Apakah kamu ingin mengoptimalkan konten blogmu dengan teknik seo on page untuk mesin pencari ? Konten yang  kamu posting  bisa saja memiliki potensi untuk menduduki peringkat pada halaman 1 di Google, tapi itu ngak akan terjadi, jika Google ngak tahu apa kata kunci dari konten kamu, sehingga google ngak akan memberikan peringkat pada konten tersebut.

Pada artikel ini, mbah akan berbagi daftar panduan SEO on-page yang akan kita gunakan untuk sepenuhnya mengoptimalkan postingan konten kita sehingga bisa muncul dalam hasil pencarian di mesin pencari.

Apa itu SEO On-Page ?

SEO Off-page adalah semua kegiatan yang kamu lakukan untuk meningkatkan peringkat website kamu secara off, seperti backlink dan share ke media sosial. Ini adalah sinyal yang digunakan Google untuk menentukan otoritas website kamu dan seberapa tinggi peringkat yang kamu capai dalam mesin pencari.

Namun, jika kamu ngak mengoptimalkan konten kamu, Google ngak akan tahu apa kata kunci yang cocok untuk membuat peringkat terhadapa konten yang kamu posting, dan kontemu ngak  akan muncul dalam hasil pencarian.

SEO On-page adalah semua hal yang kamu lakukan untuk memberitahu Google tentang apa konten yang kamu posting, isi dari konten dan apa istilah pencarian yang harus digunakan untuk konten tersebut.

Ada beberapa hal yang kamu lakukan dengan SEO On-page untuk membantu kamu mendapatkan peringkat lebih tinggi, mengurangi tingkat bouncing, meningkatkan jumlah klik, membuat pengunjung betah berlama-lama membaca bog kamu.

(Jangan khawatir, mbah akan menjelaskan bagaimana melakukan semua itu, baca terus sampai tuntas.)

Mari kita mulai…….

Pengaturan awal

Pertama, Kamu harus melakukan beberapa pengaturan awal ke websitemu sebelum mengoptimalkan setiap konten dan halaman. Kamu hanya perlu menyelesaikan langkah ini sekali saja.

  1. Pasang Google Analytics

Kamu harus memasang Google Analytics untuk memantau dan menyempurnakan usaha SEO yang sedang kamu kerjakan. Dengan Google Analytics, kamu dapat mengumpulkan data pengunjung dari websitemu dan menggunakan data tersebut untuk membuat laporan yang akan memberi kamu wawasan tentang bagaimana orang menggunakan websitemu dan bagaimana kamu dapat meningkatkan SEO websitemu.

Kamu dapat melacak berapa banyak lalu lintas pencarian ke websitemu, baik dari klik langsung atau dari link rujukan dari website lain.

Kamu dapat memonitor tingkat bouncing (yang mempengaruhi peringkat web), dan kamu dapat menentukan apakah upaya SEO yang sudah kamu kerjakan telah efektif meningkatkan lalu lintas organik ke website .

  1. Pasang Google Search Console

Jika tadi Google Analytics memberi kamu gambaran tentang bagaimana pengunjung menggunakan websitemu, Google Search Console (sebelumnya “Google Webmaster Tools”) berguna untuk menunjukkan bagaimana mesin pencari melihat websitemu.

Kamu dapat melihat informasi dari crawling robot google, berapa banyak pencarian halaman kembali dari websitemu, berapa banyak halaman yang muncul dalam hasil pencarian, berapa banyak pencarian yang dihasilkan melalui klik, posisi pencarian rata-rata, dan banyak lagi.

Kamu juga dapat menggunakan layanan ini untuk mengirimkan sitemap dan membuat file robots.txt, yang membantu upaya SEO mu.

Kamu bahkan dapat menggunakannya untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan yang dapat memiliki efek buruk pada SEO mu.

Baca panduan : Cara Membuat Sitemap WordPress

  1. Pasang Google Analytics dari Plugin MonsterInsights

Jika kamu membuat website memakai WordPress, ada cara mudah untuk menghubungkan akun Google Analytics mu. Yang harus kamu lakukan adalah menginstal Plugin Google Analytics  by MonsterInsights .

