Ketika sedang dan akan menggeluti dunia bisnis online, kita mencari-cari beberapa tips bisnis online dan bagaimana cara pemasaran di internet. Terutama para  pelaku bisnis online pada tahap pemula.

Sayangnya ada banyak informasi sesat  yang diberikan oleh orang-orang yang mengaku pakar  internet marketing. Jika kamu mengikuti saran ini, justru kamu akan kehilangan banyak waktu dan uang.

Hari ini mbah ingin berbicara tentang 18 nasehat mengenai internet marketing yang sangat-sangat menyesatkan. Beberapa dari nasehat ini karena informasi yang salah, sementara nasehat lainnya adalah kebohongan yang sengaja diciptakan agar kamu tertarik membeli produk internet marketing mereka ketika memulai sebuah bisnis online.

Silahkan baca tiap-tiap nasehat untuk mempelajari nasehat apa saja yang mungkin merusak bisnis online kamu …

# 1 – “Lakukan saja apa yang kamu sukai, maka uang akan mengalir dengan sendirinya”

Kedengarannya ngak ada yang salah dengan nasehat ini, namun nasehat ini ngak sepenuhnya benar. Nasehat samar ini banyak di ucapkan oleh para motivator internet marketing, juga di buku-buku internet marketing.

Mengikuti minat atau hobi  kamu adalah sesuatu yang menggairahkan. Kita semua ingin membuat bisnis yang sesuai dengan minat dan hobi yang kita sukai. Sayangnya ada beberapa hobi yang benar-benar ngak menguntungkan.

Contoh: Bagaimana jika hobi kamu ternyata suka minum bir dan menonton film porno? Tentu saja ini ngak cocok untuk dijadikan sebagai bisnis online. Mungkin akan menghasilkan banyak uang, tapi kamu akan segera berurusan dengan hukum.

Minat dan hobi kamu itu juga harus melalui proses penelitian sebelum kamu memutuskan untuk mengembangkannya menjadi sebuah bisnis online. Kamu juga harus melihat:

  • Bagaimana kamu akan menghasilkan uang dari minat tersebut ?
  • Berapa banyak sih orang-orang yang mencari informasi tentang minat kamu itu?
  • Bagaimana caranya kamu akan mendapatkan pengunjung dengan minat tersebut ?
  • Apa yang membuat KAMU berbeda dari orang lain pada minat tersebut ?

Ngak masalah jika kamu membuat bisnis sesuai dengan minat dan hobi kamu. Namun kamu harus memastikan bahwa minat kamu itu dapat dijadikan sebuah bisnis online yang menghasilkan.

2 – “Pikirkan tentang kesuksesan dan kamu akan mendapatkan kesuksesan”

Berpikiran positif memang penting. Sehingga kamu memiliki semangat untuk mencapai tujuan. Sayangnya banyak orang menggantikan kerja keras dengan hanya berangan-angan.

 Kamu ngak bisa duduk-duduk dan kemudian berharap untuk sukses dengan sendirinya. Kamu harus mengambil tindakan ! 

Jangan biarkan buku-buku motivasi itu mempengaruhi bagaimana caramu bertindak. Jika kamu menginginkan sesuatu dalam hidupmu, keluarlah dan lakukan sesuatu !. Uang ngak akan datang jika kamu hanya berpikir dan berpikir saja.

# 3 – “Bisnis Online itu bisnis yang menyenangkan, kamu bisa mendapatkan banyak uang sambil santai dan bermalas-malasan. “

kaya-dari-internet

Ini adalah nasehat yang paling banyak sekali dituliskan di website yang menjual jasa panduan bisnis online. Mbah ngak pernah mendengar ada orang mengalami kesuksesan walaupun  bermalas-malasan. Hasil kerja yang nyata membutuhkan tindakan yang nyata juga.

Jangan biarkan orang lain mengatakan sebaliknya.

Juga jangan menjadi bingung dengan istilah pendapatan pasif (passive income). Dibutuhkan kerja keras untuk semua jenis binis, baik online maupun offline.

