Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 10 : Cara Mengubah Huruf Teks di Microsoft Word

0
233

Pada tutorial sebelumnya, kita sudah belajar Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 9 : Cara Mengatur Font Teks di Microsoft Word. Dalam tutorial ini, kita akan belajar cara mengubah huruf besar/kecil pada tulisan di Microsoft Word.

Anda juga dapat menggunakan huruf kapital untuk karakter yang Anda ketikkan dengan menekan dan menahan tombol SHIFT saat Anda mengetik.

Anda juga dapat menekan CAPS LOCK agar setiap huruf yang Anda ketik menjadi huruf besar, lalu tekan kembali CAPS LOCK untuk mematikan huruf besar.

Ubah Teks Dalam Kalimat Normal

Kalimat normal adalah kalimat dengan karakter pertama dari setiap kalimat ditulis dengan huruf kapital.

Sangat mudah untuk mengubah bagian teks yang dipilih menjadi huruf besar/kecil dengan mengikuti langkah berikut :

Langkah 1 – Pilih bagian teks yang perlu dimasukkan ke dalam sentences case. Silahkan tandai atau blok tulisan yang ingin diubah..

Langkah 2 – Klik tombol Change Case lalu pilih Sentence Case untuk mengkapitalisasi karakter pertama dari setiap kalimat yang dipilih.

Ubah Teks menjadi Huruf Kecil

Mengubah teks menjadi huruf kecil adalah di mana setiap kata dari kalimat berada dalam huruf kecil. Sangat mudah untuk mengubah bagian teks yang dipilih menjadi huruf kecil dengan mengikuti langkah berikut :

Langkah 1 – Pilih bagian teks yang perlu dimasukkan ke dalam huruf kecil. Silahkan tandai atau blok tulisan yang ingin diubah.

Langkah 2 – Klik tombol Change Case lalu pilih Lowercase untuk menampilkan semua kata yang dipilih dalam huruf kecil.

Ubah Teks menjadi Huruf Besar

Pada pilihan ini, setiap kata dari kalimat akan berubah menjadi huruf besar. Sangat mudah untuk mengubah teks yang dipilih menjadi huruf besar dengan mengikuti langkah berikut :

Langkah 1 – Pilih bagian teks yang ingin Anda ubah menjadi huruf besar. Silahkan tandai atau blok tulisan yang ingin diubah.

Langkah 2 – Klik tombol Change Case lalu pilih UPPERCASE untuk menampilkan semua kata yang dipilih dalam huruf kapital semua. Semua karakter dari setiap kata yang dipilih akan dikapitalisasi.

Teks Kapitalisasi

Capitalize Each Word adalah kasus di mana setiap karakter pertama dari setiap kata yang dipilih akan diubah menjadi huruf besar. Berikut Langkah yang bisa Anda lakukan :

Langkah 1 – Pilih bagian teks yang perlu dikapitalisasi. Silahkan tandai atau blok tulisan yang ingin diubah.

Langkah 2 – Klik tombol Change Case dan kemudian pilih Capitalize Each Word untuk mengubah huruf besar pada awal kalimat.

Teks Toggle

Fungsi toggle case akan mengubah huruf besar/kecil setiap karakter secara terbalik. Karakter kapital akan menjadi karakter huruf kecil dan karakter huruf kecil akan menjadi karakter huruf besar.

Sangat mudah untuk mengganti huruf besar/kecil teks dengan mengikuti langkah berikut :

Langkah 1 – Pilih bagian teks yang ingin Anda ubah menjadi huruf besar. Silahkan tandai atau blok tulisan yang ingin diubah.

Langkah 2 – Klik tombol Change Case lalu pilih opsi tOGGLE CASE untuk mengubah semua kata dalam huruf kecil menjadi kata-kata dalam huruf besar; kata-kata dalam huruf besar berubah menjadi kata-kata dalam huruf kecil.

Itu dia cara untuk merubah huruf teks di Microsoft Word untuk mempermudah ketika Anda bekerja dengan dokumen tulisan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.