  1. Pasang Plugin Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin WordPress yang memiliki sejumlah besar fitur untuk SEO on-page. Kamu harus menginstal plugin ini jika kamu menggunakan WordPress.

  1. Buat Sitemap XML dan Kirim ke Google

Sitemap XML adalah daftar semua halaman yang dapat diakses pengguna di websitemu, dan digunakan untuk memberitahu mesin pencari tentang halaman apa saja yang ada di website kamu dan kamu ingin halaman tersebut diindex.

Sitemap juga memberitahu mesin pencari link mana yang paling penting pada websitemu daripada link yang lain, dan seberapa sering kamu memperbarui websitemu.

Sitemap memang ngak mempengaruhi peringkat hasil pencarian, namun ini penting untuk SEO ,karena sitemap memastikan bahwa semua halaman di website kamu dapat diindeks dengan benar.

Baca panduan : Cara Membuat Sitemap di WordPress

  1. Buat File Robots.txt dan Kirim ke Google

Robots.txt adalah file teks yang memungkinkan kamu untuk memberikan instruksi khusus untuk robot penjelajah dari mesin pencari. Kamu dapat menggunakannya untuk memberitahu mesin pencari halaman yang kamu ingin supaya mereka index, dan yang kamu ingin agar ngak usah di index.

Selain itu, file ini digunakan mesin pencari untuk mencari file sitemap XML mu (kecuali kamu telah mendaftarkan sitemap XML mu di Google Search Console).

  1. Pasang Schema.org Rich Snippets

Rich Snippets memungkinkan kamu untuk memberitahukan informasi tambahan kepada mesin pencari yang akan muncul dalam hasil pencarian. Rich snippets akan memberikan rating pada setiap konten kamu, dengan semakin bagus rating dari konten yang kamu buat, maka jumlah klik dan pengunjung akan semakin meningkat, sehingga hasil pencarian juga semakin bagus.

rich-snippets

Cara gampang bagi pengguna WordPress untuk menginstal Rich Snippets adalah memasang Plugin All In One Schema.org Rich Snippets.

Sebelum kamu Mengklik tombol “Terbitkan”

Nah, tadi itu kamu sudah melakukan pengaturan awal, sekarang kamu baru mulai mengoptimalkan setiap konten yang akan kamu terbitkan. Sebelum kamu mengklik tombol “Terbitkan”, pastikan kamu telah memeriksa hal-ha berikut ini…

  1. Gunakan Google Keyword Planner untuk Mencari Kata Kunci

Google Keyword Planner adalah fasilitas gratis untuk membantu kamu menemukan kata kunci yang kamu inginkan untuk digunakan member penringkat dan mencari kontenmu.

Kamu dapat melihat berapa banyak pencarian bulanan yang ada untuk kata kunci tertentu, seberapa tinggi atau rendah persaingan untuk kata kunci tersebut, dan bahkan dapat menyarankan kata kunci berdasarkan topik yang ingin kamu buat, sehingga kamu dapat memilih yang terbaik untuk ditargetkan.

Kamu harus membuat akun Google AdWords (gratis) supaya bisa menggunakan fasilitas Google Keyword Planner.

  1. Gunakan URL yang SEO-Friendly

Pastikan URL kamu ramah terhadap SEO. Gampangnya sih, jika URL kamu gampang dibaca, bahkan diingat oleh pengunjung, maka URL ini juga akan disukai oleh mesin pencari.

URL kamu harus cocok dengan judul konten yang kamu posting di blog, dan pastikan URL kamu ngak terlalu panjang (100 karakter atau lebih mungkin terlalu banyak).

  1. Sertakan Kata kunci dalam URL

    katakunci

Pastikan URL kamu mengandung kata kunci yang ingin kamu targetkan.

  1. Sertakan Kata Kunci Sedikitnya Sekali dalam Tag H1

Jika judul konten yang kamu posting di blog sudah mengandung kata kunci, maka kamu ngak perlu repot-repot lagi, karena judul biasanya berada dalam format tag H1.

  1. Sertakan Kata kunci dalam Paragraf Pertama

Google biasanya melihat bagaimana kata kunci muncul di awal konten postinganmu, jadi pastikan untuk menyertakan setidaknya satu kata kunci dalam paragraf pertama.

