Pernahkah ngak kamu bertanya-tanya bagaimana membuat struktur URL SEO friendly di WordPress? Bagi pengguna WordPress yang baru, ini merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

Dulu sekali, settingan awal struktur URL WordPress sama sekali ngak SEO friendly. Namun itu sudah berubah sekarang. Pada artikel ini, mbah akan menjelaskan URL WordPress yang SEO friendly, dan bagaimana kamu dapat mengatur permalinks WordPressmu.

Apa yang dimaksud dengan URL SEO Friendly?

Sebelumnya kamu perlu tahu, apa sih pentingnya permalink ini ? mengapa kita harus membuatnya menjadi SEO Friendly ?

URL yang SEO Friendly haruslah berisi kata kunci yang terkait dengan isi artikel, URL ini mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari. URL yang SEO friendly juga akan meningkatkan kesempatan blogmu untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.

Contoh URL yang SEO friendly :

http://mbahwp.com/ide-konten/

Lalu, seperti apa URL yang tidak ramah terhadap SEO ?

http://mbahwp.com/?p=10468

Secara default, WordPress sekarang secara otomatis menggunakan judul artikel sebagai URL yang merupakan struktur URL yang paling ramah terhadap SEO.

Jadi, mengapa para pemula masih bertanya struktur permalink yang terbaik?

Itu sebenarnya karena cerita masa lalu, dulu WordPress ngak menggunakan URL yang cantik yang sekarang dikenal sebagai permalinks. Secara ototmatis, dulunya wordpress menggunakan struktur URL yang tidak ramah kepada SEO seperti contoh diatas.

Tapi semuanya berubah sejak WordPress versi 4.2. Jika kamu baru saja menginstal WordPress terbaru saat ini, maka URL situs kamu sudah SEO friendly.

Kamu dapat dengan mudah memverifikasi pengaturan permalinkmu di admin area WordPressmu.

Penjelasan Cara Pengaturan Permalink di Halaman Pengaturan

Pada WordPress, link disebut juga dengan permalinks (kependekan dari Permanent Link). Kamu akan melihat struktur permalink tetap dan struktur URL yang dapat diubah.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah untuk masuk ke halaman pengaturan Permalink di ruang admin WordPressmu.

Cukup klik pada link Pengaturan di menu admin dan kemudian klik Permalink. Kamu akan masuk ke dalam halaman yang terlihat seperti gambar berikut:

Seperti yang kamu lihat ada sejumlah pilihan yang tersedia.

Biasa

http://mbahwp.com/?p=10468

Tanggal dan nama

http://mbahwp.com/2016/01/22/sample-post/

Bulan dan nama

http://mbahwp.com/2016/01/sample-post/

Numerik

http://mbahwp.com/archives/123

Nama tulisan

http://mbahwp.com/sample-post/

Struktur tersuai

Pilih struktur URL yang kamu inginkan berdasarakan pilihan tag yang tersedia.

Mari, mbah akan jelaskan sedikit tentang pilihan ini , dan apa gunanya buat kamu dan SEO.

Pilihan pertama yang disebut biasa,  digunakan menjadi struktur URL WordPress default. Ini bukanlah pilihan struktur URL yang ramah SEO.

Hari dan nama agak SEO friendly karena memiliki judul artikel di dalam strukturnya. Namun, jika diikuti dengan tanggal, URL menjadi terlalu panjang.

Tapi yang terpenting adalah, setelah beberapa waktu, konten yang kamu posting akan kelihatan sudah ketinggalan zaman, karena pada struktur URL nya ada keterangan tanggal kapan konten tersebut dibuat, walaupun kamu selalu meng update artikel kamu secara teratur.

Demikian pula, pemakaian struktur bulan dan nama memiliki resiko yang sama.

Namun jika kamu seorang yang memposting berita dalam blogmu, maka kamu mungkin ingin memiliki URL yang menyertakan tanggal untuk menunjukkan bahwa berita yang kamu posting adalah yang terbaru.

Menurut pendapat mbah, kedua struktur URL itu, hanya bagus untuk website berita. Website bisnis harus menghindari struktur URL dengan model seperti ini, supaya kontennya dianggap selalu yang terbaru.

Nama tulisan adalah yang paling SEO friendly karena pendek dan cantik.

Jika kamu ingin menjalankan sebuah website dengan publikasi yang lebih besar, maka kamu dapat menggunakan struktur tersuai yang juga bisa SEO friendly.

Pada website mbahwp, Mbah menggunakan struktur permalink nama tulisan, karena memang website mbah tidak terlalu besar dan masih baru.

Untuk menggunakan struktur URL kustom, kamu akan perlu menambahkan tag khusus dalam kotak isian. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan:

/% Category% /% postname% /

Perhatikan bagaimana setiap tag diapit oleh tanda persen. Juga perhatikan garis miring sebelum dan sesudah, dan di antara tag.

Untuk hasil terbaik, mbah sarankan menggunakan opsi yang mbah sebutkan di atas. Kamu dapat meniru struktur URL seperti yang mbah sarankan, atau kalau mau simple ya pakai struktur nama tulisan saja.

Namun, masih banyak kombinasi lainnya, kamu bisa membuat beberapa kombinasi URL menggunakan tag berikut. Berikut adalah daftar tag yang dapat kamu modifikasi untuk membuat struktur URL kustom kamu sendiri:

  • %year% – Tahun dari konten, empat digit, misalnya 2016.
  • %monthnum% – Bulan dalam tahun, misalnya 05
  • %day% – Hari dalam bulan, misalnya 28
  • %hour% – Jam dalam hari, misalnya 15
  • %minute% – Menit dari jam, misalnya 43
  • %second% – Detik dari menit, misalnya 33
  • %postname% – URL Postingan sesuai judul artikel.
  •  %post_id% – menggunakan ID unik # postingan, misalnya 423
  • %category% – URL postingan sesuai kategori
  • %author% – URL postingan berdasarkan nama penulis.

Jangan lupa untuk mengklik tombol simpan perubahan setelah memilih struktur permalink yang kamu inginkan.

Segera setelah kamu klikn tombol simpan perubahan, WordPress secara otomatis akan memperbarui file .htaccess situsmu dan situsmu akan segera mulai menggunakan struktur URL baru.

Peringatan: Catatan Penting Untuk Website Yang Baru Dibangun.

Jika websitemu sudah berjalan selama lebih dari 6 bulan, maka jangan mengubah struktur permalinkmu.

Kamu ngak harus menggunakan struktur yang sama seperti yang mbah gunakan.

Dengan mengubah struktur permalinkmu pada situs yang sudah berjalan 6 bulan, kamu akan kehilangan semua jumlah share di media social dan kamu berisiko kehilangan peringkat SEO yang sudah kamu raih di mesin pencari.

Jika kamu memang harus mengubah struktur permalink websitemu, gunakan jasa profesional, sehingga mereka dapat mengatur pengalihan yang tepat. kamu masih akan kehilangan sejumlah share di media sosial atau mesin pencari, namun dengan resiko seminimal mungkin.

Kamu dapat mengubah struktur URL websitemu, hanya dan hanya jika websitemu  menggunakan struktur URL biasa, maka ngak peduli berapa lama website kamu sudah berjalan, kamu harus mengubah struktur URL websitemu agar menjadi SEO friendly.

Benar, kamu akan kehilangan sejumlah share di media sosial, namun manfaatnya jauh lebih besar daripada kamu tetap bertahan menggunakan struktur URL lama yang biasa.

Mbah harap artikel ini membantu kamu membuat struktur URL SEO friendly untuk website  WordPressmu.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here