Banyak orang (termasuk mbah sendiri) bekerja keras untuk meningkatkan pendapatan pasif mereka. Orang-orang sukses ngak duduk santai di pantai dan bekerja hanya beberapa jam seminggu.

# 4 – “Siapa pun bisa melakukan ini!”

nasehatim2

Mbah melihat tulisan ini juga di website yang menjual panduan bisnis online. Pemilik website biasanya gembar-gembor bahwa satu-satunya keterampilan yang kamu butuhkan untuk memulai sebuah bisnis online adalah kemampuan untuk menyalakan komputer.

Namun kebenarannya sangat pahit sekali, ngak semua orang cocok untuk melakukan usaha dengan jenis bisnis online. Bahkan, kamu membutuhkan beberapa kualifikasi dan kemampuan agar dapat menjadi sukses. Seperti:

  • Kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru
  • Semangat dan kemampuan kerja yang kuat
  • Waktu luang setidaknya 10 jam (setiap minggu)
  • Kemampuan menulis (dan komunikasi) yang memadai

Sayangnya ngak semua orang memiliki persyaratan ini. Ya, memang benar, kamu ngak perlu mempunyai latar belakang ilmu komputer. Tapi kamu harus bersedia untuk belajar hal-hal penting dan baru.

# 5 – “Kamu ngak perlu membuat website berbayar”

Ampun….ini adalah nasehat paling mengerikan dari para guru Bisnis Online.

Banyak orang saat ini memahami pentingnya sebuah website. Namun mbah masih melihat beberapa website panduan ‘bisnis online’ merekomendasikan menggunakan situs gratisan (seperti Blogger.com) untuk hosting.

 Kalau kamu memang mau berbisnis online, maka ngak ada alasan untuk menggunakan website gratisan. 

Sebenarnya, kamu ngak memerlukan terlalu banyak biaya untuk memulai bisnis online. Misalnya, inilah adalah biaya minimal yang kamu habiskan untuk memulai membuat sebuah website:

  • 100ribu s.d Rp. 150ribu untuk mendaftarkan domain
  • 50ribu s.d Rp. 100ribu setiap bulan untuk Web Hosting
  • $ 20 setiap bulan untuk langganan Email Marketing

Inilah perlengkapan awal yang kamu butuhkan untuk membuat situs di Internet.Sejujurnya, kalau ditotal biaya keseluruhannya dan dibagi selama setahun, maka sebenarnya kamu hanya mengeluarkan biaya Rp. 10ribu per hari. Murah bukan ?!

# 6 – “Membuat uang secara online dengan cara mengajar orang lain bagaimana cara membuat uang secara online”

Mbah melihat fenomena ini sepanjang waktu. Banyak para pemula di binis online berpikir cara tercepat untuk membuat uang secara online adalah dengan cara mengajar orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Hal ini mirip dengan prinsip-prinsip multilevel marketing (MLM). Kamu membuat orang membeli produk tentang membangun bisnis di internet. Kemudian orang-orang ini akan “menjebak” orang lain untuk membeli produk ini juga. Ini adalah lingkaran setan di mana kamu ngak pernah belajar bagaimana membangun bisnis yang nyata.

Ada ribuan topik online yang menguntungkan. Tak satu pun yang terkait dengan niche cara membuat uang secara online.

Contoh: Lebih dari 90% dari penghasilan mbah berasal dari penjualan produk informasi tentang hubungan (relationship), sakit-penyakit.

Jadi mbah ngak membuat banyak uang dari mengajar orang bagaimana untuk menjalankan bisnis internet. Sebaliknya mbah menemukan topik yang  menguntungkan yang diabaikan oleh mayoritas pemasar Internet.

Kamu hanya perlu sedikit kerja keras untuk melakukan penelitian mengenai topik apa yang bisa menghasilkan uang.

# 7 – “Menjual produk cara cepat kaya dan menggandakan uang”

rahasia-kaya

Ini adalah bisnis online terjahat yang sampai sekarang banyak ditemukan di Internet.