  1. Sertakan Kata Kunci Sedikitnya Setelah di Tags Subhead

Tag anak judul seperti H2 dan H3. Sertakan kata kunci setidaknya sekali dalam satu subjudul ini.

  1. Sertakan Kata Kunci Beberapa Kali Dalam Isi Konten Kamu

Sebenarnya ini ngak usah terlalu kaku, karena jika konten yang kamu buat sesuai dengan judul , secara alami isi konten kamu pastilah mengandung kata kunci yang ditulis beberapa kali.

Penulisan kata kunci ini harus terjadi secara alami sebagai bagian dari aliran artikelmu, jangan memaksakan dengan mengulang-ulang kata kunci hanya supaya mengikuti aturan SEO, pemaksaan seperti ini malah bisa merusak SEO karena bisa dianggap curang oleh mesin pencari.

  1. Gunakan Kunci Latent Semantic Indexing (LSI)

Latent Semantic Indexing (LSI) kata kunci adalah istilah pencarian yang sinonim atau berkaitan erat dengan kata kuncimu. Kamu dapat menemukan kata kunci LSI di bagian bawah hasil pencarian Google untuk istilah pencarian yang diberikan:

lsi

Kamu dapat menggunakan ini sebagai ide untuk cara alternatif yang farsa kata kunci dalam salinan postinganmu. Sekali lagi, untuk kata kunci LSI ini: gunakan secara alami dalam tulisanmu.

  1. Sertakan Internal Link Dalam Setiap Pastinganmu

Tingkat bouncing dalam websitemu (Persentase jumlah pengunjung yang langsung keluar dari websitemu setelah melihat hanya satu halaman) merupakan faktor penting yang dilihat Google dalam menentukan seberapa tinggi peringkat websitemu dalam hasil pencarian.

Untuk meminimalkan tingkat bouncing, buatlah internal link menuju artikel kamu yang lain di awal postinganmu.

  1. Sertakan Sedikitnya 3-4 Internal Link

Alasan lain kamu harus menyertakan internal link di artikelmu adalah karena interkoneksi postinganmu akan membantu mesin pencari untuk menjelajah dan memahami konten yang kamu buat.

Pastikan kamu memasang setidaknya 3-4 link ke postingan blog yang sudah kamu terbitkan sebelumnya setiap kali kamu mempublikasikan konten yang baru.

  1. Beri Link ke Website yang Relevan, Website Authority

Kamu juga harus menyertakan link keluar dalam postinganmu ketika mengutip sumber-sumber tertentu. Hal ini membantu memberikan kredibiltas untuk kontenmu.

Pastikan bahwa link keluar yang kamu buat menuju website otoritas tinggi yang relevan dengan konten kamu.

Misalnya, jika postinganmu tentang pemerintahan, kamu bisa memasang link keluar ke website terkait yang memiliki otoritas tinggi seperti website resmi pemerintah.

  1. Gunakan Ejaan dan Gramar yang Tepat

Ngak hanya ejaan yang tepat dan tata bahasa penting bagi pembacaan postinganmu, tetapi mesin pencari juga peduli tentang hal ini (dan kamu akan mendapatkan sanksi jika menulis dengan cara yang salah).

  1. Gunakan Konten yang Panjang

Secara umum, semakin panjang kontenmu, semakin tinggi peringkatnya dalam hasil pencarian. Itu mungkin karena Google menganggap konten berdurasi panjang memiliki kualitas yang lebih baik.

Namun bukan sekedar panjang saja, konten yang kamu tulis juga harus berkualitas, agar pengunjung tidak bosan dan betah membaca konten yang kamu posting sehingga waktu yang dihabiskan pengunjung menjadi lebih lama sebelum mereka keluar dari websitemu.

Lamanya waktu singgah adalah faktor lain yang digunakan mesin pencari untuk menentukan seberapa tinggi peringkat websitemu.

  1. Gunakan Konten Dengan Kualitas Tinggi

Ini adalah yang paling penting dari semua : pastikan konten yang kamu posting berkualitas tinggi. Semakin berkualitas dan berguna konten yang kamu posting bagi pengunjung, maka akan semakin gampang mesin pencari memberikan peringkat buat konten kamu.

Ingat, tujuan Google adalah untuk memberikan hasil pencarian terbaik. Pastikan postingmu lebih baik dari semua postingan lain untuk topik yang sama.

