Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 1 : Mengenal Bagian di Microsoft Word

0
249

Dalam tutorial ini, kita akan belajar mengenal bagian-bagian dari Microsoft Word 2019, bagian ini juga hampir sama pada versi Microsoft versi lama, perbedaan hanya pada di warna dan grafis yang sedikit berubah.

Berikut ini adalah jendela dasar yang Anda lihat ketika membuka aplikasi Word. Mari kita pahami berbagai bagian penting dari jendela ini..

Tab File

Tab File menggantikan tombol Office dari Word 2007. Anda dapat mengkliknya untuk memeriksa tampilan Backstage. Tab inilah yang Anda buka ketika ingin menyimpan file, membuat dokumen baru, mencetak dokumen, dan melakukan tindakan terkait file lainnya.

Ribbon

Ribbon berisi perintah yang dibagi dalam 3 komponen

  • Tabs – ini muncul di bagian atas Ribbon dan berisi sekelompok perintah terkait. Beranda, Sisipkan, Tata Letak Halaman adalah contoh tab dari ribbon.
  • Grup – mengatur perintah terkait; setiap nama grup muncul di bawah grup pada ribbon. Misalnya, grup perintah yang terkait dengan font atau grup perintah yang terkait dengan perataan, dll.
  • Command/Perintah – muncul dalam setiap grup seperti yang disebutkan di atas.

Judul Dokumen

Bagian ini terletak di tengah atas jendela. Judul dokumen menunjukkan keterangan dan judul dokumen.

Penggaris

Word memiliki dua penggaris – penggaris horizontal dan penggaris vertikal. Penggaris horizontal muncul tepat di bawah Ribbon dan digunakan untuk mengatur margin dan tab stop.

Penggaris vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.

Kontrol Zoom

Kontrol zoom membantu Anda untuk memperbesar untuk melihat tulisan lebih dekat. Kontrol zoom terdiri dari penggeser yang dapat Anda geser ke kiri atau kanan untuk memperbesar atau memperkecil; Anda dapat mengklik tombol + untuk menambah atau mengurangi pembesaran.

Tombol View

5 tombol yang terletak di sebelah kiri kontrol Zoom, di dekat bagian bawah layar, membantu anda untuk merubah berbagai tampilan dokumen Word.

  • Print Layout View – Ini menampilkan halaman persis seperti yang akan muncul saat dicetak.
  • Full Screen Reading View – Ini membuat tampilan layar penuh dari dokumen.
  • Web Layout View – Ini menunjukkan bagaimana dokumen muncul saat dilihat oleh browser Web, seperti Internet Explorer.
  • Outline View – Ini memungkinkan Anda bekerja dengan kerangka yang dibuat menggunakan gaya heading standar Word.
  • Draft View – Ini memformat teks seperti yang muncul pada halaman yang dicetak dengan beberapa pengecualian. Misalnya, header dan footer tidak ditampilkan. Kebanyakan orang lebih suka mode ini.

Area Dokumen

Ini adalah area tempat Anda mengetik. Sebuah garis yang berkedip disebut sebagai kursor berfungsi untuk menunjukkan lokasi di mana teks akan muncul saat Anda mengetik.

Status Bar

Ini menampilkan informasi dokumen serta lokasi kursor berada. Dari kiri ke kanan, bilah ini berisi jumlah total halaman dan kata dalam dokumen, bahasa, dll.

Anda dapat mengonfigurasi status bar dengan mengklik kanan di mana saja dan dengan memilih atau membatalkan pilihan dari daftar yang disediakan.

Dialog Box

Bentuknya berupa panah yang sangat kecil di sudut kanan bawah dari banyak grup di Ribbon. Mengklik tombol ini akan membuka kotak dialog atau panel tugas yang menyediakan lebih banyak pilihan dari grup.

Itu dia beberapa bagian besar dari Microsoft Word yang perlu Anda kenali ketika akan memulai bekerja menggunakan Microsoft Word.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.