Website ini menjanjikan kamu sebuah produk informasi yang berisi cara-cara cepat kaya dan menghasilkan banyak uang dalam sekejap. Pada kenyataannya apa yang kamu dapatkan hanyalah informasi sampah yang  ngak berguna yang ternyata bisa kamu temukan secara gratis di website-website lainnya.

Pada akhirnya kamu ngak bisa membuat uang, karena informasi ini hanyalah omong kosong yang sudah diketahui oleh orang banyak. Akhirnya kamu ikut-ikutan menjual informasi sampah ini kepada orang-orang yang polos dengan menawarkan harga yang lebih murah lagi.

Jika kamu ketemu dengan website seperti ini, cobalah berpikir realistis dalam hati :

“Jika memang informasi mereka bisa benar-benar membuat banyak uang, mengapa mereka mau menjualnya kepada orang lain, bahkan denga harga yang murah ? Mengapa mereka ngak menyimpannya untuk diri mereka sendiri? “

Produk informasi sampah seperti ini biasanya menargetkan orang-orang yang polos yang memanfaatkan sifat serakah manusia yang ingin cepat kaya raya.

 # 8 – “Mulailah dengan teman dan keluarga anda…”

Ini adalah teknik berbahaya pada bisnis offline yang kemudian umum digunakan juga pada beberapa bisnis online.

Idenya sederhana: Kamu mendekati teman dan keluarga kemudian menawarkan produk kamu.

Mereka kemudian membeli produk kamu (biasanya karena kasihan), kemudian kamu memanfaatkan kontak mereka (biasanya juga kamu dapatkan karena mereka kasihan); menghubungkan kamu ke lebih banyak pelanggan potensial. Ulangi terus sampai kamu menjadi miliarder.

Ingin tahu cara tercepat untuk menghancurkan sebuah hubungan ? Mulailah meminta mereka untuk membeli produk “omong kosong” kamu yang berharga. Yakinlah, beberapa orang mungkin membeli karena sungkan atau kasihan pada kamu. Tapi dalam hati mereka akan membenci kamu.

Sebuah penawaran produk yang berkualitas harus sesuai dengan kebutuhan yang ada.  Pelanggan harus datang ­­­kepada kamu karena mereka memang benar-benar membutuhkan produk kamu untuk menyelesaikan masalah mereka.   Bisnis internet ngak memaksa orang untuk membeli sesuatu yang ngak mereka butuhkan . Sebaliknya, bisnis online anda haruslah berisi penawaran menarik yang secara alami menarik orang untuk membeli produk kamu. Itulah cara yang tepat untuk melakukan bisnis online!

# 9 – “Jika kamu membuat website, pengunjung akan datang secara otomatis”

Kamu ngak bisa membuat sebuah website dan berharap orang akan menemukannya secara ajaib.

Kamu harus bekerja keras untuk mendatangkan pengunjung menuju websitemu. Ini berarti kamu harus membuat rencana bagaimana cara menarik pengunjung datang ke websitemu – dan kamu harus mengerjakan rencana ini setiap hari.

Mengarahkan pengunjung menuju website bisnis internet mu adalah proses yang berkelanjutan. Kamu harus selalu berpikir tentang cara untuk mempromosikan situsmu karena pesaing kamu juga melakukan ini.

# 10 – “Gunakan satu sumber traffic saja”

Teknik dunia online selalu berkembang. Apa yang bekerja sekarang mungkin ngak bekerja besok. Ini juga berlaku untuk urusan traffic  pengunjung.

Contoh: Pada tahun 2006, membuat sebuah artikel pemasaran adalah taktik promosi. Saat itu, kamu bisa menulis artikel yang ngak terlalu lengkap, posting di EzineArticles.com, dan kemudian mendapatkan peringkat yang baik jika menggunakan kata kunci berkualitas.