  1. Gunakan Multimedia

Faktor lain yang digunakan mesin pencari untuk menentukan peringkatmu adalah seberapa banyak pengunjung berinteraksi dengan kontenmu. Itulah mengapa kamu perlu menggunakan multimedia dalam postinganmu.

Misalnya, kamu bisa membuat kuis interaktif dan menyelipkannya dalam postingan di blogmu untuk mendorong interaksi (Untuk membuat quiz kamu bisa menggunakan alat dari Qzzr).

Beberapa cara lain menggunakan multimedia termasuk audio, video, gambar dan widget sosial media.

  1. Sertakan Komentar & Review

Cara lain untuk meningkatkan interaksi pengunjung adalah dengan memasukkan komentar dan review.

Juga, menanggapi semua komentar yang kamu terima! Ini ngak hanya akan membantu meningkatkan interaksi, tetapi juga akan meningkatkan panjang kontenmu.

  1. Mengurangi Ukuran File Gambar

Kecepatan membuka halaman adalah faktor besar dalam SEO, jadi pastikan setiap gambar yang kamu gunakan dioptimalkan untuk web sebelum kamu upload.

Kamu juga dapat mengatur WordPress untuk secara otomatis mengubah ukuran gambar, mengurangi ukuran gambar (ini adalah tutorial langkah-demi-langkah tentang cara untuk melakukannya.)

  1. Gunakan Kata Kunci Pada Nama File Image

Pastikan juga bahwa nama file gambar  yang kamu upload mengandung kata kunci. Google juga melihat ini.

  1. Gunakan Alt Text

Selalu menggunakan deskripsi Alt tag dalam tag gambar untuk menjelaskan tentang apa gambar tersebut dan sertakan kata kunci jika memungkinkan.

Kamu dapat menambahkan Alt text di WordPress setiap kali kamu menambahkan gambar baru untuk sebuah postingan dari Media Perpustakaan.

alt-text

  1. Gunakan Judul Teks

Kamu juga harus menyertakan judul teks di dalam tag gambarmu dan memasukkan kata kunci jika memungkinkan untuk dilakukan.

Kamu dapat menambahkan judul teks seperti kamu menambahkan Alt teks dari Media Perpustakaan.

title-tag

  1. Front-Load, Title Tag (Title SEO)

Jika bisa, sertakan kata kunci pada awal title tag untuk setiap postinganmu akan membantu  SEO.

Jika kamu telah menginstal Yoast SEO, kamu dapat melakukannya pada layar title SEO di bawah layar post WordPressmu:

seo-title

  1. Buatlah Sebuah Judul yang Menarik

Hal ain yang lebih penting dari Front Load Title tag adalah, kamu harus membuat judul yang terdengar menarik.

Semakin banyak orang yang mengklik postinganmu dibandingkan postingan lain dalam hasil pencarian, maka peringkat postingan kamu akan semakin tinggi. Judul sangat penting: pastikan judul konten kamu menarik !

30. Buatlah Judul SEO Sepanjang 65 Karakter atau Kurang

Jika lebih panjang dari 65 karakter, maka judul kamu secara otomatis akan ditampilkan terpotong dalam hasil pencarian oleh google.

 

  1. Sertakan Modifier Dalam Setiap Judul SEO

Modifier adalah kata-kata seperti “terbaik”, “penawaran”, “beli”, “murah” atau “review”. Pengguna mesin pencari cenderung menggunakan modifier ini ketika mencari hal-hal tertentu, sehingga sangat bermanfaat disertakan dalam judul postinganmu dan membantu untuk meningkatkan jumlah klik.

  1. Menulis Meta Description yang Menarik

Pastikan untuk menulis meta deskripsi untuk setiap postinganmu dan membuatnya menarik! Selain judul, ini adalah bagian kedua yang paling penting untuk meningkatkan klik.

Kamu dapat menambahkan dengan menggunakan meta deskripsi dengan bantuan plugin Yoast SEO:

meta-deskripsi

  1. Buatlah Meta Description sepanjang 160 Karakter

Jika lebih dari itu, maka deskripsi yang kamu tuliskan akan terpotong dalam hasil pencarian.

