Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 4 : Cara Membuka Dokumen di Microsoft Word

0
213

Pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar, Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 3 : Cara Menyimpan Dokumen di Microsoft Word. Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari cara membuka dokumen di Microsoft Word 2019.

Membuka Dokumen Baru

Dokumen kosong atau baru, selalu terbuka saat Anda memulai Microsoft Word. Misalkan Anda ingin memulai sebuah dokumen baru yang lain saat sedang mengerjakan dokumen lain, atau Anda menutup dokumen yang sudah dibuka dan ingin memulai dokumen baru.

Berikut langkah-langkah untuk membuka dokumen baru

Langkah 1 – Klik tab File dan pilih New.

Langkah 2 – Ketika Anda memilih New pada kolom pertama, aplikasi akan menampilkan daftar template di kolom kedua.

Anda bebas memilih, jika ingin dokumen kosong maka pilih Single Spaced (blank); ini adalah pilihan pertama dalam daftar template.

Anda akan melihat tampilan dokumen kosong seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Anda sekarang siap untuk mengetik teks pada layar dokumen yang tersedia.

Anda dapat menggunakan shortcut untuk membuka dokumen kosong kapan saja.

Anda bisa menekan tombol Ctrl + N, dan akan melihat dokumen kosong baru yang mirip dengan yang ada di screen shoot di atas.

Membuka Dokumen yang Sudah Ada

Pada beberapa kondisi, Anda ingin membuka dokumen yang sudah pernah dikerjakan untuk melakukan editing sebagian atau seluruhnya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuka dokumen yang ada

Langkah 1 – Klik tab File dan pilih Open.

Langkah 2 – Ini akan menampilkan kotak dialog Open File berikut. Anda bisa melakkan navigasi melalui folder dan file yang berbeda, dan juga memungkinkan Anda memilih file yang ingin Anda buka.

Langkah 3 – Terakhir, cari dan pilih file yang ingin Anda buka lalu klik tombol Open. Atau klik segitiga kecil yang tersedia di tombol Open untuk membuka file. Anda akan memiliki pilihan berbeda untuk membuka file, jika bingung silahkan klik tombol Open saja.

Ada beberapa jenis pilihan Open ketika akan membuka file. Anda dapat menggunakan pilihan Open Read-Only jika Anda hanya ingin membaca file dan Anda tidak berniat untuk memodifikasi, yaitu mengedit file.

Pilihan lain dapat digunakan untuk penggunaan sesuai kebutuhan.

Itu dia cara membuka dokumen di Microsoft Word untuk membantu Anda belajar bagaimana membuka dokumen baru atau dokumen yang sudah pernah Anda kerjakan sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.