Saat ini, membuat artikel pemasaran sudah ketinggalan jaman. Artikel iningak mendapatkan  peringkat yang baik di Google.

Maksud mbah ? Jangan hanya berfokus pada satu metode untuk mendapatkan traffic pengunjung ke websitemu. Carilah cara yang berbeda untuk mempromosikan situsmu. Pada akhirnya ini akan membantu situs dan topik kamu berada di urutan teratas.

# 11 – “Membangun bisnis yang berhubungan dengan Google”

Terapkan dalam hati dan pikiranmu :

“Google adalah apa yang ingin google lakukan”

Kita memang banyak menggunakan jasa dan produk dari google untuk berbagai hal. Itu ngak berarti kamu harus 100% tergantung pada layanannya.

Google akan selalu melakukan apa yang dianggapnya yang terbaik bagi bisnis mereka. Mereka ngak peduli jika perubahan baru justru akan merusak bisnis online kamu.

Jadi pikirkan baik-baik agar kamu ngak tergantung pada:

  • Google Adsense
  • Google Adwords
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Youtube

Mereka bisa saja (dan akan) menutup akun kamu tanpa memberikan penjelasan. Gunakan jasa dan produk mereka untuk mengembangkan bisnis kamu. Tapi jangan pernah menaruh semua sumber penghasilanmu dalam kekuasaan Google.

# 12 – “Kamu tidak perlu membangun list email”

Email marketing adalah cara terbaik untuk membangun bisnis jangka panjang. Mbah kesal setiap kali beberapa guru internet marketing meremehkan pentingnya membangun daftar email pelanggan.

Tentu ada banyak cara untuk membangun bisnis tanpa pemasaran email. Tapi kamu akan kehilangan banyak uang jika kamu ngak menggunakan teknik ini. Ngak peduli apapun alasannya, selalulah menyertakan email list building ke dalam model bisnis onlinmu.

Contoh: Pada suatu saat kamu memiliki sebuah produk baru, kamu mengirim email ke daftar email untuk mempromosikan produk baru. Hanya butuh waktu 20 menit untuk menulis dan kamu bisa memperoleh pembeli dari daftar email ini.

Jika kamau ngak punya daftar email, maka kamu akan sangat sulit untuk mempromosikan produk baru kamu.

Membangun daftar email pelanggan untuk pemasaran adalah bagian berharga dari setiap bisnis online. Jadi jangan biarkan orang mempengaruhi kamu dan bilang itu ngak penting.

# 13 – “Kirimkan email kepada subcriber kamu setiap hari”

Mbah menemui beberapa guru bisnis online yang menyarankan mengirim email setiap hari kepada prospek kamu. Menurut pendapat mbah, ini adalah cara tercepat untuk membuat orang murka dan kehilangan pendapatan.

Sekarang orang sudah sangat selektif dengan inbox mereka. Terlalu banyak email akan membuat orang segera berhenti berlangganan newsletter dari kamu.

Kirimlah email kepada orang dengan tujuan yang jelas. Jangan menjejali mereka dengan pesan-pesan setiap hari.  Jarak yang baik adalah sekitar 2 sampai 3 pesan per minggu. Jangan terlalu banyak jika kamu hanya mengirimkan email penawaran promosi. 

# 14 – “Selalu gunakan “penawaran terbatas” untuk meningkatkan penjualan”

Pernah baca tulisan “Penawaran diskon 90% hanya sampai tanggal……setelahnya harga akan kembali normal…” ? dan ternyata setelah lewat dari tanggal yang ditentukan harganya masih saja sama, dan penawaran diskonnya masih sama juga, hanya tanggalnya yang berubah J.

“Penawaran terbatas” adalah salah satu cara terbaik untuk mempengaruhi orang. Benar sekali, kamu bisa “memaksa” pengunjung untuk segera membeli produkmu.

Masalahnya adalah teknik ini telah terlalu sering digunakan pada pemasaran Internet.