  1. Sertakan Keyword di Meta Description

Pastikan kamu memasukkan kata kunci setidaknya satu dalam meta deskripsi.

  1. Gunakan Kata-kata yang Kuat

Dalam membuat judul dan meta deskripsi, gunakanlah kata-kata yang memiliki kekuatan untuk meningkatkan klik. Kata-kata yang memiliki kekuatan bertindak sebagai pemicu psikologis untuk menarik orang untuk melakukan tindakan.

Beberapa contoh termasuk “perhatikan”, “mudah”, “efektif”, “hebat”, “terbaik” dan “studi kasus”

  1. Gunakan Angka

Ada sesuatu dibalik angka yang ngak bisa ditolak orang. Yang mana dari hasil pencarian ini yang akan kamu klik ?

angka

Dua judul yang menggunakan angka pasti kelihatan lebih menarik daripada yang diakhirkan ? Menggunakan angka dalam judul dan meta description dapat membantu untuk meningkatkan jumlah klik postingamu.

  1. Sertakan Kata-kata dan Frase dari iklan Adwords

Brian Dean menggunakan metode yang dia sebut “CTR Magnet Method”: ia melihat iklan Adwords yang muncul untuk beberapa kata kunci, kemudian melihat kata-kata dan frase yang mereka gunakan.

Kemudian dia menggabungkan beberapa dari kata-kata dan frasa tersebut ke dalam judul dan meta description.

Optimasi Lanjutan & Troubleshooting

Baiklah, dari tadi kamu sudah mengoptimasi konten yang kamu buat sebelum diterbitkan, masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan SEO on-page websitemu.

Selain itu, kamu harus memeriksa seluruh websitemu dan memastikan bahwa kamu ngak membuat kesalahan yang memberi efek buruk untuk SEO mu.

  1. Gunakan Tombol Sharing ke Media Sosial

Google juga memperhatikan tingkat sharing ke media sosial ketika menentukan seberapa tinggi peringkat konten kamu. Kamu bisa mengoptimalkan postinganmu dengan meminta share dari pengunjung dengan menambahkan tombol berbagi ke media sosial.

Ada banyak pilihan plugin WordPress gratis yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu.

  1. Jagalah Agar Halaman Penting Hanya Sejauh “Sekali Klik” Dari Homepage/Beranda

Homepage atau beranda kamu memiliki lebih banyak nilai “SEO juice” dan merupakan pusat utama menuju sisa halaman website kamu yang lain, sehingga kamu harus memanfaatkannya dengan bijak.

Halaman yang paling penting harus hanya satu klik dari beranda website kamu: dengan cara itu, halaman ini juga akan dianggap memiliki kepentingan yang lebih besar oleh mesin pencari.

Misalnya, jangan meletakkan halaman penting beberapa halaman dari beranda utama kamu, seperti: Beranda »Halaman 1» Halaman 2 »Halaman Penting, pastikan hanya satu klik untuk menuju halaman penting, seperti: Beranda» Halaman Penting.

  1. Periksa Kecepatan Loading Halaman dengan Google Page Speed Insights

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kecepatan loading halaman website kamu sangat penting untuk SEO. Jika halaman website kamu sangat lambat untuk ditampilkan, pengunjung akan segera bosan dan langsung mengklik tombol “back” untuk keluar.

Lakukan pemeriksaan menggunakan Google Page Speed Insights untuk memastikan website kamu dapat ditampilkan dengan cepat dan ngak memiliki terlalu banyak kesalahan.

page-speed

  1. Periksa Google Search Console Untuk Melihat Kesalahan

Kalau kamu sudah memasang Google Search Console, jadi sekarang mari kita menggunakannya  dengan baik! Kamu harus memeriksa error 404/500, duplikat konten, judul yang hilang atau kesalahan teknis lainnya.

  1. Gunakan Browseo Untuk Mencari Kesalahan Teknis Lainnya

Browseo adalah alat yang memungkinkan kamu untuk melihat websitemu dari sudut pandang mesin pencari. Yang harus kamu lakukan adalah memasukkan URLmu dan klik tombol “Browse”.

Periksalah kesalahan seperti 302 redirects yang seharusnya 301, atau kesalahan teknis lainnya.

