Instagram memungkinkan Anda untuk memposting beberapa jenis konten, termasuk foto, video, dan Cerita.

Baiklah, saya anggap Anda sudah punya akun di Instagram. Sekarang saatnya untuk memposting konten yang luar biasa.

Namun banyak orang yang salah sangka ketika menggunakan instagram, terutama akun bisnis. Begitu membuat akun mereka langsung memposting barang dagangan mereka sebanyak-banyaknya.

Anda harus bisa membedakan antara market place seperti bukalapak, lazada dan media sosial.

Meskipun tujuan Anda menggunakan Instagram untuk berjualan, namun Anda harus paham bahwa orang-orang yang menggunakan Instagram untuk melakukan komunikasi, tindakan Anda memborbardir akun Anda dengan barang jualan tentu akan membuat orang-orang ill-fill…

Nah..untuk menarik minat banyak orang dan menciptakan komunikasi yang aktif, dan mendapat banyak like, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat konten seperti berikut ini :

Panduan Belajar Server VPS
2019 (C) Mbah WP.
Mau belajar server agar Web & Toko Online Anda aman, kuat, cepat dan optimal ?
Atau, mau belajar server untuk mendapatkan penghasilan dari Dunia Online ?

Postingan Gambar

Postingan paling umum di Instagram adalah posting gambar. Saat memposting gambar, usahakan untuk memposting foto yang bervariasi.

Variasi foto akan menunjukkan bahwa produk Anda beragam dan melibatkan pengikut Anda untuk berkomentar dari banyak sisi.

Penting juga untuk diingat bahwa pengguna Instagram ingin melihat sesuatu yang asli dari  produk Anda, bukan iklan produk yang terang-terangan.

Cobalah untuk mem-foto kebiasaan, suasana, gaya hidup di toko, perusahaan atau tempat kerja Anda.

Sajikan gambar seperti apa yang terjadi di belakang layar terkait produk Anda.

Hindari memposting terlalu banyak foto produk hanya untuk tujuan promosi yang terang-terangan.

Contoh yang baik adalah akun Instagram Nike. Di dalam akun mereka terdapat foto-foto produk, tetapi mayoritas menunjukkan foto atlet, konser, dan jenis konten lainnya yang mempromosikan kepribadian merek Nike.

Saat Anda mulai menjelajahi Instagram, Anda akan melihat ada banyak jenis gambar yang dapat Anda poskan ke akun Anda.

Jadilah kreatif! Catat konsep atau gaya apa pun yang menurut Anda cocok untuk merek Anda.

Postingan di Balik Layar

Postingan jenis ini menyajikan sekilas seperti apa isi bagian dalam bisnis yang sedang Anda jalankan, yang biasanya tidak diketahui oleh orang-orang.

Jika Anda bergerak dalam bisnis kuliner, Anda bisa posting kegiatan di dapur Anda ketika proses pembuatan menu-menu makanan di bisnis Anda.

Jika Anda dalam bisnis transportasi (rental untuk kegiatan wisata), Anda bisa posting kegiatan di bengkel atau ketika sedang menyiapkan peralatan transportasi sebelum berangkat kerja.

Sangat penting agar foto yang Anda sajikan terlihat asli, natural bukan settingan atau akting – originalitas adalah kuncinya.

Contoh: Aeronaut Brewing Company memperlihatkan bagaimana dan seperti apa karyawan mereka ketika sedang bekerja.

Postingan Reposts

Konten hebat bisa saja ada di depan mata kita … jika Anda punya karyawan atau pekerja, Anda bisa merepost foto dari akun Instagram mereka. (Jangan lupa untuk memberi tag atau kredit pemilik gambar asli.)

Mem-posting ulang foto dari karyawan/pekerja Anda adalah cara mudah untuk membuat konten otentik dan memanusiakan bisnis Anda.

Tidak hanya memancing komunikasi dengan pengikut Anda terhadap bisnis Anda, tetapi mereka juga akan mulai “terikat” dengan pekerja Anda.

Contoh: Fenway Park sering memposting ulang gambar yang dibagikan oleh kru lapangan saat mereka mempersiapkan stadion.

Postingan Pendidikan

Postingan bersifat edukasi menawarkan kiat-kiat ringan untuk melakukan atau membuat sesuatu. Foto atau video biasanya menyajikan instruksi cara yang cepat dan mudah diikuti.

Contoh: Seri video Tasty Recipe yang populer dari Buzzfeed sangat mendidik, sangat menghibur dan mudah ditiru.

Postingan Influencer

Postingan influencer adalah postingan yang menggunakan ketenaran selebritas atau tokoh publik terkenal untuk mempromosikan produk/merek Anda.

Postingan ini sering menyertakan visual influencer yang menggunakan atau berinteraksi dengan produk Anda.

Salah satu manfaat utama dari posting influencer adalah untuk mendapatkan perhatian audiens lain.

Contoh: Goal Zero memposting gambar pemanjat tebing sekaligus fotografer terkenal Alex Honnold menggunakan salah satu stasiun pengisian tenaga surya. Goal Zero tidak hanya menjangkau pengikutnya sendiri, tetapi juga menjangkau pengikut Alex Honnold di Instagram yang berjumlah 500.000 lebih.

Postingan Motivasi

Postingan motivasi memadukan gambar sederhana dengan latar belakang kutipan atau teks yang membangkitkan semangat. Postingan ini bertujuan untuk mendorong semangat pengikut Anda dan memperkuat nilai merek Anda.

Meskipun efektif, cobalah untuk tidak terlalu sering membuat postingan seperti ini untuk menghindari terlihat tidak kreatif.

Contoh: Foundr sering berbagi pos motivasi untuk memberi semangat kepada pengikutnya, pengusaha, pemilik usaha kecil, dan marketer.

Postingan ini juga sejalan dengan misi mereka sebagai perusahaan media bisnis.

Konten Buatan Pengguna

Mirip dengan repost konten karyawan, konten yang dibuat pengguna adalah konten berasal dari pengikut Anda. Postingan Anda yang ditanda dengan hastag merek produk Anda adalah sumber yang bagus untuk direpost.

Membagikan ulang foto pengikut Anda tidak hanya terasa menyenangkan, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda benar-benar perhatian dengan pengikut Anda.

Pastikan untuk memberi kredit pada postingan asli dengan menggunakan tag atau dalam keterangan.

Contoh: WeWork melakukan kampanye #DogsOfWeWork tahunan. Meskipun WeWork tidak memposting ulang setiap gambar yang ditandai, kampanye mereka membantu menciptakan jangkauan dan keterlibatan yang luas.

Trending Postingan Liburan

Yup, saat ini banyak sekali postingan bertema liburan yang sangat menarik untuk dilihat. Tidak harus foto-foto liburan, acara seperti Hari Besar Nasional juga bisa Anda posting di akun Anda dan menghasilkan banyak keterlibatan di media sosial.

Anda dapat bergabung dalam merayakan hari besar dengan berpartisipasi dengan kegiatan hari besar lokal, nasional, atau dunia. Seperti panjat pinang, lomba makan kerupuk dsb.

 

Nah..itu dia beberapa jenis postingan yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk mengisi akun Instagram Anda.

Dengan menyajikan foto yang tepat, maka Anda akan mengundang komunikasi dengan pengikut Anda, tentu juga dapat like yang melimpah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.