Kredibilitas kamu lebih penting daripada beberapa hasil penjualan.  Tujuan bisnis online adalah untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan seumur hidup.  Itu ngak akan terjadi jika semua pengunjung melihat kamu sebagai seseorang yang menggunakan taktik menakut-nakuti dalam berbisnis online.

Berikan “penawaran terbatas…” hanya sebagai bumbu saja. Gunakan ketika ada alasan yang tepat untuk melakukannya.

Contoh: Kamu memberikan diskon untuk tanggal tertentu karena kamu sedang ulang tahun yang ke 1000 tahun , atau website kamu mendapat penjualan sampai 1 juta pembeli bulan itu, jadi sebagai penghargaan kepada pelanggan, kamu memberikan promosi dan penawaran istimewa.

Tentu saja, setelah tanggal yang ditentukan telah lewat harga kembali normal seperti biasa.

# 15 – “Kamu tidak perlu terhubung dengan orang lain”

Pengusaha online melakukan semua hal secara solo. Mereka memulai bisnis sendiri dan bekerja secara privasi dari rumah mereka. Ini akan mengembangkan sikap isolasionis.

Tentu, menciptakan sebuah bisnis online adalah kegiatan individu. Namun, itu ngak berarti kamu ngak perlu berbicara dengan orang lain. Memperluas jaringanmu adalah salah satu cara menemukan peluang  yang ngak kamu dapatkan dalam diri kamu sendiri.

# 16 – “Kamu tidak membutuhkan informasi produk”

Informasi produk membantu kamu:

  • Menemukan orang yang akan mempromosikan “merek” kamu
  • Menghasilkan pendapatan tambahan
  • Meningkatkan otoritas pada niche kamu
  • Memberi nilai tambah pada konten kamu

Itu sebabnya saya terkejut melihat banyak orang ngak memiliki produk info. Kamu memerlukan informasi produk jika kamu seorang internet marketer. Jangan biarkan seseorang mengatakan kamu yang sebaliknya.

# 17 – “Perlakukan pengunjung kamu seperti para pemula”

Jangan pernah meremehkan kemampuan para pengunjung kamu. Ada kemungkinan, situs kamu diperhatikan oleh orang-orang yang sangat cerdas yang tahu banyak tentang topik yang kamu bahas. Jadi jangan menganggap semua orang sebagai “newbie”.

Mbah sering menemui situs seperti ini. Pemilik situs membuat kesalahan dengan memperlakukan pengunjung mereka seperti ngak tahu apa-apa.

Hasil akhirnya adalah mereka membuat konten yang terkesan merendahkan atau tidak dapat dipercaya.

Setiap pengunjung adalah satu pribadi. Beberapa mungkin memang orang baru, beberapa mungkin memiliki pengalaman dan ahli. Jadi, lakukanlah yang terbaik untuk menjelaskan konsep-konsep yang kamu miliki. Pastikan juga kamu memiliki konten yang berkualitas dan berisi.

# 18 – “Buat semuanya dengan sempurna”

Pola pikir perfeksionis mencegah kamu untuk melangkah mendapatkan hasil. Banyak orang yang akhirnya ngak menyelesaikan proyek yang mereka mulai karena merasa bahwa produk mereka belum sempurna.

 Bekerja keraslah untuk membuat produk (dan konten) website kamu, sisanya biar pengunjung yang menilai.  Kamu ngak perlu jatuh dalam perangkap produk kamu harus 100% sempurna. Pola pikir seperti ini akan membuat kamu ngak maju-maju karena akan selalu merasa belum sempurna.

Nah, sekarang giliran Kamu!

Apakah kamu setuju atau ngak setuju dengan apa yang mbah anggap sebagai nasehat yang menyesatkan ?

Mbah yakin kamu juga pernah menemukan nasehat yang menyesatkan tentang bisnis online. Mungkin nasehat ini telah membuat kamu rugi waktu dan uang.

Kamu bisa menambahkan beberapa lagi di kolom komentar nasehat sesat apa yang kamu rasa menghalangi bisnis onlinemu.

 

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.