Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 8 : Cara Menyisipkan Simbol di Microsoft Word

0
230

Pada tutorial sebelumnya, kita sudah belajar Tutorial Belajar Microsoft Word Bagian 7 : Cara Menggunakan Zoom In-Out di Microsoft Word. Pada tutorial ini, kita akan belajar penggunaan simbol khusus di Microsoft Word. Keyboard Anda pastinya tidak memiliki banyak karakter yang tersedia, tetapi Anda ingin menggunakan karakter tersebut di dokumen Anda.

Dalam kondisi seperti itu, Anda bisa menggunakan menu Simbol Khusus untuk menyisipkan symbol yang Anda inginkan dengan cara berikut ini.

Untuk menyisipkan simbol yang jarang digunakan, ikuti langkah-langkah di bagian ini. Jika Anda sering menggunakan simbol tertentu, Anda dapat membuat shortcut keyboard agar lebih mudah menyisipan symbol.

Sisipkan Simbol Khusus

Langkah 1 – Untuk menyisipkan simbol khusus, arahkan kursor ke tempat Anda ingin menyisipkan simbol.

Klik tab Insert. Anda akan menemukan dua pilihan di bawah tombol simbol (a) Equation dan (b) Symbols.

Klik salah satu dari dua pilihan ini berdasarkan kebutuhan Anda. Equation digunakan untuk dokumen matematika, ilmiah atau dokumen serupa lainnya.

Untuk saat ini, kita akan memahami penggunaan tombol Simbol seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Langkah 2 – Saat Anda mengklik tombol Simbol, daftar Sebagian kecil simbol akan muncul seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Langkah 3 – Sekarang klik salah satu simbol yang tersedia di dalam kotak untuk memasukkannya ke dalam dokumen di lokasi yang dipilih.

Jika Anda tidak menemukan simbol yang diinginkan dalam kotak kecil ini, maka Anda dapat mengklik pilihan More Symbols… untuk melihat berbagai simbol seperti yang ditunjukkan di bawah ini pada kotak dialog simbol.

Anda dapat memilih salah satu simbol dan kemudian klik tombol Insert untuk menyisipkan simbol yang dipilih.

Buat Tombol Shortcut

Anda dapat membuat shortcut keyboard agar bisa mengetik salah satu simbol yang tersedia. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat shortcode ℗tombol Ctrl + P untuk menyisipkan simbol ℗ yang merupakan salah satu simbol yang tersedia dalam daftar simbol khusus

Langkah 1 – Anggap saja Anda sudah membuka kotak dialog simbol berikut.

Langkah 2 – Klik simbol yang perlu dibuat shortcut. Sekarang klik tombol Shortcut Key yang akan menampilkan kotak dialog Customize Keyboard berikut.

Langkah 3 – Sekarang ketik tombol shortcut di kotak shortcut. Anda menekan Ctrl + P lalu klik tombol Assign untuk mendaftarkan shortcu.

Anda akan melihat bahwa kunci yang dipilih akan ditambahkan dalam daftar kunci yang ditetapkan. Terakhir, gunakan tombol Close untuk menutup kotak dialog.

Langkah 4 – Sekarang coba ketik Ctrl + P menggunakan keyboard secara langsung dan Anda akan menemukan bahwa Anda dapat mengetikkan simbol ℗ tanpa perlu membuka kotak dialog simbol.

Itu dia cara menyisipkan simbol pada dokumen di Microsoft Word.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.