Yup..selama bertahun-tahun melakukan bloging, mbah juga sama seperti kamu…selalu bertanya-tanya dalam hati.

“Bagaimana caranya untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke blog saya?”

Searching berbagai situs..belajar banyak hal SEO, SERP, goggle ads, media social..Cuma untuk mencapatkan cara bagaimana mendatangkan banyak pengunjung ke blog kamu…..

Coba teknik yang ini….coba teknik yang itu…

Sebagian ada yang berhasil…tapi banyak juga yang gagal…padahal teknik yang digunakan sama…dan kayaknya sudah dilakukan dengan benar deh !!!

Mengapa ? Apa yang salah ?

Awalnya mbah pikir mungkin tekniknya yang salah…atau mungkin mentor yang ngajarinnya yang payah….

Sebelum akhirnya mbah melihat lebih jauh lagi dan menyelidiki lebih cermat apa yang membuat teknik ini menghasilkan hasil yang berbeda antara satu blog dengan blog lainnya.

Apakah karena si blogger A lebih rajin dari si blogger B ? Apakah konten si A lebih bagus dari si B ? Apakah mereka bermain curang….apakah…apakah….?

Nah…menurut mbah pertanyaan yang paling tepat bagi blogger pemula untuk mendapatkan banyak pengunjung adalah seperti ini :

Pertanyaan Yang Harus Di jawab Seorang Blogger :

“Apakah blog kamu memang layak dan bisa untuk mendapatkan banyak pengunjung ? “

Lhaaa…maksudnya opo iki mbah…?

Apakah layak dan bisa ? Tentu saja bisa ! Setiap blog layak dan mampu mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Benar ?

Fakta sebenarnya … ternyata jawabannya adalah ngak. Banyak orang berpikir bahwa mereka bisa membangun blog yang populer ngak yang membahas topik apapun, tapi faktanya adalah Kamu ngak bisa.

Ngak usah terkejut dengan pernyataan mbah ini. Ini logis,  beberapa topik seperti olah raga jalan santai, atau tentang pengeboran minyak ngak bakalan pernah bisa menjadi bog yang populer.

Kebenaran Pahit Tentang Membuat Sebuah Blog Yang Populer

Setelah menjalankan beberapa blog dan bisnis online, mbah dengan yakin mengatakan bahwa hanya ada beberapa ratus topik saja yang bisa diterapkan dalam bentuk blog.

Contohnya, kamu pernah  memperhatikan berapa banyak blog yang membahas tentang hubungan social (keluarga, pacaran, suami istri dll) di dunia maya ?

Atau blog tentang internet marketing ?

Atau blog tentang kesehatan ?

Ada alasan yang pasti kenapa blog dengan jenis ini banyak bertebaran di dunia maya. Karena, Blogging akan bekerja sangat baik untuk jenis topik ini.

Tapi kamu ngak bakalan menemukan blog populer yang membahas tentang pensiun, pernikahan atau menjadi agen asuransi yang lebih baik.

Ngak akan pernah ada blogger  yang membahas hal tersebut dan menjadi populer.

Benar, ada jutaan orang yang tertarik dengan topik tersebut. Kamu akan berpikir bahwa jika kamu membangun topik dengan tema tersebut dan mempromosikan pada target yang benar, maka blogmu juga akan menjadi popular.

Tapi Kamu ngak bakalan bisa.

Ngak peduli seberapa keras Kamu bekerja. Ngak peduli seberapa pintar Kamu. Ngak peduli seberapa banyak jaringan social yang kamu punya.

Ngak mungkin bisa.

Baiklah, izinkan mbah menjelaskan mengapa bisa begitu…

Tujuh Tes Yang Harus Dilalui Oleh Setiap Blog

Mbah pernah meneliti blog apa yang berhasil dan gagal, dan mbah menemukan tujuh kriteria atau “tes” yang harus dilalui setiap blog sebelum menjadi sebuah blog yang populer.

Dan inilah masalahnya:

Untuk memiliki blog yang layak dan pantas, Kamu harus melewati ketujuh tes berikut, semuanya. Jika ngak bisa lolos satu saja, blog Kamu ngak akan pernah bisa berhasil jadi blog populer, ngak peduli seberapa keras Kamu mencobanya.

Jika kamu berhasil melewati tujuh tes ini, maka kamu hanya perlu menambahkan kerja keras agar blogmu menjadi popular.

Ini dia:

1. Ukuran. Sebagian besar blog populer mempunyai pasar sekitar minimal 5 juta orang. Dan itu minimal.

Sebagian besar blog top 100 mempunyai total pasar sekitar 200 juta orang atau lebih. Supaya jelas, ini bukan jumlah pembaca yang membaca blog mereka.

Tapi…kira-kira segitulah  jumlah pembaca yang diperebutkan, yang bisa mereka dapatkan jika setiap orang dengan topik tertentu tertarik untuk membaca blog mereka.

2. Usia. Sebagian besar pembaca blog berusia antara 30 dan 55 tahun.

Jika Kamu menargetkan pembaca yang lebih muda atau lebih tua di luar dari usia itu, seperti remaja  ABG atau anak kecil yang masih SD, maka ngak mungkin kamu bisa membangun blog yang populer, mengapa ….?

