada membahas sesutau yang sesuai dengan topic dari blog kamu kemudian membuatnya ke dalam bentuk komedi.

Jadi bisa saja kamu membahas sesuatu topic serius yang sesuai dengan topic blog kamu dan menyisipkan beberapa komedi untuk menghibur pembaca.

  1. Postingan Lucu

Postingan lucu ini ngak perlu berhubungan dengan topic blog normal kamu. Yang satu ini adalah murni untuk bersenang-senang.

Apakah postingan diisi dengan sarkasme, atau ironi, pertimbangkan untuk menulis postingan parodi dan membuat orang tersenyum.

  1. Kuis

Kita semua menikmati kuis, terutama jika kita dapat membandingkan hasil yang kita dapatkan  kepada orang lain. Itu membuat kita merasa lebih pintar. Jadi, buatlah kuis untuk menyenangkan pembacamu.

Jangan lupa untuk menambahkan tombol berbagi ke sosial media ke bagian bawah hasil kuis kamu agar orang lain melihat dan bergabung.

  1. Survei dan Jajak Pendapat

Survei dan jajak pendapat seperti kuis, tetapi lebih untuk keuntunganmu daripada menguji pengetahuan pembacamu. Kamu dapat memberikan survei dan polling kepada pembaca blogmju untuk mencari tahu apa saja pendapat mereka tentang produkmu, untuk mendapatkan ide baru untuk blogmu, dan banyak lagi.

  1. Berita Lokal (Non-Bisnis)

Postingan menyenangkan lainnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah menulis tentang berita lokal di daerahmu.

Jenis posting ini dapat sangat membantu jika kamu menjalankan bisnis yang bekerja di masyarakat itu.

Bahkan jika kamu menjalankan sebuah blog berisi panduan, postingan ini dapat menunjukkan kepada pembacamu bahwa kamu mem-bumi dan terlibat dengan komunitasmu, yang dapat membantu orang lebih berhubungan dengan kamu.

  1. Presentasi dan SlideShare

Seperti postingan berisi infographic, kamu dapat membuat presentasi dengan PowerPoint atau SlideShare tentang minatmu.

  1. Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

pMembuat portingan berupa pertanyaan yang sering diajukan juga bagus karena ada kemungkinan bahwa pembaca kamu sudah meng-google suatu istilah dengan harapan mendapatkan jawaban.

Kamu bisa menulis satu posting yang panjang menjawab semua pertanyaan yang sering diajukan.

  1. Twitter Posts

Jelajahi  Twittersphere dan lihat apa yang populer. Kamu dapat mengutip tweet populer dan memberikan komentar pada kutipan ini.

Apakah kamu mengutip tweets dari idolamu, pengikut paling setia, atau orang-orang secara acak yang memposting di Twitter, kamu dapat membuat sebuah postingan blog dalam hitungan menit.

29. Postingan (Bagaimana Cara) Menghemat Waktu

Ngak ada yang suka membuang-buang waktu. “Waktu adalah uang”. Itu sebabnya, banyak orang mencari car-cara untuk manajemen waktu.

Kamu bisa membuat postingan bagaimana caranya untuk manajemen waktu, bagaimana membuat sebuah pertemuan yang tidak bertele-tele dll.

  1. Guest Blogger

Jika kamu buntuk dan tidak memiliki ide-ide baru , maka kamu bisa untuk mempertimbangkan guess blogger.

Buat undangan bagi para blogger lainnya dan tanyakan apakah mereka bersedia untuk menjadi penulis tamu di blog kamu.

  1. Debat

Buat postingan berisi debat, Apple lebih bagus daripada Android ! atau banyak contoh topic postingan lainnya.

Kamu dapat berperan menjadi pihak yang kontra memperamai perdebatan, atau juga bisa sebaliknya.

  1. Mitos vs Fakta

Mitos vs Fakta adalah postingan yang menarik untuk dibuat. Buatlah postingan tentang  mitos yang paling umum yang pernah kamu dengar dan memperbaikinya dengan menyodorkan fakta-fakta.

Jika kamu jago dalam pembuatan grafis, posatingan jenis ini akan semakin menarik dan mengundang banyak perhatian.

Mbah harap kamu bisa mendapatkan inspirasi dari 32 jenis posting blog yang terbukti sukses ini. Jika kamu tertarik dengan artikel ini, pertimbangkan untuk berbagi dengan teman-temanmu di media sosial, dan jangan lupa untuk mengikuti mbahwp di Twitter dan Facebook.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here