Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 5 : Cara Copy & Paste Tulisan di Microsoft Word

0
369

Pada tutorial sebelumnya, kita sudah belajar Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 4 : Cara Membuka Dokumen di Microsoft Word. Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara copy & paste tulisan di Microsoft Word.

Tutorial ini akan mengajari Anda cara menggunakan teknik salin, copy, dan paste untuk menduplikasi teks dengan membiarkan teks asli tetap utuh atau menghapus teks asli seluruhnya.

Untuk menggunakan fungsi copy dan paste atau cut dan paste, Word menggunakan memori sementara yang disebut clipboard.

Saat Anda menyalin atau memotong teks, maka teks tersebut tetap di clipboard untuk sementara dan pada langkah kedua Anda dapat menempelkan konten ini di lokasi yang diinginkan.

Fungsi Copy & Paste

Fungsi Copy akan menyalin konten dari tempat aslinya dan membuat salinan duplikat konten di lokasi yang diinginkan tanpa menghapus teks dari lokasi aslinya.

Berikut ini adalah prosedur untuk menyalin konten di Microsoft word

Langkah 1 – Pilih teks yang ingin disalin dengan cara menandai/memblok teks tersebut.

Langkah 2 – Anda memiliki banyak pilihan yang tersedia untuk menyalin teks yang dipilih di clipboard. Anda dapat menggunakan salah satu dari pilihan yang Ada.

  • Gunakan klik kanan – Anda bisa mengunakan klik kanan pada mouse pada teks yang sudah diseleksi, klik kanan akan menampilkan kotak berisi pilihan Copy untuk menyalin konten yang dipilih di clipboard.
  • Gunakan tombol Copy di Ribbon – Setelah memilih teks, Anda dapat menggunakan tombol copy yang tersedia di ribbon untuk menyalin konten yang dipilih ke clipboard.
  • Menggunakan Tombol Ctrl + C – Setelah memilih teks, cukup tekan tombol Ctrl + c untuk menyalin konten yang dipilih di clipboard.

Langkah 3 – Langkah terakhir, klik di tempat Anda ingin menyalin teks yang dipilih dan gunakan salah satu dari dua cara berikut :

  • Menggunakan Tombol Paste di Ribbon –  cukup klik tombol Paste yang tersedia di ribbon untuk menempelkan konten yang disalin di lokasi yang diinginkan.
  • Menggunakan Tombol Ctrl + V – Ini adalah cara paling sederhana untuk menempelkan konten. Cukup tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan konten di lokasi baru.
Catatan Anda dapat mengulangi fungsi Paste sebanyak yang Anda inginkan untuk menempelkan konten yang sama.

Fungsi Cut & Paste

Fungsi Cut akan memotong teks dari tempat asalnya dan menghapus teks dari lokasi aslinya lalu dipindahkan ke lokasi baru yang diinginkan.

Berikut ini adalah cara untuk memindahkan teks di Microsoft Word

Langkah 1 – Pilih sebagian teks dengan cara menandai atau blok teks.

Langkah 2 – Selanjutnya, Anda memiliki beberapa pilihan yang tersedia untuk memotong teks yang dipilih dan menyimpan sementara di clipboard. Anda dapat menggunakan salah satu pilihan.

  • Gunakan Klik Kanan – Klik kanan pada bagian teks yang dipilih, akan muncul kotak berisi pilihan Cut, klik Cut untuk memotong konten yang dipilih dan menyimpannya di clipboard.
  • Gunakan Tombol Cut di Ribbon – Setelah memilih bagian teks, Anda dapat menggunakan tombol Cut yang tersedia di ribbon untuk memotong konten yang dipilih dan menyimpannya di clipboard.
  • Menggunakan Tombol Ctrl + X – Setelah memilih sebagian teks, cukup tekan tombol Ctrl + X untuk memotong konten yang dipilih dan menyimpannya di clipboard.

Langkah 3 – Terakhir, klik di tempat dimana Anda ingin memindahkan teks dan gunakan salah satu dari dua pilihan beikut :

  • Menggunakan Tombol Paste di Ribbon –  cukup klik tombol Paste yang tersedia di ribbon untuk menempelkan konten yang disalin di lokasi yang diinginkan.
  • Menggunakan Tombol Ctrl + V – Ini adalah cara paling sederhana untuk menempelkan konten. Cukup tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan konten di lokasi baru.

Salin, Copy & Paste di berbagai dokumen

Anda dapat menggunakan cara yang sama seperti kita bahas di atas untuk menyalin dan menempel atau memotong dan menempelkan konten dari satu dokumen ke dokumen lain.

Sangat mudah, cukup salin atau copy konten yang diinginkan dari satu dokumen dan masuk ke dokumen lain tempat Anda ingin menempelkan konten dan gunakan langkah yang disebutkan untuk menempelkan konten.

Anda dapat menggunakan tombol Alt + Tab untuk beralih ke dokumen yang berbeda dan memilih dokumen tujuan yang diinginkan.

Itulah cara melakukan copy & paste tulisan di Microsoft Word untuk mempermudah pekerjaan Anda ketika mengetikkan sebuah dokumen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.