Ya karena orang dengan usia tersebut memang ngak suka dan ngak ngerti kalau baca blog.

3. Umur panjang. Karena blog mempublikasikan konten secara berkelanjutan, Kamu memerlukan pengunjung yang memiliki minat yang terus berlanjut.

Contoh idealnya adalah topik seperti pengelolaan keuangan pribadi atau media sosial yang pasti berubah sepanjang waktu, dan oleh karena itu orang ingin membacanya untuk seterusnya.

Jangan membuat blog dengan topik seperti perencanaan pernikahan atau kehamilan, karena orang hanya tertarik pada subjek tersebut selama beberapa bulan.

4. Bahasa. Kalau kamu ingin mendapatkan pengunjung yang lebih banyak lagi, maka kamu bisa pakai bahasa Inggris…tapi…ada tapinya….kalau kamu ngak bisa bahasa inggris ya mending gak usah, gunakan bahasa Indonesia saja kalau targetmu orang Indonesia.

Gimana kalau pakai bahasa daerah mbah….? Boleh tapi blog kamu ngak bakalan bisa populer. Artinya…gunakanlah bahasa yang memang dipahami oleh banyak orang…nah di dunia ini bahasa yang paling banyak di pahami itu bahasa Inggris…kalau di Indonesia ya bahasa Indonesia.

5. Jaringan. Bagi blog yang akan lepas landas, kamu membutuhkan pengunjung dan pengikut yang terhubung satu sama lain melalui media sosial.

Ibu-ibu dan para alay biasanya berkumpul di di Facebook, para pecinta makanan berkumpul di Pinterest atau Instagram, Blogger dan jurnalis biasanya nongkrong di Twitter.

Artinya, pengikut blog mu haruslah terdapat di salah satu media social sehingga mudah untuk dijangkau.

Jika pengikut topik blogmu ngak terdeteksi pada salah satu media sosial tertentu, maka kamu akan kesulitan mendapatkan pengunjung.

6. Infuencer. Jika topik blog yang kamu pilih layak atau tepat untuk mendatangkan pengunjung, maka kamu pasti akan menemukan orang-orang yang sudah terlebih dahulu membangun pengikut mereka sendiri terkait topik tersebut.

Bisa saja mereka adalah blogger, bisa saja youtuber, terkadang mereka adalah podcaster, bisa juga penulis terkenal mereka ini disebut influencer.

Intinya: dengan melakukan sedikit riset, Kamu dapat dengan mudah menemukan 5-10 pendahulu atau “pemimpin” yang sudah mendominasi ruang topik tersebut.

Jika kamu ngak menemukan pendahulu dalam topik blog yang kamu pilih, maka itu bukan kebetulan, itu tandanya memang ngak ada yang berminat dengan topik tersebut.

7. Minat. Yang terakhir namun yang paling penting, Kamu harus menyukai pengunjungmu dan menaruh minat pada mereka.

Dan ini adalah alasan utama dan nomor satu, blog bisa bertumbuh dengan cepat.

Setelah memiliki sejumlah kecil pengikut, para blogger meresa mereka ngak cocok berkomunikasi dengan pengunjung blog mereka, akhirnya ngeblog jadi ngak nyaman lagi,  menulis menjadi ngak menyenangkan lagi.

Intinya : pastikan Kamu menyukai orang-orang yang akan kamu jadikan peminat blogmu, karena kamu akan bergaul dengan mereka selama bertahun-tahun.

Gimana…? Sudah mulai pusing ?

Mbah bisa tebak, kemungkinan blog kamu gagal memenuhi paling tidak 1 dari tes ini.

Dan Kamu pasti tahu apa artinya…..

Yaa….jika blogmu ngak memenuhi criteria tes diatas, kamu sebaiknya belajar mengucapkan selamat tinggal…..

Setidaknya, jika kamu masih berharap untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung yang banyak ke blog kamu.

Kamu masih bisa lanjut menulis, tapi ngak akan pernah bisa menarik banyak pembaca kecuali kamu habiskan uangmu untuk membuat iklan, dan mbah rasa kamu ngak bersedia buang-buang uang untuk  hal seperti itu.

Nah….jangan sedih dulu cu….tetap ada berita baik buat kamu…

Kamu bisa membuat blog yang baru kapanpun kamu mau. Jika Kamu memilih topik yang tepat, Kamu mungkin akan terkejut dengan betapa cepatnya pertumbuhan blog kamu itu.

Karena begini, jika topik blog yang kamu pilih lolos seleksi tujuh tes diatas, maka proses pertumbuhannya akan sangat cepat sekali, lho…kok bisa ? ya karena peminatnya memang banyak.

Semua blog yang kamu buat bakalan bisa mendapatkan pengunjung yang melimpah jika kamu tahu bagaimana memilih topik yang tepat untuk blog kamu.

Pertanyaannya adalah … bagaimana caranya ?

Jika kamu ingin tau bagaimana caranya….kamu silahkan daftarkan alamat email kamu pada blog mbah ini. Karena mbah belum membahas ini di blog dulu.

Mbah akan memberitahu kamu, jika sudah membahasa materi tersebut secara lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here