Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 6 : Cara Menggunakan Find & Replace di Microsoft Word

0
138

Pada tutorial sebelumnya, kita sudah belajar Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 5 : Cara Copy & Paste Tulisan di Microsoft Word. Dalam tutorial ini, kita akan membahas fungsi find dan replace di Microsoft Word. Saat bekerja mengedit dokumen, Anda mengalami situasi ketika ingin mencari kata tertentu di dokumen dan beberapa kali ingin mengganti kata tersebut.

Dalam tutorial ini, kita akan memahami cara menemukan kata atau kalimat dalam dokumen dan cara mengganti kata yang ada dengan kata lain menggunakan langkah-langkah sederhana.

Perintah Find

Perintah Find berguna untuk menemukan teks tertentu dalam dokumen. Berikut adalah langkah-langkah untuk menemukan kata dalam dokumen :

Langkah 1 – Silahkan buat contoh kalimat di layar kerja Microsoft Word Anda. Jika ingin cepat, silahkan ketikkan =rand() dan tekan Enter. Pada layar akan muncul tulisan acak seperti berikut.

Langkah 2 – Klik pilihan Find di grup Pengeditan pada tab Beranda atau tekan Ctrl + F untuk menampilkan panel Navigasi

Langkah 3 – Masukkan kata yang ingin Anda cari di kotak pencarian, segera setelah Anda selesai mengetik, aplikasi akan mencari teks yang Anda masukkan dan menampilkan hasilnya di panel navigasi dan menyorot kata dalam dokumen seperti pada screenshoot berikut

Langkah 4 – Anda dapat mengklik tombol hapus (X) untuk menghapus pencarian dan hasil dan melakukan pencarian lain.

Langkah 5 – Anda dapat menggunakan pilihan lain saat mencari kata. Klik tombol Options untuk menampilkan menu lalu klik Options; ini akan menampilkan daftar pilihan. Anda dapat memilih seperti pencocokan huruf besar/kecil untuk melakukan pencarian sensitive huruf besar/kecil.

Langkah 6 – Terakhir, jika Anda sudah selesai dengan fungsi Pencarian, Anda dapat mengklik tombol tutup (X) untuk menutup Panel Navigasi.

Fungsi Find & Replace

Sekarang Anda sudah tahu cara untuk mencari kata atau kalimat dalam dokumen, seperti telah dijelaskan di atas.

Pada bagian ini, kita akan beljar cara mengganti kata kata yang ada di dokumen. Berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1 – Klik pilihan Replace di grup Pengeditan pada tab Beranda atau tekan Ctrl + H untuk meluncurkan kotak dialog Find dan Replace yang ditunjukkan pada Langkah 2

Langkah 2 – Ketikkan kata yang ingin Anda cari. Anda juga dapat mengreplace kata menggunakan kotak dialog Find dan Replace seperti pada screenshoot berikut

Langkah 3 – Klik tombol Replace pada kotak dialog Find dan Replace, kata yang Anda cari akan digantikan dengan kata pada kolom replace.

Anda bisa mengganti semua kata sekaligus dengan menekan tombol Replace All.

Anda juga dapat menggunakan tombol Find Next untuk mencari kata berikutnya dan kemudian Anda dapat menggunakan tombol Replace untuk mengganti kata yang ditemukan.

Langkah 4 – Anda dapat menggunakan tombol More >> yang tersedia di kotak dialog untuk menggunakan lebih banyak pilihan dan membuat pencarian Anda lebih spesifik seperti pencarian sensitive huruf besar-kecil atau hanya mencari seluruh kata, dll.

Langkah 5 – Selesai, jika Anda sudah selesai dengan fungsi Find dan Replace, Anda dapat mengklik tombol Tutup (X) untuk menutup kotak.

Itu dia cara menggunakan find & replace ketika ingin mencari beberapa kata atau kalimat, kemudian mengganti dengan kata atau kalimat baru di dalam dokumen Microsoft Word.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.