  1. Gunakan Screaming Frog SEO Spider Tool Untuk Cari Kesalahan Lainnya

Screaming Frog SEO Spider Tool adalah crawler website yang memungkinkan kamu untuk menemukan link yang rusak, pengalihan audit, menemukan duplikat konten, dan masalah perayapan mesin pencari.

Yang harus kamu lakukan adalah men-download aplikasi lite gratis untuk mulai menggunakannya.

  1. Buatlah Website Kamu Mobile Responsif

Saat ini, banyak orang yang menggunakan handphone, tablet mereka untuk menelusuri web, sangat penting untuk SEO bahwa website kamu mobile responsif.

Jika kamu ngak yakin apakah tema yang kamu gunakan sudah mobile responsif atau ngak, Kamu dapat menggunakan Google’s Mobile-Friendly Test untuk mencari tahu.

  1. Uji Website Kamu di Beberapa Browser

Selain menjadi mobile responsif, website kamu harus berjalan dengan baik di beberapa browser.

BrowserStack adalah alat premium yang sangat hebat untuk menguji apakah website kamu bisa berjalan di banyak browser atau ngak.

Jika kamu mau yang gratis, kamu dapat menggunakan Browserling.

Itu dia! Jika kamu sudah memeriksa langkah-langkah di atas, postingan kamu sekarang telah sepenuhnya dioptimalkan sesuai dengan SEO. Sekarang mesin pencari akan tahu persis apa istilah pencarian atau kata kunci untuk konten yang kamu posting.

Selain itu, kamu juga telah menghilangkan kesalahan yang dapat menyebabkan masalah bagi robot mesin pencari untuk mengindeks websitemu.

Sebagai catatan penting terakhir, ingatlah bahwa yang palin penting dan mutlak untuk kamu lakukan agar konten kamu SEO friendly adalah buatlah konten untuk manusia, jangan membuat konten hanya karena mengikuti persyaratan SEO.

Semakin banyak orang yang suka dengan konten kamu, maka postingan kamu akan semakin dihargai oleh Google.

Ngak hanya itu, menyenangkan orang adalah hal yang paling penting dalam menjalankan bisnismu.

Selalulah menulis postingan blog untuk manusia, sambil menjaga aturan dari mesin pencari dengan menggunakan tips di atas.

4 KOMENTAR

    • Terimakasih mas Azkanesia, jangan lupa daftarain emailnya, masih banyak lagi pembahasan tentang SEO yang bakalan mbah jabarkan di blog ini. Untuk saat ini, mbah mau semedi dulu. 🙂

  1. Artikelnya sangat panjang sekali sampai” saya lelah untuk membacanya, tetapi itu tidak sebanding dengan pengetahuan yang saya dapat hari ini disini. banyak hal yang bisa menjadi pembelajaran untuk saya hari ini mulai dari awal sampai akhir, saya termotivasi dengan apa yang anda tulis di atas, saya kagum pada anda karena anda bisa secerdas itu dalam membuat sebuah artikel yang lengkap sampai” anda bisa merangkum berbagai macam materi dan meleburnya menjadi sebuah karya yang luar biasa, mungkin hanya di situs anda saya bisa membaca sebuah artikel yang sampai sepanjang ini dari awal sampai akhir paragraf demi paragraf tanpa terlewatkan. tapi ada sedikit yang mengganjal dalam pikiran saya tentang cara mendapatkan pengunjung organik supaya situs saya bisa masuk halaman pertama di google.
    mungkin ada saran buat saya?

    • Hai Kania, cara menadapatkan pengunjung itu gampang. Buatlah konten yang memang bermanfaat bagi orang lain. Jangan membuat konten yang biasa-biasa saja, atau konten yang umum. Setelah kontennya dibuat, coba perhatikan apakah kotennya sudah mengikuti aturan dari SEO On Page ?

      Kalau sudah, langkah selanjutnya adalah promosikan kontennya, bagikan di sosmed, atau lakukan guest blog. Jika anda sudah melakukan hal tersebut, santai saja, masuk halaman I google hanya masalah waktu saja. Untuk masuk halaman 1 google ngak bisa dalam tempo 1 sd 2 hari, jika mau langsung masuk ke page I, gunakan jasa google adwords 🙂

      Terimakasih sudah berkunjung ke Mbah WP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here